10 Rekomendasi Lensa Terbaik untuk Kamera Mirrorless (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Lensa Terbaik untuk Kamera Mirrorless (Terbaru Tahun 2019)

Penggunaan lensa pada kamera mirrorless sangat memengaruhi hasil foto yang didapat. Untuk menghasilkan efek bokeh, mendapatkan gambar yang tajam dengan jangkauan lebar, memotret objek jarak jauh, tentunya tidak bisa hanya menggunakan satu lensa saja.

Untuk itu, produsen seperti Olympus, Sony, Canon, Fujifilm, Sigma, dan Nikon secara aktif mengembangkan lensa untuk kamera mirrorless. Melalui artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk mengetahui cara memilih lensa mirrorless beserta produk-produk rekomendasinya, termasuk lensa keluaran third party, seperti Samyang, 7Artisans, dan lainnya.

Daftar isi

Cara memilih lensa kamera mirrorless

Akhir-akhir ini, permintaaan akan kamera dan lensa mirrorless mengalami peningkatan yang cukup pesat. Hal ini membuat semakin banyak produsen kamera yang terus melakukan pengembangan dan pemasaran agar konsumen mempunyai banyak pilihan. Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih lensa mirrorless berdasar karakteristiknya.

Lensa telephoto zoom: untuk memotret objek jarak jauh

Lensa telephoto zoom: untuk memotret objek jarak jauh

Sesuai dengan namanya, lensa telephoto zoom, atau yang dikenal juga dengan tele zoom, memiliki rentang pembesaran yang lebar. Banyak di antara lensa pada kategori ini memiliki ekuivalensi focal length antara 24 mm hingga 200 mm pada sensor full frame 35 mm. Hanya dengan satu unit lensa saja, Anda sudah dapat menggunakannya untuk berbagai keperluan.

Sejauh ini, kebanyakan lensa tipe tele zoom dirancang untuk dapat menghasilkan gambar dengan kualitas yang cukup memadai. Namun, baru-baru ini telah dikembangkan beberapa lensa tele zoom yang mampu menghasilkan gambar berkualitas, autofokus yang cepat, stabilisasi gambar yang baik, dan berbagai kelebihan lainnya. Dengan kata lain, perkembangan lensa tele zoom saat ini semakin baik dan sempurna. Karena itulah, produk-produk terkini lebih mudah digunakan dibandingkan lensa-lensa generasi sebelumnya.

Namun, sebagian orang masih setia menggunakan lensa keluaran lama karena sensasi yang didapatkan dalam penggunaannya. Hal ini khususnya ditemukan pada penggunaan lensa dengan focal length tunggal atau yang dikenal dengan nama lensa fix.

Lensa zoom standar: untuk memotret pemandangan, wajah, dan jalanan

Lensa zoom standar: untuk memotret pemandangan, wajah, dan jalanan

Lensa zoom standar merupakan kelompok lensa yang memiliki rentang focal length lebih sempit dibandingkan lensa tele zoom. Penggunaan lensa zoom standar ini lebih banyak untuk kegiatan sehari-hari, seperti memotret lanskap alam, maupun portrait.

Kebanyakan orang yang berencana membeli lensa zoom standar barangkali merasa kurang puas dengan lensa kit yang termasuk dalam paket saat membeli kamera. Oleh karena itu, pilihlah produk yang setidaknya selevel lebih tinggi dari lensa yang sudah dimiliki. Poin penting dalam memilih lensa zoom standar adalah besaran nilai aperture (f) pada lensa dan tingkat kecerahan yang stabil.

Meskipun termasuk dalam kategori lensa zoom, efek bokeh bisa lebih mudah diciptakan dengan mengatur aperture pada angka kecil atau tingkat kecerahan tinggi. Ketajaman dan kejernihan gambar sebenarnya dapat dihasilkan dengan menggunakan berbagai lensa. Namun, akan terasa sulit bagi lensa dengan nilai f yang tidak cerah. Untuk itu, sebaiknya pilihlah lensa dengan nilai aperture antara f/2.8 hingga f/4.0.

Lensa superzoom: untuk memotret olahraga dan wildlife

Lensa superzoom: untuk memotret olahraga dan wildlife

Lensa superzoom pada dasarnya memiliki ukuran yang besar dan bobot yang berat. Jika Anda adalah pengguna kamera SLR (Single-Lens Reflect), mungkin Anda dapat memaklumi bobot lensa ini. Namun, apabila Anda menggunakan kamera mirrorless, tentunya Anda menginginkan lensa yang tidak terlalu besar ataupun berat. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, banyak lensa superzoom untuk mirrorless yang tersedia dalam ukuran lebih kecil dan ringan.

Mempertimbangkan ukuran lensa memang penting, tetapi membandingkan ukuran lensa mirrorless dengan lensa superzoom SLR yang berkemampuan sama juga perlu dilakukan. Meskipun memiliki fungsi sebanding, berat lensa superzoom pada kamera SLR ada yang mencapai 2 kg, sementara sebagian lensa mirrorless superzoom beratnya kurang dari 1 kg.

Selain itu, kebanyakan orang lebih memilih menggunakan lensa superzoom untuk memotret wajah (portrait) dan satwa liar (wildlife) di alam terbuka. Untuk itu, gunakanlah lensa dengan nilai aperture f/2.8 untuk keperluan portrait, dan lensa dustproof atau tahan menghadapi berbagai cuaca ekstrem untuk keperluan fotografi alam.

Lensa fix: untuk hasil foto bokeh

Lensa fix: untuk hasil foto bokeh

Untuk urusan kepraktisan penggunaan, lensa fix mungkin tidak sebagus lensa zoom. Namun, untuk kualitas gambar, lensa ini jauh lebih baik. Sementara itu, lensa mirrorless memiliki fleksibilitas dalam hal desain, kualitas gambar yang dihasilkan, ukuran, nilai aperture, dan lainnya dibandingkan lensa untuk kamera SLR.

Bagi Anda yang mengutamakan kualitas fokus, barangkali tak akan keberatan memilih lensa fix dengan focal length tertentu yang ukurannya sedikit lebih besar. Sedangkan bagi pengguna yang menekankan kepraktisan, ukuran yang compact atau dapat dioperasikan layaknya lensa pada kamera digital adalah pilihan ideal.

Aperture dengan tingkat kecerahan tinggi atau bukaan besar seringkali memiliki harga yang sebanding. Untuk itu, bagi Anda yang ingin menghasilkan gambar dengan tingkat bokeh standar, pilih saja lensa fokus tunggal dengan aperture sekitar f/1.8. Sementara bagi Anda yang ingin menghasilkan karya yang lebih serius, lensa fix dengan aperture f/1.4 sangat direkomendasikan.

10 Rekomendasi lensa terbaik untuk kamera mirrorless

Setelah membaca ulasan di atas, selanjutnya kami akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi lensa terbaik untuk kamera mirrorless. Setiap keunggulan pada produk lensa mirrorless ini tentunya akan sangat bermanfaat jika disesuaikan dengan tujuan fotografi Anda. Selamat memilih!

10. Sony FE 85mm F1.8

10. Sony FE 85mm F1.8

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 7.999.000

Untuk hasil foto yang tajam dalam berbagai kondisi

Jika Anda memiliki minat untuk memotret model maupun artis, lensa ini adalah pilihan yang tepat. Dibekali dengan aperture f/1.8, kualitas ketajaman lensa Sony ini tak perlu diragukan. Ketika Anda memotret dalam keadaan backlight (objek membelakangi sumber cahaya), gambar yang dihasilkan tetap kontras dan tajam bila Anda menggunakan bukaan terbesar.

Dalam kondisi cahaya yang cukup gelap sekalipun, lensa ini tetap menunjukkan kualitas ketajamannya. Saat Anda menaikkan ISO lebih tinggi hingga di atas 3200, hasil foto yang dihasilkan tetap berkualitas tanpa noise yang mengganggu. Objek foto pun dapat tampil maksimal dalam hasil jepretan Anda.

Dimensi (diameter × panjang) 78 × 82 mm
Diameter filter 67 mm
Mount yang kompatibel Sony E-mount
Jenis sensor kamera yang kompatibel Full frame dan APS-C
Berat 371 gram
Stabilisasi gambar Ya

9. Sony Vario-Tessar T* FE 16-35mm F4 ZA OSS

9. Sony Vario-Tessar T* FE 16-35mm F4 ZA OSS

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 16.999.000

Dapatkan foto lanskap yang lebih memukau bagai diorama yang hidup

Menjadi fotografer lanskap akan menuntut Anda untuk dapat menghasilkan foto layaknya diorama yang hidup. Selain keterampilan dalam memotret, tentunya Anda membutuhkan peralatan yang mampu menangkap gambar berkualitas, baik di waktu siang maupun malam. Salah satunya adalah lensa sudut lebar Sony ini.

Dengan kemampuan mengambil gambar secara lebar, lensa ini juga cocok digunakan untuk kebutuhan jurnalistik, terutama saat meliput keramaian dalam jarak yang dekat, konferensi pers, maupun festival budaya. Dengan lensa buatan Jepang berlabel ZEISS T* (T-star) ini, hasilkan foto dengan kontras warna yang alami, tetapi tetap tajam!

Dimensi (diameter × panjang) 78 × 98,5 mm
Diameter filter 72 mm
Mount yang kompatibel Sony E-mount
Jenis sensor kamera yang kompatibel Full frame dan APS-C
Berat 518 gram
Stabilisasi gambar Ya

8. FUJINON LENS XF10-24mmF4 R OIS

8. FUJINON LENS XF10-24mmF4 R OIS

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 9.999.000

Rekam video yang informatif dan kontekstual untuk konten vlog Anda!

Pengguna kamera Fujifilm yang ingin membuat konten video dengan kualitas terbaik tentunya akan membutuhkan lensa bersudut pandang lebar. Dengan menggunakan produk ini, Anda dapat memperlihatkan lokasi pembuatan video meskipun Anda berbicara tepat di depan kamera. Vlog pun dapat ditampilkan dengan lebih informatif dan kontekstual.

Besar aperture lensa ini berada di angka f/4, sudah sangat cukup untuk menghasilkan video yang tajam. Selain itu, berlawanan dengan sudut pandangnya yang lebar, jarak minimum yang dibutuhkan lensa ini untuk dapat bekerja adalah 24 cm saja. Artinya, Anda juga dapat melakukan macro photography dengan menggunakan lensa ini!

Dimensi (diameter × panjang) 78 × 87 mm
Diameter filter 72 mm
Mount yang kompatibel Fujifilm X-Mount
Jenis sensor kamera yang kompatibel Full frame dan APS-C
Berat 410 gram
Stabilisasi gambar Ya

7. Sony FE 70-200mm F4 G OSS

7. Sony FE 70-200mm F4 G OSS

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 17.999.000

Spesialis pengambilan gambar objek jauh dan bergerak cepat

Bagi Anda yang berprofesi sebagai fotografer profesional di bidang olahraga maupun kehidupan satwa liar (wildlife), lensa superzoom ini bisa dipertimbangkan. Dengan mengaktifkan mode panning yang terdapat di badan lensa, Anda dapat memotret objek gambar yang bergerak sangat cepat tanpa khawatir hasilnya menjadi blur.

Lensa superzoom ini akan sangat cocok digunakan untuk memotret pertandingan sepak bola, baseball, maupun olahraga lain yang mengharuskan Anda menonton dari jarak jauh. Dengan focal length hingga 200 mm, Anda tidak akan melewatkan momen penting para atlet saat mereka mencetak angka kemenangan.

Dimensi (diameter × panjang) 80 × 175 mm
Diameter filter 72 mm
Mount yang kompatibel Sony E-mount
Jenis sensor kamera yang kompatibel Full frame dan APS-C
Berat 840 gram (tanpa dudukan tripod)
Stabilisasi gambar Ya

6. M.Zuiko Digital ED 45mm F1.2 PRO

6. M.Zuiko Digital ED 45mm F1.2 PRO

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 19.399.000

Ringkas dan praktis dengan hasil tajam, cocok untuk close-up portrait

Saat bepergian, Anda tentunya memiliki kesempatan untuk memotret aktivitas seseorang. Dengan menggunakan lensa ini, Anda dapat menyamarkan latar belakang objek foto yang dianggap tidak penting. Misalnya, saat ingin memotret kegiatan jual-beli di pasar, Anda dapat fokus memotret penjual sayuran dengan lalu-lalang orang yang tampak blur.

Jarang terdapat lensa yang memiliki aperture f/1.2. Tidak heran, produk ini menjadi salah satu pilihan yang sangat digemari para fotografer close-up portrait karena mampu menghasilkan gambar yang sangat tajam. Lensa ini juga cukup praktis dibawa ke mana pun karena memiliki bobot cukup ringan dan ukuran yang kecil.

Dimensi (diameter × panjang) 70 × 84,9 mm
Diameter filter 62 mm
Mount yang kompatibel Mirrorless Olympus
Jenis sensor kamera yang kompatibel Micro Four Thirds
Berat 410 gram
Stabilisasi gambar Tidak

5. Canon EF-M 18-150mm f/3.5-6.3 IS STM

5. Canon EF-M 18-150mm f/3.5-6.3 IS STM

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 6.699.000

Cukup satu lensa untuk semua kebutuhan fotografi Anda

Bagi Anda pengguna kamera mirrorless Canon, lensa ini dapat menjadi salah satu lensa multifungsi yang perlu Anda miliki. Dengan rentang focal length 18 – 150 mm, Anda dapat menggunakan lensa ini untuk tiga kebutuhan sekaligus, untuk foto lanskap, portrait, maupun jarak jauh atau telefoto.

Saat ingin memotret pemandangan, Anda dapat mengatur penggunaan lensa pada focal length 18 – 24 mm. Sementara untuk foto portrait, focal length yang ideal adalah 35 mm atau 50 mm. Sedangkan untuk memotret objek yang letaknya jauh, Anda bisa memperbesar focal length di atas 70 mm. Cukup satu lensa untuk semua kebutuhan!

Dimensi (diameter × panjang) 60,9 × 86,5 mm
Diameter filter 55 mm
Mount yang kompatibel EOS M series mirrorless camera
Jenis sensor yang kompatibel APS-C
Berat 300 gram
Stabilisasi gambar Ya

4. Samyang 12mm F2.8 ED AS NCS FISH-EYE FOR SONY

4. Samyang 12mm F2.8 ED AS NCS FISH-EYE FOR SONY

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 5.980.000

Efek fisheye dengan jangkauan luas untuk hasil gambar 180°

Lensa yang satu ini memiliki bidang diagonal dengan hasil penangkapan gambar 180° pada kamera mirrorless bersensor full-frame. Dengan begitu, Anda bisa menangkap keseluruhan area yang berada dalam satu bidikan tanpa melewatkan frame satu pun! Sangat direkomendasikan bagi Anda yang sering memotret interior ruangan, tata bangunan, maupun lanskap alam.

Penggunaan lensa wide angle terkadang mengakibatkan efek flare (asap) pada gambar yang diambil. Untuk mengatasi hal itu, produk dari Samyang yang satu ini telah dilengkapi dengan Nano Coating System yang berfungsi mengurangi efek flare maupun ghosting (bayangan) sehingga foto yang dihasilkan akan tetap jernih.

Dimensi (diameter × panjang) 77,3 × 98,7 mm
Diameter filter Tidak disebutkan
Mount yang kompatibel Sony E-mount
Jenis sensor kamera yang kompatibel Full frame dan APS-C
Berat 525 gram
Stabilisasi gambar Tidak

3. Samyang AF 35mm F1.4 FE

3. Samyang AF 35mm F1.4 FE

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 8.990.000

Ringkas dengan autofokus yang cepat dan akurat

Bagi Anda yang sedang mencari lensa fix berkualitas jempolan, tetapi ringkas digunakan, inilah pilihan yang tepat! Dibekali teknologi dual LSM (linear sonic motor), lensa ini memberikan kinerja fokus otomatis yang sangat cepat dan akurat, bahkan saat Anda memotret di ruangan yang minim cahaya.

Autofokusnya juga dapat berfungsi dengan baik dan dapat digunakan di semua mode pengaturan kamera Sony mirrorless. Selain kualitas gambar yang tidak akan mengecewakan, secara umum produk ini cukup nyaman digunakan karena satu-satunya kontrol yang perlu diatur adalah ring fokusnya.

Dimensi (diameter × panjang) 75,9 × 115 mm
Diameter filter 67 mm
Mount yang kompatibel Sony E-Mount
Jenis sensor kamera yang kompatibel Full frame dan APS-C
Berat 645 gram
Stabilisasi gambar Tidak

2. 7Artisans 35mm F1.2 for Canon EOS-M – Black

2. 7Artisans 35mm F1.2 for Canon EOS-M – Black

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Harga : Rp 1.775.000

Portrait photography dengan hasil yang tajam tanpa mahal!

7Artisans juga dikenal sebagai produsen lensa yang menyediakan produk untuk berbagai merek kamera bersensor APS-C, seperti Canon, Sony, Fujifilm, Olympus, maupun Lumix. Bagi Anda yang memiliki keterbatasan dana untuk membeli lensa fix dari produsen kamera yang sama, mungkin Anda dapat mempertimbangkan lensa 7Artisans ini.

Selain harganya yang terjangkau, lensa manual mirrorless buatan Cina ini sudah cukup populer di kalangan fotografer karena mampu memberikan hasil yang cukup bagus untuk kebutuhan foto portrait. Dengan aperture f/1.2, tidak dapat dipungkiri bahwa lensa ini mampu menghasilkan gambar portrait yang tajam.

Dimensi (diameter × panjang) 46 × 32 mm
Diameter filter 43 mm
Mount yang kompatibel Olympus, all micro-brand : Sony, Canon, Fujifilm, Panasonic
Jenis sensor kamera yang kompatibel APS-C
Berat 150 gram
Stabilisasi gambar Tidak

1. Sigma 56mm F1.4 DC DN | C for Sony E-Mount

1. Sigma 56mm F1.4 DC DN | C for Sony E-Mount

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Blibli

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 7.490.000

Hasilkan foto setingkat profesional dengan kemudahan penggunaannya

Lensa autofokus ini dirancang dengan bahan yang ringan, tetapi terasa kokoh karena eksterior yang terbuat dari plastik dan logam. Dengan sudut pandang yang setara dengan lensa 84 mm, lensa ini memiliki kecepatan dan keakuratan yang baik dalam mengunci subjek gambar.

Lensa ini dibekali fitur Super Multi-Layer Coating yang dapat meminimalkan efek flare dan ghosting. Oleh karena itu, foto yang dihasilkan memiliki warna yang netral, bahkan dalam kondisi backlit. Dengan kecanggihan lensa ini, tentunya Anda akan mampu menghasilkan foto layaknya seorang fotografer profesional.

Dimensi (diameter × panjang) 66,5 × 59,5 mm
Diameter filter 55 mm
Mount yang kompatibel Sony E-Mount
Jenis sensor kamera yang kompatibel Micro Four Thirds
Berat 280 gram
Stabilisasi gambar Tidak

Kesimpulan

Itulah beberapa rekomendasi lensa terbaik untuk kamera mirrorless yang dapat Anda jadikan pertimbangan. Dalam menentukan pilihan lensa mirrorless, sesuaikanlah dengan kebutuhan pengambilan gambar dan video yang Anda inginkan.

Selain kualitas lensa, hasil yang bagus ditentukan oleh teknik Anda dalam memotret. Untuk itu, banyaklah berlatih dalam memotret. Jika Anda berencana untuk membeli kamera mirrorless atau sedang mempertimbangkan untuk mengganti lensanya, silakan gunakan artikel ini sebagai referensi.