• 10 Body Scrub Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist  (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Body Scrub Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist  (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Body Scrub Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist  (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Body Scrub Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist  (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Body Scrub Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist  (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Body Scrub Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)

Scrub bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati agar kulit menjadi lebih halus. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membeli body scrub, seperti tekstur butiran, bahan baku, dan khasiatnya untuk kulit. Anda dapat memilih beberapa merek scrub badan yang populer, seperti Shinzui, Scarlett, atau Citra.


Untuk memudahkan Anda, kami akan memberikan informasi mengenai cara memilih body scrub yang bagus. Anda juga dapat menemukan rekomendasi body scrub terbaik. Baca juga tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani mengenai penggunaan body scrub yang tepat. Selamat menyimak!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Indah Maharani
Dona Handayani
  • Pembaharuan terakhir: 19 September 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani

Profil pakar: Dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani
dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Dokter Indah Maharani merupakan lulusan Fakultas Kedokteran Universitas Atmajaya dan Universitas Indonesia. Rani merupakan dokter spesialis yang berpengalaman di bidang dermatologi kosmetik dan estetika, tumor dan bedah kulit, serta dermatologi anak. Sebagai dokter spesialis kulit dan kelamin, Dokter Rani aktif praktik di ERHA Derma Center Kemanggisan dan RS Premier Jatinegara.


Dokter Rani juga menjadi owner dan salah satu dokter aktif di klinik Medivita, Jakarta Barat. Menyukai olahraga, Rani juga merupakan founder dari komunitas olahraga Derm Runners dan Derm Cyclist. Dokter yang juga aktif sebagai pengurus Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia ini bisa Anda sapa melalui Instagram-nya.

Apa manfaat body scrub atau scrub badan?

Apa manfaat body scrub atau scrub badan?
Body scrub adalah produk perawatan tubuh yang mengandung butiran partikel seperti gula dan garam. Butiran ini berguna untuk menghilangkan keratin, mengikis sel kulit mati, dan menghaluskan kulit. Scrub badan merupakan produk sempurna untuk mengatasi masalah kulit, seperti kulit kasar dan kusam.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan scrub badan untuk relaksasi ketika merasa lelah atau penat dengan rutinitas yang berat. Apabila Anda memadukan body scrub dengan body massage, pasti otot-otot yang tegang pun akan mengendur.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Kondisi kulit yang ideal akan mengalami siklus regenerasi secara teratur. Pada akhir siklus regenerasi, kulit akan mengelupas dalam bentuk lembaran halus yang tak kasat mata. Kemudian, kulit akan digantikan oleh sel kulit baru. Namun, proses regenerasi ini kadang mengalami hambatan. Penumpukan sel kulit mati pun sering kali terjadi sehingga menimbulkan kesan kusam pada kulit.


Penggunaan scrub, atau dikenal juga dengan istilah lulur, bertujuan untuk mengangkat sel kulit mati. Proses ini dilakukan secara mekanis dengan cara menggosokkan materi berbutir halus di atas permukaan kulit. Hal ini diharapkan bisa membuang tumpukan sel kulit mati dan membuat kulit lebih sehat, serta tidak tampak kusam.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih body scrub

Bagaimana cara memilih body scrub yang bagus? Kami akan membagikan tips cara memilih body scrub yang sesuai dengan kulit Anda.

Tentukan jenis body scrub berdasarkan tujuan penggunaan

Dewasa ini, body scrub tidak hanya mengandung partikel gula atau garam, tetapi juga baking soda dan bahan-bahan alami lainnya. Perhatikan informasi dari kami di bawah ini, kemudian pilihlah jenis scrub yang cocok untuk Anda.

Salt scrub, untuk mengatasi siku dan lutut kering

Salt scrub, untuk mengatasi siku dan lutut kering
Salt scrub direkomendasikan bagi Anda yang memiliki masalah dengan kulit kasar dan gelap di bagian siku, lutut, dan tumit. Kandungan garam dikenal mampu mengikis penumpukan keratin. Jika tidak dihilangkan, keratin yang menumpuk dapat menyebabkan kulit menjadi kasar dan tebal. 

Selain itu, memijat menggunakan salt scrub dapat melancarkan sirkulasi darah sehingga cocok untuk mengatasi kaki yang letih atau membengkak. Namun, tekstur salt scrub umumnya cukup besar sehingga berisiko menimbulkan iritasi. Oleh karena itu, hindari penggunaan di bagian kulit yang tipis seperti ketiak dan wajah. 

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Salt scrub memiliki partikel yang relatif besar sehingga terasa lebih kasar. Salt scrub cocok digunakan untuk kulit yang lebih kasar dan keras, misalnya telapak kaki, lutut, ataupun siku. Salt scrub masih dapat digunakan untuk kulit yang lebih lembut, misalnya punggung. Namun, Anda juga perlu berhati-hati saat menggosoknya supaya tidak menimbulkan iritasi ataupun lecet.

Sugar scrub, untuk mendapatkan kelembapan ekstra

 Sugar scrub, untuk mendapatkan kelembapan ekstra
Pilih sugar scrub untuk Anda yang ingin mendapatkan kulit halus pada seluruh tubuh. Tekstur butirannya lebih halus dibandingkan salt scrub sehingga bisa menurunkan risiko iritasi pada kulit. Anda dapat menggunakannya pada bagian kulit yang tipis, seperti ketiak, payudara, hingga area wajah. 

Kandungan pelembap pada sugar scrub juga cukup tinggi sehingga efektif untuk melembapkan dan melembutkan kulit. Dengan demikian, sugar scrub merupakan pilihan tepat bagi Anda yang memiliki masalah kulit kering

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Sugar scrub memiliki partikel yang lebih kecil dan halus. Karena itu, jenis ini lebih cocok untuk digunakan pada area kulit yang lembut misalnya pada wajah. Sugar scrub juga dapat digunakan untuk area punggung, lengan, ataupun ketiak. Walau sugar scrub terbilang lembut, Anda tetap perlu berhati-hati saat menggunakannya. Jangan menggosokkannya terlalu lama dan keras supaya tidak menyebabkan iritasi.

Produk dengan bahan pencerah, untuk memutihkan kulit

Produk dengan bahan pencerah, untuk memutihkan kulit

Jika Anda ingin mendapatkan kulit putih berseri, pilihlah scrub badan yang kaya akan bahan pencerah. Body scrub untuk memutihkan kulit biasanya memiliki kandungan vitamin C, glutathione, atau niacinamide. Selain membuat kulit lebih cerah, vitamin C juga dapat membantu produksi kolagen, lho.


Selain ketiga bahan tersebut, Anda juga bisa memilih produk dengan kandungan bahan-bahan alami. Beberapa bahan alami yang dapat membuat kulit makin cerah adalah susu, bengkuang, madu, dan lemon.

Selain body scrub, kami juga memiliki rekomendasi lulur terbaik untuk mencerahkan kulit. Anda bisa membaca artikel selengkapnya dengan mengeklik tautan di bawah ini. 

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Scrubbing dapat memberikan kesan kulit yang lebih cerah setelahnya. Hal ini karena proses scrubbing dapat mengangkat sel kulit mati yang menumpuk dan memberikan kesan kusam. Saat kulit mati terangkat, kulit akan tampak lebih bersih dan cerah. Penambahan bahan aktif untuk mencerahkan kulit juga sering kali ditemukan pada scrub untuk meningkatkan efek putih pada kulit.

Pastikan body scrub Anda tinggi kandungan pelembap

Scrub akan membuat kulit Anda menjadi lebih licin akibat proses perontokan sel-sel kulit mati. Akan tetapi, sering kali kulit menjadi kering setelahnya. Oleh sebab itu, pastikan body scrub pilihan Anda mengandung bahan pelembap sehingga kelembapan kulit tetap terjaga. 


Pilihlah scrub badan yang mengandung bahan pelembap tinggi, seperti olive oil, jojoba oil, dan shea butter. Anda juga disarankan menggunakan sugar scrub yang bertekstur halus dan mengandung pelembap tinggi.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Gosokan mekanis pada permukaan kulit dapat menimbulkan luka lecet jika dilakukan terlalu keras pada kondisi kulit yang kering. Penggunaan scrub yang mengandung pelembap dapat mengurangi risiko ini. 


Namun, pada area yang banyak memiliki kelenjar sebum, penggunaan scrub dengan pelembap ekstra dapat menyebabkan jerawat. Area yang banyak memiliki kelenjar sebum adalah punggung, dada, lengan atas, dan wajah. Karena itu, selalu bersihkan kulit dengan saksama setelah penggunaan scrub. Bahkan, jika perlu Anda bisa mandi dengan air hangat setelah menggunakan scrub.

Pilih jenis kemasan sesuai penggunaan

Scrub badan umumnya tersedia dalam kemasan tube dan jar. Apabila Anda ingin mengaplikasikan scrub dengan cara mudah, pilihlah kemasan tube. Biasanya, body scrub dalam kemasan tube memiliki bentuk gel lembut dan creamy sehingga lebih mudah dioleskan secara merata. Selain itu, isinya tidak mudah terkena air sehingga kualitas lebih terjaga.


Namun, pilih kemasan jar apabila Anda ingin mengoleskan scrub dalam jumlah lebih banyak. Dengan kemasan ini, Anda dapat melakukannya lebih cepat karena Anda tinggal mencolek scrub menggunakan tangan. Jika ingin digunakan dalam jangka waktu lama, gunakanlah spatula. Spatula dapat menjaga body scrub tetap higienis dan tidak mudah rusak.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Kemasan suatu produk biasanya dipilih berdasarkan kepraktisan dan kemampuan menyimpannya. Produk dalam kemasan jar memang lebih mudah digunakan, tetapi Anda perlu menjaga kebersihannya. Pastikan tangan Anda selalu dalam keadaan yang bersih saat mengambil scrub


Selain itu, Anda juga bisa menggunakan spatula bersih untuk mencegah kontaminasi. Sebaliknya, kemasan tube lebih praktis dan memiliki risiko kontaminasi yang lebih kecil saat mengeluarkan produk dari kemasan.

Utamakan body scrub berbahan alami untuk si kulit sensitif

Utamakan body scrub berbahan alami untuk si kulit sensitif

Apabila Anda memiliki kulit sensitif, gunakanlah scrub yang berasal dari bahan-bahan alami, seperti rice bran, kopi, atau bamboo powder. Tekstur partikel scrub ini cukup kecil dan halus sehingga lebih ramah bagi Anda pemilik kulit sensitif. Namun, scrub ini biasanya memiliki kemampuan membersihkan yang relatif lebih rendah.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Untuk pemilik jenis kulit sensitif, Anda perlu berhati-hati saat memilih produk perawatan kulit. Gunakanlah body scrub yang memiliki ukuran butiran yang halus dan homogen. Pastikan kandungan di dalam skincare yang dipilih tidak mengandung bahan-bahan yang menyebabkan alergi atau mudah menyebabkan reaksi iritasi. 


Selalu lakukan tes awal sebelum Anda mencoba produk skincare baru dengan mengaplikasikannya pada area kecil. Meski suatu skincare mengeklaim bahan-bahannya alami, Anda tentu tetap perlu berhati-hati. Pastikan produk tersebut tidak mengandung bahan yang menyebabkan alergi ataupun bahan lainnya yang mungkin menyebabkan iritasi.

Cari body scrub dengan aroma yang paling Anda sukai

Cari body scrub dengan aroma yang paling Anda sukai
Pilihlah body scrub dengan aroma favorit supaya Anda dapat merawat tubuh dengan lebih nyaman. Bagi Anda yang baru pertama kali mencoba body scrub, kami merekomendasikan aroma floral. Saat Anda sedang membersihkan kulit, aroma-aroma tersebut dapat sekaligus merelaksasi.

Selain floral, ada pula aroma lain seperti ocean, nutty, atau buah-buahan. Apabila Anda kesulitan untuk membayangkan aroma suatu produk, Anda sebaiknya membaca review dari pembeli lainnya.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Merawat kulit dapat menjadi salah satu cara untuk Anda melakukan relaksasi. Pemilihan wangi-wangian yang disukai juga dapat menimbulkan rasa senang dan membuat Anda lebih relaks. Namun, Anda juga perlu memperhatikan jenis fragrance yang mungkin berpotensi menyebabkan alergi pada kulit yang sensitif.

10 Rekomendasi body scrub terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk body scrub terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

Update 29 Agustus 2022:

Berdasarkan hasil riset kami sebelumnya, Frank Body Original Coffee Scrub menduduki urutan pertama. Namun, setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa Camille Bodyscrub memiliki angka penjualan tertinggi.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Indah Maharani.

Gambar produk
1
Camille Bodyscrub 1

Camille

2
Scarlett Body Scrub – Romansa 1

Scarlett

3
Bina Karya Prima Shinzu'i Kirei Skin Lightening Body Scrub 1

Bina Karya Prima

4
Tiff Body Coffee Original 1

Tiff Body

5
Unilever Citra Marine Collagen Body Scrub 1

Unilever

6
Good Virtues Co  Skin Renewal & Lightening Body Salt Scrub 1

Good Virtues Co

7
Wardah Body Scrub Olive 1

Wardah

8
Bioaqua Body Scrub Badan Peach Extract Fruit Exfoliation 1

Bioaqua

9
Clarins Exfoliating Body Scrub For Smooth Skin 1

Clarins

10
The Body Shop Shea Exfoliating Sugar Body Scrub 1

The Body Shop

Nama produk

Bodyscrub

Body Scrub – Romansa

Shinzu'i Kirei Skin Lightening Body Scrub

Coffee Original

Citra Marine Collagen Body Scrub

Skin Renewal & Lightening Body Salt Scrub

Body Scrub Olive

Body Scrub Badan Peach Extract Fruit Exfoliation

Exfoliating Body Scrub For Smooth Skin

Shea Exfoliating Sugar Body Scrub

Keunggulan

Wanginya tahan lama, buat Anda segar dan harum sepanjang hari

Mencerahkan kulit seketika, bahkan di awal pemakaian

Dilengkapi dengan formula pemutih yang aman

Mampu menyamarkan bekas luka serta selulit membandel

Kandungannya membuat kulit halus dan glowing

Tanpa kandungan berbahaya, aman untuk kulit sensitif

Mengatasi kulit yang pecah-pecah dan bersisik

Teksturnya unik, warnanya tak kalah menarik

Formulanya aman untuk kulit sensitif Anda

Kandungan shea butter-nya ampuh melembapkan kulit yang sangat kering dan kasar

Harga mulai dariRp 75.000,00Rp 75.000,00Rp 16.250,00Rp 135.000,00Rp 19.300,00Rp 109.100,00Rp 46.000,00Rp 59.999,00Rp 45.000,00Rp 369.000,00
Jenis scrubTidak ada keteranganTidak ada keteranganSalt scrubTidak ada keteranganTidak ada keteranganSalt scrubTidak ada keteranganTidak ada keteranganBamboo powderSugar scrub
Bahan pelembapNiacinamide, allantoin, olive oilVitamin EHerba matsu oilShea butter, grapeseed oil, sunflower oilMarine collagen essenceHabbatussauda oil, glycerinOlive oilPeach extractShea butter, glycerin, licorice extractButyrospermum parkii butter/shea butter, glycine soja oil, Helianthus annuus seed oil, castor oil
Jenis kemasanJarJarJarJarJarJarJarJarTubeJar
Isi250 g250 ml200 g120 g100 ml200 ml150 ml140 g30 ml250 ml
AromaStrawberry yoghurtFloralFloralCoffeeOceanFloralOlive oilPeachTidak disebutkanNutty
Tautan produk
10

The Body ShopShea Exfoliating Sugar Body Scrub

Mulai dari Rp 369.000,00

Jenis scrubSugar scrub
Bahan pelembapButyrospermum parkii butter/shea butter, glycine soja oil, Helianthus annuus seed oil, castor oil
Jenis kemasanJar
Isi250 ml
AromaNutty
9

ClarinsExfoliating Body Scrub For Smooth Skin

Mulai dari Rp 45.000,00

Jenis scrubBamboo powder
Bahan pelembapShea butter, glycerin, licorice extract
Jenis kemasanTube
Isi30 ml
AromaTidak disebutkan
8

BioaquaBody Scrub Badan Peach Extract Fruit Exfoliation

Mulai dari Rp 59.999,00

Jenis scrubTidak ada keterangan
Bahan pelembapPeach extract
Jenis kemasanJar
Isi140 g
AromaPeach
7
Jenis scrubTidak ada keterangan
Bahan pelembapOlive oil
Jenis kemasanJar
Isi150 ml
AromaOlive oil
6

Good Virtues Co Skin Renewal & Lightening Body Salt Scrub

Mulai dari Rp 109.100,00

Jenis scrubSalt scrub
Bahan pelembapHabbatussauda oil, glycerin
Jenis kemasanJar
Isi200 ml
AromaFloral
5

UnileverCitra Marine Collagen Body Scrub

Mulai dari Rp 19.300,00

Jenis scrubTidak ada keterangan
Bahan pelembapMarine collagen essence
Jenis kemasanJar
Isi100 ml
AromaOcean
4
Jenis scrubTidak ada keterangan
Bahan pelembapShea butter, grapeseed oil, sunflower oil
Jenis kemasanJar
Isi120 g
AromaCoffee
3

Bina Karya PrimaShinzu'i Kirei Skin Lightening Body Scrub

Mulai dari Rp 16.250,00

Jenis scrubSalt scrub
Bahan pelembapHerba matsu oil
Jenis kemasanJar
Isi200 g
AromaFloral
2
Jenis scrubTidak ada keterangan
Bahan pelembapVitamin E
Jenis kemasanJar
Isi250 ml
AromaFloral
1
Jenis scrubTidak ada keterangan
Bahan pelembapNiacinamide, allantoin, olive oil
Jenis kemasanJar
Isi250 g
AromaStrawberry yoghurt

Gunakan body scrub dengan benar untuk hasil optimal

Apakah Anda sudah menemukan body scrub yang diinginkan dari produk yang kami rekomendasikan di atas? Selanjutnya, silakan simak tips penggunaan body scrub berikut ini untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Tips menggunakan body scrub

Tips menggunakan body scrub
Body scrub dianjurkan untuk digunakan setelah mandi. Anda dianjurkan untuk mandi air hangat sebelumnya agar pori-pori terbuka sehingga memudahkan proses eksfoliasi. Setelah membilas dan membersihkan tubuh, gosokkan scrub pada permukaan kulit Anda. 

Aplikasikan scrub di bagian kulit yang kasar dan gelap, lalu pijat secara lembut dengan gerakan melingkar. Setelah didiamkan beberapa menit, bilas lagi dengan air tanpa menggunakan sabun. Hal ini bertujuan agar khasiat body scrub lebih maksimal.


Saat menggunakan body scrub, Anda juga tidak disarankan untuk menggosok terlalu keras. Lalu, jangan gunakan scrub pada area kulit yang sedang berjerawat. Hal ini dapat melukai kulit, menimbulkan iritasi, serta membuat jerawat jadi makin meradang. Tergantung pada aturan pakai tiap-tiap produk, umumnya Anda dapat menggunakan body scrub satu atau dua kali seminggu.

dr. Indah Maharani
Dokter spesialis kulit dan kelamin
dr. Indah Maharani

Saat melakukan scrubbing, Anda tentu perlu memperhatikan tekanan yang dikerahkan saat menggosok kulit. Jangan melakukannya dengan terlalu keras secara berulang-ulang, terlalu lama, ataupun terlalu sering. Hal ini dapat menyebabkan iritasi, lecet, dan juga kemerahan pada kulit. Hindari scrubbing berlebih, apalagi jika kulit sampai terasa perih.


Scrubbing dapat dilakukan 1–2 kali dalam seminggu untuk kulit yang kasar. Di satu sisi, untuk kulit yang lembut Anda cukup melakukan scrubbing sebanyak 1–2 minggu sekali. Namun, untuk jenis scrub yang sangat lembut, frekuensi scrubbing dapat Anda lakukan dengan lebih sering.

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani

Tips dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani

Untuk kulit yang sedang berjerawat, terutama jerawat yang meradang, hindarilah penggunaan scrub yang kasar. Hal ini dapat menyebabkan peradangan lebih lanjut akibat reaksi iritasi. Pilihlah jenis scrub yang lembut dengan ukuran butiran yang kecil dengan bentuk bulat sempurna. Selain itu, pilihlah produk dengan kandungan zat aktif yang memiliki efek soothing.

Baca juga rekomendasi body scrub atau lulur lainnya di sini

Nah, untuk mendapatkan rekomendasi terkait body scrub yang lain, Anda bisa membaca artikel di bawah ini. Selain itu, ada juga rekomendasi tentang lulur mandi yang fungsinya kurang lebih sama dengan body scrub. Klik judul yang menarik untuk Anda dan pilih produk yang paling Anda sukai!

Kesimpulan

Terdapat berbagai macam scrub badan terbaik yang dijual di pasaran. Dalam memilih, sebaiknya Anda memperhatikan tekstur butiran, komposisi bahan pelembap, aroma, dan keunggulan setiap produk. 


Setelah Anda menentukan pilihan, lakukanlah perawatan tubuh secara rutin beberapa kali dalam seminggu, tergantung pada kondisi kulit Anda. Hal ini dapat Anda lakukan demi mendapat kulit mulus sekaligus menjaga pikiran lebih relaks. Selamat memilih dan memanjakan tubuh Anda!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Body Lotion Marina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Lotion Marina Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Body lotion merupakan produk body care yang cocok dimiliki semua orang. Tak hanya melembapkan, manfaat hand body lotion juga beragam, misalnya mencerahkan dan menghidrasi kulit. Marina, salah satu merek kosmetik lokal yang bagus pun mengeluarkan body lotion. Produk yang berkualitas dengan beragam varian menjadi alasan kepopuleran Marina.Jika Anda bingung menentukan pilihan body lotion Marina yang terbaik, tak perlu khawatir. Kami akan memberikan tips memilih juga rekomendasi produknya. Marina Healthy & Glow dan Marina Bright & Fresh termasuk di antara produk yang kami rekomendasikan. Jadi, baca artikelnya sampai selesai, ya. 
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Body Lotion Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang enggan menggunakan body lotion atau hand body karena terasa lengket. Sebetulnya, body lotion adalah pelembap yang menutrisi semua jenis kulit. Anda bisa menemukan body lotion yang tidak lengket serta mampu memutihkan dengan kandungan collagen. Ada pula body lotion dengan SPF untuk kulit kering, kulit remaja, serta kebutuhan kulit lainnya.Kami akan menjelaskan cara memilih body lotion serta memberikan rekomendasi merek yang bagus. Body lotion Scarlett, Vaseline, Nivea, Grace and Glow, dan Marina akan turut kami ulas. Simak terus informasi bermanfaat yang akan kami paparkan berikut ini!
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Whitening Body Lotion Terbaik - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Kulit Anda menjadi gelap dan kusam akibat sering beraktivitas di bawah sinar matahari? Whitening body lotion adalah solusi untuk Anda yang menginginkan kulit putih dan bercahaya. Kandungan whitening agent, seperti alpha arbutin, glutathione, kojic acid, dan niacinamide akan mengembalikan warna kulit Anda.Kali ini, kami akan memperkenalkan merek whitening body lotion yang bagus, seperti Scarlett Whitening, NIVEA, dan Vaseline. Sebelum itu, kami akan menjelaskan cara memilih hand body pemutih sesuai kebutuhan Anda. Simak juga komentar dari dr. Dian Pratiwi, SpKK tentang tips memilih whitening lotion yang tepat!
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Pria - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak orang beranggapan bahwa produk perawatan kulit hanya dibutuhkan oleh wanita. Kenyataannya, pria juga membutuhkan skincare agar kulitnya tetap sehat, tidak berjerawat, dan tidak berminyak. Salah satu produk skincare yang dibutuhkan pria adalah sunscreen atau sunblock.Ada berbagai merk yang mengeluarkan produk sunscreen untuk cowok, seperti Biore, Kahf, hingga Erha21. Kali ini kami akan membantu Anda memilih sunscreen yang bagus untuk kebutuhan kulit pria. Baca juga tips tambahan dari dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Indah Maharani. Selamat menyimak!
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen Terbaik untuk Kulit Kering - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Sunscreen merupakan skincare yang tidak boleh di-skip dari perawatan kulit sehari-hari. Pemakaian sunscreen secara rutin dapat menghindarkan Anda dari kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari. Namun, penggunaan sunscreen juga harus menyesuaikan jenis kulit. Misalnya, untuk Anda yang memiliki kulit kering, pilihlah sunscreen yang kaya pelembap.Kali ini, kami akan memberikan tips beserta rekomendasi sunscreen yang bagus untuk kulit kering. Merek sunscreen ternama, seperti Azarine, Skin Aqua, dan COSRX ada dalam list rekomendasi kami. Artikel ini telah ditinjau oleh dermatovenereologist kami, dr. Dian Pratiwi, SpKK. Simak selengkapnya!
    Perawatan badan
  • 10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Sunscreen/Sunblock Terbaik untuk Anak - Ditinjau oleh Dermatovenereologist (Terbaru Tahun 2022)
    Untuk melindungi kulit anak-anak yang masih rentan terhadap sinar ultraviolet, diperlukan sunscreen atau sunblock khusus anak-anak. Berbagai merek sunscreen anak dan sunblock anak beredar di pasaran dengan keistimewaan masing-masing. Ada merek Nivea, Beeme, Momami, dan masih banyak lagi.Namun, simak dahulu tips memilih sunscreen untuk anak-anak di bawah ini sebelum membeli. Jangan lewatkan juga rekomendasi sunblock anak yang bagus untuk berenang, sunscreen anak SD, sunscreen untuk anak 10 tahun, dan sebagainya. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh dokter spesialis kulit dan kelamin, dr. Fitria Agustina.
    Perawatan badan
  • 10 Rekomendasi Hand Cream Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Hand Cream Organik Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Hand cream merupakan produk perawatan tangan yang mudah digunakan dan memiliki manfaat yang sangat baik untuk kulit. Produk ini disukai karena mampu mengurangi risiko timbulnya efek iritasi. Jika Anda mencari hand cream untuk kulit sensitif, pertimbangkan untuk memilih hand cream organik yang bagus.Beberapa merek terkenal, seperti L’Occitane dan The Body Shop telah memproduksi hand cream berbahan organik yang layak dicoba. Namun, manakah yang paling tepat untuk kulit tangan Anda? Simak penjelasan cara memilih hand cream organik berikut ini. Kami juga memberikan rekomendasi hand cream organik terbaik yang best seller.
    Perawatan badan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori