10 Rekomendasi Kursi Mandi Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Kursi Mandi Terbaik untuk Bayi (Terbaru Tahun 2019)

Kursi mandi bayi akan memudahkan Anda ketika sedang memandikan mereka. Bayi pun merasa lebih nyaman duduk di dalamnya. Namun, Anda mungkin bingung memilih di antara banyaknya kursi mandi bayi yang dijual. Ada yang berupa tempat duduk, ada juga yang memungkinkan bayi untuk rebahan.

Untuk membantu Anda, artikel ini akan membahas berbagai aspek penting yang perlu diperhatikan dari kursi mandi bayi. Tidak lupa, kami juga memberikan rekomendasi produk terbaik yang dapat Anda pilih, seperti Aprica, Richell, Summer Infant, dan lain-lain. Selamat membaca!

Daftar isi

Apakah Anda membutuhkan kursi mandi bayi? Kapan sebaiknya produk tersebut digunakan?

Apakah Anda membutuhkan kursi mandi bayi? Kapan sebaiknya produk tersebut digunakan?

Sebagian orang menitipkan anaknya kepada kakek atau neneknya ketika mereka pergi bekerja. Bagi para kakek dan nenek, memandikan bayi bukanlah hal yang mudah untuk dilakukan. Tubuh mereka sudah tidak terlalu kuat, penglihatan mereka pun tidak terlalu tajam. Dalam keadaan seperti demikian, kursi mandi bayi akan sangat membantu.

Terdapat beberapa kursi mandi yang ditujukan untuk bayi berusia dua bulan atau lebih. Namun, sebagian besar produk dirancang untuk bayi yang berusia minimal enam bulan dan yang sudah bisa duduk. Dengan menggunakan kursi bayi, kakek dan nenek tidak perlu menggendong bayi sehingga tangan dan pinggang mereka tidak mudah pegal. Selain itu, kedua tangan mereka jadi lebih leluasa untuk memandikan bayi.

Kursi mandi bayi juga akan membantu Anda untuk memandikan lebih dari satu anak. Jadi, Anda bisa meletakkan satu bayi di kursi mandi, kemudian memandikan anak yang lain. Jika digunakan dengan tepat, kursi mandi bayi akan membuat suasana mandi Anda dan bayi menjadi lebih seru.

Cara memilih kursi mandi bayi

Ketika Anda hendak memilih kursi mandi bayi, mari perhatikan poin-poin di bawah ini.

Pilihlah berdasarkan usia bayi

Dari segi usia bayi, terdapat dua tipe kursi mandi. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tipe rebah, dapat dipakai sejak bayi berusia satu bulan atau dua bulan

Tipe rebah, dapat dipakai sejak bayi berusia satu bulan atau dua bulan

Tipe ini dapat menopang tubuh bayi dalam posisi berbaring. Dengan demikian, tipe ini cocok digunakan sejak bayi berusia satu bulan atau dua bulan, yang belum cukup kuat untuk mengangkat lehernya sendiri. Kursi mandi tipe rebah akan dirasa nyaman oleh bayi yang masih kecil sehingga dapat menumbuhkan kebiasaan mandi yang menyenangkan. Namun, akan lebih menguntungkan jika Anda menggunakan kursi mandi bayi yang posisinya dapat diubah, mulai dari rebah hingga duduk.

Penting juga untuk diketahui bahwa ukuran produk yang terlalu besar justru dapat membuat posisi bayi menjadi tidak stabil. Pilihlah kursi bayi yang ukurannya dapat diatur.

Tipe duduk, untuk usia minimal enam bulan. Dapat dipakai sebagai kursi bayi di ruang tamu!

Tipe duduk, untuk usia minimal enam bulan. Dapat dipakai sebagai kursi bayi di ruang tamu!

Bagi bayi berusia enam bulan yang leher dan pinggulnya sudah stabil, Anda dapat menyediakan kursi mandi tipe duduk. Dengan tipe ini, bayi Anda bisa leluasa memainkan kedua tangannya. Selain itu, produk ini juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat duduk bayi di ruang tamu. Misalnya Anda ingin berganti pakaian, Anda dapat meletakkan bayi di kursi mandi tipe duduk, kemudian berganti pakaian dengan tenang.

Pilihlah bahan yang nyaman digunakan

Secara umum, terdapat tiga jenis bahan yang digunakan untuk kursi mandi bayi. Masing-masing memiliki aspek kenyamanan yang berbeda. Pilihlah yang paling sesuai dengan kebutuhan bayi Anda.

Bahan plastik, lebih tahan lama

Bahan plastik, lebih tahan lama

Keunggulan dari kursi mandi bayi berbahan plastik adalah tahan lama walaupun sering terkena air, serta lebih stabil ketika digunakan. Di samping itu, kursi mandi bayi dari plastik lebih mudah dirakit meskipun terdiri dari beberapa bagian kecil, terutama untuk produk yang tergolong tipe rebah. Beberapa perusahaan juga merancang kursi mandi bayi dengan kualitas yang baik, serta dapat digunakan dalam waktu yang lama.

Hanya saja, beberapa bayi tidak menyukai material plastik karena terasa keras dan kurang hangat ketika diduduki. Bunyi decitan yang muncul ketika terjadi gesekan juga terkadang membuat bayi kurang nyaman. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat memilih produk dengan sandaran punggung yang permukaannya bertekstur dan memiliki lapisan bahan tahan dingin.

Bahan berjaring, mudah dibersihkan dan dikeringkan

Bahan berjaring, mudah kering dan mudah dilipat kembali

Dengan penggunaan bahan berjaring, kursi mandi bayi akan lebih mudah kering. Selain itu, produk ini memungkinkan Anda untuk menyiram bayi dari atas. Dengan begitu, kursi mandi dari bahan berjaring akan cocok untuk bayi yang takut air.

Karena mudah kering, merapikannya pun menjadi lebih mudah. Bukan itu saja, produk yang mudah kering juga akan terhindar dari jamur. Artinya, produk ini dapat menjadi pilihan tepat bagi Anda yang mengutamakan kebersihan. Sayangnya, kursi mandi bayi berbahan jaring biasanya memiliki batasan berat badan maksimal yang dapat ditopangnya. Periksalah keterangan mengenai batasan berat badan bayi untuk produk tersebut, lalu pilihlah yang sesuai dengan berat badan bayi Anda.

Bahan plastik PVC dan bahan busa, nyaman untuk kulit bayi

Bahan plastik PVC dan bahan busa, nyaman untuk kulit bayi

Kursi mandi bayi yang terbuat dari plastik PVC perlu dipompa terlebih dahulu. Sebagian produk diberi tambahan busa di beberapa bagian supaya terasa lembut bagi kulit bayi. Kursi mandi bayi tipe ini memiliki elastisitas yang baik dan bentuknya akan sesuai dengan postur tubuh bayi. Jadi, posisi bayi Anda akan lebih stabil ketika duduk di dalamnya.

Meskipun tipe ini cenderung tebal dan kaku, tetapi tetap ringan sehingga mudah dipindah-pindahkan. Harganya pun relatif lebih murah. Keunggulan lainnya adalah mudah untuk disimpan. Anda dapat mengempiskan dan melipatnya agar tidak menghabiskan banyak ruang penyimpanan. Namun, Anda sebaiknya tidak memompa kursi mandi ini hingga terlalu gembung karena berisiko mudah pecah.

Perhatikan aspek keamanan dari kursi mandi bayi yang Anda beli

Seorang bayi belum bisa menjaga dirinya sendiri. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya memilih produk dengan aspek keamanan yang baik agar tidak berisiko mencelakai bayi.

Gunakan produk yang memiliki bar pengaman di bagian depan

Gunakan produk yang memiliki bar pengaman di bagian depan

Umumnya, bayi belum bisa menopang kepalanya sendiri. Jika Anda membeli kursi mandi bayi tipe rebah, pilihlah yang bagian lehernya terasa pas supaya posisi kepala bayi tetap stabil. Sementara itu, untuk kursi mandi bayi tipe duduk, gunakan yang bagian pinggangnya terasa pas supaya aman bagi bayi.

Khusus untuk tipe duduk, Anda sebaiknya memilih produk yang memiliki bar pengaman di bagian pinggang. Bar pengaman tidak hanya berfungsi untuk menjaga agar tubuh bayi yang licin tidak merosot, tetapi bayi Anda juga dapat meletakkan tangannya di sana. Bayi Anda akan lebih aman, stabil, dan tidak tergelincir.

Kami juga menyarankan Anda memilih produk yang memiliki antiselip

Kami juga menyarankan Anda memilih produk yang antiselip

Tentunya lantai kamar mandi akan menjadi licin saat basah. Kursi mandi bayi yang bagian bawahnya lebar akan lebih stabil dan tidak mudah jatuh ketika bayi Anda bergerak aktif di dalamnya.

Anda pun dapat memilih produk yang di bagian bawahnya dilengkapi dengan bahan antiselip agar terbebas dari rasa khawatir ketika memandikan bayi. Kami sangat menyarankan kursi mandi bayi berfitur antiselip ini.

Pilihlah produk yang mudah dibersihkan dengan lapisan bahan antijamur dan antibakteri

Pilihlah produk yang mudah dibersihkan dengan lapisan bahan antijamur dan antibakteri

Barang-barang perlengkapan mandi, termasuk kursi mandi bayi Anda, akan banyak terpapar kotoran dan sisa-sisa sabun. Untuk itu, Anda sebaiknya memilih produk yang mudah untuk dibersihkan. Membersihkan kursi mandi bayi akan lebih mudah jika bar pengaman dan bagian pelapisnya dapat dilepaskan.

Hal lain yang juga akan mempermudah Anda adalah adanya saluran drainase dan pengait. Jadi, Anda dapat menjemur dengan cara menggantung kursi mandi bayi tersebut. Jika Anda sangat sibuk, Anda dapat memilih produk yang telah dilapisi dengan bahan antijamur dan antibakteri sehingga kursi mandi bayi akan selalu higienis. Sayangnya, tidak banyak toko online di Indonesia yang mencantumkan keterangan mengenai fitur antibakteri dan antijamur dari produk kursi mandi bayi.

Supaya mudah dipindahkan, pilih kursi mandi bayi yang bisa dilipat

Supaya mudah dipindahkan, pilih kursi mandi bayi yang bisa dilipat

Beberapa rumah memiliki kamar mandi yang tidak terlalu besar sehingga terasa sempit jika harus diisi dengan kursi mandi bayi. Sebelum memilih suatu produk, pastikan Anda telah mengetahui ukuran yang sesuai dengan kamar mandi Anda.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda dapat memilih kursi mandi bayi yang bisa dilipat. Di sisi lain, jika bayi Anda sudah tidak menggunakannya lagi, Anda pun dapat menyimpannya untuk digunakan kembali jika kelak dia memiliki adik.

Desain yang lucu akan membuat bayi Anda lebih gemar mandi

Desain yang lucu akan membuat bayi Anda lebih gemar mandi

Barang-barang bayi akan lebih menarik jika memiliki desain yang lucu. Suasana mandi akan lebih menyenangkan jika Anda memilih kursi berwarna cerah dan memiliki gambar karakter favorit anak, terlebih jika bayi Anda tidak senang mandi.

Ada juga kursi mandi bayi yang dilengkapi dengan mainan di bagian bar pengamannya. Mainan tersebut juga dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi bayi. Bayi Anda pun bisa asyik bermain sambil dimandikan!

10 Rekomendasi kursi mandi bayi terbaik

Berikutnya, kami akan memberikan rekomendasi kursi mandi bayi terbaik yang dapat Anda jadikan referensi. Namun, ingatlah untuk tetap memilih produk yang sesuai dengan kebutuhan bayi Anda.

10. L’abeille BB-001 Baby Bath Bed

10. L'abeille BB-001 Baby Bath Bed

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 273.000

Tidak terasa keras walaupun rangkanya terbuat dari plastik

Rangka kursi mandi ini terbuat dari bahan plastik. Meskipun demikian, bayi Anda tetap akan merasa nyaman karena bagian tempat duduknya adalah bahan berjaring. Sandaran kepalanya juga dilengkapi dengan bantalan busa yang empuk. Produk ini kukuh, tetapi lembut dan mudah kering.

Tipe Tipe rebah
Target usia Minimal 1 bulan
Dimensi Tidak diketahui
Bobot 4 kg
Material Fiber poliester
Bar pengaman Sabuk pengaman
Antiselip Tidak ada
Dapat dilipat Ya

9. Kursi Mandi Bayi Antiselip

9. Kursi Mandi Bayi Antiselip

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 192.000

Bebas tergelincir berkat antiselip di bagian bawah

Bagian bawah produk ini dilengkapi dengan plastik isap yang dapat membuatnya menempel pada lantai kamar mandi. Dengan demikian, kursi mandi ini tidak akan bergerak-gerak ketika sedang diduduki. Jadi aman, deh! Ditambah lagi, material karetnya aman digenggam oleh bayi.

Tipe Tipe duduk
Target usia 1 tahun hingga 3 tahun
Dimensi 37,5 cm × 30,5 cm × 15 cm
Bobot 502 gram
Material Plastik ABS dan karet berkualitas
Bar pengaman Ada
Antiselip Ada
Dapat dilipat Tidak

8. Summer Infant Deluxe Baby Bather

8. Summer Infant Deluxe Baby Bather

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 199.000

Terdapat tiga pilihan reclining yang dapat diatur sesuai dengan kenyamanan bayi

Meskipun termasuk dalam kursi mandi tipe rebah, produk ini memiliki tiga pilihan reclining. Artinya, Anda bisa memilih posisi sandaran punggung yang lebih nyaman untuk bayi, mulai dari posisi yang lebih berbaring hingga yang punggungnya lebih terangkat. Bantalan di bagian kepala juga akan membantu menopang kepala bayi agar tidak mudah terguncang.

Tipe Tipe rebah
Target usia Sejak lahir
Dimensi 61 cm × 32 cm × 32,5 cm
Bobot 3 kg
Material Bahan berjaring
Bar pengaman Tidak ada
Antiselip Ada
Dapat dilipat Ya

7. Rotho Babydesign Baby Bathseat

7. Rotho Babydesign Baby Bathseat

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 880.000

Memudahkan Anda saat membersihkan bagian punggung

Sandaran punggung dari produk ini memiliki ukuran yang tidak terlalu tinggi. Hal tersebut memungkinkan Anda untuk membersihkan punggung bayi secara lebih menyeluruh. Jadi lebih bersih maksimal, deh! Ditambah lagi, produk ini dibuat dari bahan baku yang tidak mengandung zat kimia berbahaya.

Tipe Tipe duduk
Target usia 7 bulan hingga 16 bulan
Dimensi 35 cm × 31,3 cm × 22 cm
Bobot 5 kg
Material Polipropilena yang bisa didaur ulang
Bar pengaman Ada
Antiselip Ada
Dapat dilipat Tidak

6. Summer Infant Right Height Bath Tub

6. Summer Infant Right Height Bath Tub

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 700.000

Kursi mandi bayi sekaligus stool. Multifungsi!

Selain untuk memandikan bayi, bagian bawah produk ini juga dapat Anda lepaskan dan difungsikan sebagai stool. Bagian atasnya akan membantu Anda memandikan bayi dalam posisi rebah. Setelah itu, jika bayi Anda sudah bisa duduk, Anda dapat menggunakan bagian bak berwarna putih.

Produk ini juga memiliki bagian yang berfungsi sebagai drainase agar mudah bagi Anda untuk mengeringkannya setelah selesai digunakan. Artinya, selain multifungsi, hasil produksi Summer Infant ini juga selalu terjaga higienis bagi buah hati Anda.

Tipe Tipe rebah
Target usia Sejak lahir hingga 2 tahun
Dimensi 72,5 cm × 47 cm × 24,1 cm
Bobot 16 kg
Material Plastik kukuh, lapisan busa di bagian kepala
Bar pengaman Tidak ada
Antiselip Ada
Dapat dilipat Tidak

5. Richell Soft Baby Chair

5. Richell Soft Baby Chair

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 300.000

Menjaga postur bayi tetap stabil. Bayi aman, Anda pun tidak repot!

Kursi mandi bayi yang terbuat dari karet ini memiliki struktur yang mampu menjaga postur pinggang dan punggung bayi Anda. Dengan begitu, posisi duduk bayi Anda akan selalu aman dan stabil. Bahannya pun begitu ringan dan mudah dipindah-pindah, dari kamar mandi hingga ruang keluarga.

Di bagian bawah tempat duduknya terdapat beberapa lubang drainase yang membuat kursi mandi ini mudah kering. Jika sudah tidak digunakan, Anda dapat mengempiskan produk ini, sangat compact untuk disimpan.

Tipe Tipe duduk
Target usia 7 bulan hingga 2 tahun
Dimensi 46 cm × 48 cm × 27 cm
Bobot 1,2 kg
Material Karet
Bar pengaman Tidak ada
Antiselip Tidak ada
Dapat dilipat Ya

4. Pliko Deluxe Baby Bather Mother’s touch

4. Pliko Deluxe Baby Bather Mother's touch

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 176.000

Lebih aman! Terdapat fitur lock untuk mengunci posisi reclining

Salah satu keunggulan dari produk ini adalah fitur lock yang bermanfaat untuk mengunci posisi reclining yang telah Anda setel. Akibatnya, posisi reclining tidak akan mudah bergeser. Anda pun dapat meletakkan bayi Anda di kursi mandi ini dengan lebih tenang.

Tipe Tipe rebah
Target usia Sejak lahir
Dimensi 45 cm × 40 cm × 8 cm
Bobot 2 kg
Material Bahan berjaring
Bar pengaman Tidak ada
Antiselip Tidak diketahui
Dapat dilipat Ya

3. Meriton BBC-002 Inflatable Chair

3. Meriton BBC-002 Inflatable Chair

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 120.000

Desainnya lucu, ya! Anak-anak pasti menyukainya

Apakah anak Anda tidak senang dengan aktivitas mandi? Jika ya, Anda dapat mencoba produk ini. Produk ini memiliki tiga pilihan desain yang lucu-lucu. Ada yang berbentuk flamingo, bebek, dan unicorn. Jadi, bayi Anda bisa mandi sambil bermain. Mereka akan mandi dengan lebih bersemangat dan gembira.

Tipe Tipe duduk
Target usia Minimal 5 bulan
Dimensi 46 cm × 49 cm × 31 cm
Bobot 1 kg
Material Karet
Bar pengaman Tidak ada
Antiselip Tidak diketahui
Dapat dilipat Ya

2. Richell Bath Reclining Chair with Mat

2. Richell Bath Reclining Chair with Mat

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 470.000

Bisa digunakan untuk posisi rebah dan duduk

Jika Anda menginginkan kursi mandi bayi yang dapat digunakan untuk posisi rebah dan juga duduk, cobalah produk ini. Sandaran punggung produk ini bisa diatur hingga tiga posisi, mulai dari rebah hingga duduk. Artinya, Anda bisa menggunakannya dalam waktu lama.

Lapisan mat berwarna hijau dapat dilepaskan agar mudah dibersihkan. Ditambah lagi, terdapat mainan bola kecil di bagian bar pengaman agar bayi Anda lebih enjoy ketika sedang mandi. Memandikan bayi jadi terasa lebih mudah.

Tipe Tipe duduk
Target usia Minimal 2 bulan
Dimensi 32.5 cm × 41.5 cm × 34 cm
4 kg
Material Polimer elastis, polipropilena, plastik ABS, plastik EVA
Bar pengaman Ada
Antiselip Ada
Dapat dilipat Tidak

1. Aprica Baby Bath Chair

1. Aprica Baby Bath Chair

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 459.000

Awet, bisa dilipat, dan mudah dibersihkan! Beragam keunggulan dalam satu produk

Seperti produk sebelumnya, Aprica Baby Bath Chair juga dapat digunakan baik sebagai tipe rebah maupun tipe duduk. Anda bahkan dapat menggunakannya sejak bayi baru lahir hingga ketika dia sudah bisa duduk. Awet dan tahan lama, ya.

Keunggulan lainnya, produk ini dapat dilipat ketika sedang tidak dipakai. Anda pun tidak membutuhkan banyak ruang untuk menyimpannya. Lapisan hijaunya terasa hangat dan bisa dicopot sehingga mudah dibersihkan. Kursi mandi ini akan membuat Anda dan bayi sama-sama nyaman.

Tipe Tipe rebah
Target usia Sejak lahir hingga 2 tahun
Dimensi 34,5 cm × 41 cm × 32 cm
Bobot 2,7 kg
Material Polipropilena, plastik ABS, plastik EVA
Bar pengaman Ada
Antiselip Ada
Dapat dilipat Ya

Cara menggunakan kursi mandi bayi dengan aman

Cara menggunakan kursi mandi bayi dengan aman

Perlengkapan bayi sangat mengutamakan aspek keamanan. Beberapa orang tua bahkan ragu untuk membeli kursi mandi bayi karena khawatir tidak bisa menggunakannya dengan cara yang aman.

Demi keamanan, Anda sebaiknya selalu membaca buku manual dari produk yang dibeli, serta sungguh-sungguh memperhatikan mengenai cara pemakaian yang tepat. Dengan begitu, Anda dapat menghindari kecelakaan. Bahkan, buku manual juga akan menuliskan beberapa risiko bahaya pada penggunaan produk.

Bayi pada umumnya banyak bergerak dan memiliki rasa ingin tahu yang besar. Semakin besar, mereka juga akan semakin aktif dan bergerak dengan cepat. Anda pun harus jeli dan waspada dalam mengawasi mereka. Karena itu, ingatlah untuk selalu berhati-hati ketika sedang memandikan bayi karena lantai kamar mandi umumnya cukup licin.

Bagaimana jika bayi merasa tidak senang dan kerap menangis ketika mandi?

Bagaimana jika bayi merasa tidak senang dan kerap menangis ketika mandi?

Orang tua yang terbiasa memandikan bayi dengan menggendong akan ragu apakah bayi mereka bersedia duduk di kursi mandi. Bayi-bayi yang demikian memang biasanya akan menangis ketika diletakkan di kursi mandi. Sebagai langkah pertama, Anda dapat menempatkan kursi mandi di ruang tamu, kemudian membiarkan mereka duduk di dalamnya. Cara tersebut akan membuat mereka lebih terbiasa secara perlahan.

Perubahan yang terlalu mendadak tentu membuat bayi tidak nyaman, kemudian menangis. Saat bayi mulai duduk di kursi yang diletakkan di kamar mandi, Anda dapat memasangkan handuk di lututnya atau memandikannya dengan air hangat. Dengan begitu, bayi Anda semakin merasa nyaman.

Baca juga rekomendasi perlengkapan mandi bayi lainnya di sini!

Pada artikel ini, kami telah membahas berbagai hal mengenai kursi mandi bayi. Namun, terdapat produk-produk lainnya yang mungkin Anda butuhkan sebagai perlengkapan mandi bayi. Jika Anda ingin mengetahui rekomendasi produk-produk tersebut, Anda dapat membacanya di sini!

Kesimpulan

Aktivitas mandi bayi bisa menjadi momen yang berkesan. Oleh sebab itu, akan lebih baik jika Anda menggunakan kursi mandi yang dapat membuat suasananya terasa menyenangkan. Bayi Anda pun akan menyukai rutinitas mandinya. Setelah membaca artikel dari kami, apakah Anda telah menemukan produk yang tepat? Ingatlah untuk tetap mengacu kepada tips cara memilih dari kami. Selamat memilih!