• 10 Rekomendasi Suplemen Magnesium Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Suplemen Magnesium Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Suplemen Magnesium Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Suplemen Magnesium Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Suplemen Magnesium Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Suplemen Magnesium Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Magnesium merupakan salah satu mineral yang sangat penting untuk tubuh. Sayangnya, cukup sulit memenuhi kebutuhan magnesium hanya dari makanan saja sehingga dibutuhkan suplemen. Ada berbagai merek suplemen magnesium yang dapat Anda temui, seperti Nature Made, Puritan’s Pride, Blackmores, Nature’s Way, dan masih banyak yang lainnya.

Agar Anda dapat menemukan suplemen magnesium yang sesuai kebutuhan Anda, kami akan memberikan cara memilih suplemen magnesium pada artikel kali ini. Kami juga akan menjelaskan tentang manfaat suplemen magnesium serta tidak lupa memberikan rekomendasinya untuk Anda. Seperti apa? Mari disimak artikel kali ini!
  • Pembaharuan terakhir: 02 Juni 2020
  • 9.409 Views
Daftar isi

Efek suplemen magnesium

Sebelum kami menjelaskan tentang cara memilih suplemen magnesium, kami akan menjelaskan tentang efek magnesium. Dengan mengetahui efek magnesium untuk tubuh, Anda akan mengetahui alasan pentingnya mengonsumsi suplemen tersebut.

Apa efek magnesium untuk tubuh?

Apa efek magnesium untuk tubuh?
Magnesium berperan penting dalam mendukung aktivitas lebih dari 300 enzim yang bekerja di dalam tubuh. Enzim berperan untuk menyerap serta memecah nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Namun, enzim tidak dapat berkerja dengan baik tanpa bantuan magnesium. Magnesium berperan penting karena jika enzim tidak bekerja dengan baik, metabolisme tubuh pun akan terganggu.
Magnesium juga bekerja untuk relaksasi otot serta melancarkan transmisi pada saraf. Jika tubuh tidak memiliki cukup magnesium, informasi transmisi saraf tidak akan berhasil. Selain itu, tekanan osmosis di dalam sel serta keseimbangan asam dan basa dalam tubuh tidak dapat terjaga. Hal ini sangat berdampak pada saraf serta kesehatan mental Anda.
Lebih jauh, magnesium juga berperan penting untuk mendukung penyerapan kalsium di dalam tubuh. Kalsium merupakan komponen mineral terbanyak dalam tubuh dibanding mineral lainnya. Tidak hanya menjadi zat pembentuk tulang dan gigi, kalsium juga memiliki peran yang sama dengan magnesium, seperti kontraksi otot dan transmisi impuls saraf. Magnesium berperan penting dalam transportasi kalsium di dalam tubuh. Dengan demikian, kalsium tidak dapat bekerja dengan baik tanpa adanya magnesium.

Apa yang terjadi jika tubuh kekurangan magnesium?

Apa yang terjadi jika tubuh kekurangan magnesium?
Magnesium sangat berperan penting untuk tubuh, tetapi apa yang akan terjadi jika tubuh kekurangan magnesium?
Jika tubuh kekurangan magnesium, enzim-enzim yang ada tidak dapat bekerja dengan baik serta energi tidak dapat diproduksi. Akibatnya, tubuh akan cepat lelah, terjadi kelelahan kronis yang sulit hilang, kram, anoreksia, gangguan peredaran darah, kurang konsentrasi, depresi, dan sebagainya.
Magnesium sendiri disimpan di dalam tulang seperti halnya kalsium. Untuk kalsium, tubuh akan mengambil gantinya dari tulang ketika kadar kalsium dalam darah tidak mencukupi. Namun, tidak demikian halnya dengan magnesium. Berhubung kadar magnesium dalam tubuh sebenarnya juga tidak terlalu banyak, lama kelamaan kadarnya akan berkurang seiring waktu. Untuk alasan inilah pentingnya Anda untuk mengonsumsi suplemen magnesium.

Cara memilih suplemen magnesium

Ada lima poin penting yang perlu Anda perhatikan saat memilih suplemen magnesium. Perhatikan dengan baik dan temukanlah suplemen magnesium yang tepat untuk Anda.

Periksa kandungan magnesium

Periksa kandungan magnesium
Indikasi konsumsi harian magnesium berbeda berdasarkan jenis kelamin dan usia. Konsumsi harian yang disarankan untuk pria adalah 310-370 mg dan untuk wanita adalah 270-290 mg. Berdasarkan penelitian, angka tersebut merupakan jumlah konsumsi harian terbaik untuk kesehatan.
Karena terlalu sulit mendapatkan jumlah magnesium harian hanya dari makanan, sebaiknya Anda juga mengonsumsi suplemen magnesium seperti yang akan kami jelaskan di bawah. Namun, ada jumlah maksimal magnesium yang dapat Anda konsumsi setiap harinya, yaitu 500 mg per hari untuk pria dan 400 mg untuk wanita.
Tidak ada standar dalam mengonsumsi magnesium dari makanan. Namun, berhubung magnesium sangat banyak terdapat dalam polong-polongan, rumput laut, dan sayuran, Anda yang mengonsumsi makanan tersebut dalam jumlah banyak bisa beralih ke suplemen agar lebih efektif. Dalam mengonsumsi suplemen magnesium, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan ahli gizi Anda. Perlu diperhatikan juga untuk mengonsumsi suplemen magnesium sesuai dosis yang disarankan karena kelebihan magnesium akan berdampak pada tubuh Anda.

Pilih suplemen dengan bahan-bahan alami

Pilih suplemen dengan bahan-bahan alami
Dikatakan bahwa penyerapan magnesium dalam tubuh sangat buruk jika dibandingkan dengan nutrisi lainnya. Saat Anda mengonsumsi magnesium, setengahnya akan disekresikan keluar dari tubuh. Jika Anda mengonsumsi suplemen dari bahan sintetis, penyerapannya akan lebih rendah lagi daripada suplemen berbahan alami.
Agar penyerapan magnesium lebih efisien, pilihlah suplemen yang menggunakan bahan alami ketimbang bahan sintetis. Meskipun cukup sulit untuk memastikan suplemen yang Anda pilih berasal dari bahan alami, Anda dapat memeriksa label bahan-bahan yang terkandung di dalamnya. Jika pada label tersebut tertera nama hewan atau tanaman, dapat dikatakan suplemen tersebut mengandung bahan-bahan alami. Sebaliknya, jika pada label hanya tertera “magnesium”, bisa jadi suplemen tersebut berasal dari komponen sintetis.
Hal tersebut tidak berarti bahan sintetis sepenuhnya buruk. Untuk itu, Anda dapat membuat pertimbangan berdasarkan formulasi, harga, dan hal-hal lainnya.

Pilih suplemen magnesium yang dicampur dengan kalsium

Pilih suplemen magnesium yang dicampur dengan kalsium
Magnesium dan kalsium bekerja secara antagonis. Jika salah satu meningkat, yang lainnya akan berkurang sehingga saat mengonsumsi magnesium, keseimbangannya dengan kalsium menjadi sangat penting. Karena itu, pilihlah suplemen magnesium yang juga mengandung kalsium.
Perbandingan magnesium dan kalsium juga merupakan hal yang penting. Pilihlah suplemen magnesium dan kalsium dengan perbandingan 1:2 atau paling maksimal 1:3. Perbandingan ini cukup seimbang sehingga kedua komponen tersebut dapat bekerja dengan baik satu sama lain. Jika keseimbangan antara magnesium dan kalsium terganggu, kondisi tersebut dapat menyebabkan osteoporosis. Jadi, Anda harus berhati-hati dalam memperhatikan keseimbangan keduanya.

Pilih suplemen yang aman dikonsumsi

Pilih suplemen yang aman dikonsumsi
Anda harus memperhatikan keamanan produk yang Anda konsumsi. Suplemen dikonsumsi untuk kesehatan Anda, tetapi jika suplemen tersebut mengandung bahan yang tidak baik untuk tubuh, suplemen tersebut akan berdampak buruk untuk Anda.
Hal pertama yang harus Anda periksa adalah keberadaan bahan aditif seperti pengawet dan pewarna. Sebisa mungkin pilihlah suplemen yang tidak mengandung bahan aditif. Namun, jika hal tersebut sulit didapatkan, pilihlah suplemen dengan bahan aditif sesedikit mungkin.
Untuk mendapatkan produk yang lebih aman, pilihlah produsen suplemen yang telah tersertifikasi GMP. Meskipun masih sedikit produksi yang tersertifikasi GMP, sebagian produsen telah memproduksi suplemen dengan standar yang sama seperti halnya produksi obat-obatan. Jadi, periksalah keamanan suplemen yang Anda pilih karena suplemen tersebut akan masuk ke dalam tubuh Anda.

Pilih bentuk, jumlah konsumsi harian, serta harga suplemen yang tidak menyulitkan

Pilih bentuk, jumlah konsumsi harian, serta harga suplemen yang tidak menyulitkan
Suplemen tidak akan berefek langsung setelah dikonsumsi sehingga membutuhkan waktu dalam mengonsumsi suplemen tersebut. Karena alasan ini, pilihlah suplemen yang mudah dikonsumsi secara berkelanjutan.
Suplemen magnesium tersedia dalam berbagai bentuk, seperti tablet, bubuk, cairan, maupun kapsul. Anda dapat memilih bentuk suplemen yang paling mudah dikonsumsi. Selain itu, periksa juga seberapa banyak jumlah konsumsi hariannya. Konsumsi harian yang terlalu banyak atau terlalu sering mungkin akan merepotkan dan bisa jadi membuat Anda lupa. Jadi, bentuk dan dosis yang pas merupakan poin penting yang harus Anda perhatikan.
Tidak lupa juga Anda harus memperhatikan harga suplemen yang Anda konsumsi. Namun, suplemen dengan harga yang terlalu murah sering kali tidak diketahui bahan-bahannya. Untuk itu, perhatikan keseimbangan antara harga, keamanan, serta kenyamanan dalam memilih suplemen untuk dikonsumsi.

10 Rekomendasi suplemen magnesium terbaik

Kami sudah memberikan poin-poin penting dalam memilih suplemen magnesium. Selanjutnya kami akan memberikan rekomendasi berbagai suplemen magnesium terbaik dari berbagai merek.
10
Dosis magnesium206 mg
Sumber magnesiumBahan sintetis
Dosis kalsium360 mg
Informasi mengenai zat aditifBebas pewangi dan pengawet
BentukTablet
Jumlah konsumsi harian1-3 tablet
9
Dosis magnesium500 mg
Sumber magnesiumSintetis
Dosis kalsium250 mg
Informasi mengenai zat aditifTidak disebutkan
BentukKapsul
Jumlah konsumsi harian1-2 kapsul
8
Dosis magnesium400 mg
Sumber magnesiumSintetis
Dosis kalsium1000 mg
Informasi mengenai zat aditifBebas pemanis, perasa, dan pengawet buatan
BentukTablet
Jumlah konsumsi harian1-3 tablet
7
Dosis magnesium300 mg
Sumber magnesiumSintetis
Dosis kalsium300 mg
Informasi mengenai zat aditifTidak disebutkan
BentukTablet
Jumlah konsumsi harian1 tablet
6
Dosis magnesium133 mg
Sumber magnesiumSintetis
Dosis kalsium333 mg
Informasi mengenai zat aditifBebas perasa, pewarna, dan pengawet buatan
BentukTablet
Jumlah konsumsi harian1-3 tablet
5

SchiffSuper Calcium Softgels Plus Magnesium with Vitamin D3

Rp 229.000,00

Dosis magnesium400 mg
Sumber magnesiumSintetis
Dosis kalsium1200 mg
Informasi mengenai zat aditifTidak disebutkan
BentukSoftgel
Jumlah konsumsi harian1-3 softgels
4

Puritan’s PrideAbsorbable Calcium 600mg plus Magnesium 300mg & Vitamin D 1000iu

Rp 179.000,00

Dosis magnesium300 mg
Sumber magnesiumSintetis
Dosis kalsium600 mg
Informasi mengenai zat aditifBebas perasa, pemanis, dan pengawet buatan
BentukSoftgel
Jumlah konsumsi harian1-2 softgels
3
Dosis magnesium320 mg
Sumber magnesiumSintetis
Dosis kalsiumTidak ada
Informasi mengenai zat aditifTidak disebutkan
BentukBubuk
Jumlah konsumsi harian5 gram
2

Solgar LiquidCalcium Magnesium Citrate with Vitamin D3 – Natural Blueberry Flavor

Rp 566.300,00

Dosis magnesium300 mg
Sumber magnesiumSintetis
Dosis kalsium600 mg
Informasi mengenai zat aditifBebas pewarna, perasa, pemanis, dan pengawet buatan
BentukCairan
Jumlah konsumsi harian15 ml
1

NatureloBone Strength – with Plant Calcium & Magnesium

Rp 487.200,00

Dosis magnesium200 mg
Sumber magnesiumBahan alami (glycinate dan alga)
Dosis kalsium600 mg
Informasi mengenai zat aditifBebas pewarna, perasa, dan pengawet buatan
BentukKapsul
Jumlah konsumsi harian1-4 kapsul

Tabel perbandingan produk suplemen magnesium terbaik

Gambar produk
1
Naturelo Bone Strength – with Plant Calcium & Magnesium 1

Naturelo

2
Solgar Liquid Calcium Magnesium Citrate with Vitamin D3 – Natural Blueberry Flavor 1

Solgar Liquid

3
Blackmores Muscle Magnesium 1

Blackmores

4
Puritan’s Pride Absorbable Calcium 600mg plus Magnesium 300mg & Vitamin D 1000iu 1

Puritan’s Pride

5
Schiff Super Calcium Softgels Plus Magnesium with Vitamin D3 1

Schiff

6
Nature Made Calcium, Magnesium, Zinc 1

Nature Made

7
Nature’s Way Magnesium + Calcium 1

Nature’s Way

8
Sundown Naturals Calcium, Magnesium & Zinc 1

Sundown

9
Now Foods Cal-Mag Caps 1

Now

10
DHC Calcium Magnesium 1

DHC

Nama produk

Bone Strength – with Plant Calcium & Magnesium

Calcium Magnesium Citrate with Vitamin D3 – Natural Blueberry Flavor

Muscle Magnesium

Absorbable Calcium 600mg plus Magnesium 300mg & Vitamin D 1000iu

Super Calcium Softgels Plus Magnesium with Vitamin D3

Calcium, Magnesium, Zinc

Magnesium + Calcium

Naturals Calcium, Magnesium & Zinc

Foods Cal-Mag Caps

Calcium Magnesium

KeunggulanMagnesium alami plus berbag...Mengonsumsi suplemen dengan...Lebih nikmat dicampurkan de...Lebih mudah diserap tubuh d...Kombinasi kandungan terting...Isi lebih banyak, bisa diko...Tambahan vitamin D3 dan K2 ...Harga ekonomis, aman untuk ...Kandungan lebih lengkap den...Kemasan simple, mudah dibaw...
HargaRp 487.200,00Rp 566.300,00Rp 345.000,00Rp 179.000,00Rp 229.000,00Rp 227.700,00Rp 261.000,00Rp 208.000,00Rp 470.300,00Rp 112.000,00
Dosis magnesium200 mg300 mg320 mg300 mg400 mg133 mg300 mg400 mg500 mg206 mg
Sumber magnesiumBahan alami (glycinate dan alga)SintetisSintetisSintetisSintetisSintetisSintetisSintetisSintetisBahan sintetis
Dosis kalsium600 mg600 mgTidak ada600 mg1200 mg333 mg300 mg1000 mg250 mg360 mg
Informasi mengenai zat aditifBebas pewarna, perasa, dan pengawet buatanBebas pewarna, perasa, pemanis, dan pengawet buatanTidak disebutkanBebas perasa, pemanis, dan pengawet buatanTidak disebutkanBebas perasa, pewarna, dan pengawet buatanTidak disebutkanBebas pemanis, perasa, dan pengawet buatanTidak disebutkanBebas pewangi dan pengawet
BentukKapsulCairanBubukSoftgelSoftgelTabletTabletTabletKapsulTablet
Jumlah konsumsi harian1-4 kapsul15 ml5 gram1-2 softgels1-3 softgels1-3 tablet1 tablet1-3 tablet1-2 kapsul1-3 tablet
Tautan produk

Hati-hati mengonsumsi terlalu banyak magnesium!

Hati-hati mengonsumsi terlalu banyak magnesium!
Kami sudah memberikan rekomendasi berbagai suplemen magnesium, tetapi ingatlah bahwa Anda tidak boleh mengonsumsi terlalu banyak magnesium. Anda memang tidak perlu khawatir akan kelebihan dosis jika Anda mengonsumsinya secara normal. Namun, jika Anda memiliki masalah ginjal atau Anda sudah berusia lanjut, diskusikanlah dengan dokter Anda mengenai dosis magnesium yang diizinkan bagi tubuh Anda.
Kondisi kelebihan magnesium disebut hypermagnesia, tetapi jika tidak terlalu berat gejalanya tidak akan muncul. Jika Anda secara berlebihan mengonsumsi magnesium, Anda akan mengalami beberapa gejala, seperti muntah, lemah otot, bradycardia atau detak jantung lemah, tekanan darah rendah, dan somnolence atau rasa ingin tidur berkepanjangan. Gejala ini akan menjadi lebih parah, seperti rasa pusing, kelumpuhan otot pernapasan, atau yang lebih parah, cardiac arrest atau aliran darah yang terhenti secara tiba-tiba.
Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi suplemen magnesium agar tidak terjadi kelebihan konsumsi.

Kesimpulan

Apakah Anda merasa perlu mengonsumsi suplemen magnesium? Jika iya, perhatikan poin-poin yang kami berikan di atas. Selain itu, konsultasikan juga dengan dokter mengenai dosis magnesium yang tepat. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir akan kelebihan kadar magnesium dalam tubuh.
Semoga Anda merasa terbantu dengan artikel kali ini. Pastikan suplemen yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan Anda serta mudah untuk dikonsumsi dalam jangka panjang. Ingat juga untuk mempertimbangkan harganya. Stay healthy!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Eye Cream Terbaik dengan Harga Terjangkau (Terbaru Tahun 2020)
    Eye cream digunakan untuk merawat kulit di sekitar mata yang mulai menunjukkan tanda-tanda penuaan, menghitam, kendur, dan kering. Karena memiliki manfaat yang luar biasa, tidak heran produk ini dijual dengan harga yang relatif mahal. Namun, beberapa merek, seperti Pond's, SAFI, dan L'Oreal meluncurkan produk dengan harga yang terjangkau. Kali ini, kami akan mengulas cara memilih eye cream yang harganya terjangkau, tetapi memiliki formula yang ampuh mengatasi permasalahan Anda. Kami juga memberikan rekomendasi produk sehingga Anda dapat menjadikannya sebagai bahan referensi. Yuk, temukan eye cream yang ideal untuk kulit Anda!
    Kosmetik & kesehatan
    213.331 Views
  • 10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sabun Muka Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang pernah dialami semua orang tanpa memandang usia dan jenis kelamin. Mencuci muka menjadi aktivitas penting agar Anda selalu terhindar dari jerawat. Cara mengatasi jerawat pun berbeda tergantung pada jenis jerawat dan kondisi kulit setiap orang. Karena itu, pemilihan sabun muka tak boleh sembarangan!Kali ini, kami akan memberikan tips memilih dan merekomendasikan produk-produk sabun muka bermutu untuk menghilangkan jerawat. Selain Pond’s dan Acnes, masih banyak produk yang dapat Anda pilih sesuai dengan jenis kulit. Simak terus informasinya!
    Kosmetik & kesehatan
    285.647 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Bekas Jerawat Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda hitam bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan Anda. Jangan biarkan noda tersebut terlalu lama di wajah Anda karena akan sulit untuk menghilangkannya di kemudian hari. Untuk menghilangkannya, Anda bisa menggunakan krim khusus penghilang noda bekas jerawat agar kulit wajah bersih dan cantik Anda kembali lagi.Di antara banyaknya produk penghilang bekas jerawat, kami akan memberikan tips memilih krim yang tepat untuk Anda. Simak juga berbagai rekomendasi produk dari kami, mulai dari Verile, Kiehl's, Neutrogena, sampai Mineral Botanica. Temukan yang paling pas untuk Anda, ya. Selamat membaca!
    Kosmetik & kesehatan
    127.842 Views
  • 10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pelembap Wajah Terbaik untuk Kulit Berjerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Jika jerawat sulit disembuhkan, cobalah menggunakan pelembap wajah untuk kulit berjerawat. Saat ini, tersedia banyak pelembap wajah yang memiliki kandungan antiseptik dan anti-inflamasi untuk melawan jerawat. Namun, setiap jenis jerawat membutuhkan perawatan yang berbeda-beda.Untuk itu, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pelembap wajah khususnya untuk kulit berjerawat. Tak ketinggalan, kami pun akan memberikan rekomendasi produk yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan kulit. Produk-produk ternama dari merek The Body Shop, Wardah, Shiseido, dan lainnya pun akan kami ulas. Mari simak terus artikel ini!
    Kosmetik & kesehatan
    231.221 Views
  • 10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Krim Penghilang Flek Hitam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Noda di wajah atau yang lebih dikenal dengan flek hitam memang sangat menggangu penampilan. Apakah Anda juga tengah mengalaminya? Sebenarnya flek tersebut disebabkan oleh sengatan matahari. Sangat mungkin noda itu akan bertambah bila tidak ditangani dengan cepat dan tepat.Selain laser dan suplemen, sebenarnya Anda dapat menangani flek hitam dengan krim penghilang flek hitam, seperti produk dari Olay, Pond’s, Garnier, dan sebagainya. Kali ini, kami akan memberikan tips sekaligus memperkenalkan jajaran krim penghilang flek hitam agar Anda bisa memilih produk perawatan kulit sesuai dengan kebutuhan.
    Kosmetik & kesehatan
    215.914 Views
  • 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik untuk Menghilangkan Bekas Jerawat (Terbaru Tahun 2020)
    Meski jerawat terlihat kempis dan sudah sembuh, ternyata bekas jerawat yang tersisa masih menimbulkan masalah. Bekas jerawat sangat sulit untuk ditutupi bahkan dengan concealer dan bisa membuat makeup jadi terlihat kurang bagus. Ada produk makeup yang dapat menyamarkannya, tetapi akan lebih baik jika Anda merawat kulit bermasalah tersebut, bukan?Untuk mengatasi permasalahan ini, Anda bisa memilih serum yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat. Nah, kami akan menjabarkan tips memilih serum yang mampu bekerja efektif dan tepat untuk kulit wajah Anda. Simak juga rekomendasi produk terbaik untuk mengatasi bekas jerawat seperti The Ordinary, Dr. Jart+, dan lainnya, ya!
    Kosmetik & kesehatan
    172.832 Views
  • 10 Rekomendasi Minyak Aroma / Aroma Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Minyak Aroma / Aroma Oil Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Menghilangkan lelah, mengurangi stres, dan membuat tidur lebih nyenyak, merupakan sebagian dari manfaat yang bisa Anda dapatkan dari penggunaan minyak aroma atau aroma oil. Memiliki segudang varian, Anda pun semakin mudah untuk memilihnya sesuai selera dan kebutuhan.Selain produk dari Happy Green yang sudah terkenal, produsen lokal, seperti Nusaroma dan Darjeeling pun mengeluarkan produk yang tak kalah berkualitas. Jangan bingung dalam memilih karena di bawah ini, kami akan menyajikan cara memilih dan rekomendasi produk-produk pilihan untuk Anda!
    Kosmetik & kesehatan
    29.450 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori