• 10 Rekomendasi Lensa Terbaik untuk Kamera Mirrorless (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Lensa Terbaik untuk Kamera Mirrorless (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Lensa Terbaik untuk Kamera Mirrorless (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Lensa Terbaik untuk Kamera Mirrorless (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Lensa Terbaik untuk Kamera Mirrorless (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Lensa Terbaik untuk Kamera Mirrorless (Terbaru Tahun 2020)

Penggunaan lensa pada kamera mirrorless sangat memengaruhi hasil foto yang didapat. Untuk menghasilkan efek bokeh, mendapatkan gambar yang tajam dengan jangkauan lebar, memotret objek jarak jauh, tentunya tidak bisa hanya menggunakan satu lensa saja.

Untuk itu, produsen seperti Olympus, Sony, Canon, Fujifilm, Sigma, dan Nikon secara aktif mengembangkan lensa untuk kamera mirrorless. Melalui artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk mengetahui cara memilih lensa mirrorless beserta produk-produk rekomendasinya, termasuk lensa keluaran third party, seperti Samyang, 7Artisans, dan lainnya.

Blogger/influencer yang ada di artikel ini

Ardian Kusuma
  • Pembaharuan terakhir: 27 November 2019
  • 3.954 Views
Daftar isi

Cara memilih lensa kamera mirrorless

Akhir-akhir ini, permintaaan akan kamera dan lensa mirrorless mengalami peningkatan yang cukup pesat. Hal ini membuat semakin banyak produsen kamera yang terus melakukan pengembangan dan pemasaran agar konsumen mempunyai banyak pilihan. Melalui artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih lensa mirrorless berdasar karakteristiknya.

Lensa telephoto zoom: untuk memotret objek jarak jauh

Lensa telephoto zoom: untuk memotret objek jarak jauh
Sesuai dengan namanya, lensa telephoto zoom, atau yang dikenal juga dengan tele zoom, memiliki rentang pembesaran yang lebar. Banyak di antara lensa pada kategori ini memiliki ekuivalensi focal length antara 24 mm hingga 200 mm pada sensor full frame 35 mm. Hanya dengan satu unit lensa saja, Anda sudah dapat menggunakannya untuk berbagai keperluan.
Sejauh ini, kebanyakan lensa tipe tele zoom dirancang untuk dapat menghasilkan gambar dengan kualitas yang cukup memadai. Namun, baru-baru ini telah dikembangkan beberapa lensa tele zoom yang mampu menghasilkan gambar berkualitas, autofokus yang cepat, stabilisasi gambar yang baik, dan berbagai kelebihan lainnya. Dengan kata lain, perkembangan lensa tele zoom saat ini semakin baik dan sempurna. Karena itulah, produk-produk terkini lebih mudah digunakan dibandingkan lensa-lensa generasi sebelumnya.
Namun, sebagian orang masih setia menggunakan lensa keluaran lama karena sensasi yang didapatkan dalam penggunaannya. Hal ini khususnya ditemukan pada penggunaan lensa dengan focal length tunggal atau yang dikenal dengan nama lensa fix.

Lensa zoom standar: untuk memotret pemandangan, wajah, dan jalanan

Lensa zoom standar: untuk memotret pemandangan, wajah, dan jalanan
Lensa zoom standar merupakan kelompok lensa yang memiliki rentang focal length lebih sempit dibandingkan lensa tele zoom. Penggunaan lensa zoom standar ini lebih banyak untuk kegiatan sehari-hari, seperti memotret lanskap alam, maupun portrait.
Kebanyakan orang yang berencana membeli lensa zoom standar barangkali merasa kurang puas dengan lensa kit yang termasuk dalam paket saat membeli kamera. Oleh karena itu, pilihlah produk yang setidaknya selevel lebih tinggi dari lensa yang sudah dimiliki. Poin penting dalam memilih lensa zoom standar adalah besaran nilai aperture (f) pada lensa dan tingkat kecerahan yang stabil.
Meskipun termasuk dalam kategori lensa zoom, efek bokeh bisa lebih mudah diciptakan dengan mengatur aperture pada angka kecil atau tingkat kecerahan tinggi. Ketajaman dan kejernihan gambar sebenarnya dapat dihasilkan dengan menggunakan berbagai lensa. Namun, akan terasa sulit bagi lensa dengan nilai f yang tidak cerah. Untuk itu, sebaiknya pilihlah lensa dengan nilai aperture antara f/2.8 hingga f/4.0.

Lensa superzoom: untuk memotret olahraga dan wildlife

Lensa superzoom: untuk memotret olahraga dan wildlife
Lensa superzoom pada dasarnya memiliki ukuran yang besar dan bobot yang berat. Jika Anda adalah pengguna kamera SLR (Single-Lens Reflect), mungkin Anda dapat memaklumi bobot lensa ini. Namun, apabila Anda menggunakan kamera mirrorless, tentunya Anda menginginkan lensa yang tidak terlalu besar ataupun berat. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, banyak lensa superzoom untuk mirrorless yang tersedia dalam ukuran lebih kecil dan ringan.
Mempertimbangkan ukuran lensa memang penting, tetapi membandingkan ukuran lensa mirrorless dengan lensa superzoom SLR yang berkemampuan sama juga perlu dilakukan. Meskipun memiliki fungsi sebanding, berat lensa superzoom pada kamera SLR ada yang mencapai 2 kg, sementara sebagian lensa mirrorless superzoom beratnya kurang dari 1 kg.
Selain itu, kebanyakan orang lebih memilih menggunakan lensa superzoom untuk memotret wajah (portrait) dan satwa liar (wildlife) di alam terbuka. Untuk itu, gunakanlah lensa dengan nilai aperture f/2.8 untuk keperluan portrait, dan lensa dustproof atau tahan menghadapi berbagai cuaca ekstrem untuk keperluan fotografi alam.

Lensa fix: untuk hasil foto bokeh

Lensa fix: untuk hasil foto bokeh
Untuk urusan kepraktisan penggunaan, lensa fix mungkin tidak sebagus lensa zoom. Namun, untuk kualitas gambar, lensa ini jauh lebih baik. Sementara itu, lensa mirrorless memiliki fleksibilitas dalam hal desain, kualitas gambar yang dihasilkan, ukuran, nilai aperture, dan lainnya dibandingkan lensa untuk kamera SLR.
Bagi Anda yang mengutamakan kualitas fokus, barangkali tak akan keberatan memilih lensa fix dengan focal length tertentu yang ukurannya sedikit lebih besar. Sedangkan bagi pengguna yang menekankan kepraktisan, ukuran yang compact atau dapat dioperasikan layaknya lensa pada kamera digital adalah pilihan ideal.
Aperture dengan tingkat kecerahan tinggi atau bukaan besar seringkali memiliki harga yang sebanding. Untuk itu, bagi Anda yang ingin menghasilkan gambar dengan tingkat bokeh standar, pilih saja lensa fokus tunggal dengan aperture sekitar f/1.8. Sementara bagi Anda yang ingin menghasilkan karya yang lebih serius, lensa fix dengan aperture f/1.4 sangat direkomendasikan.
Spesialis
mybest

10 Rekomendasi lensa terbaik untuk kamera mirrorless

Setelah membaca ulasan di atas, selanjutnya kami akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi lensa terbaik untuk kamera mirrorless. Setiap keunggulan pada produk lensa mirrorless ini tentunya akan sangat bermanfaat jika disesuaikan dengan tujuan fotografi Anda. Selamat memilih!
Dimensi (diameter × panjang)78 × 82 mm
Diameter filter67 mm
Mount yang kompatibelSony E-mount
Jenis sensor kamera yang kompatibelFull frame dan APS-C
Berat371 gram
Stabilisasi gambarYa
Dimensi (diameter × panjang)78 × 98,5 mm
Diameter filter72 mm
Mount yang kompatibelSony E-mount
Jenis sensor kamera yang kompatibelFull frame dan APS-C
Berat518 gram
Stabilisasi gambarYa
Dimensi (diameter × panjang)78 × 87 mm
Diameter filter72 mm
Mount yang kompatibelFujifilm X-Mount
Jenis sensor kamera yang kompatibelFull frame dan APS-C
Berat410 gram
Stabilisasi gambarYa
Dimensi (diameter × panjang)80 × 175 mm
Diameter filter72 mm
Mount yang kompatibelSony E-mount
Jenis sensor kamera yang kompatibelFull frame dan APS-C
Berat840 gram (tanpa dudukan tripod)
Stabilisasi gambarYa
Dimensi (diameter × panjang)70 × 84,9 mm
Diameter filter62 mm
Mount yang kompatibelMirrorless Olympus
Jenis sensor kamera yang kompatibelMicro Four Thirds
Berat410 gram
Stabilisasi gambarTidak
Dimensi (diameter × panjang)60,9 × 86,5 mm
Diameter filter55 mm
Mount yang kompatibelEOS M series mirrorless camera
Jenis sensor yang kompatibelAPS-C
Berat300 gram
Stabilisasi gambarYa
Dimensi (diameter × panjang)77,3 × 98,7 mm
Diameter filterTidak disebutkan
Mount yang kompatibelSony E-mount
Jenis sensor kamera yang kompatibelFull frame dan APS-C
Berat525 gram
Stabilisasi gambarTidak
Dimensi (diameter × panjang)75,9 × 115 mm
Diameter filter67 mm
Mount yang kompatibelSony E-Mount
Jenis sensor kamera yang kompatibelFull frame dan APS-C
Berat645 gram
Stabilisasi gambarTidak
Dimensi (diameter × panjang)46 × 32 mm
Diameter filter43 mm
Mount yang kompatibelOlympus, all micro-brand : Sony, Canon, Fujifilm, Panasonic
Jenis sensor kamera yang kompatibelAPS-C
Berat150 gram
Stabilisasi gambarTidak
Dimensi (diameter × panjang)66,5 × 59,5 mm
Diameter filter55 mm
Mount yang kompatibelSony E-Mount<br>
Jenis sensor kamera yang kompatibelMicro Four Thirds
Berat280 gram
Stabilisasi gambarTidak

Kesimpulan

Itulah beberapa rekomendasi lensa terbaik untuk kamera mirrorless yang dapat Anda jadikan pertimbangan. Dalam menentukan pilihan lensa mirrorless, sesuaikanlah dengan kebutuhan pengambilan gambar dan video yang Anda inginkan.
Selain kualitas lensa, hasil yang bagus ditentukan oleh teknik Anda dalam memotret. Untuk itu, banyaklah berlatih dalam memotret. Jika Anda berencana untuk membeli kamera mirrorless atau sedang mempertimbangkan untuk mengganti lensanya, silakan gunakan artikel ini sebagai referensi.

Artikel terkait

  • 10 Rekomendasi Kamera Pocket dengan Performa Tinggi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera Pocket dengan Performa Tinggi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kamera digital yang compact namun berkualitas, saat ini sedang sangat populer! Meskipun harganya agak mahal, high performance kamera pocket yang memiliki fitur berkualitas tinggi telah menarik perhatian banyak pengguna kamera, baik pemula maupun fotografer profesional. Selain fitur umum berperforma tinggi, berbagai merek kamera seperti Nikon, Canon, Sony, dan Olympus, mengeluarkan produk yang dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan, misalnya fungsi Wi-Fi.Dengan banyaknya pilihan kamera pocket yang ada, tentunya kita ingin tahu bagaimana menentukan kamera yang paling cocok dengan kebutuhan kita. Kali ini kami akan membahas apa yang perlu dipertimbangkan dalam memilih kamera pocket dengan membandingkan berbagai hal seperti harga, fitur, serta review dari para pengguna.Setelah mengetahui poin-poin penting ini, Anda akan dapat memilih sendiri kamera pocket yang tepat agar Anda bisa lebih menikmati penggunaan kamera Anda setiap hari.
    Komputer & kamera
    7.776 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik untuk Selfie (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera Digital Terbaik untuk Selfie (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda ingin memiliki foto selfie dengan background bokeh yang estetis? Jika jawabannya iya, Anda perlu membaca artikel ini untuk menemukan kamera digital yang terbaik! Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan seperti mereknya, aperture-nya, jumlah piksel, keberadaan Wi-Fi, LCD yang bisa diputar, dan sederet fitur lainnya.Guna menjawab semua pertanyaan Anda, kami akan memberikan tips memilih kamera digital terbaik yang bisa digunakan untuk selfie. Tak hanya itu, kami juga akan memberikan 10 rekomendasi produk terbaik dari beberapa merek terkenal, seperti Canon, Fujifilm, dan Panasonic. Anda bisa memilihnya berdasarkan fitur dan harganya!
    Komputer & kamera
    3.169 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Sigma Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lensa memegang peranan yang sangat penting dalam menghasilkan foto yang Anda idamkan. Latar belakang dreamy, detail memesona, bahkan untuk menangkap subjek yang bergerak cepat, semua bisa dihasilkan dengan sempurna oleh lensa yang tepat. Namun sayangnya, lensa produksi perusahaan kamera seperti Nikon dan Canon harganya cukup mahal sehingga banyak orang kesulitan untuk mendapatkan lensa yang diimpikan.Nah, kali ini kami ingin merekomendasikan lensa Sigma yang memiliki rating tinggi sebagai produsen third party lenses atau ‘lensa pihak ketiga’. Kami memilih berdasarkan performance yang tidak kalah dengan lensa dari merek yang sama dengan kameranya. Kami juga akan menjelaskan cara memilih lensa Sigma yang sesuai kebutuhan fotografi Anda.
    Komputer & kamera
    3.192 Views
  • 10 Rekomendasi Kipas Laptop Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kipas Laptop Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kipas laptop berguna untuk menurunkan temperatur ketika laptop terlalu panas dan tidak mampu menurunkan temperaturnya sendiri. Sebelum membeli kipas laptop, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Hal apa sajakah itu? Apakah Anda penasaran?Mari ikuti artikel berikut ini yang membahas tentang cara memilih kipas laptop. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi kipas laptop terbaik, seperti Orico, Havit, Titan, Deep Cool, dan Cooler Master. Silakan membaca ulasan kami dengan tuntas guna memperoleh informasi yang utuh. Selamat membaca ya!
    Komputer & kamera
    7.872 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Tele Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Lensa tele atau telephoto lens digunakan untuk memotret berbagai kegiatan, seperti pertandingan olahraga, foto lanskap, atau burung-burung liar. Namun, banyaknya produsen lensa tele seperti Canon, Nikon, Sigma, dan sebagainya mungkin membuat Anda bingung memilih produk terbaik.Karena itu, dalam artikel ini kami akan membahas mengenai cara memilih serta memberikan daftar rekomendasi lensa tele terbaik yang berbeda fitur, spesifikasi, dan harga satu sama lain. Semoga menginspirasi Anda dan membantu Anda dalam menemukan lensa yang tepat untuk Anda. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    6.074 Views
  • 10 Rekomendasi Notebook Toshiba Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Notebook Toshiba Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Salah satu merek notebook yang populer dan reputasinya baik di masyarakat adalah Toshiba. Mulai dari notebook dengan spesifikasi dan fitur yang lengkap, notebook dengan daya tahan tinggi, hingga produk terbaru notebook 2 in 1 yang bisa diubah menjadi bentuk tablet. Namun, banyak orang masih bingung dalam memilih notebook Toshiba.Kali ini, kami akan membahas mengenai notebook dari Toshiba mulai dari cara memilih hingga rekomendasi produk terbaik berdasarkan kegunaan, teknologi, dan harganya. Untuk Anda yang sedang berniat mencari notebook Toshiba berkualitas, sebaiknya baca artikel ini sampai habis!
    Komputer & kamera
    4.903 Views
  • 10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lens Hood Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sebagian orang mungkin berpikir bahwa penggunaan lens hood untuk lensa kamera tidaklah diperlukan. Namun, penggunaan lens hood nyatanya memberi pengaruh bagi kualitas gambar yang dihasilkan saat Anda memotret objek gambar. Foto yang dihasilkan tentunya akan lebih sempurna.Ternyata cukup banyak jenis lens hood yang beredar di pasaran sehingga mungkin menyulitkan Anda. Melalui artikel ini, kami menjelaskan cara memilih lens hood terbaik berdasarkan fungsi dan efek yang dapat dihasilkan. Sebelum membahas lebih jauh, akan kami jelaskan beberapa kegunaan lens hood pada kamera.
    Komputer & kamera
    965 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Dell Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Dell Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Laptop Dell merupakan salah satu merek laptop populer dengan harga yang cukup ekonomis. Namun, laptop Dell memiliki berbagai varian dengan spesifikasi, desain, dan ukuran yang berbeda-beda. Hal ini bisa membuat bingung bagi sebagian pengguna.Bergabunglah bersama kami dalam artikel yang mengulas cara memilih laptop Dell. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh laptop Dell terbaik dari seri Inspiron, XPS, dan Alienware. Jadi, silakan bookmark dan rekomendasikan juga artikel ini kepada kerabat Anda, ya!
    Komputer & kamera
    10.053 Views
  • 10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kamera Mirrorless Terbaik Merek Sony (Terbaru Tahun 2020)
    Sony dikenal sebagai industri yang terus mengembangkan peralatan digital menggantikan DSLR. Berbagai jenis seri kamera telah diluncurkan, baik yang bersensor full-frame dan APS-C, maupun dengan hasil 4K dan Full HD. Bagi Anda yang belum terbiasa menggunakan mirrorless, tentu akan kesulitan menentukan pilihan.Kami akan memberikan ulasan yang dapat membantu Anda dalam memilih kamera mirrorless merek Sony berdasarkan kemampuan dan spesifikasinya. Jadikan artikel ini sebagai referensi untuk menentukan pilihan kamera mirrorless Sony sesuai kebutuhan Anda!
    Komputer & kamera
    3.877 Views
  • 10 Rekomendasi SSD Eksternal Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi SSD Eksternal Portable Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    SSD eksternal portable sering menjadi media penyimpanan karena kepraktisannya. SSD juga diketahui mempunyai transfer data yang cepat dan mudah dibawa ke mana-mana. Awalnya, SSD merupakan produk yang sulit didapatkan dan harganya juga mahal. Namun, sekarang Anda bisa dengan mudah menemukan SSD yang ekonomis dengan kapasitas, ukuran, hingga kecepatan transfer yang beragam.Nah, kali ini kami akan memperkenalkan cara memilih SSD eksternal portable sesuai dengan kebutuhan. Setelah itu, dilanjutkan dengan rekomendasi beberapa produk SSD external keluaran  Samsung, Sandisk, Toshiba, dan lainnya. Semua produk ini bisa digunakan baik di Windows maupun Mac. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    252 Views
  • Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Spek Tinggi Terbaik yang Murah Seharga 4 Jutaan (Terbaru Tahun 2020)
    Barang murah belum tentu murahan! Asalkan spek yang Anda inginkan dari sebuah laptop sudah jelas, membeli laptop spek tinggi dengan harga 4 jutaan bukan hal yang mustahil, lho!Pada kesempatan kali ini, kami akan memperkenalkan laptop spek tinggi dengan harga murah yang paling direkomendasikan dalam format ranking. Pertama kami akan menjelaskan terlebih dahulu poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih laptop, lalu menjabarkan 10 rekomendasi laptop dengan membandingkan segi spek dan harganya. Di antara produk-produk yang kami rekomendasikan di bawah ini, ada laptop tipe tablet, mobile note, mini note yang praktis digunakan untuk keperluan bisnis, laptop tipe terbaru yang memiliki spek gahar, dan masih banyak lagi. Silakan jadikan rekomendasi kami ini sebagai referensi bagi Anda, ya!
    Komputer & kamera
    48.233 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Gaming Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bagi para gamer, laptop gaming sudah menjadi perangkat yang tak terpisahkan. Dengan laptop gaming, Anda dapat memainkan game favorit Anda di rumah atau di mana saja. Laptop gaming mempunyai kemampuan grafis yang tinggi sehingga disukai di antara para gamer dan video editor. Saat ini, banyak produsen laptop terkenal, seperti ASUS, MSI, dan lain-lain yang menjual laptop gaming dengan spesifikasi berbeda-beda. Supaya Anda tidak bingung, kami akan menjelaskan cara memilih laptop gaming dan merekomendasikan produk-produk terbaik. Pilihlah laptop gaming yang sesuai dengan kebutuhan dan budget Anda, kemudian nikmatilah permainan Anda!
    Komputer & kamera
    25.787 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Terbaik di bawah 5 juta (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Terbaik di bawah 5 juta (Terbaru Tahun 2020)
    Sering kali orang beranggapan bahwa laptop mahal dengan spesifikasi tinggi adalah yang terbaik. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah apabila Anda menggunakan fungsi-fungsi yang ditawarkan secara maksimal. Namun, jika Anda hanya menggunakan laptop untuk mengetik dan mengecek e-mail, Anda dapat membeli laptop seharga di bawah lima juta rupiah.Banyak perusahaan-perusahaan terkenal yang memproduksi berbagai laptop dengan harga terjangkau dan memiliki kualitas terbaik, seperti DELL, Toshiba, ASUS, Lenovo, dan lain sebagainya. Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh laptop seharga di bawah lima juta rupiah dengan kualitas yang bagus hanya untuk Anda. Cek artikel ini sampai selesai, ya!
    Komputer & kamera
    39.472 Views
  • 10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi 2 in 1 Laptop dan Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Penggunaan laptop 2-in-1 yang lebih fleksibel dibandingkan laptop konvensional membuat laptop jenis ini cukup populer. Namun, laptop 2-in-1 dibuat dengan model, prosesor, dan tentunya harga yang berbeda. Hal ini tentunya dapat membingungkan sebagian pengguna.Ikutilah artikel berikut ini apabila Anda masih kebingungan saat memilih laptop 2-in-1 yang sesuai. Kami akan memberikan informasi cara memilih laptop 2-in-1. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi laptop 2-in-1 dari Microsoft, Lenovo, Asus, Acer, HP, dan Dell. Selamat membaca!
    Komputer & kamera
    31.706 Views
  • 10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Laptop Asus Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    ASUS adalah merek populer dengan market share besar untuk penjualan laptop di Indonesia. Laptop ASUS sendiri memiliki bermacam varian untuk pengguna dengan mobilitas tinggi, keperluan standar, dan lain sebagainya. Hal ini mungkin bisa membuat bingung bagi sebagian pengguna.Simak artikel berikut agar tidak salah memilih laptop ASUS. Kami akan menjabarkan cara memilih laptop ASUS untuk keperluan yang berbeda. Kami juga akan merekomendasikan laptop ASUS terbaik dari berbagai seri, seperti VivoBook, TransBook, ZenBook, dan seri gaming. Selamat menyimak!
    Komputer & kamera
    26.189 Views
  • 10 Rekomendasi Gaming Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Gaming Monitor Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Saat bermain PC games atau PS4, monitor apa yang biasa Anda gunakan? Monitor PC biasa atau layar TV mungkin sudah cukup. Akan tetapi, dengan menggunakan gaming monitor, sensasi gaming akan lebih terasa. Beberapa merek terkenal, seperti ASUS, LG, Acer, dan BenQ, memiliki monitor dengan refresh rate dan response speed yang baik.Lalu, berapa ukuran monitor yang ideal dan apa bedanya dengan monitor biasa? Anda tentu bingung saat ingin memilihnya. Karena itu, kami akan merekomendasikan sepuluh gaming monitor terbaik dengan berbagai kelebihannya. Sebelumnya, kami juga akan memperkenalkan poin-poin penting tentang cara memilih gaming monitor terbaik. Mari disimak!
    Komputer & kamera
    20.001 Views
  • 10 Rekomendasi Tripod Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tripod Mini Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kehadiran tripod mini sangat membantu para pencinta fotografi karena portabilitas dan kenyamanannya untuk traveling atau kegiatan outdoor. Tripod mini juga populer bagi mereka yang aktif di media sosial. Kegiatan memotret aneka barang atau hidangan di atas meja akan lebih mudah dan stabil.Kali ini, kami akan menjelaskan beberapa poin dalam memilih tripod mini. Tak lupa, kami juga akan merekomendasikan produk yang layak dipertimbangkan dari berbagai merek, seperti Joby, Manfrotto, dan Sony. Temukan tripod mini yang cocok untuk Anda agar perjalanan dan kegiatan fotografi terasa lebih menyenangkan!
    Komputer & kamera
    1.034 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori