10 Rekomendasi Lipstik Cokelat Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Lipstik Cokelat Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Belakangan ini, lipstik berwarna cokelat digemari oleh banyak wanita. Berbagai brand makeup ternama bahkan telah mengeluarkan lipstik cokelat andalannya. Sebut saja Maybeline, NYX, Make Over, dan beberapa lainnya.

Sebelum Anda menentukan pilihan, kami akan membahas terlebih dahulu tips memilih lipstik cokelat terbaik. Tentunya poin tersebut akan membantu Anda dalam menentukan produk terbaik yang sesuai kebutuhan. Jadi, jangan dilewatkan ya!

Daftar isi

Keunggulan lipstik cokelat

Keunggulan lipstik cokelat

Bagi sebagian orang, lipstik dengan warna nude sering kali tidak cocok dengan warna kulit mereka. Sementara itu, lipstik berwarna terang, seperti merah, pink, atau orange juga tidak dapat digunakan pada setiap kesempatan. Untuk itulah lipstik cokelat ini dipilih.

Lipstik cokelat memiliki warna netral yang dapat digunakan pada berbagai kesempatan dan cocok untuk berbagai usia. Anda dapat memilih lipstik cokelat saat ingin berdandan dengan simple dan cepat. Di samping itu, lipstik cokelat juga dapat digunakan untuk menyeimbangkan finish look Anda saat riasan mata sudah tebal.

Cara memilih lipstik cokelat

Berbagai jenis lipstik cokelat yang beredar di pasaran mungkin membuat Anda bingung saat memilih. Jangan khawatir, kami akan mengulas cara memilih lipstik cokelat untuk membantu Anda. Baca ulasannya di bawah ini!

Pilih shades warna cokelat yang sesuai dengan warna kulit

Pilih shades warna cokelat yang sesuai dengan warna kulit

Lipstik cokelat mampu memberikan kesan hangat saat digunakan. Jika Anda terlalu sering menggunakan lipstik berwarna pink atau merah, lipstik cokelat ini akan membuat riasan wajah Anda tampak berbeda dari biasanya. Namun, Anda harus pintar memilih lipstik cokelat agar terlihat cocok pada warna kulit Anda.

Bagi Anda yang memiliki kulit putih, lipstik nude cokelat dapat jadi pilihan. Selain itu, lipstik cokelat dengan undertone pink atau orange juga pas untuk Anda karena tetap memberikan kesan manis.

Untuk kulit kuning langsat, Anda dapat memilih lipstik berwarna cokelat muda atau cokelat gelap. Namun, hindari warna nude cokelat karena akan membuat riasan Anda terlihat pucat. Berbeda dari kulit putih, pemilik kulit kuning langsat kurang cocok menggunakan lipstik cokelat dengan undertone merah karena membuat riasan Anda terlihat datar. Pilihlah lipstik cokelat dengan cool undertone karena produk tersebut paling pas untuk Anda.

Terakhir, jika Anda memiliki kulit sawo matang, pilihlah lipstik dengan warna yang kontras dengan warna kulit Anda. Lipstik cokelat dengan warna kopi, tan, atau yang memiliki undertone pink akan pas untuk kulit Anda. Di samping itu, lipstik cokelat dengan gloss finish tepat menjadi pilihan karena akan membuat kulit Anda tampak lebih cerah.

Pilih lipstik cokelat berdasarkan jenisnya

Umumnya, semua jenis lipstik terbagi menjadi tiga bentuk, yaitu stick, liquid, dan crayon. Apa saja karakteristik masing-masing dari jenis lipstik tersebut?

Stick, favorit dari dahulu hingga kini

Stick, favorit dari dahulu hingga kini

Lipstik berbentuk padat ini seakan menjadi pilihan yang tidak pernah salah. Walau saat ini banyak jenis lipstik bermunculan, jenis stick ini tetap dicari oleh banyak wanita. Tidak hanya itu, jenis lipstik juga mudah digunakan oleh berbagai kalangan usia.

Umumnya, lipstik jenis ini juga terasa lebih melembapkan. Oleh sebab itu, jika Anda memiliki bibir yang cenderung kering, kami sarankan untuk memilih jenis ini. Namun, ketahanan lipstik jenis ini tidak seawet jenis liquid lipstick. Sesekali Anda harus touch up kembali, terutama saat menghadiri acara-acara penting yang berlangsung lama.

Liquid, tidak mudah pudar dan tahan lama

Liquid, tidak mudah pudar dan tahan lama

Jika Anda mencari lipstik yang tahan lama, liquid lipstick adalah jawabannya. Liquid lipstick biasanya dilengkapi dengan bahan pengikat yang membuat warnanya tidak mudah pudar seperti triethoxycaprylylsilane. Dari segi kelembapannya, jenis ini memang tidak sebaik jenis stick. Namun, liquid lipstick menawarkan warna yang lebih merata, intens, dan terlihat lebih mulus.

Anda juga dapat memilih liquid lipstick dengan formula talc sebagai bahan anti-cakey yang mampu melindungi bibir Anda.

Crayon, disarankan bagi pemula

Crayon, disarankan bagi pemula

Pengaplikasian lip crayon hampir sama seperti saat Anda menggunakan crayon untuk mewarnai gambar. Oleh sebab itu, lip crayon ini cocok bagi pemula. Pigmentasi lip crayon juga tidak seintens jenis lipstik lainnya. Hal ini menguntungkan pemula yang kurang percaya diri dalam menggunakan lipstik berpigmentasi tinggi. Karena ujungnya meruncing, lip crayon juga dapat menjangkau sudut-sudut bibir Anda.

Pilih lipstik cokelat berdasarkan hasil akhir yang ditawarkan

Sebelum memilih produk lipstik, ada baiknya Anda mengetahui kondisi kulit bibir Anda terlebih dahulu. Secara umum, Anda dapat menemukan lipstik dengan hasil akhir matte, gloss, dan creamy finish. Lalu, apa saja kelebihan dari masing-masing jenis tersebut?

Matte finish yang paling populer dengan warna mencolok

Matte finish yang paling populer dengan warna mencolok

Hampir sama dengan foundation, lipstik dengan efek matte finish tidak meninggalkan kilau di bibir Anda. Namun, lipstik jenis ini memiliki ketahanan dan pigmentasi yang paling baik. Hal tersebut dikarenakan formula lipstiknya betul-betul melekat di bibir Anda sehingga tidak tergerus saat Anda makan atau minum. Beberapa produk matte lipstick bahkan sudah dilengkapi formula transfer-proof.

Karena memiliki ketahanan yang baik, matte lipstick sering kali membuat bibir kering. Oleh sebab itu, Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan lip balm terlebih dahulu. Jika bibir Anda sedang kering dan pecah-pecah, kami tidak menyarankan Anda menggunakan lipstik tipe ini karena dapat memperparah kondisi bibir kering Anda.

Gloss finish yang membuat bibir terlihat lebih plump

Gloss finish yang membuat bibir terlihat lebih plump

Seperti namanya, lipstik dengan efek glossy finish akan membuat bibir Anda berkilau dan terlihat basah. Penggunaan lipstik jenis ini disarankan untuk pemilik bibir kecil dan tipis. Efek glossy akan membuat bibir Anda terlihat lebih plump atau bervolume.

Sayangnya, lipstik jenis ini mudah pudar. Jika Anda ingin menggunakan glossy lipstick, kami sarankan untuk selalu membawa produknya di dalam tas. Saat lipstik pudar, Anda dapat melakukan touch up kembali.

Creamy finish yang melembapkan

Creamy finish yang melembapkan

Lipstik dengan creamy finish memiliki formula yang melembapkan bibir. Saat ini, ada pula produk yang menawarkan matte finish, tetapi tekstur lipstik tersebut tetap terasa creamy. Produk ini cocok untuk Anda yang sering bermasalah dengan bibir kering dan ingin menghindari matte lipstick. Lipstik tipe ini tetap memberikan warna yang intens dengan sedikit dewy finish. Hasilnya tidak se-flat saat Anda menggunakan matte lipstick. 

Periksa juga kandungan pelembapnya

Periksa juga kandungan pelembapnya

Lipstik adalah salah satu makeup stuff harian yang tidak pernah ditinggalkan oleh para wanita. Karena itu, penting juga untuk memilih produk yang dilengkapi dengan kandungan pelembap.

Anda dapat memilih lipstik dengan kandungan pelembap, seperti vitamin E, beeswax, atau shea butter. Jadi, bibir Anda akan tetap ternutrisi dan tidak kering walaupun menggunakan lipstik setiap hari dan dalam jangka waktu yang lama.

10 Rekomendasi lipstik cokelat terbaik

Setelah mengetahui tips cara memilih lipstik cokelat, kami akan merekomendasikan sepuluh produk lipstik cokelat terbaik. Pilihlah produk yang nyaman untuk Anda gunakan dan sesuai dengan kebutuhan.

10. Purbasari Lipstick Color Matte 81

10. Purbasari Lipstick Color Matte 81

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 37.900

Matte lipstick yang melembapkan? Tentu ada!

Diklaim sebagai lipstik matte antikering, Purbasari Lipstick Color Matte memiliki formula triple moisturizer agent. Tidak perlu ragu lagi menggunakan lipstik berefek matte finish meskipun bibir Anda cenderung kering. Jika Anda sering kesulitan mengaplikasikan lipstik karena permukaannya yang terlalu lebar, produk berkemasan mungil ini juga cocok untuk Anda.

Jenis Stick
Hasil akhir Matte
Kandungan pelembap Vitamin E, beeswax, dan emollient

9. Make Over Color Stick Matte Crayon Blake

9. Make Over Color Stick Matte Crayon Blake

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 94.500

Baru mencoba pakai lipstik? Pilihlah warna lembut yang natural ini!

Lipstik berbentuk crayon dari Make Over ini memiliki efek matte finish yang ringan. Pigmentasi warna yang tidak terlalu intens membuatnya pas digunakan oleh pelajar. Varian Blake ini adalah kombinasi warna cokelat dan peach. Jadi, riasan bibir Anda tetap terlihat manis dan tentunya natural.

Jenis Crayon
Hasil akhir Matte
Kandungan pelembap Tidak disebutkan

8. NYX Soft Matte Lip Cream Berlin

8. NYX Soft Matte Lip Cream Berlin

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 85.000

Warna cokelatnya yang pekat tidak akan Anda temukan dari brand lain!

Produk selanjutnya yang kami rekomendasikan adalah best seller dari NYX. Anda akan merasakan tekstur lip cream yang creamy, tetapi saat mengering berubah menjadi soft matte finish. Bagi Anda yang sedang mencari lipstik cokelat berwarna bold, varian Berlin ini cocok untuk Anda.

Jenis Liquid
Hasil akhir Soft matte
Kandungan pelembap Beeswax, glyceryl

7. Make Over Ultra Shine Lipstick Down To Brown

7. Make Over Ultra Shine Lipstick Down To Brown

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 62.500

Efek kilaunya membuat bibir Anda terlihat lebih sehat

Kombinasi warna cokelat dengan sentuhan pink membuat makeup Anda terlihat muda. Oleh sebab itu, varian Down To Brown dari Make Over Ultra Shine Lipstick ini kami rekomendasikan untuk Anda yang telah berusia 30-an ke atas.

Adanya efek kilau yang ditawarkan produk ini juga membuat bibir Anda terlihat lebih sehat dan lembap. Namun, efek kilau tersebut tetap cocok untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Bagi Anda yang mendambakan bibir tampak lembap saat bekerja sehari-hari, Anda akan menyukai lipstik ini.

Jenis Stick
Hasil akhir Glossy
Kandungan pelembap Tidak disebutkan

6. Revlon Ultra HD Matte Lipcolor Seduction

6. Revlon Ultra HD Matte Lipcolor Seduction

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 130.260

Tampil natural sehari-hari dengan warna nude cokelat yang trendy

Anda mencari lipstik dengan warna nude cokelat? Jika iya, produk ini pas untuk Anda! Berjenis liquid lipstick, produk ini diklaim memiliki tekstur yang ringan. Aroma vanila yang manis juga dapat tercium saat pengaplikasian. Selain itu, bibir Anda juga tetap lembap walaupun lipstik ini memberikan hasil akhir matte.

Jenis Liquid
Hasil akhir Soft matte
Kandungan pelembap Tidak disebutkan

5. NYX Simply Nude Lip Cream Sable

5. NYX Simply Nude Lip Cream Sable

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 69.000

Lipstik yang multifungsi dan travel friendly

Saat berlibur, tentunya Anda tidak ingin membawa makeup yang terlalu banyak. Oleh sebab itu, NYX Simply Nude Lip Cream dapat menjadi pilihan. Selain sebagai lipstik, Anda juga dapat menggunakan produk ini sebagai eyeshadow dan blush.

Produk ini juga memiliki tekstur yang creamy sehingga mudah dibaurkan di kulit wajah. Terlebih lagi, varian Sable memiliki pink undertone yang membuat pipi merona alami. Saat diaplikasikan di bibir, Anda akan mendapat hasil akhir yang berkilau, tetapi tidak terlihat basah.

Jenis Crayon
Hasil akhir Satin
Kandungan pelembap Shea butter, carnauba wax, candelilla wax

4. Mineral Botanica HD Gloss Liquid Lipstick Care Bare Brown

4. Mineral Botanica HD Gloss Liquid Lipstick Care Bare Brown

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 118.000

Dengan efek glossy natural, pemilik bibir mungil tentu akan menyukainya

Mineral Botanica HD Gloss Liquid Lipstick kami rekomendasikan untuk Anda yang memiliki bibir mungil. Dengan glossy finish, lipstik ini akan membuat bibir Anda terlihat lebih berisi. Walau menawarkan glossy finish, tetapi produk ini diklaim tidak cepat luntur dan efek basahnya pun tahan lama. Anda tidak perlu touch up terlalu sering!

Jenis Liquid
Hasil akhir Glossy
Kandungan pelembap Vitamin E, squalene

3. Maybelline Color Sensational Creamy Matte Lipstick Clay Crush

3. Maybelline Color Sensational Creamy Matte Lipstick Clay Crush

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 52.900

Efek matte sekaligus creamy? Bisa dengan lipstik yang satu ini!

Color Sensational Creamy Matte Lipstick menawarkan tekstur lipstik yang creamy dan lembap, serta memberikan hasil akhir riasan matte yang mulus. Formulanya akan memberikan kelembapan untuk bibir kering. Pigmentasi produk ini juga tidak perlu diragukan. Sekali ulas, warna cokelatnya akan merata dan memenuhi bibir secara sempurna.

Jenis Stick
Hasil akhir Creamy matte
Kandungan pelembap Beeswax dan sesame seed oil

2. L’oreal Infallible Pro-Matte Liquid Lipstick Les Chocolats Ginger Bomb

2. L'oreal Infallible Pro-Matte Liquid Lipstick Les Chocolats Ginger Bomb

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Shopee

Harga : 149.900

Tahan hingga 16 jam, hasil matte elegan, dan aroma manis cokelat. Apa lagi yang Anda cari?

Liquid lipstick dari L’oreal ini diklaim dapat bertahan hingga belasan jam. Karena itu, produk ini dapat digunakan saat Anda akan menghadiri acara penting yang berlangsung lama seperti pesta pernikahan. Aplikator produk ini juga didesain khusus untuk memudahkan pengaplikasian.

Matte finish yang lembut akan membuat riasan Anda terlihat elegan. Simple, tetapi memikat perhatian! Selain itu, aroma cokelat yang kuat juga dapat membangkitkan mood Anda setiap kali Anda memakai lipstiknya. Tentunya, keunikan aroma tersebut tidak ada pada produk lipstik lain.

Jenis Liquid
Hasil akhir Matte
Kandungan pelembap Tidak disebutkan

1. Maybelline SuperStay Matte Ink Fighter

1. Maybelline SuperStay Matte Ink Fighter

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 119.000

Dapatkan riasan bibir yang memukau seharian tanpa touch up!

Maybelline SuperStay Matte Ink disukai oleh banyak beauty influencer. Produk ini menawarkan aplikator yang berbentuk seperti panah agar dapat menjangkau ujung bibir Anda. Selain berformula long lasting, lipstik ini juga menawarkan pigmentasi tinggi dengan sekali swipe.

Selain itu, liquid lipstick ini juga transfer-proof sehingga Anda tidak perlu mengkhawatirkan noda lipstik yang biasanya tertinggal di permukaan gelas. Smooth! Jika aktivitas Anda padat dan mengharuskan Anda tampil menarik sepanjang hari, produk ini dapat dijadikan pilihan.

Jenis Liquid
Hasil akhir Matte
Kandungan pelembap Limonene 

Baca juga rekomendasi produk makeup terbaik berwarna cokelat lainnya!

Selain lipstik, ada beberapa produk makeup lain yang menawarkan warna cokelat untuk menyempurnakan riasan Anda. Untuk itu, kami telah menyiapkan artikel yang membahas produk eyeliner dan maskara cokelat di bawah ini. Cek link-nya, ya!

Kesimpulan

Setelah mengetahui berbagai jenis dan efek riasan yang ditawarkan oleh produsen lipstik cokelat, sudahkah Anda menemukan produk yang sesuai? Semoga dengan membaca poin rekomendasi kami di atas, Anda dapat menemukan lipstik cokelat yang Anda harapkan.

Perlu diingat bahwa terlalu sering menggunakan matte lipstick dapat membuat bibir Anda kering. Oleh sebab itu, kami sarankan Anda untuk memiliki lipstik dengan bahan pelembap. Anda juga dapat menggunakan lipstik dengan finish yang berbeda tergantung gaya makeup dan apa acaranya.