1. TOP
  2. >
  3. Interior & furnitur
  4. >
  5. Ruang tamu & keluarga
  6. >
  7. 10 Rekomendasi Sofa Sudut Terbaik (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Rekomendasi Sofa Sudut Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Rekomendasi Sofa Sudut Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Rekomendasi Sofa Sudut Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Rekomendasi Sofa Sudut Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Rekomendasi Sofa Sudut Terbaik (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Rekomendasi Sofa Sudut Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

Untuk memaksimalkan penggunaan ruang tamu atau ruang tengah di rumah, Anda dapat menggunakan sofa sudut. Anda bisa memilih sofa sudut lesehan, berkaki, single seat, atau yang berkapasitas hingga tiga orang. Ada pula sofa sudut atau sofa L dengan model minimalis, modern, klasik, sampai elegan.

Tak perlu bingung saat memilih sofa sudut yang bagus dengan ukuran yang Anda butuhkan. Kami akan memberikan tips untuk memilih sofa L terbaik. Kami juga akan merekomendasikan beragam merek sofa L yang bagus, seperti Pira, XIONCO, Dio Living, Informa, dan IVARO. Silakan membaca sampai habis, ya!

Diperbaharui 07-16-2022
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023.

Cara memilih sofa sudut

Pertama-tama, kami akan memberikan poin-poin penting dalam memilih sofa sudut. Simak dengan saksama untuk mendapatkan terbaik untuk rumah Anda!

① Pertimbangkan jenis sofa modular untuk letak yang lebih fleksibel

Pertimbangkan jenis sofa modular untuk letak yang lebih fleksibel

Kebanyakan sofa memang tidak dapat diubah susunan dudukannya. Meski begitu, ada juga jenis sofa modular yang dapat Anda ubah susunan dudukannya. Sofa modular sangat cocok untuk tipe orang yang suka mengganti-ganti layout ruangan


Dengan mengubah susunannya sesuai kebutuhan dan keinginan, Anda dapat menikmati suasana interior rumah yang berbeda. Di sisi lain, sofa sudut akan lebih multifungsi berkat susunan kursi yang dapat diubah.

② Pilihlah sofa sudut berdasarkan tipenya

Perlu Anda ketahui bahwa ada dua model sofa sudut, yaitu sofa berkaki dan sofa lesehan. Kami akan menjelaskan kedua model sofa sudut tersebut untuk Anda.

Tipe lesehan, tidak membuat rumah Anda sempit

Tipe lesehan, tidak membuat rumah Anda sempit
Sofa sudut tipe lesehan ini umumnya tidak terlalu besar sehingga cocok untuk ruangan yang ukurannya terbatas. Beberapa produsen bahkan melengkapi sofanya dengan karpet agar lebih nyaman. Sofa tipe ini lebih cocok apabila dipasangkan bersama dengan meja rendah.

Tipe sofa "L" lesehan sebetulnya banyak digunakan oleh keluarga keturunan Arab. Sofa lesehan ini juga banyak ditemukan di Jepang. Sofa "L" model ini sayangnya masih cukup jarang Anda temukan di e-commerce Indonesia.

Tipe berkaki, model sofa sudut yang paling umum ditemui

Tipe berkaki, model sofa sudut yang paling umum ditemui
Berikutnya, Anda bisa menemukan tipe sofa sudut berkaki yang banyak dijual di e-commerce. Sofa sudut tipe ini memiliki jarak di antara tempat duduk dengan lantai. Alhasil, sofa model ini membuat Anda mudah membersihkan lantai di bawahnya.

Ada beberapa produk yang bagian kakinya dapat dilepaskan. Dengan demikian, Anda dapat menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Namun, agak sulit untuk mencari sofa berkaki yang bagian kakinya dapat dilepaskan di toko online Indonesia.

③ Sesuaikan sofa L dengan ukuran ruangan dan jumlah orang

Saat memilih sofa sudut, Anda sebaiknya juga memeriksa ukurannya. Sesuaikan ukuran sofa dengan ukuran ruangan dan jumlah orang yang akan menggunakan sofa tersebut.

Sofa berkapasitas 1–3 orang, nyaman untuk bersantai sendiri

Sofa berkapasitas 1–3 orang, nyaman untuk bersantai sendiri
Bagi Anda yang tinggal sendiri, kami menyarankan sofa sudut berkapasitas satu orang. Tipe ini memiliki bentuk yang lebih compact supaya cocok ditempatkan di ruangan kecil, seperti apartemen tipe studio atau kamar kos. Anda dapat menyandarkannya ke bagian sudut dinding untuk menghemat penggunaan ruang.

Apabila Anda memiliki ruang yang lebih besar, pertimbangkan untuk memilih sofa "L" dengan kapasitas tiga orang. Sofa "L" dengan kapasitas tiga orang biasanya memiliki sudut yang lebih panjang untuk berselonjor.

Sofa berkapasitas 3–4 orang, cocok digunakan oleh keluarga

Sofa berkapasitas 3–4 orang, cocok digunakan oleh keluarga
Jika Anda hendak membeli sofa sudut untuk seluruh anggota keluarga, pilihlah yang berkapasitas antara tiga orang sampai empat orang. Pertimbangkanlah sofa "L" tiga seater dengan ukuran yang compact jika ruangan Anda terbatas.

Anda bisa menambah kapasitas sofa "L" dengan menggunakan ottoman. Tambahan ottoman dapat Anda pilih saat mendapat lebih banyak kunjungan tamu.

④ Perhatikan bahan sofa yang digunakan

Sebelum membeli, perhatikan juga bahan dari sofa sudut tersebut. Secara garis besar, ada dua bahan yang sering digunakan untuk membuat sofa sudut, yaitu kulit sintetis dan kain. Mari kenali karakteristik tiap-tiap bahan berikut ini.

Kulit sintetis, bahan yang mudah untuk dibersihkan

Kulit sintetis, bahan yang mudah untuk dibersihkan
Keunggulan utama dari bahan kulit sintetis adalah mudah dibersihkan. Beberapa bagian memang agak sulit dibersihkan, tetapi tetap lebih mudah dibandingkan sofa sudut yang terbuat dari kulit asli. Terlebih lagi, produk yang terbuat dari kulit sintetis biasanya memiliki lebih banyak variasi model yang dapat dipilih. Hal ini tentu mempermudah Anda dalam mencari sofa sudut yang sesuai.

Kain, memberikan kesan yang hangat dan lebih modern

Kain, memberikan kesan yang hangat dan lebih modern
Bahan kain memiliki tekstur yang lembut dan memberikan suasana hangat sekaligus modern di dalam rumah. Selain itu, terdapat beberapa sofa yang sarung sofanya dapat dilepaskan agar lebih mudah dibersihkan. Apabila Anda memiliki anak kecil atau hewan peliharaan, sofa sudut yang terbuat dari kain dapat menjadi pilihan tepat.

10 Rekomendasi sofa sudut terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk sofa sudut terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Pira

Bavarian Camila SFC

Pira Bavarian Camila SFC  1枚目

Bisa dipakai sebagai sofa bed sekaligus tempat penyimpanan

2

XIONCO

Guise Series - Sofa L Set Minimalis

XIONCO Guise Series - Sofa L Set Minimalis 1枚目

Model sofa sudut modular yang sangat fleksibel

3

Offo Living

Capella Sofa L

Offo Living Capella Sofa L 1枚目

Gaya sofa sudut minimalis untuk pasangan baru

4

iCreate

Scarlett Sofa Bed 3 + Chaise

iCreate Scarlett Sofa Bed 3 + Chaise 1枚目

Sofa sudut sekaligus sofa bed yang simpel

5

Atria

Sofa Barnie L Shape

Atria  Sofa Barnie L Shape 1枚目

Sandarannya lebih tinggi, duduk makin nyaman

6

Informa

Louise Sofa Sudut

Informa Louise Sofa Sudut  1枚目

Terbuat dari bahan kulit sintetis, sofa L Informa tampak klasik

7

Ebonia

Creamer Sofa 3 Dudukan

Ebonia Creamer Sofa 3 Dudukan 1枚目

Model sofa sudut modern minimalis ala Korea

8

Pro Design

Mal Corner Module

Pro Design Mal Corner Module 1枚目

Duduk sendiri makin nyaman berkat sofa sudut kecil

9

IVARO

Sofa L Maggio

IVARO Sofa L Maggio 1枚目

Sofa sudut empat seater dengan tampilan mewah

10

Dio Living

Sanggah L Shape

Dio Living Sanggah L Shape 1枚目

Furnitur lokal yang terinspirasi dari kekayaan budaya Bali

Perincian produk
Close
No.1

PiraBavarian Camila SFC

Mulai dari Rp7.304.000,00

Bisa dipakai sebagai sofa bed sekaligus tempat penyimpanan

Kelebihan:

  • Dapat berfungsi sebagai tempat penyimpanan sekaligus sofabed


Kekurangan:

  • Anda harus merakit sendiri sofa sudut ini

Multifungsi mungkin adalah kata yang tepat untuk produk ini. Sofa berbentuk "L" ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat duduk, tetapi bisa Anda ubah menjadi sofa tempat tidur yang cukup besar. Tidak hanya itu, di bagian bawahnya terdapat ruang penyimpanan. Apabila Anda menyukai produk multifungsi yang praktis, sofa sudut dari Pira ini patut Anda pertimbangkan.

No.2

XIONCOGuise Series - Sofa L Set Minimalis

Mulai dari Rp6.350.000,00

Model sofa sudut modular yang sangat fleksibel

Kelebihan:

  • Sofa sudut modular yang memiliki kapasitas sampai lima orang
  • Sofa memiliki gaya modern minimalis

Kekurangan:

  • Sandaran punggungnya masih tergolong pendek

Seri sofa Guise dari XIONCO terinspirasi dari gaya yang sederhana. Sofa ini memiliki gaya Scandinavian yang sedang tren. Tampilannya juga hangat dengan kaki sofa yang menggunakan bahan kayu. Sofa modular ini terbagi menjadi tiga seater dan dua seater sehingga cocok untuk keluarga yang lebih besar. Bagian sofa dua seater-nya tidak dilengkapi dengan sandaran lengan agar lebih fleksibel.

No.3

Offo LivingCapella Sofa L

Mulai dari Rp3.900.000,00

Gaya sofa sudut minimalis untuk pasangan baru

Kelebihan:

  • Model sofa yang minimalis dan modern

Kekurangan:
  • Struktur kayu yang dipakai cenderung lebih tipis

Khusus untuk Anda yang tinggal berdua, sofa sudut dari Offo Living ini adalah produk yang cocok untuk Anda. Ukurannya pas untuk Anda yang tinggal berdua dan menyukai tema furnitur minimalis. Pilihan warna yang ditawarkan pun sangat netral. Ukuran sandaran lengan dan punggungnya tergolong cukup nyaman untuk bersantai.

No.4

iCreateScarlett Sofa Bed 3 + Chaise

Mulai dari Rp4.499.000,00

Sofa sudut sekaligus sofa bed yang simpel

Kelebihan:

  • Dapat dijadikan sebagai sofa bed untuk dua orang
  • Modelnya simpel dan tidak bulky


Kekurangan:

  • Tidak ada sandaran pada salah satu sisi sofa


Jika Anda sering menerima tamu di rumah, tak ada salahnya mempertimbangkan Scarlett Sofa Bed. Sofa sudut ini dapat diubah juga menjadi sofa bed dengan mengatur sandarannya. Sofa bed-nya pun dapat dipakai untuk dua orang.


Rangka Scarlett Sofa Bed iCreate terbuat dari eucalyptus wood dan plywood yang kokoh. Bantalannya pun cukup empuk diduduki oleh Anda ataupun para tamu saat berkunjung. Tambahan detail pada permukaan sofa juga membuat furnitur ini tampak menarik.

No.5

Atria Sofa Barnie L Shape

Mulai dari Rp5.599.000,00

Sandarannya lebih tinggi, duduk makin nyaman

Kelebihan:

  • Sofa sudut dengan sandaran punggung yang tinggi

Kekurangan:

  • Sandaran lengan sofa ini terlalu rendah

Kebanyakan sofa memiliki sandaran hanya sebatas separuh punggung. Produk seperti ini memang kurang nyaman digunakan untuk bersandar penuh. Apabila Anda menyukai sofa yang lebih nyaman, pertimbangkan sofa sudut dari Atria.


Sofa berbentuk "L" ini memiliki sandaran punggung yang lebih tinggi. Sandarannya sangat nyaman digunakan saat bersantai. Selain itu, sofa ini memiliki tampilan simpel sehingga dapat dipasangkan dengan beragam furnitur di rumah Anda.

No.6

InformaLouise Sofa Sudut

Mulai dari Rp7.499.000,00

Terbuat dari bahan kulit sintetis, sofa L Informa tampak klasik

Kelebihan:

  • Bahan pelapis sofa dari kulit sintetis dan tampak klasik
  • Perawatan sofa kulit sintetis tergolong mudah

Kekurangan:

  • Furnitur ini terkesan cukup bulky

Untuk rumah dengan gaya klasik elegan, pertimbangkanlah sofa sudut Louise dari Informa. Bahan pelapisnya terbuat dari kulit sintetis berwarna cokelat tua sehingga memberikan tampilan yang klasik. Sofa ini juga memiliki sandaran punggung yang sangat empuk dan nyaman. Pasangkan dengan furnitur senada agar rumah Anda makin tampak klasik, ya.

No.7

EboniaCreamer Sofa 3 Dudukan

Mulai dari Rp4.565.000,00

Model sofa sudut modern minimalis ala Korea

Kelebihan:

  • Desain sofa sudut yang modern dan minimalis
  • Bagian ottoman bisa dipakai sebagai bagian sofa sudut atau meja tambahan
  • Sudah mendapatkan sertifikasi ramah lingkungan

Kekurangan:

  • Bagian sandaran punggung tidak terlalu tinggi

Apakah Anda senang menonton drama Korea? Jika iya, furnitur dari Ebonia ini pasti sudah tak asing lagi untuk Anda. Sofa sudut modular ini didesain lebih modern dan minimalis ala Korea. Apabila Anda menyukai furnitur minimalis ala Korea, Creamer adalah produk yang bisa Anda pertimbangkan.


Sofa Creamer memiliki bagian ottoman yang dapat Anda pindah-pindahkan. Lalu, sofa ini memiliki dua jenis bahan, yaitu kain dan kulit sintetis. Bahannya bersifat water resistant dan mudah dibersihkan. Selain itu, sofa ini sudah mendapatkan sertifikasi ramah lingkungan, lho.

No.8

Pro DesignMal Corner Module

Mulai dari Rp8.050.000,00

Duduk sendiri makin nyaman berkat sofa sudut kecil

Kelebihan:

  • Nyaman digunakan untuk bersantai sendiri
  • Dapat dijadikan sebagai bagian sofa modular seri Mal lainnya

Kekurangan:

  • Sofa sudut ini tidak dapat menampung banyak orang

Apabila Anda sedang mencari sofa sudut untuk bersantai sendiri, produk dari Pro Design bisa menjadi pilihan untuk Anda. Sofa berbentuk "L" ini bisa Anda jadikan sebagai tempat berselonjor sepulang kerja. Bantalan punggungnya sangat empuk sehingga membuat Anda makin nyaman duduk. Selain itu, Anda bisa menjadikan sofa ini sebagai bagian dari sofa modular seri Mal lainnya.

No.9

IVAROSofa L Maggio

Mulai dari Rp21.000.000,00

Sofa sudut empat seater dengan tampilan mewah

Kelebihan:

  • Bagian tengah sofa dilengkapi dengan cup holder dan charging station
  • Sandaran kepala dapat dinaikkan atau direbahkan

Kekurangan:

  • Pemesanan sofa ini menggunakan sistem PO sehingga Anda harus menunggu beberapa hari sebelum barangnya jadi

Untuk Anda yang sudah berkeluarga, sofa sudut dari IVARO ini bisa dipertimbangkan. Sofa dengan empat seater ini sangat nyaman digunakan untuk duduk bersantai bersama keluarga. IVARO Sofa L Maggio memiliki cup holder di bagian tengah dan meja samping.


Menariknya lagi, Sofa L Maggio yang mewah ini memiliki bagian sandaran kepala yang bisa dilipat. Jadi, Anda bisa menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Duduk santai sambil menonton acara kesukaan keluarga pun jadi lebih menyenangkan.

No.10

Dio LivingSanggah L Shape

Mulai dari Rp28.500.000,00

Furnitur lokal yang terinspirasi dari kekayaan budaya Bali

Kelebihan:

  • Terdapat dua produk, yaitu tipe "L" kanan dan kiri
  • Kerangka sofa terbuat dari kayu solid

Kekurangan:

  • Membutuhkan perawatan ekstra agar kayunya awet

Dio Living adalah produk lokal yang menggunakan material khas Indonesia. Salah satu koleksinya adalah Sanggah. Sanggah terinspirasi dari Sanggah Pamerajan yang merupakan tempat suci untuk keluarga tertentu di Bali. Koleksi Sanggah memiliki aksen yang modern dengan bahan yang nyaman.


Dio Living menggunakan material kayu sungkai yang seratnya menyerupai kayu jati. Untuk Anda yang menyukai furnitur dengan bahan kayu solid, pertimbangkan produk yang satu ini. Sofa Sanggah dari Dio Living membuat suasana ruang tamu Anda makin hangat.

Baca juga rekomendasi sofa lainnya di sini

Artikel ini secara khusus mengulas berbagai poin penting dalam memilih sofa sudut terbaik. Namun, masih ada beragam model sofa lainnya yang bisa Anda pilih sesuai dengan ukuran ruang tamu. Langsung saja klik tautan di bawah ini untuk mengetahui beragam model sofa terbaik yang bisa Anda pilih!

Kesimpulan

Setelah membaca artikel kami, apakah sekarang Anda telah menemukan sofa sudut yang terbaik? Ingatlah untuk selalu memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan dan keadaan rumah Anda. Penggunaan sofa sudut yang tepat akan membuat suasana rumah terasa lebih nyaman. 

Pemilihan warna dan desain sofa sudut pun tak boleh Anda lewatkan. Sofa sudut yang tepat akan membuat ruangan makin estetis. Pastikan pula Anda memilih produk sesuai dengan budget. Good luck!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer