10 Rekomendasi Self Hair Color Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Self Hair Color Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Punya rambut berwarna itu terkesan modis dan trendi. Masalahnya tidak semua orang punya waktu untuk pergi ke salon untuk mewarnai rambut. Apalagi mewarnai rambut di salon lumayan menguras dompet. Oleh karena itu, solusinya adalah menggunakan pewarna rambut yang bisa digunakan sendiri tanpa harus ke salon.

Ada banyak merek produk self hair color ternama seperti L’Oreal, Garnier, Etude House, dan Revlon. Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih pewarna rambut sekaligus memberikan rekomendasi produk-produk terbaiknya. Untuk Anda yang sedang ingin mencari pewarna rambut untuk digunakan sendiri, simak artikel ini baik-baik, ya!

Daftar isi

Cara memilih produk self hair color terbaik

Sebelum masuk ke produk self hair color, kami akan memaparkan poin-poin yang harus Anda perhatikan saat memilihnya. Setidaknya ada lima poin penting yang tidak boleh Anda lewatkan. Mari pelajari lebih lanjut lagi.

Pilih berdasarkan teksturnya

Produk self hair color terbagi menjadi tiga teksktur yaitu tipe foam, lateks, dan krim. Pahami masing-masing kegunaannya, lalu pilih tekstur yang menurut Anda paling mudah digunakan.

Untuk pemula, sebaiknya menggunakan pewarna rambut tipe foam

Untuk pemula, sebaiknya menggunakan pewarna rambut tipe foam

Untuk Anda yang ingin mengecat rambut dengan mudah, gunakanlah pewarna rambut bertekstur foam. Pewarna rambut jenis foam cocok untuk Anda yang belum mahir mengecat rambut sendiri atau masih pemula. Cara pemakaiannya cukup praktis, yakni seperti sedang keramas menggunakan shampo. Berbeda dari produk lainnya, produk ini tidak membutuhkan persiapan yang rumit, seperti blocking rambut.

Saat akan menggunakannya, Anda perlu memperhatikan tekstur foam-nya. Pastikan foam-nya sudah terbentuk dengan baik sebelum Anda mengaplikasikannya ke rambut. Jika tidak, bahan pewarnanya akan sulit menempel di rambut Anda. Meskipun pemakaiannya mudah dan setiap orang bisa menggunakannya, tipe ini juga memiliki kekurangan. Dibandingkan tipe krim, pewarna tipe foam lebih tidak bisa dikontrol untuk kerataan pewarnanya. Jadi Anda harus lebih berhati-hati agar tidak salah mewarnai bagian rambut Anda.

Untuk rambut panjang dan tebal, pilihlah pewarna rambut tipe lateks

Untuk rambut panjang dan tebal, pilihlah pewarna rambut tipe lateks

Pewarna rambut tipe lateks direkomendasikan bagi Anda yang memiliki jenis rambut tebal dan ingin mewarnainya secara merata. Pewarna rambut tipe lateks biasanya berupa emulsi yang memiliki karakteristik lebih fleksibel sehingga mudah diatur dan diratakan. Dengan begitu, kecil kemungkinan pewarnaan rambut tidak merata atau bolong-bolong.

Produk tipe lateks biasanya dilengkapi dengan alat bantu yang berbentuk sisir. Adanya sisir tersebut membuat Anda bisa mengecat rambut seperti sedang menyisir. Sangat cocok untuk Anda yang rambutnya tebal dan panjang.

Pewarna rambut jenis lateks teksturnya lebih lembut dibandingkan tipe krim. Oleh karena itu, pewarna rambut tipe ini akan mudah menyatu dengan rambut. Namun, Anda perlu berhati-hati saat memakainya karena pewarna rambut tipe lateks mudah menetes. Ada risiko mata Anda terkena pewarna rambutnya. Jadi sebaiknya jangan mewarnai rambut saat sedang mandi.

Namun sayangnya, produk tipe ini masih jarang di Indonesia. Jika Anda menginginkan produk tipe ini, silakan cek di online shop kesayangan Anda.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakan pewarna rambut tipe krim

Untuk mendapatkan hasil terbaik, gunakan pewarna rambut tipe krim

Produk pewarna rambut tipe krim dapat menghasilkan warna rambut yang lebih sempurna dibandingkan yang lain. Produk jenis ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang terbiasa mewarnai rambut sendiri. Teksturnya yang lebih pekat dari lateks membuat zat pewarnanya akan melekat kuat serta mewarnai rambut lebih sempurna.

Kelebihan lain dari pewarna ramnbut tipe krim adalah tidak mudah menetes ke mata. Selain itu, Anda juga lebih mudah menjangkau ke bagian-bagian rambut yang sulit diwarnai. Namun, mewarnai rambut dengan pewarna tipe krim memiliki risiko hasil warnanya tidak merata. Oleh karena itu, sebaiknya warnai rambut selapis demi selapis. Saat mewarnai rambut, bagi dan jepit rambut menjadi beberapa bagian menggunakan penjepit rambut. Lalu, mulai proses pewarnaan di tiap lapisan.

Jika Anda ingin mewarnai rambut dengan serius, gunakanlah tipe krim. Namun, pastikan Anda sudah terbiasa mengecat rambut sebelumnya karena pewarna tipe krim tidak direkomendasikan untuk pemula. Untuk pemula, sebaiknya mintalah bantuan orang lain untuk mengecat rambut Anda.

Pilihlah warna dan tingkat kecerahan yang Anda inginkan

Pilihlah warna dan tingkat kecerahan yang Anda inginkan

Ada banyak pilihan warna produk self hair color, mungkin setiap produk memiliki sekitar dua puluh varian warna. Warna ash pink beige adalah salah satu warna yang populer. Namun, hasilnya di rambut bisa berbeda-beda, tergantung dari jenis produk yang dipakai.

Sebelum membeli, sebaiknya Anda mengecek sampel warna yang tertera di keterangan produk. Lalu, pilih salah satu produk dengan jenis warna dan tingkat kecerahan yang Anda inginkan. Pewarna rambut akan berubah setelah diaplikasikan ke rambut tergantung dari tingkat kecerahannya. Pilihlah warna yang dekat dengan warna rambut Anda saat ini agar warnanya padu.

Jika Anda kesulitan memilih warna rambut yang cocok, pilihlah yang match dengan warna kulit wajah atau warna lensa mata. Untuk lebih amannya, pilihlah tone warna yang lebih gelap satu tingkat di bawah warna yang Anda inginkan saat itu. Warna yang cenderung lebih gelap biasanya tidak terlalu terlihat berbeda.

Pilih produk dengan bahan yang dapat merawat rambut

Pilih produk dengan bahan yang dapat merawat rambut

Banyak orang mungkin khawatir setelah diwarnai, rambutnya akan rusak. Namun, tidak semua produk pewarna rambut akan merusak rambut. Ada produk pewarna yang memiliki fungsi melembutkan dan merawat rambut.

Umumnya, kandungan protein untuk rambut seperti hydrolyzed keratin akan melindungi kutikula rambut. Ada juga minyak jojoba yang akan memberikan efek mengilap untuk rambut. Sebelum membeli, periksa dahulu kandungan bahannya di bagian kemasan produk. Setelah itu, pilih produk dengan efek perawatan yang Anda butuhkan.

Setiap jenis rambut karakteristiknya berbeda-beda. Meskipun sudah mengandung bahan perawatan rambut, bukan berarti rambut Anda sepenuhnya bebas dari kerusakan akibat pewarnaan rambut. Selain memeriksa kandungan pewarnanya, periksa juga ada tidaknya kandungan essence atau bahan perawatan lainnya.

Komposisi bahan penyusun produk pewarna rambut berbeda-beda tergantung mereknya. Kandungannya menyesuaikan dengan manfaat utama dari produk tersebut. Oleh karena itu, susah untuk menilai produk mana yang memiliki kandungan terbaik.

Sebagai tambahan, perawatan setelah pewarnaan rambut itu memang sangat penting. Mungkin sulit untuk mengembalikan kondisi rambut seperti sedia kala seperti sebelum diwarnai. Untuk menghindari kerusakan lebih lanjut, gunakanlah serum rambut atau treatment khusus lainnya.

Pilihlah yang warnanya tahan lama

Pilihlah yang warnanya tahan lama

Banyak yang mengatakan jika warna dari produk pewarna rambut yang dijual di pasaran hanya bertahan satu bulan. Namun, bisa saja warnanya berubah lebih cepat tergantung dari proses pewarnaan dan kondisi rambut Anda. Pilihlah produk yang sudah terbukti kualitasnya dengan cara mencari rekomendasi dari orang lain. Selain itu, ada juga cara untuk menjaga agar warna cat rambut lebih awet. Misalnya memakai shampo khusus untuk rambut yang diwarnai atau perawatan lain.

Periksa kapasitasnya terlebih dahulu

Periksa kapasitasnya terlebih dahulu

Saat Anda memilih pewarna rambut, pastikan untuk mengecek konten komposisi di tiap kemasannya. Meskipun ada deskripsi di tiap boks produk, biasanya satu kemasan cukup untuk mewarnai rambut dengan panjang medium. Jika Anda memiliki rambut tebal dengan panjang yang melebihi punggung, siapkan lebih banyak produknya.

10 Rekomendasi self hair color terbaik

Sekarang mari bahas produk pewarna rambut yang sudah kami pilih satu per satu. Jangan lupa mencocokkannya dengan cara memilih yang sudah dibahas sebelumnya. Selamat memilih!

10. Etude House Hot Style Bubble Hair Coloring

10. Etude House Hot Style Bubble Hair Coloring

Lihat Produk ini di Lazada

Lihat Produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 85.000

Pemula sekalipun bisa mengecat rambut dengan mudah

Untuk Anda yang baru pertama kali mewarnai rambut sendiri, jangan khawatir! Dengan produk dari Etude House ini, Anda bisa dengan mudah mewarnai rambut seperti sedang keramas. Pilihan warnanya juga cukup beragam sehingga Anda lebih fleksibel dalam memilih warnanya.

Produk ini dilengkapi silky hair treatment yang mengandung conditioner. Setelah proses pewarnaan yang membuat rambut menjadi kering, penggunaan silky hair treatment ini akan membuat rambut Anda lebih halus. Banyak juga yang memuji aroma produk ini yang harum, tetapi tidak menyengat.

Tipe Foam
After care treatment Silky hair treatment (mengandung sunflower seed oil, Camellia japonica seed oil, Macadamia ternifolia seed oil, conditioner)
Varian warna Deep Black, Dark Brown, Natural Brown, Wine Red, Sweet Orange, Gold Blonde, Mocha Pink
Ketahanan warna Lebih dari 2 bulan
Isi Pewarna rambut : 30 ml

Oxidizing developer : 50 ml

Silky hair treatment : 10 ml

9. L’Oreal Permanent Majirel French Brown

9. L’Oreal Permanent Majirel French Brown

Lihat Produk ini di Lazada

Lihat Produk ini di Bukalapak

Lihat Produk ini di Shopee

Harga : Rp 130.000

Tampil cantik ala classic French girl!

Banyak wanita yang ingin memiliki rambut seperti Auburn Muse atau Caramel Belle. Rambut cokelatnya lebih gelap dan elegan, serta berbeda dari warna cokelat lainnya. Untuk mendapatkan rambut classic French girl seperti itu, Anda bisa mencoba produk dari L’Oreal ini. Dengan produk ini dijamin kilau warna rambut Anda tidak pasaran.

Pewarna rambut ini bisa memberikan Anda warna cokelat yang tahan lama, serta membuat rambut terlihat lebih tebal dan halus. Dengan produk ini, rambut yang mulai memudar dan berwarna abu-abu dapat disamarkan dengan sempurna! Anda juga bisa mengatur kecerahannya hingga tiga tingkat lebih terang atau lebih gelap.

Tipe Krim
After care treatment X
Varian warna Natural Copper Ash Light Brown, Natural Copper Ash Blonde, Natural Ash Copper Blonde, Natural Ash Copper Dark Blonde, Natural Iridescent Copper Light Brown, Natural Iridescent Mahogany Light Brown, Natural Iridescent Mahogany Dark Blonde, Natural Iridescent Copper Blonde
Ketahanan warna Lebih dari 4 bulan
Isi 50 ml

8. Mandom Miratone Conditioning Cream Color

8. Mandom Miratone Conditioning Cream Color

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk  ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 39.000

Kulit kepala dan rambut terjaga kesehatannya berkat kombinasi plant extract dan protein complex

Produk bertekstur krim ini tidak hanya memberikan warna yang tahan lama, tetapi juga memperhatikan kesehatan rambut Anda. Kandungan camellia oil dan shea butter-nya melindungi rambut dan menjaga kelembapannya sejak tahap pewarnaan rambut.

Setelah pewarnaan, conditioner yang mengandung pearl dan silk protein akan membuat rambut Anda senantiasa lembap dan lembut. Produk ini juga diformulasikan dengan pH yang lebih rendah dari produk versi sebelumnya. Bagi Anda yang ingin mewarnai rambut dengan tetap mengutamakan kesehatan rambut bisa mencoba produk ini.

Tipe Krim
After care treatment Conditioner
Varian warna Mahogany, Burgundy, Reddish Brown, Dark Brown, Violet, Deep Burgundy, Natural Black, Blue Black
Ketahanan warna Tidak ada keterangan
Isi Conditioning color cream : 40 gram

Conditioning cream developer : 60 ml

Treatment conditioner : 15 ml

7. Garnier Color Naturals Ultra Color

7. Garnier Color Naturals Ultra Color

Lihat Produk ini di Lazada

Lihat Produk ini di Bukalapak

Lihat Produk ini di Shopee

Harga : Rp 11.000

Tampil lebih berani dan percaya diri dengan rambut berwarna yang terang!

Versi Ultra Color adalah inovasi terbaru dari Garnier Color Naturals. Produk ini memberikan warna yang lebih menyala terang berkat ColorBoost-nya. Bagi Anda yang ingin mengubah penampilan menjadi terlihat lebih berani, produk ini bisa Anda coba. Pilihan warnanya juga sangat stylish dan eye catching sehingga akan meningkatkan kepercayaan diri Anda.

Selain lebih berwarna, rambut Anda juga akan lebih terawat berkat tiga kandungan natural oils-nya. Produk ini mengandung olive oil untuk membuat rambut tetap berkilau dan almond oil untuk menjaga kelembutannya. Sementara itu, avocado oil berfungsi untuk menjaga kekuatan rambut Anda.

Tipe Krim & gel
After Care Treatment X
Varian warna Midnight Blue, Plum Red, Cranberry Red, Golden Brown, Raspberry Red
Ketahanan warna 4-6 minggu
Isi Gel pewarna : 30 gram

Krim developer : 30 ml

6. Miranda Hair Color Premium

6. Miranda Hair Color Premium

Lihat Produk ini di Lazada

Lihat Produk ini di Bukalapak

Lihat Produk ini di Shopee

Harga : Rp 12.000

Gonta-ganti warna rambut tanpa menguras kantong!

Miranda Hair Color Premium cukup terkenal di masyarakat karena mudah didapatkan di toko-toko terdekat serta harganya yang murah. Produk ini juga memiliki pilihan warna yang banyak, bukan hanya shading, tetapi variasi warnanya cukup mencolok. Bagi Anda yang suka gonta-ganti warna rambut, pilihlah produk ini. Dengan produk ini Anda bisa tampil funky tanpa harus boros.

Tipe Krim
After care treatment Conditioner
Varian warna Brown, Natural Black, Ash Blonde, Wine Red, Golden Brown, Flowerness Red, Rose Purple, Violet Red, Red as Fire, Bleaching
Ketahanan warna 1 Bulan
Isi Coloring cream : 60 ml

Developer cream : 60 ml

Conditioner : 15 ml

5. Revlon ColorSilk™

5. Revlon ColorSilk™

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 55.000

Tampil dengan warna rambut yang cantik dan bersinar

Produk dengan jumlah penjualan nomor satu di Amerika ini sudah dikenal mampu memberikan warna rambut yang cantik dan bebas amonia. Karena tidak mengandung amonia, kulit kepala Anda tidak akan mengeras dan kasar seperti jika terkena efek amonia. Selain dilengkapi conditioner untuk after care treatment, produk ini juga memiliki 3D Color Gel Technology.

Revlon 3D Color Gel Technology terdiri dari campuran pewarna, polimer, dan conditioner yang akan membuat rambut cantik alami dan bersinar dengan menawan. Formulanya juga dilengkapi UV protection sehingga tidak membuat warna rambut cepat pudar. Untuk Anda yang ingin tampil dengan warna rambut yang berkilau dengan indah, pilihlah produk ini.

Tipe Krim
After care treatment Conditioner
Varian warna 41 Shades
Ketahanan warna Tidak ada keterangan
Isi Ammonia free colorant : 59,1 ml

Cream color developer : 59,1 ml

After color conditioner : 11,8 ml

4. NYU Creme Hair Colour

4. NYU Creme Hair Colour

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 10.900

Wangi segar buah-buahan, mewarnai rambut jadi semangat!

Salah satu hal yang kurang disukai banyak orang saat mewarnai rambut adalah bau bahan kimia yang menyengat. Namun, produk dari NYU ini berbeda karena tidak mengandung amonia, melainkan wangi buah-buahan. Untuk Anda yang tidak suka bau bahan kimia yang terlalu menyengat, bisa memilih produk ini.

Selama kurang lebih 30 menit Anda mewarnai rambut pasti tidak akan terasa, justru menyenangkan pastinya! Setelah mewarnai rambut, gunakan vitamin rambut yang sudah disediakan produk ini. Vitamin tersebut berfungsi untuk menutrisi rambut agar tidak mudah rusak.

Tipe Krim
After care treatment Vitamin rambut
Varian warna Blue Black, Natural Black, Burgundy, Caramel, Natural Brown, Coppery Brown
Ketahanan warna 6 hingga 8 bulan
Isi Pewarna rambut : 30 gr

Developer : 30 ml

Vitamin rambut : 1 ml

3. Schwarzkopf Live Salon Permanent

3. Schwarzkopf Live Salon Permanent

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 125.000

Kualitas seperti profesional dengan perlindungan maksimal

Untuk Anda yang fokus terhadap kesehatan rambut, tetapi tetap ingin tampil beda, produk ini bisa jadi solusi. Pewarna rambut dari Schwarzkopf ini dapat menghasilkan warna rambut yang intens dan tahan lama. Kilaunya juga sangat bagus terkesan seperti hasil mewarnai rambut di salon profesional.

Produk ini juga memperhatikan kesehatan rambut Anda dan membuatnya 80% lebih tidak mudah patah. Kandungan amonianya juga kecil sehingga efeknya tidak terlalu merugikan rambut. Dengan produk ini, penampilan Anda akan lebih memukau tanpa mengorbankan kesehatan rambut.

Tipe Krim
After care treatment SalonPlex Conditioner
Varian warna 18 Varian warna
Ketahanan warna Tidak ada keterangan
Isi Color cream : 50 ml

Developer milk : 50 ml

SalonPlex Conditioner : 15 ml

2. Hoyu Beautylabo Hair Color

2. Hoyu Beautylabo Hair Color

Lihat produk di Lazada

Lihat produk di Bukalapak

Lihat produk di Shopee

Harga : Rp 39.999

Mengubah rambut menjadi cantik gaya Jepang

Anda ingin tampil dengan rambut berwarna terang ala gadis Jepang? Produk ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Warnanya juga akan terserap dengan baik mulai dari pangkal rambut hingga ujung rambut. Rambut Anda akan berubah total warnanya sehingga terasa seperti terlahir kembali.

Meskipun produk ini tidak memiliki after care treatment, tetapi kandungannya sudah dilengkapi oleh almond oil dan coconut oil. Kedua kandungan ini akan membuat rambut Anda tetap lembut dan halus. Salah satu nilai tambah produk ini adalah kemasannya menarik dan dilengkapi cara penggunaan yang mudah dipahami.

Tipe Krim
After care treatment X
Varian warna Natural Black, Dark Brown, Natural Blonde, Pure Beige, Candy Apricot, Raspberry Pink
Ketahanan warna Tidak ada keterangan
Isi Cream colorant : 25 gr

Cream developer : 75 ml

1. Matrix Socolor

1. Matrix Socolor

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 137.000

Rambut tetap kuat, sehat, dan tidak mudah patah!

Matrix Socolor adalah salah satu produk pewarna rambut yang disukai oleh masyarakat. Selain kualitas warna yang dihasilkan sangat bagus dan berkilau dengan indah, pilihan warnanya juga sangat banyak. Dengan 78 varian warna yang dimiliki oleh produk ini, Anda akan lebih leluasa memilih warna rambut sesuai keinginan Anda.

Kelebihan utama produk ini terletak pada Kera-Protect Technology yang dimilikinya. Fitur ini akan menggantikan keratin rambut yang hilang selama pewarnaan sehingga rambut tetap sehat dan tidak mudah patah. Untuk Anda yang mengutamakan kesehatan rambut, produk ini bisa Anda coba. Untuk lebih maksimal, gunakan juga produk Matrix Cream Developer.

Tipe Krim
After care treatment Kera-Protect Technology
Varian warna 78 Varian warna
Ketahanan warna Tidak ada keterangan
Isi 90 ml

Baca juga rekomendasi produk pewarna dan perawatan rambut lainnya di sini

Selain self hair color, masih ada beberapa produk pewarna rambut lainnya yang bisa Anda pilih. Misalnya hair color spray, hair mist, pewarna rambut untuk rambut berubah, dan sebagainya. Tentunya masing-masing artikel membahas tentang produk yang spesifik sesuai fungsinya. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda bisa membaca artikelnya di sini!

Kesimpulan

Apakah Anda sudah mendapatkan produk self hair color yang paling Anda suka? Mewarnai rambut di rumah kini tidak lagi menyulitkan. Namun, Anda harus mengetahui jenis warna rambut yang cocok, kandungannya, serta efek sampingnya.

Ternyata memiliki rambut keren pun tak perlu lagi merogoh kocek dalam-dalam. Anda juga bisa melakukannya sendiri tanpa harus ke salon. Selamat menggonta-ganti warna rambut, ya!