10 Rekomendasi Sepatu Pantofel Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Sepatu Pantofel Terbaik untuk Kerja (Terbaru Tahun 2019)

Perkembangan sepatu pantofel pria semakin beragam saat ini. Mulai dari sisi fungsionalitasnya, seperti antiair dan tahan lama, hingga desainnya yang trendi mengikuti perkembangan zaman. Ada berbagai jenis sepatu pantofel dengan harga dan warna yang variatif. Hal ini mungkin membuat Anda bertanya-tanya produk mana yang seharusnya Anda beli.

Kali ini kami akan menjelaskan beberapa poin penting yang dapat menjadi pertimbangan Anda dalam memilih produk sepatu pantofel, seperti desain, kenyamanan, dan fungsionalitasnya. Kami juga merekomendasikan beberapa produk dari merek terbaik seperti Humm3r, Giant Flames, dan Rockford. Selamat membaca!

Daftar isi

Cara memilih sepatu pantofel untuk pria

Terdapat tiga hal yang perlu diperhatikan ketika memilih sepatu pantofel untuk kerja. Berikut adalah penjelasannya.

Pilihlah jenis sepatu dengan desain yang menimbulkan kesan baik pada rekan bisnis Anda

Salah satu fungsi sepatu dalam urusan bisnis adalah untuk menimbulkan kesan dapat dipercaya pada rekan bisnis Anda. Ada beberapa hal kecil yang justru sering luput dari perhatian kita, misalnya desain sepatu yang memiliki lubang hiasan, serta bentuk ujung sepatu. Berikut ini akan kami perkenalkan beberapa jenis sepatu pantofel pria yang sesuai dengan etika bisnis pada umumnya.

Sepatu jenis plain toe yang mengutamakan kesederhanaan

Sepatu jenis plain toe yang mengutamakan kesederhanaan

Plain toe adalah jenis sepatu model simple tanpa hiasan di ujungnya. Sepatu jenis ini dapat digunakan di berbagai situasi bisnis. Model sepatu yang memiliki opened lacing (bagian sayap sepatu yang membuka ke luar) tidak menimbulkan kesan khusus sehingga cocok digunakan oleh para pekerja baru. Adapun model sepatu dengan closed lacing (bagian sayap sepatu yang menempel di dalam) memberikan kesan formal yang kuat.

Sepatu jenis cap toe untuk situasi formal

Sepatu jenis cap toe untuk situasi formal

Cap toe adalah jenis sepatu yang memiliki satu garis horizontal di bagian ujung sepatu. Model yang paling terkenal adalah straight chip (ujung lurus). Model ini adalah sepatu formal yang ditandai dengan satu jahitan horizontal tanpa ada lubang hiasan.

Adapun jenis sepatu yang memiliki ornamen lubang di bagian ujung disebut dengan toecap berlubang. Ornamen ini menjadikan sepatu kelihatan lebih glamor. Sepatu dari bahan kulit halus pun bisa digunakan untuk acara-acara resmi. Sepatu model straight chip merupakan model yang diperuntukkan untuk acara formal. Namun, sepatu kulit warna hitam bermodel closed lacing pun bisa cocok digunakan dalam acara formal.

Pilihlah berdasarkan tekstur kulit serta kenyamanannya saat dipakai

Selain desain, jenis kulit yang dipakai serta bagaimana sepatu itu dibuat juga dapat mempengaruhi penampilan sepatu. Apakah terbuat dari kulit asli atau kulit sintetis, serta bagaimana pula pola jahitan dan bagian sol sepatunya?

Hal-hal seperti ini merupakan hal yang mudah terlihat. Dengan memperhatikan hal ini, Anda bisa segera tahu mana sepatu yang baik dan mana yang kurang baik. Jadi, meskipun Anda tidak memiliki pengetahuan yang mendalam tentang sepatu, Anda tetap bisa memilih sepatu yang berkualitas.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menilai kualitas sepatu.

Kualitas kulit yang kurang baik bisa mempengaruhi penampilan Anda

Kualitas kulit yang kurang baik bisa mempengaruhi penampilan Anda 

Sebagian besar bagian luar sepatu terbuat dari kulit asli binatang, seperti sapi, kuda, kambing, rusa, dan lainnya. Hal ini dicirikan dengan tekstur yang kaya sehingga terlihat sempurna untuk menonjolkan gaya seorang pebisnis. Namun, sepatu yang terbuat dari kulit asli memerlukan perawatan yang rutin.

Ada pula sepatu yang terbuat dari kulit sintetis. Kualitas tekstur kulitnya mungkin tidak sebaik sepatu berbahan kulit asli. Namun, sepatu berbahan kulit sintetis memiliki keunggulan yaitu lebih mudah dalam perawatannya. Saat ini, produk yang terbuat dari bahan kulit sintetis dengan kualitas tekstur kulit yang bagus pun sudah mulai bermunculan.

Proses pembuatan sepatu juga menentukan kenyamanannya

Proses pembuatan sepatu juga menentukan kenyamanannya

Proses pembuatan sepatu juga mempengaruhi tingkat kenyamanan sepatu. Proses pembuatan yang kurang baik akan berdampak negatif pada fungsi sepatu, dan menghilangkan kesan visual yang ditimbulkannya. Empat hal yang perlu Anda perhatikan saat memilih sepatu adalah ketepatan jahitan, bagian kiri dan kanan sepatu yang simetris, bagian dalam sepatu dan tekstur sol dalam (insole), serta bentuk dan tekstur sol luar (outsole).

Pilihlah berdasarkan fungsionalitasnya

Fungsionalitas sepatu pantofel telah sangat maju belakangan ini. Ada sepatu pantofel yang juga bisa difungsikan sebagai sepatu lari. Ada pula sepatu pantofel yang antiair dan antilembap karena menggunakan bahan yang biasa dipakai untuk membuat produk outdoor. Sudah bukan saatnya lagi memilih sepatu kulit dengan mengorbankan fungsionalitas. Nah, berikut ini kami akan kemukakan beberapa poin fungsionalitas dari sepatu pantofel yang perlu diperhatikan.

Pilih yang antiselip

Pilih yang antiselip

Kita sering mendapati tempat-tempat yang dapat membuat kaki mudah terpeleset, seperti permukaan yang basah atau ubin yang licin. Sepatu yang licin kurang stabil digunakan saat berjalan, yang dapat menyebabkan cedera jika kita terjatuh. Namun, saat ini bahan sol luar sepatu sudah mengalami banyak perkembangan, dan sepatu pantofel antiselip pun mulai bermunculan.

Pilih yang tidak membuat kaki lelah

Pilih yang tidak membuat kaki lelah

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwa sepatu kulit itu membuat kaki mudah lelah karena adanya kesan kaku yang ditimbulkan ketika dipakai. Namun, pembuatan sepatu kulit saat ini telah berkembang pesat. Kini ada banyak jenis sepatu yang tidak membuat kaki lelah. Pastikan Anda memilih produk yang tidak membuat kaki lelah sebelum membelinya.

Hal terpenting dari sepatu yang tidak membuat kaki lelah adalah sepatu tersebut pas dengan ukuran dan bentuk kaki Anda. Sepatu yang tidak pas dengan kaki Anda hanya akan membuat Anda merasa tidak nyaman ketika memakainya.

Pilih yang antilembap

Pilih yang antilembap

Indonesia memiliki cuaca yang panas sepanjang tahun. Jika Anda mengenakan sepatu pantofel sepanjang hari, kaki Anda akan menjadi lembap. Namun, belakangan ini banyak produk sepatu yang dirancang antilembap. Umumnya teknologi antilembap tersebut terdapat pada bahan sol atas dan sol dalamnya. Periksalah dengan teliti bahan sol yang digunakan saat akan membeli sepatu pilihan Anda!

Pilih yang antiair

Pilih yang antiair

Musim penghujan bukan menjadi hambatan untuk memakai sepatu kulit. Namun, rasa tidak nyaman dapat muncul jika air hujan masuk ke dalam sepatu. Ditambah lagi jika sepatu tersebut juga tidak memiliki tampilan yang baik. Tentu hal ini dapat mengurangi keseluruhan tampilan Anda saat memakainya. Oleh karena itu, memilih sepatu pantofel yang dapat Anda andalkan di saat musim penghujan merupakan hal yang penting.

Belakangan ini, sepatu kulit yang dilengkapi dengan bahan antiair sudah banyak tersedia di pasaran. Pilihlah sepatu yang antiair sebagai salah satu poin yang perlu Anda perhatikan ketika membeli sepatu pantofel.

10 Rekomendasi sepatu pantofel terbaik untuk pria

Selanjutnya, kami akan memberikan rekomendasi sepatu pantofel terbaik untuk pria. Ingatlah untuk tetap mengacu pada cara memilih yang telah kami bahas di atas. Silakan disimak, ya!

10. S. van Decka TK010X

10. S. van Decka TK010X

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 175.000

Empuk dipakai, mudah dipasang lepas lagi!

Sepatu ini dibuat untuk Anda yang ingin terlihat trendi namun tetap formal. Terbuat dari bahan sol dalam yang empuk, Anda tidak perlu khawatir sakit saat memakainya. Adapun sol luarnya dibuat dari bahan yang ringan dan awet dipakai. Untuk Anda yang mementingkan faktor kenyamanan, produk ini mungkin bisa Anda pertimbangkan.

Dilengkapi dengan karet di bagian punggungnya, Anda akan lebih mudah saat memasang dan melepas sepatu tanpa perlu membuka gespernya. Dengan bentuknya yang trendi dan warna hitam yang netral, sepatu ini cocok digunakan di acara formal maupun nonformal.

Jenis sepatu Monk strap berkaret
Bahan kulit Synthetic leather
Keunggulan Sol dalam yang empuk dan sol luar yang ringan
Pilihan warna Hitam

9. WETAN Empire Sweta Dwipa 2

9. WETAN Empire Sweta Dwipa 2

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 333.000

Trendi dengan sepatu klasik model Oxford

Sepatu kulit bergaya klasik Oxford ini merupakan buatan anak negeri dari Cibaduyut, Bandung. Terbuat dari bahan berkualitas premium, produk ini tidak hanya cocok digunakan untuk bekerja, tetapi juga untuk menghadiri acara seremonial.

Sol dalam sepatu ini empuk sehingga Anda akan merasa nyaman saat mengenakannya. Lalu, sol luar yang terbuat dari thermoplastic rubber membuat sepatu ini ringan dan tidak licin. Produk ini tersedia dalam dua pilihan warna netral yang bisa Anda pilih sesuai selera.

Jenis sepatu Cap toe, open lacing
Bahan kulit Premium genuine leather
Keunggulan Ringan dan tidak licin
Pilihan warna Dua (hitam dan cokelat)

8. Madrid Black Forind x Zapato

8. Madrid Black Forind x Zapato

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 449.000

Ingin bergaya klasik tapi tetap stylish dan nyaman? Produk vintage classic ini cocok jadi pilihan

Sepatu ini merupakan produk lokal yang kualitasnya tidak kalah dengan buatan luar negeri. Dengan gaya vintage classic, sepatu model derby ini tetap stylish digunakan di berbagai situasi. Cocok untuk menunjang aktivitas harian Anda.

Selain itu, sepatu ini dirancang pula untuk kenyamanan Anda. Sol bagian dalam terbuat dari synthetic leather. Adapun sol luarnya berasal dari bahan karet yang solid. Memakai sepatu kulit sepanjang hari pun tetap membuat kaki Anda nyaman.

Jenis sepatu Cap toe, open lacing
Bahan kulit Horse leather
Keunggulan Sol karet yang nyaman
Pilihan warna Hitam

7. ZYATS

7. ZYATS

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 897.800

Untuk Anda yang lebih menyukai model tanpa tali

Modelnya yang semi kasual membuat sepatu ini bisa menjadi salah satu pilihan bagi Anda yang bergaya dinamis. Sepatu ini dilengkapi dengan lace-up di bagian punggung kaki yang memberi aksen lebih pada sepatu. Permukaan sepatu yang mengilap semakin menambah kesan chic pada penampilan Anda.

Sepatu ini juga dibuat dari bahan berkualitas yang membuat kaki Anda nyaman dengan sirkulasi udara yang baik. Anda bisa memakainya dalam berbagai acara, baik formal, semi formal, maupun santai. Model slip-on membuat Anda dapat memakai dan melepas sepatu dengan mudah.

Jenis sepatu Slip-on
Bahan kulit Genuine leather
Keunggulan Sirkulasi udara yang baik
Pilihan warna Dua (hitam dan cokelat)

 6. Heiden Clement Derby

6. Heiden Clement Derby

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 325.000

Klasik dan chic untuk menunjang penampilan Anda

Sepatu bergaya klasik ini merupakan produksi dalam negeri yang berkualitas tinggi. Terbuat dari bahan kulit doff, model ini cocok untuk Anda yang ingin terlihat tetap chic namun tidak terlalu mencolok. Sepatu ini dapat Anda gunakan dalam kegiatan sehari-hari di kantor maupun untuk acara resmi.

Seperti halnya produk sebelumnya, sepatu bergaya klasik selalu bisa menjadi pilihan yang tepat. Jenis sepatu seperti ini menjadi model sepanjang masa karena desainnya yang sederhana. Produk ini sesuai untuk Anda yang tidak mau ribet dalam memilih sepatu pantofel.

Jenis sepatu Plain toe, open lacing
Bahan kulit Semi PullUp leather
Keunggulan Perawatan yang mudah dengan bahan doff
Pilihan warna Dua (hitam dan cokelat)

5. Portgas Forind x Monday

5. Portgas Forind x Monday

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 205.900

Kaki tetap nyaman dengan sepatu “bernapas”

Cuaca panas di negara tropis membuat sepatu pantofel tidak nyaman digunakan seharian. Namun, kini ada solusi yang tepat untuk Anda. Sepatu ini dilengkapi dengan lapisan busa sintetis yang sangat lembut. Kaki Anda pun tidak akan panas karena adanya sirkulasi udara yang teratur.

Dengan keunggulannya, sepatu ini dapat digunakan sepanjang hari. Setelah beraktivitas di kantor, Anda bisa hangout dengan teman kerja tanpa perlu mengganti sepatu. Modelnya cocok untuk menunjang segala kegiatan Anda.

Jenis sepatu Wingtip, open lacing dengan lubang hiasan
Bahan kulit High quality synthetic leather
Keunggulan Sirkulasi udara yang teratur
Pilihan warna Dua (hitam dan cokelat tua)

4. Giant Flames Kenzie Black

4. Giant Flames Kenzie Black
Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 290.000

Produk closed lacing dengan detail yang rapi

Sepatu produksi fashion brand lokal Giant Flames ini menunjukkan kelasnya dalam jajaran sepatu pantofel formal untuk pria. Dari segi model, lubang hiasan di beberapa bagian sepatu memberikan aksen cool pada penampilan Anda. Ditambah lagi dengan modelnya yang closed lacing, sepatu ini terlihat semakin menarik.

Adapun dari segi teknologi, sepatu ini dikerjakan oleh tenaga ahli dengan tangan terampil. Pengerjaaan sol sepatu dilakukan dengan teliti dan rapi. Air mesh dan EVA sponge juga membuat sepatu menjadi ringan dan nyaman ketika dipakai.

Jenis sepatu Wingtip, closed lacing dengan lubang hiasan
Bahan kulit Premium synthetic leather
Keunggulan Dibuat dengan teknologi Air mesh dan EVA  sponge
Pilihan warna Hitam dan cokelat

3. Humm3r Anaconda

3. Humm3r Anaconda

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 210.000

Satu lagi pilihan sepatu casual untuk acara formal Anda

Merek asli Bandung ini memadukan budaya, keahlian, desain modern, dan gaya independen dalam semua produknya. Modelnya bergaya kasual, namun tetap mempertahankan kesan formalnya.

Sol luar sepatu ini terbuat dari bahan microtech yang tebal, menjadikan sepatu ini ringan saat dipakai. Sepatu ini cocok Anda gunakan untuk acara resmi maupun untuk acara santai seperti hangout bersama teman.

Jenis sepatu Wingtipopen lacing
Bahan kulit Premium leather
Keunggulan Ringan dengan teknologi microtech
Pilihan warna Lima (hitam, cokelat, maroon, tan, salem)

2. Dr. Kevin Men Business Formal Shoes 13393 – Black

2. Dr. Kevin Men Business Formal Shoes 13393 - Black

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 349.965

Everlasting model yang simpel dan elegan

Model sepatu yang simpel memang tidak akan pernah lekang dimakan waktu. Begitu juga dengan produk dari Dr. Kevin ini. Berwarna hitam dengan model lacing yang simpel, sepatu ini akan membuat Anda terlihat lebih elegan saat memakainya.

Sepatu ini memiliki hak dengan tinggi sekitar 3 cm, ukuran yang pas untuk kenyamanan kaki Anda. Dilengkapi dengan sol thermoplastic rubber, sepatu ini akan terasa ringan dan nyaman saat dipakai. Selain itu, solnya juga dirancang agar tidak licin meski berjalan di tempat basah. Tidak akan ada lagi cerita terpeleset saat musim hujan tiba!

Jenis sepatu Round toe, open lacing
Bahan kulit Genuine leather
Keunggulan Ringan dan antiselip
Pilihan warna Hitam

1. Rockport Charles Road Plain Toe Oxford

1. Rockford Charles Road Plain Toe Oxford

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 1.200.000

Jaminan harga dengan kualitas dan fungsi yang tidak diragukan lagi

Untuk Anda yang menginginkan sepatu yang ringan dan stylish, mungkin produk ini bisa menjadi pilihannya. Terbuat dari bahan kulit ringan dan berkualitas tinggi, produk ini akan semakin menunjang penampilan Anda agar terkesan klasik dan elegan. Anda bisa menggunakannya saat rapat, saat dinas di luar kantor, atau saat menjamu makan malam rekan bisnis Anda.

Mungkin harganya memang sedikit mahal. Namun, harga ini sesuai dengan kualitas yang dimilikinya. Dapat digunakan di segala cuaca, ditambah dengan sol luar yang mampu menahan guncangan, sepatu ini begitu nyaman dipakai. Apalagi yang Anda tunggu?

Jenis sepatu Plain toe, open lacing
Bahan kulit Genuine leather
Keunggulan Shock absorbing, ringan dipakai
Pilihan warna Hitam

Jenis-jenis sepatu pantofel berdasarkan desainnya

Sepatu pantofel untuk pria memiliki berbagai jenis desain tergantung pada bentuknya. Ada sepatu dengan jenis ujung lurus, plain toe, dan sebagainya. Berikut ini akan kami bahas beberapa di antaranya.

Jenis ujung lurus, cocok untuk acara seremonial

Jenis ujung lurus, cocok untuk acara seremonial

Ujung lurus adalah sepatu dengan desain garis horizontal di ujung jari. Dengan desain seperti ini, kerutan akan sulit terbentuk di bagian ujung sepatu. Desain ini merupakan jenis yang paling formal dan sesuai untuk acara-acara seremonial. Oleh karena itu, sepatu ini menjadi salah satu model yang kami rekomendasikan untuk Anda miliki.

Plain toe, memberikan kesan yang indah dan bersih

Plain toe, memberikan kesan yang indah dan bersih

Jenis plain toe memiliki desain yang sederhana tanpa hiasan di bagian ujungnya. Dibuat dengan sangat detail, jenis ini terlihat indah dan bersih. Model ini merupakan salah satu pilihan yang kami rekomendasikan selain jenis sepatu dengan ujung yang lurus.

Monk strap dengan tali pengikat gesper yang memudahkan saat melepas dan memasang sepatu

Monk strap dengan tali pengikat gesper yang memudahkan saat melepas dan memasang sepatu

Jenis monk strap memiliki tali gesper di bagian sisinya, yang dapat digunakan saat memasang dan melepas sepatu. Karena lebih mudah dipakai daripada jenis sepatu bertali, sepatu ini juga menjadi pilihan bagi sebagian orang. Namun, sepatu jenis ini kurang cocok untuk penggunaan formal. Hal ini dikarenakan sepatu jenis ini masih memiliki kesan kasual jika dibandingkan dengan sepatu bertali.

Wingtip dengan lubang hiasan yang menjadi ciri khasnya

Wingtip dengan lubang hiasan yang menjadi ciri khasnya

Sepatu berjenis wingtip ditandai dengan perubahan bentuk di bagian ujung sepatu. Bagian tersebut memiliki jahitan berbentuk huruf W yang seperti sayap burung sehingga dinamai wingtip. Pada awalnya, jenis sepatu ini dibuat untuk para pekerja. Sepatu ini dilengkapi dengan lubang-lubang kecil di bagian ujungnya. Lubang tersebut berfungsi untuk mengeluarkan air dari dalam sepatu ketika berjalan di hutan atau lahan basah.

U-tip, dapat digunakan untuk berbagai jenis fungsi

U-tip, dapat digunakan untuk berbagai jenis fungsi

U-tip shoes memiliki desain dengan bagian atas sepatu yang berbentuk seperti huruf U. Sepatu jenis ini dapat digunakan untuk berbagai macam fungsi, seperti untuk golf dan kegiatan-kegiatan outdoor. Saat ini mungkin banyak orang yang menggunakannya untuk acara bisnis. Namun, jika mengingat fungsi aslinya, sepatu jenis ini tidak cocok untuk acara seremonial karena terkesan kurang formal.

Slip-on yang mudah untuk dikenakan

Slip-on yang mudah untuk dikenakan

Jenis sepatu tanpa hiasan apapun di bagian punggung kaki, seperti tali atau gesper, disebut dengan slip-on. Jenis ini populer karena tidak perlu mengikat tali atau melepas gesper sehingga lebih mudah saat mengenakannya. Namun, sepatu ini juga bukan termasuk jenis sepatu formal.

Perbedaan jenis sepatu berdasarkan desain sayapnya

Perbedaan jenis sepatu berdasarkan desain sayapnya 

Berdasarkan desain sayapnya, sepatu pantofel pria terdiri dari dua jenis, yaitu open lacing dan closed lacing. Open lacing (foto kiri) merupakan sepatu dengan bagian sayap sepatu yang membuka ke luar. Closed lacing (foto kanan) merupakan sepatu dengan bagian sayap sepatu yang menempel ke dalam.

Sepatu dengan desain open lacing cukup banyak diminati karena memiliki bagian sayap yang tidak dijahit. Hal ini membuat kaki si pemakai menjadi lebih bebas, dan punggung kaki menjadi lebih santai. Sedangkan sepatu dengan desain closed lacing, memberikan kesan yang lebih formal dan bersih.

Kesimpulan

Dengan mengenakan sepatu pantofel yang baik, Anda dapat menumbuhkan rasa percaya diri sekaligus memberikan kesan yang baik pada rekan kerja Anda. Dalam memilih sepatu, penting kiranya untuk mempertimbangkan faktor desain dan fungsionalitasnya.

Semoga artikel dan rekomendasi produk-produk yang kami berikan dapat menjadi panduan Anda dalam memilih sepatu pantofel. Selamat memilih sepatu pantofel yang cocok dan nyaman bagi Anda!