• 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Kamera mirrorless (kamera tanpa cermin) adalah produk yang tepat jika Anda menginginkan hasil yang lebih bagus daripada kamera smartphone. Setiap produknya memiliki keunikan dan keunggulannya masing-masing. Tergantung pada tujuan penggunaannya, Anda harus memperhatikan berbagai poin, seperti berat, lensa, dan ukuran saat memilih kamera yang tepat.

Untuk memudahkan Anda memilih, kali ini kami akan mengulas cara memilih kamera mirrorless terbaik untuk Anda. Beberapa produsen di pasaran, seperti Sony, Canon, dan Fujifilm, memiliki produk unggulan dengan kualitas terbaik. Ulasan produk rekomendasi terbaik tersebut akan kami sampaikan di akhir artikel. Silahkan disimak!

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Rijal Fahmi Mohamadi (Fahmi Catperku)
Putra Agung Agustinus
Dendy Selmaeza (@baratdaya_)
  • Pembaharuan terakhir: 16 November 2020
  • 36.619 Views
Daftar isi

Kamera mirrorless dengan interchangeable lens untuk pemula

Kamera mirrorless dengan interchangeable lens untuk pemula

Sesuai namanya, kamera mirrorless tidak memiliki cermin mekanik yang berfungsi untuk memantulkan cahaya. Tanpa bagian cermin, struktur kamera menjadi lebih kecil dan sederhana dibandingkan dengan kamera DSLR (digital single lens reflex). Kamera mirrorless sangat ringkas dan mudah dioperasikan bahkan oleh pemula sehingga bisa diandalkan saat bepergian.


Selain itu, layar LCD (liquid-crystal display) kamera dapat digunakan untuk mengambil gambar sekaligus memeriksa tingkat kecerahan dan warna. Anda juga dapat memeriksa dan menyesuaikan detail gambar dengan mengatur exposure, white balance, dan fokus objek.


Meskipun metode penggunaannya cukup simpel, kinerjanya sebanding dengan kamera DSLR. Ada banyak model kamera mirrorless yang mumpuni untuk tujuan profesional maupun pemula. Karena itu, jangan takut mencoba kamera mirrorless untuk memotret berbagai momen penting Anda!

Cara memilih kamera mirrorless

Berikutnya, kami akan mengulas cara memilih kamera mirrorless. Sebagian pembahasan bersifat teknis yang penting dipelajari agar Anda bisa mendapatkan produk sesuai kebutuhan.

Cek ukuran sensornya

Ukuran sensor akan mempengaruhi kualitas gambar. Secara umum, terdapat tiga jenis ukuran sensor kamera mirrorless, yaitu APS-C, micro four thirds (MFT atau M4/3), dan full frame. Pilihlah yang sesuai kebutuhan Anda!

Sensor lensa APS-C dan micro four thirds bagi pemula

Sensor lensa APS-C dan micro four thirds bagi pemula

Tipe dengan APS-C (advanced photo system) dan micro four thirds memiliki lensa kecil, compact, dan ringan. Harganya pun cenderung lebih terjangkau sehingga cocok bagi pemula.


APS-C adalah pilihan ideal untuk telefoto atau memotret objek besar. Sebaliknya, jika Anda lebih suka memotret gambar pemandangan, pilihlah micro four thirds. Jenis sensor micro four thirds memiliki depth censor yang sesuai untuk menangkap gambar landscape.

Sensor lensa full frame untuk pengguna tingkat lanjut

Sensor lensa full frame untuk pengguna tingkat lanjut

Lensa full frame dapat menangkap cahaya lebih banyak sehingga menghasilkan gambar yang lebih berkualitas. Jenis ini dapat meminimalisir gambar yang blown out atau black out. Selain itu, tipe ini juga dapat menangkap banyak warna dan cocok untuk penyuka efek foto bokeh. Gambar yang dihasilkan pun terkesan lebih nyata.


Lensa ini memiliki focal lenght yang panjang sehingga Anda bisa memotret gambar sesuai dengan aslinya. Hal tersebut membuatnya ideal untuk memotret pada malam hari karena berkemampuan tinggi dalam menangkap cahaya. Gradasi warna dan cahaya saat matahari terbenam akan tertangkap dengan sempurna oleh lensa full frame.

Pilih produk dengan monitor dan jendela bidik yang mudah digunakan

Monitor dan jendela bidik pada kamera sangat mempengaruhi kenyamanan saat memotret. Untuk itu, pilihlah dengan saksama.

Monitor layar sentuh, sensasi memotret seperti menggunakan smartphone

Monitor layar sentuh, sensasi memotret seperti menggunakan smartphone

Monitor pada kamera mirrorless merupakan bagian yang sangat penting untuk kemudahan pengambilan gambar. Pilihlah monitor layar sentuh apabila Anda terbiasa memotret menggunakan smartphone. Jika Anda pencinta selfie dan senang memotret dari berbagai sudut, pilihlah juga produk dengan monitor yang bisa diputar.


Ada dua jenis monitor berdasarkan arah dan sudut putarnya. Monitor yang bisa diputar ke atas dan ke bawah, serta jenis vary angle. Jika Anda menginginkan kenyamanan dalam memotret dari berbagai sudut, kami merekomendasikan jenis vary angle. Monitor yang merupakan upgrade dari tipe tilt ini bisa diputar ke segala arah.

Jendela bidik, untuk komposisi gambar yang sempurna

Jendela bidik, untuk komposisi gambar yang sempurna

Jika Anda sangat mementingkan detail komposisi gambar, pilihlah kamera yang dilengkapi dengan jendela bidik (viewfinder). Anda bisa lebih mudah melihat komposisi objek saat memotret melalui jendela bidik. Jendela bidik pada kamera mirrorless lazim disebut dengan EVF (electronic view finder).


EVF bisa diandalkan untuk memotret saat cahaya di sekitar terlalu terang dan monitor sulit terlihat. Dengan memegang kamera menggunakan kedua tangan dan mendekatkannya ke wajah, Anda dapat mengurangi guncangan pada hasil foto. Karena diopter bisa disesuaikan, kamera jenis ini mudah digunakan oleh orang dengan penglihatan lemah.


Sayangnya, bodi kamera yang dilengkapi jendela bidik cenderung lebih berat dan harganya lebih mahal. Namun, ada juga produk kamera yang bisa dilengkapi dengan jendela bidik terpisah. Jadi, pertimbangkanlah poin ini baik-baik.

Pertimbangkan fitur tambahan yang ditawarkan

Kamera mirrorless umumnya hadir dengan beragam fitur tambahan. Karena itu, penting sekali memilih fungsi yang sesuai untuk Anda.

Fitur stabilizer untuk hasil gambar yang stabil

Fitur stabilizer untuk hasil gambar yang stabil

Terdapat dua jenis stabilizer, yaitu stabilizer dalam lensa dan stabilizer bawaan kamera. Sebenarnya, tidak ada perbedaan yang signifikan dari hasil kedua jenis stabilizer tersebut. Namun, jika stabilizer sudah ada dalam kamera, guncangan bisa dikurangi meski menggunakan lensa jenis apa pun. Kamera dengan fitur stabilizer bawaan pun merupakan pilihan terbaik untuk pemula.


Bila dipadukan dengan lensa yang juga memiliki stabilizer, kemampuan kamera dalam menahan guncangan akan meningkat. Sebagai informasi, stabilizer 5-axis merupakan stabilizer terbaik saat ini untuk menghasilkan foto berkualitas.

Fitur mode otomatis yang menyesuaikan dengan suasana

Fitur mode otomatis yang menyesuaikan dengan suasana

Jika Anda kesulitan mengatur detail gambar, fitur mode otomatis akan sangat membantu Anda. Contohnya, saat pemotretan di malam hari, kamera dapat menyesuaikan pengaturan sesuai suasana. Begitu pun jika Anda sedang memotret objek hidup seperti manusia, kamera akan mendeteksi pergerakan dan menyesuaikan modenya.


Sebagian kamera dilengkapi dengan art filter, automatic eye focusing, atau keystone untuk membantu meluruskan objek. Untuk keterangan lebih lengkap, pastikan Anda mengecek situs resmi produk pilihan Anda.

Share foto ke smartphone lewat Wi-Fi dan Bluetooth

Share foto ke smartphone lewat Wi-Fi dan Bluetooth

Fitur WiFi dan Bluetooth bisa menghubungkan kamera dengan smartphone untuk memudahkan Anda berbagi foto. Sebagian produk dilengkapi fitur untuk mengirim foto langsung ke media sosial atau cloud drive. Ada pula yang harus menggunakan aplikasi khusus. Jangan lupa untuk mengecek kemampuan sharing foto tersebut sebelum membeli produk.

Berat kurang dari 400 gram, lebih mudah dibawa

Berat kurang dari 400 gram, lebih mudah dibawa

Produk kamera mirrorless menjamur di pasaran dengan beragam bobot dan fungsi. Produk berbobot ≤400 gram akan lebih mudah dibawa tanpa membuat leher sakit. Selain bobot kamera, jangan lupa mempertimbangkan bobot lensa. Sebisa mungkin, pilihlah kamera dan lensa dengan total bobot sekitar 500 gram. 

Periksa variasi lensa yang bisa digunakan

Periksa variasi lensa yang bisa digunakan

Pada dasarnya, kamera mirrorless hanya cocok menggunakan lensa dari pabrikan yang sama dengan bentuk dudukan yang sesuai. Penting bagi Anda untuk memeriksa variasi lensa yang bisa digunakan. Untuk sebagian produk, Anda bisa menggunakan lensa SLR lain bila menggunakan adaptor lensa.


Jika Anda bingung untuk menentukan lensa yang sebaiknya digunakan, Anda bisa memilih model kit lensa. Model kit lensa telah menggabungkan kamera dengan lensa yang sesuai agar kamera bisa berfungsi optimal. Bila model kit tidak tersedia, Anda bisa melengkapi kamera Anda dengan lensa zoom standard. Lalu, Anda bisa melengkapinya dengan lensa fokus. 

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest

PanasonicLUMIX G7 4K Mirrorless Interchangeable Lens Camera Kit with 14-42 mm Lens

DMC-G7KK

Rp 6.189.000,00

Spesialis
mybest

Sony α7 III with 35-mm Full-frame Image Sensor

Rp 25.398.000,00

Spesialis
mybest

Canon EOS M100 Kit

(EF-M15-45 IS STM)

Rp 6.600.000,00

10 Rekomendasi kamera mirrorless terbaik

Berikutnya, kami akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi produk terbaik untuk Anda. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan!

10
Jenis sensorMicro four thirds
Viewfinder OLED Live viewfinder
Sistem/mode otomatisDFD Ultra fast motion detection & focus
Stabilizer bawaanImage sensor shift type (5 axis)
Interchangeable lens
Wi-Fi・Bluetooth✔ ・ ✔
BobotTidak dijelaskan
Resolusi kamera20,3 Megapixel
9
Jenis sensorMicro four thirds
Viewfinder Eye-level OLED viewfinder
Sistem/mode otomatisHigh-speed Imager AF
Stabilizer bawaan5-axis sensor-shift image stabilisation
Interchangeable lens
Wi-Fi・Bluetooth✔ ・ ✔
Bobot399 gr
Resolusi kamera16,1 Megapixel
8
Jenis sensorAPS-C
Viewfinder Tidak dijelaskan
Sistem/mode otomatisManual focus・Multi AF・Area AF・Continuous AF・Tracking AF
Stabilizer bawaanx
Interchangeable lens
Wi-Fi・Bluetooth✔ ・ x
Bobot331 gr
Resolusi kamera16,3 Megapixel
7
Jenis sensorAPS-C CMOS
Viewfinder EVF
Sistem/mode otomatisIntelligent Hybrid AF・Single AF・Continuous AF・MF・AF+MF
Stabilizer bawaanx
Interchangeable lens✔ (lima lensa)
Wi-Fi・Bluetooth✔ ・ ✔
Bobot448 gr
Resolusi kamera24,2 Megapixel
6
Jenis sensorCX CMOS
Viewfinder Tidak dijelaskan
Sistem/mode otomatisHybrid autofocus (Phase detection・Contrast-detect AF)
Stabilizer bawaanx
Interchangeable lens
Wi-Fi・Bluetooth✔ ・ x
Bobot231 gr
Resolusi kamera20,8 Megapixel
5
Jenis sensorMicro four thirds
Viewfinder Tidak dijelaskan
Sistem/mode otomatisHigh-speed Imager AF
Stabilizer bawaan3-axis sensor-shift image stabilisation
Interchangeable lens
Wi-Fi・Bluetooth✔ ・ ✔
Bobot380 gr
Resolusi kamera16,1 Megapixel
4
Jenis sensorDX CMOS
Viewfinder OLED electronic viewfinder・7-level manual brightness controls
Sistem/mode otomatisHybrid phase-detection・Contrast AF with AF assist
Stabilizer bawaanx
Interchangeable lens
Wi-Fi・Bluetooth✔ ・ ✔
Bobot395 gr
Resolusi kamera20,9 Megapixel
3
Jenis sensorExmor® CMOS
Viewfinder 0.5 in-type electronic viewfinder
Sistem/mode otomatisFast hybrid AF (Phase-detection AF・Contrast-detection AF)
Stabilizer bawaan5-axis image stabilization
Interchangeable lens
Wi-Fi・Bluetooth✔ ・ x
Bobot600 gr
Resolusi kamera24,3 Megapixel
2
Jenis sensorCMOS EF-M
Viewfinder 0.39-type OLED Electronic Viewfinder
Sistem/mode otomatisDual pixel CMOS AF system
Stabilizer bawaanIn-camera 5-axis Digital IS
Interchangeable lens
Wi-Fi・Bluetooth✔ ・ ✔
Bobot427 gr
Resolusi kamera24,2 Megapixel
1
Jenis sensorAPS-C
Viewfinder XGA OLED
Sistem/mode otomatisFast hybrid AF (Phase-detection AF・Contrast-detection AF)
Stabilizer bawaanx
Interchangeable lens
Wi-Fi・Bluetooth✔ ・ x
Bobot404 gr
Resolusi kamera24,2 Megapixel

Tabel perbandingan produk kamera mirrorless terbaik

Gambar produk
1
Sony Sony α6300 1

Sony

2
Canon Canon EOS M5 1

Canon

3
Sony Sony α7 II 1

Sony

4
Nikon Nikon Z50 1

Nikon

5
OLYMPUS OLYMPUS PEN E-PL9 1

OLYMPUS

6
Nikon Nikon 1 J5 1

Nikon

7
FUJIFILM FUJIFILM X-T100 1

FUJIFILM

8
FUJIFILM FUJIFILM X-A10  1

FUJIFILM

9
Olympus OM-D EM10 Mark II  1

Olympus

10
Panasonic LUMIX GH5 1

Panasonic

Nama produk

Sony α6300

Canon EOS M5

Sony α7 II

Nikon Z50

OLYMPUS PEN E-PL9

Nikon 1 J5

FUJIFILM X-T100

FUJIFILM X-A10

OM-D EM10 Mark II

LUMIX GH5

Keunggulan

Kemampuan AF yang menakjubkan untuk hasil yang lebih terfokus

Quick startup, agar Anda tidak kehilangan momen

Dapat memotret objek dengan zoom tanpa blur

Tangguh dengan bodi yang super tough serta grip yang pakem

Hasil selfie yang lebih baik, plus kemudahan mengunggah gambar

Ringan! Teman baik Anda saat traveling

Memotret gambar sesuai dengan keindahan aslinya

Harga terjangkau, mendukung selfie dan groupfie

Berbagai fungsi untuk hasil foto yang kreatif

Pengaturan titik fokus setelah memotret

HargaRp 11.999.000,00Rp 10.235.000,00Rp 13.334.805,00Rp 27.557.856,00Rp 17.999.000,00Rp 4.900.000,00Rp 10.999.000,00Rp 4.500.000,00Rp 10.999.000,00Rp 29.653.166,00
Jenis sensorAPS-CCMOS EF-MExmor® CMOSDX CMOSMicro four thirdsCX CMOSAPS-C CMOSAPS-CMicro four thirdsMicro four thirds
Viewfinder XGA OLED0.39-type OLED Electronic Viewfinder0.5 in-type electronic viewfinderOLED electronic viewfinder・7-level manual brightness controlsTidak dijelaskanTidak dijelaskanEVFTidak dijelaskanEye-level OLED viewfinderOLED Live viewfinder
Sistem/mode otomatisFast hybrid AF (Phase-detection AF・Contrast-detection AF)Dual pixel CMOS AF systemFast hybrid AF (Phase-detection AF・Contrast-detection AF)Hybrid phase-detection・Contrast AF with AF assistHigh-speed Imager AFHybrid autofocus (Phase detection・Contrast-detect AF)Intelligent Hybrid AF・Single AF・Continuous AF・MF・AF+MFManual focus・Multi AF・Area AF・Continuous AF・Tracking AFHigh-speed Imager AFDFD Ultra fast motion detection & focus
Stabilizer bawaanxIn-camera 5-axis Digital IS5-axis image stabilizationx3-axis sensor-shift image stabilisationxxx5-axis sensor-shift image stabilisationImage sensor shift type (5 axis)
Interchangeable lens✔ (lima lensa)
Wi-Fi・Bluetooth✔ ・ x✔ ・ ✔✔ ・ x✔ ・ ✔✔ ・ ✔✔ ・ x✔ ・ ✔✔ ・ x✔ ・ ✔✔ ・ ✔
Bobot404 gr427 gr600 gr395 gr380 gr231 gr448 gr331 gr399 grTidak dijelaskan
Resolusi kamera24,2 Megapixel24,2 Megapixel24,3 Megapixel20,9 Megapixel16,1 Megapixel20,8 Megapixel24,2 Megapixel16,3 Megapixel16,1 Megapixel20,3 Megapixel
Tautan produk

Tips penting tambahan saat memilih kamera

Informasi di bawah ini juga penting diperhatikan sebelum membeli kamera jenis apapun. Yuk, simak bersama!

Semakin banyak titik sensor AF, semakin halus fokusnya

Semakin banyak titik sensor AF, semakin halus fokusnya

Pada dasarnya, tingkat AF yang dituliskan pada spek kamera merujuk pada jumlah titik sensor AF. Semakin besar angkanya, maka hasil foto akan semakin halus. Hasil jepretan pada objek yang bergerak pun menjadi lebih jelas.


Untuk memotret objek stasioner, Anda dapat mengatur titik AF ke sekitar ±10 titik. Untuk objek bergerak, pilihlah 30–50 titik. Jika objek bergerak dengan sangat cepat, pilihlah 50–100 titik atau lebih. 

Shutter speed dan burst rate, untuk objek bergerak

Shutter speed dan burst rate, untuk objek bergerak

Shutter speed dan burst rate penting diperhatikan saat memotret objek bergerak. Semakin cepat shutter speed, semakin profesional hasil fotonya. Objek akan tampak seperti terhenti saat difoto. Kecepatan shutter speed biasanya adalah sekitar 1/2000 hingga 1/4000. Namun, sebagian kamera memiliki kemampuan shutter speed tinggi hingga 1/6000.


Jika Anda ingin menangkap momen yang pas dari objek yang bergerak, kecepatan burst rate nya harus ≥10 frames/second. Untuk objek tidak bergerak, Anda membutuhkan setidaknya 4 frames/second

Sensitivitas ISO tinggi, untuk memotret pemandangan malam

Sensitivitas ISO tinggi, untuk memotret pemandangan malam

Sensitivitas ISO adalah tingkat sensitivitas kamera terhadap cahaya. Dalam dunia fotografi, ISO merupakan pengaturan jumlah cahaya yang ditangkap sensor gambar. Jika tingkatan ISO digandakan, Anda dapat memotret gambar dengan setengah jumlah cahaya yang masuk. Artinya, meski kondisi aslinya gelap, hasil foto Anda dapat tampak lebih cerah.


Namun, meningkatnya ISO berbanding lurus dengan noise yang timbul. ISO yang tinggi membuat foto tampak lebih buram dan menghilangnya titik fokus. Karena itu, penting sekali memilih kamera dengan sensitivitas ISO yang tepat.

Baca juga rekomendasi produk kamera lainnya di sini!

Setelah membaca ulasan di atas, apakah Anda tertarik memiliki kamera mirrorless? Selain merek-merek serta jenis-jenis yang telah disebutkan, masih banyak lagi produk lain yang tak kalah canggih. Untuk memudahkan Anda memilih, kami telah merangkum ulasan produk terbaik untuk Anda. Silahkan klik link di bawah ini untuk membaca artikel selanjutnya.

Kesimpulan

Kami telah mengulas berbagai poin pemilihan yang wajib Anda perhatikan sebelum membeli kamera mirrorless. Selain itu, kami juga sudah mengulas berbagai produk rekomendasi terbaik untuk memudahkan Anda memilih. Apakah ada yang menarik hati Anda?


Kamera mirrorless yang baik dapat membantu Anda mengabadikan momen-momen penting dalam hidup Anda. Produk terbaik juga dapat membuat Anda lebih menghargai alam dan situasi sekitar Anda. Karena itu, pilihah produk yang sesuai dengan kebutuhan!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik untuk Pemula (Terbaru Tahun 2020)
    Era digital berkembang dengan sangat pesat. Adanya berbagai jenis media sosial, seperti Instagram, YouTube, TikTok, dan lainnya membuat banyak orang berlomba-lomba mengunggah foto dan video miliknya. Fotografi pun berubah menjadi salah satu skill yang sangat menarik untuk dipelajari.Kamera mirrorless dengan bodi minimalis dan fitur-fitur yang canggih menjadikannya salah satu pilihan tepat untuk belajar fotografi. Bagi Anda yang berencana membeli kamera mirrorless, artikel ini bisa dijadikan referensi. Cara memilih dan beberapa rekomendasi dari merek terbaik, seperti Sony, Fujifilm, dan Canon, akan kami berikan untuk Anda. 
    Kamera Mirrorless
    7.351 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Fujifilm Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Fujifilm Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Fujifilm merupakan salah satu produsen kamera mirrorless terbaik. Gambar yang dihasilkan kamera mirrorless Fujifilm bisa dibilang sama bagusnya dengan kamera DSLR biasa. Bagi beberapa pengguna, warna yang dihasilkan kamera Fuji memiliki ciri khas yang unik. Ada beberapa tipenya yang sudah terkenal, seperti X-A5 dan X-A10 yang biasa digunakan pemula.Di artikel ini, kami sudah memilihkan sepuluh kamera mirrorless Fujifilm terbaik untuk Anda. Jika Anda sedang mencari kamera mirrorless yang cocok, silakan membaca hingga akhir. Selamat membaca!
    Kamera Mirrorless
    8.066 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2020)
    Sony dikenal sebagai industri yang terus mengembangkan peralatan digital menggantikan DSLR. Berbagai jenis seri kamera telah diluncurkan, baik yang bersensor full-frame dan APS-C, maupun dengan hasil 4K dan Full HD. Bagi Anda yang belum terbiasa menggunakan mirrorless, tentu akan kesulitan menentukan pilihan.Kami akan memberikan ulasan yang dapat membantu Anda dalam memilih kamera mirrorless merek Sony berdasarkan kemampuan dan spesifikasinya. Jadikan artikel ini sebagai referensi untuk menentukan pilihan kamera mirrorless Sony sesuai kebutuhan Anda!
    Kamera Mirrorless
    7.159 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kamera mirrorless Samsung merupakan salah satu produk dari produsen elektronik terkemuka dari Korea Selatan, Samsung. Anda mungkin lebih mengenal smartphone Samsung dibandingkan dengan produk kamera mirrorless-nya. Akan tetapi, sama seperti kamera pada smartphone Samsung, kamera mirrorless Samsung juga memiliki keunggulan tersendiri.Ada berbagai model dan kualitas pengambilan gambar, seperti NX1, NX Mini, dan NX500. Hal ini mungkin membuat Anda bingung untuk menentukan pilihan kamera mirrorless Samsung yang terbaik. Pada artikel kali ini, kami akan memberikan beberapa tips memilih kamera mirrorless Samsung dan produk rekomendasinya. Simak terus, ya!
    Kamera Mirrorless
    445 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera DSLR Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera DSLR Canon Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kamera DSLR (digital single-lens reflex) bisa membuat foto traveling, acara sekolah, atau olahraga Anda jadi lebih berkesan. Di sisi lain, kamera DSLR lebih rumit pengoperasiannya dan lebih mahal harganya dibanding kamera biasa. Banyaknya model yang tersedia juga kemungkinan membingungkan Anda.Dari sekian banyak kamera DSLR yang ada di pasaran, Canon memiliki popularitas tinggi. Hal yang sangat wajar mengingat tipenya yang beragam, mulai dari entry level hingga profesional. Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih kamera DSLR Canon dan merekomendasikan produk terbaiknya. Segera dapatkan kamera DSLR Anda dan hasilkanlah foto yang indah!
    Kamera DSLR
    68.741 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lensa memegang peranan yang sangat penting dalam menghasilkan foto yang Anda idamkan. Gambar bokeh dengan detail yang memesona bisa dihasilkan dengan sempurna oleh lensa yang tepat. Sayangnya, lensa produksi perusahaan kamera seperti Nikon dan Canon berharga cukup mahal. Hal itu membuat banyak orang kesulitan untuk mendapatkan lensa yang diimpikan.Nah, kali ini kami ingin merekomendasikan lensa Sigma. Sebuah produsen third party lenses atau lensa pihak ketiga yang performanya tidak kalah dengan lensa lainnya. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara memilih lensa Sigma sesuai kebutuhan fotografi Anda. Selamat membaca!
    Lensa & aksesori
    7.961 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori