10 Rekomendasi Body Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Body Scrub Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

Anda senang merawat kulit tubuh dengan body scrub atau lulur? Tidak perlu pergi ke tempat spa ataupun treatment, sensasi mandi lulur bisa dinikmati di rumah. Ada berbagai jenis produk body scrub di pasaran yang memiliki tekstur butiran, bahan baku, dan khasiat yang berbeda. Merek terkenal Mustika Ratu, Bali Ratih, The Body Shop, Skinfood, Clarins, Lush, dan Frank Body dapat dijadikan pilihan.

Bagaimanakah tips memilih jenis lulur yang tepat? Bookmark artikel ini untuk mendapatkan rekomendasi body scrub yang akan membuat kulit Anda semakin indah. Kami juga memilihkan aroma lulur yang membuat Anda ketagihan, seperti kopi, cokelat, white musk, gula hitam, dan banyak lagi! Siap memanjakan kulit Anda?

Daftar isi

Apa itu body scrub atau lulur?

Apa itu body scrub atau lulur?

Body scrub adalah produk perawatan tubuh yang mengandung butiran partikel berbentuk gula dan garam. Butiran ini berguna untuk menghilangkan keratin, mengikis sel kulit mati, merontokkan daki, dan menghaluskan kulit. Scrub dianjurkan bagi Anda yang ingin menghilangkan masalah seperti komedo dan jerawat, serta mencerahkan kulit. Selain itu, lulur ditambah dengan efek pemijatan dapat melancarkan peredaran darah.

Butiran scrub umumnya terbuat dari garam. Akan tetapi, belakangan ini cukup banyak scrub yang terbuat dari gula, pasta kacang, dan jagung. Scrub berbahan gula memiliki partikel yang lebih kecil dibanding dengan garam sehingga tidak terasa kasar saat digosokkan pada kulit.

Cara memilih body scrub

Bagaimana cara memilih body scrub yang tepat? Kami akan membagi tips cara memilih lulur yang sesuai dengan kulit Anda berdasarkan jenis dan khasiat dari lulur tersebut.

Pilih berdasarkan jenis scrub

Lulur tubuh pada umumnya mengandung partikel gula atau partikel garam. Dewasa ini, ada juga lulur dengan bahan baku baking soda dan bahan-bahan alami lainnya. Di bawah ini, pilihlah jenis scrub yang cocok untuk Anda.

Salt scrub efektif mengangkat sel kulit mati, ampuh mencerahkan siku dan lutut yang gelap

Salt scrub efektif mengangkat sel kulit mati, ampuh mencerahkan siku dan lutut yang gelap

Salt scrub atau scrub garam direkomendasikan bagi Anda yang memiliki masalah dengan kulit kasar dan gelap di bagian siku, lutut, dan tumit. Kandungan garam dikenal mampu melarutkan protein. Dengan demikian, salt scrub mampu mengikis penumpukan keratin (serat protein) pada kulit yang menjadi penyebab kulit yang kasar dan keras. Selain itu, memijat kulit Anda dengan salt scrub akan melancarkan sirkulasi darah sehingga sangat cocok untuk kaki yang letih atau bengkak.

Namun, partikel scrub garam ini berukuran besar sehingga sangat mudah merangsang dan membuat iritasi kulit. Sebaiknya Anda tidak menggosokkan butiran garamnya ke bagian kulit yang tipis seperti wajah.

Sugar scrub memiliki kandungan pelembap yang baik, bisa digunakan untuk seluruh tubuh

Sugar scrub memiliki kandungan pelembap yang baik, bisa digunakan untuk seluruh tubuh

Sugar scrub disarankan lagi Anda yang ingin menggunakan jenis scrub untuk seluruh tubuh demi mendapatkan kulit yang lebih halus. Scrub gula memiliki butiran partikel yang jauh lebih halus daripada scrub garam. Dengan demikian, Anda dapat meminimalkan iritasi kulit. Anda dapat menggunakan lulur jenis ini untuk bagian kulit yang tipis, seperti ketiak, payudara, dan tentunya dapat digunakan untuk area wajah.

Sugar scrub juga memiliki efek melembutkan dan melembapkan kulit, sangat direkomendasikan untuk Anda yang memiliki masalah kulit kering.

Baking soda scrub untuk mencerahkan dan membersihkan pori yang tersumbat

Baking soda scrub untuk mencerahkan dan membersihkan pori yang tersumbat

Bagi Anda yang memiliki masalah kulit dengan pori yang tersumbat atau ingin membersihkan kulit dari penumpukan kotoran, kami menganjurkan scrub yang mengandung bahan bikarbonat atau baking soda. Natrium bikarbonat memiliki efek melonggarkan pori-pori dan membersihkan pori-pori yang gelap tersumbat. Beberapa orang juga menggunakan scrub jenis ini untuk membersihkan wajah mereka karena dinilai mampu mencegah jerawat. Ketika Anda menggosokkan baking soda scrub ke kulit, daki akan lebih cepat terangkat, beruntusan atau jerawat-jerawat kecil pun dapat dibersihkan.

Namun, scrub ini tidak direkomendasikan untuk orang-orang dengan kulit sensitif atau kulit kering. Sebaiknya Anda tidak menggunakannya setiap hari. Perhatikan kondisi kulit Anda dan gunakan perawatan tubuh dengan baking soda scrub hanya beberapa kali dalam seminggu.

Produk body scrub yang mengandung baking soda tidak banyak ditemukan di toko online di Indonesia. Namun, tidak perlu khawatir sebab scrub ini mudah dibuat sendiri di rumah dengan bahan baking soda, minyak zaitun, dan madu.

Untuk kulit sensitif, gunakan scrub berbahan alami. Dapat digunakan pula untuk wajah

Untuk kulit sensitif, gunakan scrub berbahan alami. Dapat digunakan pula untuk wajah

Bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, pilihlah scrub yang menggunakan bahan-bahan alami, seperti dedak padi, ubi jalar ungu, dan tanah liat (lumpur alami). Scrub ini umumnya mengandung butiran partikel yang kecil dan halus, mampu melembutkan kulit Anda tanpa membebani kulit sehingga tidak akan memicu iritasi.

Lulur dedak padi terasa lembut di kulit dan memiliki kandungan pembersih yang tinggi, sedangkan lulur ubi jalar ungu memiliki partikel berbentuk bulat yang tidak akan melukai kulit. Di samping itu, lulur tanah liat atau lumpur memiliki fungsi menyerap dan menghilangkan kotoran, serta rendah iritasi. Anda akan merasa lebih tenang menggunakannya untuk kulit sensitif.

Pilih scrub dengan kandungan bahan pelembap yang tinggi

Periksa kandungan pelembabnya

Scrub akan membuat kulit Anda menjadi lebih licin dan mulus akibat proses perontokan sel-sel kulit mati. Akan tetapi, sering kali kulit menjadi kering setelahnya. Oleh sebab itu, pastikan terdapat adanya kandungan bahan pelembap yang kuat di dalam scrub Anda. Pilihlah scrub yang mengandung bahan pelembap tinggi, seperti minyak almon, minyak zaitun, madu, dan shea butter. Anda juga disarankan untuk memilih sugar scrub yang bertekstur halus dan mengandung pelembap yang tinggi.

Ada juga produk lulur yang membantu melangsingkan tubuh!

Ada juga produk lulur yang membantu melangsingkan tubuh!

Apabila Anda ingin mendapatkan kulit yang kencang setelah pemijatan lulur, pilihlah scrub yang memiliki khasiat melangsingkan dan mengencangkan kulit. Scrub ini biasanya mengandung bahan capsium yang dapat memicu kelenjar keringat dan berefek menghangatkan. Dengan demikian, lulur ini akan membantu detoksifikasi, bahkan mampu meredakan peradangan.

Pemijatan bersama lulur jenis ini akan meningkatkan sirkulasi darah dan memberikan efek pendinginan tubuh. Jadi, metabolisme Anda akan meningkat sekaligus penumpukan lemak di bawah kulit dapat dicegah. Rajin luluran akan membuat kulit Anda mulus sekaligus menghilangkan selulit! Ini seperti melempar dua burung dengan satu batu.

Pada umumnya, lulur berbahan kopi juga sangat ampuh dalam mengikis selulit dan mengencangkan kulit Anda. Scrub kopi juga lebih mudah ditemukan di Indonesia.

Untuk kemudahan pemakaian, pilih body scrub dengan kemasan tube

Untuk kemudahan pemakaian, pilih body scrub dengan kemasan tube

Body scrub umumnya dikemas dalam wadah tube atau jar. Apabila Anda ingin mengaplikasikan lulur secara lebih mudah, kami merekomendasikan produk dalam kemasan tube. Tekstur lulur berbentuk gel yang lembut dan creamy sangat mudah dioleskan secara merata ke seluruh permukaan kulit. Dengan kemasan tube, kotoran juga tidak mudah masuk dan mencemari produk, tidak seperti ketika Anda memakai produk berwadah jar.

Namun, apabila Anda ingin mengoleskan lulur dalam jumlah banyak ke daerah punggung, paha, pinggul, atau bagian tubuh lainnya, produk berkemasan jar lebih direkomendasikan. Supaya lebih cepat, Anda tinggal mencoleknya dengan tangan dalam jumlah banyak. Bagi Anda yang merawat tubuh dengan lulur secara rutin dalam jangka panjang, gunakan spatula agar kualitas produk tetap baik dan higienis.

Pilih scrub yang memiliki aroma dan sensasi yang menenangkan

Pilih scrub yang memiliki aroma dan sensasi yang menenangkan

Lulur tubuh juga diciptakan dengan efek relaksasi. Pilihlah produk dengan aroma favorit Anda sehingga Anda dapat mandi lulur dengan lebih nyaman dan bersemangat. Jika Anda baru pertama kali membeli produk body scrub, kami menyarankan aroma yang menenangkan seperti musk dan lavender. Aroma semacam ini dapat menenangkan pikiran dan tubuh Anda.

Beberapa kandungan bahan scrub, seperti capsium dengan efek pengencangan kulit, cenderung memiliki aroma yang eksotis. Misalnya, aroma Oriental dan aroma khas Asia yang pedas. Banyak juga produk lulur dengan harum dan khasiat menenangkan yang berbeda, seperti wangi buah, bunga, hingga wangi manis cokelat yang populer di pasaran. Sebelum membeli, pastikan Anda memeriksa aromanya.

10 Rekomendasi body scrub terbaik

Rekomendasi lulur terbaik berikut ini kami pilihkan secara berhati-hati untuk Anda. Bermacam-macam pilihan aroma, khasiat, dan kemasan yang menarik bisa jadi hadiah spesial baik untuk Anda maupun orang tersayang!

10. Bali Ratih Body Scrub

10. Bali Ratih Body Scrub

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini Blibli

Harga : Rp 22.000

Pertama kali membeli produk lulur rumahan? Lulur asli Indonesia ini punya 15 aroma pilihan!

Dengan slogan “Refresh Inner Beauty, Feel Unique, & Special“, Bali Ratih adalah produk spa asal Bali berbahan lulur tradisional yang diolah menggunakan teknologi terkini. Kaya akan kandungan ekstrak alami dan sari buah berkualitas, koleksi scrub Bali Ratih efektif mengangkat sel kulit mati dan membuat kulit Anda lebih sehat.

Ada lima belas pilihan aroma yang bisa dipilih, yaitu white musk, lavender, almond nut, apple, avocado, chamommile, cherry, chocolate, coffee, green tea, mango, milk, olive, strawberry, dan white rose. Bali Ratih Body Scrub memiliki tekstur butiran lembut dan keharuman menenangkan yang tahan lama. Produk ini pilihan tepat untuk pencinta lulur tradisional atau untuk Anda yang baru pertama kali ingin mencoba lulur di rumah!

9. Mustika Ratu Coffee Body Scrub

9. Mustika Ratu Coffee Body Scrub

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 40.000

Rasakan sensasi kopi persembahan lulur tradisional Indonesia

Siapa yang tidak mengenal merek Mustika Ratu? Setiap produk perawatan tubuhnya sejak dahulu dikenal berbahan tradisional yang menyehatkan dan kaya antioksidan. Mustika Ratu Coffee Body Scrub terbuat dari kopi asli yang ampuh mengatasi masalah bau badan. Kulit Anda akan tampak lebih cerah alami. Produk ini direkomendasikan untuk Anda yang menyukai lulur kopi khas Indonesia!

Bahan alami di dalam scrub dari Mustika Ratu bukan hanya efektif mengangkat sel kulit mati, melainkan bekerja maksimal dalam menutrisi, mengencangkan, dan melembutkan kulit. Butiran scrub-nya secara lembut membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada kulit, termasuk mengurangi selulit. Aroma khas kopinya yang manis dan segar menjadi favorit banyak orang.

8. Clarins Exfoliating Body Scrub

8. Clarins Exfoliating Body Scrub

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 75.000

Kulit sensitif dan mudah teriritasi? Yang satu ini dijamin lembut dan nyaman untuk kulit Anda!

Meskipun tergolong scrub garam, Clarins Exfoliating Body Scrub menjadi salah satu produk terpopuler yang paling cocok digunakan untuk jenis kulit sensitif. Produk ini memiliki kandungan pelembap shea butter, ekstrak licorice, dan ekstrak mimosa tenuiflora yang menjaga kulit Anda tetap halus sepanjang hari.

Butiran partikelnya terbuat dari bamboo powder alami yang menyegarkan. Butiran tersebut mengelupas sel kulit mati secara lembut, ampuh menghilangkan permukaan kulit yang kasar. Scrub beraroma harum ini juga efektif mencegah dan menghilangkan jerawat di punggung.

7. The Body Shop Shea Body Scrub

7. The Body Shop Shea Body Scrub

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 299.000

Kandungan shea butter-nya ampuh melembapkan kulit yang sangat kering dan kasar

Masih dari The Body Shop yang populer dengan rangkaian produk perawatan tubuhnya. The Body Shop Shea Body Scrub menjadi favorit orang banyak bukan karena aromanya yang tercium lezat, melainkan karena dinilai efektif dalam melembutkan kulit dan melancarkan sirkulasi darah.

Scrub ini memiliki kandungan shea butter dari Ghana, minyak almon manis, dan minyak kedelai. Butirannya berbahan perpaduan garam dan gula organik, aman untuk Anda yang memiliki jenis kulit sensitif. Kandungan kelembapannya yang tinggi juga sangat dianjurkan untuk mengatasi kulit kering.

6. Tokiwa Pharmaceutical Sana Esteny Hot Massage (Ultra Super Hard)

6. Tokiwa Pharmaceutical Sana Esteny Hot Massage (Ultra Super Hard)

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 225.000

Dapatkan garis tubuh ideal dengan formula pengencang kulit! Lulur tubuh ini efektif melancarkan sirkulasi darah

Bagi Anda yang ingin membersihkan tubuh dengan lulur sekaligus ingin mendapatkan efek pelangsingan, ini dia produk yang Anda tunggu-tunggu. Body scrub garam ini memiliki formula yang efektif dalam mengencangkan kulit dengan memberikan efek pemijatan panas.

Di dalamnya terkandung ekstrak akar jahe dan capsicum yang akan melancarkan peredaran darah dan membuat Anda berkeringat. Kulit yang membengkak karena pembekuan darah pun dapat teratasi. Tidak hanya mengencangkan, produk ini juga mengandung ekstrak rumput laut dan bahan pelembap terbaik seperti madu untuk menghaluskan kulit. Tunggu apa lagi?

5. Skinfood Black Sugar Perfect Essential Scrub 2x

5. Skinfood Black Sugar Perfect Essential Scrub 2x

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini Blibli

Harga : Rp 195.000

Lulur gula hitam paling best seller. Bisa dipakai untuk wajah juga!

Merek asal Korea Selatan ini selalu mengeluarkan produk berbahan natural, bahkan mereka mengklaim produknya aman dikonsumsi. Skinfood Black Sugar Scrub adalah satu produk terlaris di pasaran apabila Anda menginginkan sugar scrub terbaik. Scrub ini memiliki efek meremajakan kulit dan dilengkapi kandungan pelembap yang mencerahkan kulit.

Scrub ini terbuat dari gula hitam yang memiliki tekstur halus dan wangi sehingga cukup aman digunakan untuk wajah. Apabila scrub dilelehkan dengan air panas, efeknya dapat mengecilkan pori-pori kulit muka. Silakan dicoba di rumah! Untuk Anda yang menginginkan body scrub sekaligus face scrub yang lembut, produk ini adalah pilihan tepat.

4. Lush Mask of Magnaminty

4. Lush Mask of Magnaminty

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 218.000

Scrub pasta kacang yang aman membersihkan seluruh tubuh dan muka. Bahan-bahannya dijamin alami!

Lush Mask of Magnaminty juga dapat digunakan baik untuk wajah maupun tubuh. Bahan bakunya terdiri dari biji gandum, evening primrose, dan kacang aduki yang dihancurkan sehingga teksturnya berbentuk pasta yang tidak sekasar scrub garam. Selain itu, kandungan tanah liat alami dan pelembap madu, serta minyak peppermint yang merupakan kombinasi ampuh dalam membersihkan pori kulit tubuh dan wajah.

Berkat campuran peppermint, Anda akan mendapatkan sensasi sejuk menyegarkan sekaligus aroma manis penuh relaksasi pada saat berlulur. Produk ini juga dapat dipakai saat mandi. Teksturnya tidak terlalu keras, tidak terlalu lembut, dan fleksibel saat dioleskan ke kulit. Bahan-bahan alaminya juga diklaim aman untuk pemilik kulit sensitif yang mudah teriritasi.

3. Fresh Cocoa Body Exfoliant

3. Fresh Cocoa Body Exfoliant

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 780.000

Si cokelat pemenang penghargaan, menutrisi kulit dan memanjakan indra penciuman Anda

Kakao adalah bahan baku berkhasiat yang dipercaya selama berabad-abad. Lulur ini terbuat dari kacang kakao yang dihancurkan dan dicampur batok kelapa untuk mengatasi kulit kusam. Ekstrak kakao mengandung zat flavonoid yang akan melindungi kulit Anda. Di samping itu, terdapat mentega kakao dan minyak kelapa yang menutrisi dan menjadikan kulit Anda elastis.

Lulur ini bekerja mengelupas sel kulit mati dan menjadikan kulit Anda lebih halus. Dengan paduan aroma cokelat asli yang menggoda dan tekstur yang kaya, serta selembut beledu, Cocoa Body Exfoliant dari FRESH ini pantas memenangkan penghargaan CEW Beauty Insider pada tahun 2016. Bagi penggemar cokelat, jangan sampai Anda melewatkan lulur terbaik yang satu ini.

2. House of Rose Oh! Baby Body Smoother N

2. House of Rose Oh! Baby Body Smoother N

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 350.000

Lulur yang mendapat pujian di Jepang! Terbuat dari sumber air panas alami dengan bubuk sutra yang meleleh di kulit Anda

Body scrub ini memiliki butiran yang berbeda ukuran dan dibuat dari sumber air panas alami yang seimbang. Pada saat dioleskan pada tubuh bersuhu normal 37 ℃, butirannya akan meleleh secara otomatis dan memijat kulit Anda secara lembut. Sel-sel kulit mati akan terangkat sempurna tanpa membuat iritasi kulit. Tidak heran produk ini mendapatkan penghargaan The Best Cosmetics Awards dari Cosme Jepang.

Rahasia kehebatan produknya juga terdapat pada bahan baku yang menggabungkan sumber air panas alami dari mata air di Yufuin, Kyushu. Lulur ini mampu mengatasi penumpukan keratin yang menyebabkan kulit siku Anda gelap dan kasar. Scrub Oh! Baby juga mengandung komponen pelembap dari kombinasi bubuk sutra yang akan membuat kulit Anda mulus sepanjang hari.

1. Frank Body Original Coffee Scrub

1. Frank Body Original Coffee Scrub

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 280.000

“This very well may be the greatest body scrub of all time” – NYLON Magazine

Ada alasan mengapa majalah Nylon menyebut Frank Body Original Coffee Scrub sebagai lulur terbaik sepanjang masa. Scrub ini mengandung campuran bahan vegan yang 100% alami. Di antara kandungannya terdapat kopi yang melancarkan sirkulasi darah dan meningkatkan produksi kolagen, minyak almon manis yang melindungi kulit, dan vitamin E yang melindungi kulit Anda dari radikal bebas.

Dengan aroma yang selezat secangkir orange mocha frappuccino, lulur ini terbuat dari garam laut yang cocok untuk kulit kering dan tidak akan menyebabkan iritasi. Frank Body Scrub memiliki varian lainnya yang juga populer, yaitu Cocoa Coffee Scrub, Coconut Coffee Scrub, Peppermint Coffee Scrub, dan Shimmer Scrub. Produk ini kami rekomendasikan untuk Anda yang menginginkan lulur kopi berkualitas terbaik.

Tips menggunakan body scrub

Tips menggunakan body scrub

Body scrub dianjurkan untuk digunakan di kamar mandi. Setelah membilas dan membersihkan tubuh, gosokkan scrub pada permukaan kulit Anda untuk merontokkan sel kulit mati dan penumpukan kotoran, serta melembapkan. Aplikasikan scrub di bagian kulit yang kasar dan gelap, kemudian pijatlah secara lembut dengan gerakan melingkar.

Berhati-hatilah apabila Anda menggaruknya terlalu keras, Anda akan melukai kulit dan mengalami iritasi. Jangan gunakan scrub di area kulit yang sedang meradang seperti jerawat. Tergantung cara pakai produknya,  penting juga untuk melakukan lulur sekitar 1-2 kali seminggu. Jangan lupa memantau bagaimana hasil yang diperoleh setelah rutin menggunakan body scrub tersebut.

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk mengatasi masalah kulit kusam, kasar, dan kehitaman di sini!

Di artikel ini, kami telah merekomendasikan lulur tubuh atau body scrub yang terbaik. Akan tetapi, bagi Anda yang menginginkan produk yang spesifik merontokkan sel kulit mati, kami merekomendasikan artikel masker lumpur di bawah ini. Masker lumpur dapat membersihkan pori-pori kulit dan mengembalikan kulit Anda menjadi cerah seperti sedia kala. Anda bisa melihatnya di sini!

Kesimpulan

Body scrub mengandung tekstur butiran dan bahan pelembap yang bermacam-macam. Selain aroma yang mampu merelaksasi tubuh dan pikiran, setiap produk memiliki fitur dan keunggulannya masing-masing. Namun, pilihlah produk lulur yang paling sesuai dengan jenis kulit Anda. Mari rutin merawat tubuh dengan lulur dan dapatkan kulit mulus yang digilai orang banyak. Produk lulur yang dikemas cantik juga bisa dihadiahkan kepada orang tersayang.