1. TOP
  2. >
  3. Kamera
  4. >
  5. Kamera mirrorless
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Kamera mirrorless (kamera tanpa cermin) adalah produk yang tepat jika Anda menginginkan hasil yang lebih bagus daripada kamera smartphone. Setiap produknya memiliki keunikan dan keunggulannya masing-masing. Tergantung pada tujuan penggunaannya, Anda harus memperhatikan berbagai poin, seperti berat, lensa, dan ukuran saat memilih kamera yang tepat.

Untuk memudahkan Anda memilih, kali ini kami akan mengulas cara memilih kamera mirrorless terbaik untuk Anda. Beberapa produsen di pasaran, seperti Sony, Canon, dan Fujifilm, memiliki produk unggulan dengan kualitas terbaik. Ulasan produk rekomendasi terbaik tersebut akan kami sampaikan di akhir artikel. Silakan disimak!

Diperbaharui 08-07-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Kamera mirrorless dengan interchangeable lens untuk pemula

Kamera mirrorless dengan interchangeable lens untuk pemula

Sesuai namanya, kamera mirrorless tidak memiliki cermin mekanik yang berfungsi untuk memantulkan cahaya. Tanpa bagian cermin, struktur kamera menjadi lebih kecil dan sederhana dibandingkan dengan kamera DSLR (digital single lens reflex). Kamera mirrorless sangat ringkas dan mudah dioperasikan, bahkan oleh pemula sehingga bisa diandalkan saat bepergian.


Selain itu, layar LCD (liquid-crystal display) kamera dapat digunakan untuk mengambil gambar sekaligus memeriksa tingkat kecerahan dan warna. Anda juga dapat memeriksa dan menyesuaikan detail gambar dengan mengatur exposure, white balance, dan fokus objek.


Meskipun metode penggunaannya cukup simpel, kinerjanya sebanding dengan kamera DSLR. Ada banyak model kamera mirrorless yang mumpuni untuk tujuan profesional maupun pemula. Karena itu, jangan takut mencoba kamera mirrorless untuk memotret berbagai momen penting Anda!

Cara memilih kamera mirrorless

Berikutnya, kami akan mengulas cara memilih kamera mirrorless. Sebagian pembahasan bersifat teknis yang penting dipelajari agar Anda bisa mendapatkan produk sesuai kebutuhan.

① Cek ukuran sensornya

Ukuran sensor akan mempengaruhi kualitas gambar. Secara umum, terdapat tiga jenis ukuran sensor kamera mirrorless, yaitu APS-C, micro four thirds (MFT atau M4/3), dan full frame. Pilihlah yang sesuai kebutuhan Anda!

Sensor lensa APS-C dan micro four thirds disarankan untuk pemula

Sensor lensa APS-C dan micro four thirds disarankan untuk pemula

Tipe dengan APS-C (advanced photo system) dan micro four thirds memiliki lensa kecil, compact, dan ringan. Harganya pun cenderung lebih terjangkau sehingga cocok bagi pemula. APS-C adalah pilihan ideal untuk telefoto atau memotret objek besar. Sebaliknya, jika Anda lebih suka memotret gambar pemandangan, pilihlah micro four thirds. Jenis sensor micro four thirds memiliki depth censor yang sesuai untuk menangkap gambar landscape.

Sensor lensa full frame untuk pengguna tingkat lanjut

Sensor lensa full frame untuk pengguna tingkat lanjut

Lensa full frame dapat menangkap cahaya lebih banyak sehingga menghasilkan gambar yang lebih berkualitas. Jenis ini dapat meminimalisir gambar yang blown out atau black out. Selain itu, tipe ini juga dapat menangkap banyak warna dan cocok untuk penyuka efek foto bokeh. Gambar yang dihasilkan pun terkesan lebih nyata.


Lensa ini memiliki focal length yang panjang sehingga Anda bisa memotret gambar sesuai dengan aslinya. Hal tersebut membuatnya ideal untuk memotret pada malam hari karena berkemampuan tinggi dalam menangkap cahaya. Gradasi warna dan cahaya saat matahari terbenam akan tertangkap dengan sempurna oleh lensa full frame.

② Pilih produk dengan monitor dan jendela bidik yang mudah digunakan

Monitor dan jendela bidik pada kamera sangat mempengaruhi kenyamanan saat memotret. Untuk itu, pilihlah dengan saksama.

Monitor layar sentuh, sensasi memotret seperti menggunakan smartphone

Monitor layar sentuh, sensasi memotret seperti menggunakan smartphone

Monitor pada kamera mirrorless merupakan bagian yang sangat penting untuk kemudahan pengambilan gambar. Pilihlah monitor layar sentuh apabila Anda terbiasa memotret menggunakan smartphoneAda dua jenis monitor berdasarkan arah dan sudut putarnya. 


Ada jenis monitor yang hanya bisa diputar ke atas dan ke bawah, serta jenis vary angle. Jika Anda gemar selfie dan ingin memotret dari berbagai sudut dengan nyaman, kami merekomendasikan jenis vary angle. Monitor yang merupakan upgrade dari tipe tilt ini bisa diputar ke segala arah.

Jendela bidik, untuk komposisi gambar yang sempurna

Jendela bidik, untuk komposisi gambar yang sempurna

Jika Anda sangat mementingkan detail komposisi gambar, pilihlah kamera yang dilengkapi dengan jendela bidik (viewfinder). Anda bisa lebih mudah melihat komposisi objek saat memotret melalui jendela bidik. Jendela bidik pada kamera mirrorless lazim disebut dengan EVF (electronic view finder).


EVF bisa diandalkan untuk memotret saat cahaya di sekitar terlalu terang dan monitor sulit terlihat. Dengan memegang kamera menggunakan kedua tangan dan mendekatkannya ke wajah, Anda dapat mengurangi guncangan pada hasil foto. Karena diopter bisa disesuaikan, kamera jenis ini mudah digunakan oleh orang dengan penglihatan lemah.


Sayangnya, bodi kamera yang dilengkapi jendela bidik cenderung lebih berat dan harganya lebih mahal. Namun, ada juga produk kamera yang bisa dilengkapi dengan jendela bidik terpisah. Jadi, pertimbangkanlah poin ini baik-baik.

③ Pertimbangkan fitur tambahan yang ditawarkan

Kamera mirrorless umumnya hadir dengan beragam fitur tambahan. Karena itu, penting sekali memilih fungsi yang sesuai untuk Anda.

Fitur stabilizer untuk hasil gambar yang stabil

Fitur stabilizer untuk hasil gambar yang stabil

Terdapat dua jenis stabilizer, yaitu stabilizer dalam lensa dan stabilizer bawaan kamera. Sebenarnya, tidak ada perbedaan yang signifikan dari hasil kedua jenis stabilizer tersebut. Namun, jika stabilizer sudah ada dalam kamera, guncangan bisa dikurangi meski menggunakan lensa jenis apa pun. Kamera dengan fitur stabilizer bawaan pun merupakan pilihan terbaik untuk pemula.


Apabila dipadukan dengan lensa yang juga memiliki stabilizer, kemampuan kamera dalam menahan guncangan akan meningkat. Sebagai informasi, stabilizer 5-axis merupakan stabilizer terbaik saat ini untuk menghasilkan foto berkualitas.

Fitur mode otomatis yang menyesuaikan dengan suasana

Fitur mode otomatis yang menyesuaikan dengan suasana

Jika Anda kesulitan mengatur detail gambar, fitur mode otomatis akan sangat membantu Anda. Contohnya, saat pemotretan di malam hari, kamera dapat menyesuaikan pengaturan sesuai suasana. Begitu pun jika Anda sedang memotret objek hidup seperti manusia, kamera akan mendeteksi pergerakan dan menyesuaikan modenya.


Sebagian kamera dilengkapi dengan art filter, automatic eye focusing, atau keystone untuk membantu meluruskan objek. Untuk keterangan lebih lengkap, pastikan Anda mengecek situs resmi produk pilihan Anda.

④ Share foto ke smartphone lewat Wi-Fi dan Bluetooth

Share foto ke smartphone lewat Wi-Fi dan Bluetooth

Fitur WiFi dan Bluetooth bisa menghubungkan kamera dengan smartphone untuk memudahkan Anda berbagi foto. Sebagian produk dilengkapi fitur untuk mengirim foto langsung ke media sosial atau cloud drive. Ada pula yang harus menggunakan aplikasi khusus. Jangan lupa untuk mengecek kemampuan sharing foto tersebut sebelum membeli produk.

⑤ Berat kurang dari 400 gram, lebih mudah dibawa

Berat kurang dari 400 gram, lebih mudah dibawa

Produk kamera mirrorless menjamur di pasaran dengan beragam bobot dan fungsi. Produk berbobot ≤400 gram akan lebih mudah dibawa tanpa membuat leher sakit. Selain bobot kamera, jangan lupa mempertimbangkan bobot lensa. Sebisa mungkin, pilihlah kamera dan lensa dengan total bobot sekitar 500 gram. 

⑥ Periksa variasi lensa yang bisa digunakan

Periksa variasi lensa yang bisa digunakan

Pada dasarnya, kamera mirrorless hanya cocok menggunakan lensa dari pabrikan yang sama dengan bentuk dudukan yang sesuai. Penting bagi Anda untuk memeriksa variasi lensa yang bisa digunakan. Untuk sebagian produk, Anda bisa menggunakan lensa SLR lain bila menggunakan adaptor lensa.


Jika Anda bingung untuk menentukan lensa yang sebaiknya digunakan, Anda bisa memilih model kit lensa. Model kit lensa telah menggabungkan kamera dengan lensa yang sesuai agar kamera bisa berfungsi optimal. Bila model kit tidak tersedia, Anda bisa melengkapi kamera Anda dengan lensa zoom standard. Lalu, Anda bisa melengkapinya dengan lensa fokus. 

10 Rekomendasi kamera mirrorless terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh kamera mirrorless terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Canon

Canon EOS M50

Canon Canon EOS M50 1枚目

Makin mudah menghasilkan banyak foto dalam sekali jepret

2

FUJIFILM

FUJIFILM X-T100

FUJIFILM FUJIFILM X-T100 1枚目

Dapatkan hasil foto produk yang indah sesuai aslinya

3

Canon

EOS M200

Canon EOS M200 1枚目

Fiturnya cocok untuk para influencer hingga MUA

4

Sony

Sony A6300

Sony Sony A6300 1枚目

Penerus A6000 dengan peningkatan kinerja yang signifikan

5

Nikon

Nikon 1 J5

Nikon Nikon 1 J5 1枚目

Ringan dengan fitur standar, cocok untuk pemula

6

OLYMPUS

OLYMPUS OM-D E-M10 Mark III

OLYMPUS OLYMPUS OM-D E-M10 Mark III 1枚目

Terdapat Wi-FI dan 4K, makin sempurna dibanding generasi sebelumnya

7

Nikon

Nikon Z50

Nikon Nikon Z50 1枚目

Tangguh dengan bodi yang super tough, serta grip yang pakem

8

Sony

Sony α7 II

Sony Sony α7 II 1枚目

Gambar tajam dan bebas blur, cocok untuk wedding photography

9

FUJIFILM

FUJIFILM X-S10

FUJIFILM FUJIFILM X-S10  1枚目

Hasil foto dan video yang memukau, traveling menjadi menyenangkan

10

Panasonic

Lumix S5

Panasonic Lumix S5 1枚目

Kapasitas penyimpanan lebih besar dengan dua slot memori

Perincian produk
Close
No.1

Makin mudah menghasilkan banyak foto dalam sekali jepret

Kamera mirrorless Canon EOS M50 ini mampu menghasilkan foto hingga 10 frame per second dalam sekali jepret. Kamera ini juga sudah mendukung format RAW baru, yaitu CR3 RAW yang mereduksi ukuran file tanpa mengurangi kualitas. 


Untuk kebutuhan videografi seperti vlog atau review produk, Canon EOS M50 juga terasa cocok. Layarnya dapat diputar hingga 360 derajat.dan dapat dipasang mic eksternal atau lampu tambahan. Apabila Anda membutuhkan kamera entry-level yang andal, tak ada salahnya memilih produk ini.

No.2

FUJIFILMFUJIFILM X-T100

Mulai dari Rp7.499.000,00

Dapatkan hasil foto produk yang indah sesuai aslinya

Kami merekomendasikan Fujifilm X-T100 untuk Anda yang mencari mirrorless terjangkau untuk foto produk. Dengan kamera ini, hasil foto produk Anda akan lebih baik dengan detail yang tajam. Kamera ini dibekali intelligent hybrid AF yang mampu menangkap objek secara spontan dan akurat.


Fungsi multi focus dapat menambah jumlah titik fokus ke beberapa objek yang bersebelahan. Hal itu membuat foto yang diciptakan menjadi lebih nyata dan memiliki depth of field yang mengagumkan. Dengan harga tujuh jutaan, kamera mirrorless ini bisa dipilih untuk menaikkan value produk Anda.

No.3

Fiturnya cocok untuk para influencer hingga MUA

Bagi para influencer atau MUA, mengunggah hasil foto ke media sosial atau klien sudah menjadi kebutuhan. Agar prosesnya cepat dan praktis, Canon EOS M200 bisa Anda pertimbangkan. Kamera ini mampu secara langsung mengunggah gambar ke smartphone saat memotret!


Selain itu, terdapat pula fitur Smooth Skin yang dapat mempercantik foto sebelum diekspor.  Ingin foto selfie, groupies, atau nge-vlog? Bisa! Anda tinggal memutar layar Canon EOS M200 ke atas. Kamera ini sudah mendukung resolusi 4K dan sanggup menjalankan efek slow motion di resolusi Full HD.

No.4

SonySony A6300ILCE-6300

Mulai dari Rp9.600.000,00

Penerus A6000 dengan peningkatan kinerja yang signifikan

Apabila Anda mencari penerus Sony A6000, Sony A6300 ini patut dilirik. Tampilannya masih sangat mirip dengan kakak pendahulunya. Namun, dari segi fitur dan kecanggihan, peningkatannya cukup signifikan.


Kamera ini menghadirkan keunggulan yang tidak dimiliki Sony A6000. Terdapat mic input yang memudahkan pemasangan mic atau perangkat audio eksternal. Titik autofocus-nya meningkat pesat menjadi 426 titik sehingga lebih cepat dan akurat dalam memotret. Resolusi video juga sudah mencapai 4K. Bahkan, Sony A6300 ini bisa menjadi versi murah dari Sony A7 II.

No.5

Ringan dengan fitur standar, cocok untuk pemula

Ingin memulai debut memotret dan menjatuhkan pilihan pada kamera mirrorless? Nikon 1 J5 bisa Anda pertimbangkan. Kamera ini tampil simpel dan ringan layaknya kamera pocket. Meski tampak sederhana, fiturnya tak bisa diremehkan. Keunggulan seperti autofocus phase detection sebanyak 105 titik, shutter speed hingga 1/16.000 detik ada dalam kamera ini.


Soal konektivitas, terdapat WiFi dan NFC yang memudahkan berbagi file ke smartphone. Sementara layar LCD-nya dapat ditekuk ke atas dan Anda bisa selfie atau bahkan nge-vlog. Apakah Anda tertarik memulai debut fotografi dengan kamera ini?

No.6

OLYMPUSOLYMPUS OM-D E-M10 Mark III

Mulai dari Rp6.550.000,00

Terdapat Wi-FI dan 4K, makin sempurna dibanding generasi sebelumnya

Kehadiran Olympus OM-D E-M10 Mark III ini membawa peningkatan dari generasi sebelumnya. Adanya prosesor TruePic VIII membuat kamera ini mampu memproduksi video 4K. Ditambah fitur Wi-Fi, performa dan kinerjanya pun makin fleksibel. Menyambungkan kamera ke Android dan iOs pun makin mudah.


Desainnya masih tetap mempertahankan ciri khas tampilan retro khas analog. Dari segi tombol, roda dial tampak lebih besar dari seri sebelumnya. Grip juga terasa lebih nyaman di genggaman. Tak hanya dirancang untuk para mahir, kamera ini ramah pemula berkat fitur auto mode yang cukup canggih.

No.7

NikonNikon Z50Kit 16–50 mm

Mulai dari Rp12.999.000,00

Tangguh dengan bodi yang super tough, serta grip yang pakem

Inilah produk yang pas bila Anda senang bertualang! Kamera ini memiliki bodi yang terbuat dari magnesium alloy, bahan yang dikenal ketangguhannya terhadap cuaca serta guncangan. Produk ini juga memiliki grip yang mantap dan ergonomis untuk memudahkan penggunaan dengan satu tangan. 


Selain itu, produk ini juga mampu mengambil foto dalam keadaan gelap dengan hasil tetap terang dan bersih. Hal itu berkat area sensor lensa yang lebih luas serta ESPEED 6 engine. Produk ini cocok untuk Anda yang ingin kamera tough dengan kualitas terjamin. 

No.8

SonySony α7 IIILCE-7M2

Mulai dari Rp13.334.805,00

Gambar tajam dan bebas blur, cocok untuk wedding photography

Untuk mengabadikan momen pernikahan, diperlukan kamera yang andal. Anda bisa melirik Sony α7 II yang merupakan suksesi dari α7 pendahulunya. Image stabilizer termasuk ke dalam upgrade yang disematkan pada versi ini.


Peningkatan tersebut membuat bidikan macro, zoom, bahkan mode malam tetap tajam dan indah. Keunggulan stabilizer dan tone warna khas Sony ini sangat menunjang kebutuhan videografi. Foto dan video momen pernikahan pun bisa Anda buat jadi lebih dramatis.

No.9

FUJIFILMFUJIFILM X-S10

Mulai dari Rp17.699.000,00

Hasil foto dan video yang memukau, traveling menjadi menyenangkan

Fujifilm merupakan merek yang sejak lama melegenda di dunia fotografi. Salah satu kamera yang bisa Anda coba adalah Fujifilm X-S10. Kamera ini mampu menghasilkan foto dan video yang sama baiknya. Kecepatan AF-nya tinggi yaitu hanya 0,02 detik saja, membuat objek bidikan dapat terpotret dengan akurat. 


Berbagai simulasi film layaknya kamera roll juga tersedia untuk memanjakan kebutuhan sinematografi. Kamera ini terasa pas dibawa bepergian. Mengabadikan berbagai momen menjadi lebih artistik dengan tone warna Fujifilm yang khas.

No.10

PanasonicLumix S5DC-S5

Mulai dari Rp27.049.000,00

Kapasitas penyimpanan lebih besar dengan dua slot memori

Kemampuan Panasonic LUMIX S5 dalam memproduksi foto dan video tak perlu diragukan lagi. Namun, bagaimana jika ditambahkan dengan fitur dual slot memori? Anda tentu lebih leluasa mengambil foto dan video karena tak perlu khawatir memori akan cepat penuh. Selain itu, kamera ini sudah tahan debu dan percikan sehingga lebih andal dan berumur panjang. Dengan segala keunggulannya, kamera full frame ini cocok digunakan oleh para travel vlogger.

Tips penting tambahan saat memilih kamera

Informasi di bawah ini juga penting diperhatikan sebelum membeli kamera jenis apapun. Yuk, simak bersama!

Makin banyak titik sensor AF, makin halus fokusnya

Makin banyak titik sensor AF, makin halus fokusnya

Pada dasarnya, tingkat AF yang dituliskan pada spek kamera merujuk pada jumlah titik sensor AF. Makin besar angkanya, maka hasil foto akan makin halus. Hasil jepretan pada objek yang bergerak pun menjadi lebih jelas.


Untuk memotret objek stasioner, Anda dapat mengatur titik AF ke sekitar ±10 titik. Untuk objek bergerak, pilihlah 30–50 titik. Jika objek bergerak dengan sangat cepat, pilihlah 50–100 titik atau lebih. 

Shutter speed dan burst rate, untuk objek bergerak

Shutter speed dan burst rate, untuk objek bergerak

Shutter speed dan burst rate penting diperhatikan saat memotret objek bergerak. Makin cepat shutter speed, makin profesional hasil fotonya. Objek akan tampak seperti terhenti saat difoto. Kecepatan shutter speed biasanya adalah sekitar 1/2000 hingga 1/4000. Namun, sebagian kamera memiliki kemampuan shutter speed tinggi hingga 1/6000.


Jika Anda ingin menangkap momen yang pas dari objek yang bergerak, kecepatan burst rate nya harus ≥10 frames/second. Untuk objek tidak bergerak, Anda membutuhkan setidaknya 4 frames/second

Sensitivitas ISO tinggi, untuk memotret pemandangan malam

Sensitivitas ISO tinggi, untuk memotret pemandangan malam

Sensitivitas ISO adalah tingkat sensitivitas kamera terhadap cahaya. Dalam dunia fotografi, ISO merupakan pengaturan jumlah cahaya yang ditangkap sensor gambar. Jika tingkatan ISO digandakan, Anda dapat memotret gambar dengan setengah jumlah cahaya yang masuk. Artinya, meski kondisi aslinya gelap, hasil foto Anda dapat tampak lebih cerah.


Namun, meningkatnya ISO berbanding lurus dengan noise yang timbul. ISO yang tinggi membuat foto tampak lebih buram dan menghilangnya titik fokus. Karena itu, penting sekali memilih kamera dengan sensitivitas ISO yang tepat.

Baca juga rekomendasi produk kamera mirrorless lainnya di sini!

Selain merek-merek serta jenis-jenis yang telah disebutkan, masih banyak lagi produk lain yang tak kalah canggih. Untuk memudahkan Anda memilih, kami telah merangkum ulasan produk terbaik untuk Anda. Silahkan klik link di bawah ini untuk membaca artikel selanjutnya.

Kesimpulan

Kami telah mengulas berbagai poin pemilihan yang wajib Anda perhatikan sebelum membeli kamera mirrorless. Selain itu, kami juga sudah mengulas berbagai produk rekomendasi terbaik untuk memudahkan Anda memilih. Apakah ada yang menarik hati Anda?


Kamera mirrorless yang baik dapat membantu Anda mengabadikan momen-momen penting dalam hidup Anda. Produk terbaik juga dapat membuat Anda lebih menghargai alam dan situasi sekitar Anda. Karena itu, pilihah produk yang sesuai dengan kebutuhan!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer