• 10 Suplemen Magnesium Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Suplemen Magnesium Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Suplemen Magnesium Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Suplemen Magnesium Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Suplemen Magnesium Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Suplemen Magnesium Terbaik - Ditinjau oleh Dokter Umum (Terbaru Tahun 2022)

Magnesium merupakan salah satu mineral yang sangat penting untuk tubuh. Sayangnya, cukup sulit memenuhi kebutuhan magnesium hanya dari makanan sehingga Anda membutuhkan suplemen. Namun, hal tersebut bukan masalah karena kini Anda bisa memperoleh suplemen magnesium di apotek atau marketplace.


Ada berbagai merek suplemen magnesium yang bagus, seperti Now Foods, Blackmores, Nature's Bounty, dan masih banyak yang lainnya. Pada artikel ini, kami akan membagikan cara memilih suplemen magnesium. Kami juga memberikan rekomendasi suplemen magnesium terbaik. Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter umum kami, dr. Prima Dimalouw. Mari simak artikel ini!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

dr. Prima Dimalouw
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 16 Agustus 2022
Daftar isi

Profil pakar: Dokter umum, dr. Prima Prakasa Dimalouw

Profil pakar: Dokter umum, dr. Prima Prakasa Dimalouw
dr. Prima Dimalouw
Dokter umum
dr. Prima Dimalouw

dr. Prima adalah dokter umum lulusan Universitas Gadjah Mada 2015. Pria yang lulus dengan predikat Cum Laude ini telah berpraktik selama 6 tahun. Beliau memiliki pengalaman kerja di berbagai klinik dan rumah sakit di kota Manokwari, Papua Barat.

Saat ini, dr. Prima mengabdi sebagai dokter di garis depan dalam penanganan COVID-19. Beliau sedang mengabdi di RS Darurat Covid-19, RSUD Provinsi Papua Barat.

Apa kegunaan suplemen magnesium?

Apa kegunaan suplemen magnesium?

Magnesium (Mg) merupakan mineral keempat terbanyak dalam tubuh setelah kalsium, natrium, dan kalium. Magnesium juga merupakan mineral terbanyak kedua setelah kalium secara intrasel. Sebanyak 53% Mg berada di tulang, 27% di otot, 19% di jaringan lunak, dan kurang dari 1% di dalam darah. Magnesium berperan dalam proses enzimatik yang menghasilkan energi dan sintesis asam nukleat.


Magnesium diperlukan untuk mendukung aktivitas lebih dari 300 enzim yang bekerja di dalam tubuh. Enzim berperan dalam menyerap serta memecah nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Namun, enzim tidak dapat bekerja dengan baik tanpa bantuan magnesium. Mineral ini juga berfungsi untuk relaksasi otot serta melancarkan transmisi pada saraf.


Jika tubuh tidak memiliki cukup magnesium, informasi transmisi saraf tidak akan berhasil. Hal ini sangat berdampak pada saraf serta kesehatan mental. Lebih jauh, magnesium juga berperan penting untuk mendukung penyerapan kalsium di dalam tubuh. Tanpa adanya magnesium, kalsium tidak dapat bekerja dengan optimal. Magnesium sendiri disimpan di dalam tulang seperti halnya kalsium.


Ketika tubuh kekurangan magnesium, enzim-enzim yang ada tidak dapat bekerja dengan baik. Energi juga tidak dapat diproduksi. Akibatnya, tubuh akan mengalami kelelahan kronis, kram, anoreksia, gangguan peredaran darah, kurang konsentrasi, depresi, dan lain-lain. Sayangnya, kadar magnesium dalam tubuh sebenarnya tidak terlalu banyak. Karena itu, penting untuk mengonsumsi suplemen magnesium.


Banyak orang kekurangan magnesium karena makanan yang dikonsumsi sehari-hari tidak banyak mengandung magnesium. Sebagai contoh, beras putih umumnya hanya mengandung 12 mg magnesium per 100 g. Selain itu, menggoreng makanan cenderung menurunkan kadar magnesium. Belum lagi penggunaan pestisida kimia menurunkan kadar magnesium dalam tanah. Kekurangan vitamin D juga menurunkan kemampuan penyerapan magnesium pada pencernaan.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih suplemen magnesium

Ada lima poin penting yang perlu Anda perhatikan saat memilih suplemen magnesium. Perhatikan dengan baik dan temukanlah suplemen magnesium yang tepat untuk Anda.

Periksa kandungan magnesium yang Anda butuhkan

Periksa kandungan magnesium yang Anda butuhkan

Kebutuhan magnesium setiap orang berbeda-beda. Karena itu, sebaiknya ketahuilah kandungan magnesium dalam suplemen pilihan Anda. Dosis yang tidak tepat membuat khasiat suplemen magnesium menjadi kurang efektif. 


Indikasi konsumsi harian magnesium berbeda berdasarkan jenis kelamin dan usia. Simak penjelasan berikut ini untuk menentukan dosis konsumsi magnesium per hari.


  1. Pria berusia 19–30 tahun membutuhkan magnesium sebanyak 400 miligram per hari. Sementara itu, kebutuhan magnesium pada wanita dengan rentang usia yang sama adalah 310 miligram.
  2. Pada pria berusia 31 tahun ke atas, kebutuhan magnesiumnya per hari adalah 420 miligram. Wanita dengan rentang usia yang sama membutuhkan magnesium sebanyak 320 miligram per hari.
  3. Terlepas dari rentang usianya, asupan magnesium harian perlu ditingkatkan sebanyak 40 miligram pada wanita hamil.

Kekurangan magnesium memiliki gejala ringan hingga berat, mulai dari tanpa gejala hingga kondisi berat. Kekurangan magnesium tanpa gejala seperti intraseluler kronik laten, kelelahan kronik yang kemudian disertai tremor, dan spasme otot. Sementara itu, kondisi berat ditandai dengan aritmia jantung, depresi, agitasi, psikosis, dan kejang

Kenali suplemen dari bahan-bahan alami dan sintetis

Sumber nutrisi alami dan sintetis sering kali menjadi perdebatan terkait dengan penyerapan nutrisi tersebut. Nutrisi alami diperoleh dari sumber makanan secara utuh. Sementara itu, nutrisi sintetis dibuat secara artifisial melalui proses industri. Namun, sebenarnya tidak diketahui secara pasti reaksi tubuh terhadap nutrien sintetis.

Untuk mengetahui suplemen yang Anda pilih berasal dari bahan alami atau sintetis, Anda dapat memeriksa labelnya. Jika tertera nama hewan atau tanaman, dapat dikatakan suplemen tersebut mengandung bahan alami. Sebaliknya, jika pada label hanya tertera “magnesium”, kemungkinan suplemen tersebut berasal dari komponen sintetis.


Perlu diketahui bahwa bahan sintetis tidak selalu buruk atau sulit diserap tubuh. Namun, Anda tetap perlu mengetahui sumber nutrisi dari suplemen yang akan Anda konsumsi. Dengan demikian, Anda dapat mempertimbangkan formulasi, harga, dan hal-hal lain.

Pertimbangkan suplemen magnesium yang dicampur dengan kalsium

Pertimbangkan suplemen magnesium yang dicampur dengan kalsium
Magnesium dan kalsium bekerja secara berlawanan untuk menjaga keseimbangan tubuh. Mereka bekerja sama untuk menjaga agar fungsi utama tubuh berfungsi dengan baik, seperti ketika terjadi kontraksi dan relaksasi otot. Namun, penelitian menunjukkan bahwa magnesium dan kalsium berkompetisi satu sama lain pada tingkat penyerapan dan transportasi.

Jika pada pencernaan terdapat kalsium lebih tinggi dibandingkan magnesium, magnesium tidak terserap. Namun, keduanya akan terserap jika magnesium lebih tinggi dibandingkan kalsium. Jadi, penting untuk diperhatikan bahwa rasio kalsium dan magnesium harus dalam keseimbangan tertentu.

 

Peningkatan rasio kalsium dan magnesium sering diasosiasikan dengan berbagai penyakit. Penyakit-penyakit tersebut seperti kardiovaskular, sindrom metabolik, dan beberapa jenis kanker (kolorektal, prostat, dan payudara). Perubahan rasio ini sering disebabkan oleh rendahnya diet magnesium sehingga terjadi peningkatan.


Sementara itu, penurunan rasio sering dikaitkan dengan defisiensi kalsium dan magnesium yang menyebabkan osteoporosis sehingga keseimbangan keduanya harus diperhatikan. Rasio kalsium dan magnesium yang optimal adalah 2:1=2. Namun, angka 1,7 hingga 2,6 dapat diterima sebagai range optimal.


Bila Anda merasa asupan kalsium dari konsumsi makanan masih kurang, ada baiknya untuk mengonsumsi susu tinggi kalsium. Selain kalsium, Anda pun akan dapat memperoleh nutrisi dan mineral lain yang penting bagi tubuh. Anda dapat memperoleh informasinya pada tautan berikut ini.

Pastikan suplemen telah tersertifikasi atau memiliki izin

Untuk mendapatkan produk yang lebih aman, pilihlah suplemen yang telah tersertifikasi atau memiliki izin. Di Indonesia, izin edar dikeluarkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Beberapa merek suplemen merupakan produk dari luar negeri, misalnya dari Amerika Serikat. Di negara ini, izin edar dikeluarkan oleh The Food and Drugs Administration (FDA).


Sementara itu, di negara-negara Uni Eropa, izin edar menjadi wewenang European Medicines Agency (MDA). Demi keamanan suplemen yang akan Anda konsumsi, pastikan suplemen pilihan Anda telah mengantongi izin edar dari pihak yang berwenang. Di Indonesia, Anda dapat mengecek nomor izin produk di website BPOM.

Pilih jumlah konsumsi harian dan bentuk suplemen yang mudah Anda konsumsi

Suplemen tidak akan berefek langsung setelah dikonsumsi sehingga membutuhkan waktu dalam mengonsumsi suplemen tersebut. Karena alasan ini, pilihlah suplemen yang mudah dikonsumsi secara berkelanjutan. Suplemen magnesium tersedia dalam berbagai bentuk, seperti tablet, bubuk, cairan, dan kapsul. Bentuk tablet dan kapsul biasanya mendominasi pasaran karena lebih praktis dikonsumsi.


Selain itu, periksa juga seberapa banyak jumlah konsumsi hariannya. Konsumsi harian yang terlalu banyak atau terlalu sering mungkin akan merepotkan dan bisa jadi membuat Anda lupa. Jadi, bentuk dan dosis yang pas merupakan poin penting yang harus Anda perhatikan.

10 Rekomendasi suplemen magnesium terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk suplemen magnesium terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari dr. Prima.

Gambar produk
1
Nature's Bounty Calcium Magnesium Zinc 1

Nature's Bounty

2
Natures Plus  DYNO-MINS® Magnesium 1

Natures Plus

3
Now Foods Magnesium Citrate 4

Now Foods

4
Nutri-well  Magnesium 1

Nutri-well

5
Sundown Calcium, Magnesium & Zinc 1

Sundown

6
Life Extension Magnesium Caps 1

Life Extension

7
Nature’s Way Magnesium + Calcium 1

Nature’s Way

8
Blackmores Bio Magnesium 1

Blackmores

9
Doctor's Best  High Absorption Magnesium 1

Doctor's Best

10
Naturelo Bone Strength Plant Calcium Complex 1

Naturelo

Nama produk

Calcium Magnesium Zinc

DYNO-MINS® Magnesium

Magnesium Citrate

Magnesium

Calcium, Magnesium & Zinc

Magnesium Caps

Magnesium + Calcium

Bio Magnesium

High Absorption Magnesium

Bone Strength Plant Calcium Complex

Keunggulan

Tinggi kalsium untuk membantu mencegah osteoporosis

Membantu proses terapi pada penderita diabetes

Tersertifikasi GMP, kualitasnya lebih terpercaya!

Kurangi kram dan tegang pada otot dengan asupan magnesium yang cukup

Harga ekonomis, aman untuk kantong Anda!

Merawat kesehatan sistem kardiovaskular dan saraf

Tambahan vitamin D3 dan K2 untuk kesehatan tulang dan otot lebih optimal

Bye bye kram otot dan nyeri haid!

Mengandung lisin dan glisin untuk penyerapan lebih maksimal

Magnesium alami plus berbagai vitamin dan mineral, tubuh fit senantiasa!

Harga mulai dariRp 109.900,00Rp 575.000,00Rp 261.769,00Rp 149.000,00Rp 109.999,00Rp 165.000,00Rp 270.000,00Rp 275.000,00Rp 188.000,00Rp 695.000,00
Dosis magnesium400 mg250 mg400 mg400 mg400 mg500 mg300 mg301,5 mg200 mg200 mg
Sumber magnesiumSintetisBahan alamiSintetisSintetisSintetisSintetisSintetisSintetisSintetisBahan alami (marine algae)
Dosis kalsium1000 mg---1000 mg-325 mg50 mg-600 mg
BentukKapsulTabletTabletKapsulTabletKapsulTabletTabletTabletKapsul
SertifikasiBPOMBPOMBPOMBPOMBPOMBPOMBPOMBPOMBPOM dan FDAFDA
Jumlah konsumsi harian1–3 kapsul1 tablet2 tablet1 kapsul1–3 tablet1 kapsul1 tablet1 tablet2 tablet1–4 kapsul
Tautan produk
10

NatureloBone Strength Plant Calcium Complex

Mulai dari Rp 695.000,00

Dosis magnesium200 mg
Sumber magnesiumBahan alami (marine algae)
Dosis kalsium600 mg
BentukKapsul
SertifikasiFDA
Jumlah konsumsi harian1–4 kapsul
9

Doctor's Best High Absorption Magnesium

Mulai dari Rp 188.000,00

Dosis magnesium200 mg
Sumber magnesiumSintetis
Dosis kalsium-
BentukTablet
SertifikasiBPOM dan FDA
Jumlah konsumsi harian2 tablet
8
Dosis magnesium301,5 mg
Sumber magnesiumSintetis
Dosis kalsium50 mg
BentukTablet
SertifikasiBPOM
Jumlah konsumsi harian1 tablet
7
Dosis magnesium300 mg
Sumber magnesiumSintetis
Dosis kalsium325 mg
BentukTablet
SertifikasiBPOM
Jumlah konsumsi harian1 tablet
6
Dosis magnesium500 mg
Sumber magnesiumSintetis
Dosis kalsium-
BentukKapsul
SertifikasiBPOM
Jumlah konsumsi harian1 kapsul
5
Dosis magnesium400 mg
Sumber magnesiumSintetis
Dosis kalsium1000 mg
BentukTablet
SertifikasiBPOM
Jumlah konsumsi harian1–3 tablet
4
Dosis magnesium400 mg
Sumber magnesiumSintetis
Dosis kalsium-
BentukKapsul
SertifikasiBPOM
Jumlah konsumsi1 kapsul
3
Dosis magnesium400 mg
Sumber magnesiumSintetis
Dosis kalsium-
BentukTablet
SertifikasiBPOM
Jumlah konsumsi harian2 tablet
2

Natures Plus DYNO-MINS® Magnesium

Mulai dari Rp 575.000,00

Dosis magnesium250 mg
Sumber magnesiumBahan alami
Dosis kalsium-
BentukTablet
SertifikasiBPOM
Jumlah konsumsi harian1 tablet
1
Dosis magnesium400 mg
Sumber magnesiumSintetis
Dosis kalsium1000 mg
BentukKapsul
SertifikasiBPOM
Jumlah konsumsi harian1–3 kapsul

Hati-hati mengonsumsi terlalu banyak magnesium!

Hati-hati mengonsumsi terlalu banyak magnesium!
Kami sudah memberikan rekomendasi berbagai suplemen magnesium, tetapi ingatlah bahwa Anda tidak boleh mengonsumsi terlalu banyak magnesium. Anda memang tidak perlu khawatir akan kelebihan dosis jika Anda mengonsumsinya secara normal. 

Namun, jika Anda memiliki masalah ginjal atau Anda sudah berusia lanjut, diskusikanlah dengan dokter Anda mengenai dosis magnesium yang diizinkan bagi tubuh Anda. Filtrasi dan reabsorpsi magnesium terjadi pada ginjal. Oleh karena itu, jika terdapat permasalahan pada ginjal, otomatis akan berpengaruh pada keseimbangan magnesium dalam tubuh.


Kondisi kelebihan magnesium disebut hypermagnesia, tetapi jika tidak terlalu berat gejalanya tidak akan muncul. Jika Anda secara berlebihan mengonsumsi magnesium, Anda akan mengalami beberapa gejala, seperti muntah, lemah otot, bradycardia atau detak jantung lemah, tekanan darah rendah, dan somnolence atau rasa ingin tidur berkepanjangan. 


Gejala kelebihan magnesium dapat menjadi lebih parah, bahkan mengancam hidup Anda. Di antaranya adalah rasa pusing, kelumpuhan otot pernapasan, atau yang lebih parah, cardiac arrest atau aliran darah yang terhenti secara tiba-tiba. Sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda sebelum mengonsumsi suplemen magnesium agar tidak terjadi kelebihan konsumsi.

Baca juga rekomendasi suplemen lainnya di sini

Selain magensium, tubuh membutuhkan beragam nutrisi dalam jumlah seimbang untuk dapat bekerja dengan optimal. Bila Anda sedang mencari suplemen lain sebagai pelengkap nutrisi harian Anda, simak tautan berikut ini. Anda akan memperoleh informasi menarik dan rekomendasi produk terbaiknya.

Kesimpulan

Apakah Anda merasa perlu mengonsumsi suplemen magnesium? Jika iya, perhatikan poin-poin yang kami berikan di atas. Selain itu, konsultasikan juga dengan dokter mengenai dosis magnesium yang tepat. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir akan kelebihan kadar magnesium dalam tubuh.

Semoga Anda merasa terbantu dengan artikel kali ini. Pastikan suplemen yang Anda beli sesuai dengan kebutuhan Anda serta mudah untuk dikonsumsi dalam jangka panjang. Ingat juga untuk mempertimbangkan harganya. Stay healthy!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Peninggi Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki tubuh tinggi semampai adalah dambaan sebagian besar orang. Selain menunjang penampilan, beberapa penelitian menunjukkan bahwa tubuh tinggi memberi keuntungan tersendiri. Orang yang bertubuh tinggi umumnya lebih percaya diri. Selain itu, tubuh tinggi juga bisa meminimalisasi risiko penyakit jantung dan demensia.Di pasaran terdapat beberapa suplemen peninggi badan yang bisa dikonsumsi, baik oleh anak-anak maupun remaja. Beberapa rekomendasi merk suplemen peninggi badan tersebut adalah Zevit Grow, Blackmores, Scott's Emulsion, dan lain-lain. Untuk membantu Anda memilih dengan tepat, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga ikut memberikan komentarnya di bawah ini.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Minuman Whey Protein Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Minuman Whey Protein Terbaik - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Dijuluki sebagai “king of protein”, whey protein merupakan suplemen yang efektif untuk membentuk massa otot. Jenis protein ini sangat populer dan banyak dikonsumsi sebagai pengiring workout. Whey protein dari berbagai merek, seperti Evolene, Optimum Nutrition, hingga VectorLabs, juga bisa Anda temukan dengan mudah. Manakah yang tepat untuk Anda?Bookmark artikel ini apabila Anda menjalani proses membentuk tubuh yang lebih ideal. Selain membagikan tips memilih, kami juga memperkenalkan sepuluh minuman whey protein yang bagus. Jangan sampai terlewat, ya! Artikel ini sudah ditinjau oleh residen spesialis kedokteran olahraga kami, dr. Regina Varani.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Selain untuk menjaga elastisitas kulit, kolagen juga dibutuhkan untuk memelihara fungsi jaringan tubuh lainnya. Meskipun kolagen tersedia secara alami di dalam tubuh manusia, kualitas dan kuantitasnya menurun seiring pertambahan usia. Karena itu, sebaiknya Anda mengonsumsi suplemen kolagen agar kulit serta jaringan tubuh lain tetap awet muda.Berbagai merek suplemen collagen yang bagus, seperti Nature's Way, Byoote Collagen, dan Realfood ada di pasaran. Namun, suplemen kolagen mana yang sebaiknya dipilih? Mari simak tips memilih dan jajaran rekomendasi produk terbaiknya dalam artikel ini. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Terbaik untuk Kecerdasan Otak - Ditinjau oleh Residen Spesialis Kedokteran Olahraga (Terbaru Tahun 2022)
    Otak merupakan organ tubuh paling kompleks dengan fungsi yang vital. Otak terdiri dari miliaran sel dan jaringan yang saling terhubung. Karena itu, konsumsi suplemen otak sangat disarankan bagi anak ataupun orang dewasa. Kini banyak dijual berbagai merek suplemen otak yang bagus, seperti Blackmores, Wellness, Konimex, dan Appeton. Kami akan memberikan tips memilih suplemen otak terbaik. Kami juga telah merangkum beragam rekomendasi vitamin untuk kecerdasan otak dan vitamin penambah daya ingat. Simak artikelnya sampai habis, ya! Artikel ini sudah ditinjau oleh dokter dan residen spesialis kedokteran olahraga kami, dr. Regina Varani.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Vitamin Terbaik untuk Anak Susah Makan - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Anak-anak, khususnya anak 1 tahun, sering mengalami fase susah makan sehingga membuat orang tua khawatir mengenai tumbuh kembangnya. Namun, terlalu memaksakan anak untuk makan juga berisiko membuatnya makin enggan makan. Salah satu cara yang dapat Anda lakukan adalah dengan memberi vitamin penambah nafsu makan.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih vitamin untuk anak yang susah makan. Kami juga akan memberikan rekomendasi merk yang bagus, seperti Scott's Emulsion, Fitkom, Blackmores, dan lainnya. Untuk melengkapi informasinya, ahli gizi, Leona Victoria, juga ikut memberikan komentarnya di artikel ini.
    Vitamin & suplemen
  • 10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Suplemen Penambah Berat Badan Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2022)
    Memiliki tubuh kurus tidak selalu baik. Kondisi ini bisa saja menjadi tanda-tanda kekurangan nutrisi atau sedang menderita penyakit tertentu. Alih-alih menaikkan berat badan dengan asal makan, sebaiknya Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Di samping itu, Anda juga bisa menambah berat badan dengan mengonsumsi suplemen.Di pasaran, ada beberapa merek suplemen penambah berat badan yang bagus, seperti Appeton, Nutrifat, dan Curvit. Untuk membantu Anda memilih, ahli gizi, Leona Victoria, juga memberikan komentarnya di artikel ini. Bacalah artikel ini sampai selesai dan temukan suplemen penambah berat badan yang Anda butuhkan!
    Vitamin & suplemen
  • 10 Rekomendasi Suplemen L-Carnitine Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Suplemen L-Carnitine Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    L-carnitine adalah suplemen yang cukup populer di kalangan orang-orang yang sedang menurunkan berat badan. Suplemen ini terkenal dengan fungsinya untuk metabolisme lemak. Anda dapat menemukannya dari berbagai merek yang bagus, seperti Now Foods, Puritan's Pride, GNC, MuslePharm, sampai L-Men.Bagi Anda yang sedang kebingungan memilih suplemen L-carnitine, simak terus artikel kali ini, ya Kami akan berbagi informasi seputar manfaat suplemen L-carnitine serta tips cara memilih produknya. Kami pun akan merekomendasikan berbagai suplemen L-carnitine yang aman untuk dikonsumsi. Selamat membaca!
    Vitamin & suplemen
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori