10 Rekomendasi Wireless Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Wireless Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2017)

Bagi Anda yang sering menggunakan smartphone dalam beraktivitas, tentunya akan sangat merepotkan jika Anda harus selalu mencolokkan kabel saat mengisi ulang daya baterai smartphone. Untuk itu, saat ini sudah hadir produk berteknologi tinggi berupa wireless charger yang mengedepankan proses pengisian daya baterai smarthphone tanpa menggunakan kabel.

Beberapa perusahaan telah memasarkan beragam produk wireless charger dengan keunggulannya tersendiri sehingga pengguna smartphone bisa memilih sesuai dengan kebutuhan dan gaya hidup masing-masing. Pada artikel ini kami akan memberikan ulasan mengenai bagaimana memilih wireless charger terbaik untuk smartphone Anda kemudian merekemondasikan produk-produk pilihan!

Daftar isi

Cara kerja wireless charger

Cara kerja wireless charger

Kenyamanan dan kepraktisan dalam mengisi daya baterai dengan menggunakan wireless charger tentunya tidak perlu diragukan. Anda cukup menaruh smartphone Anda di sekitar wireless charger, dan smartphone Anda akan terisi daya tanpa perlu menggunakan kabel untuk menghubungkannya. Lalu, bagaimana cara kerja sebuah wireless charger? Berikut akan kami jelaskan secara singkat.

Sebuah sistem yang disebut “induksi elektromagnetik” menjadi dasar cara kerja produk ini. Cukup mudah, apabila smartphone Anda diletakkan berdekatan dengan wireless charger, medan magnet dari wireless charger tersebut akan mengirimkan arus daya ke perangkat Anda.

Perlu diketahui bahwa wireless charger dilengkapi dengan sistem “Qi” yang merupakan teknologi pengisian daya smartphone menggunakan induksi elektromagnetik yang sudah menjadi standar internasional. Dengan adanya sistem Qi ini, Anda jadi harus memperhatikan apakah smartphone yang Anda miliki memungkinkan untuk menggunakan wireless charger atau tidak.

Semua produk yang akan kami rekomendasikan dalam artikel ini adalah wireless charger yang sudah berstandar Qi. Namun, perlu diperhatikan bahwa ada beberapa smartphone, seperti misalnya iPhone, yang tidak bisa digunakan pada wireless charger berstandar Qi. Anda perlu memasang perangkat khusus berupa receiver untuk bisa menggunakan wireless charger ini pada iPhone Anda.

Cara memilih wireless charger

Dalam memilih wireless charger, pastikan untuk lebih memperhatikan kepraktisan dalam penggunaannya pada smartphone Anda. Selain itu, pastikan juga apakah pengisian baterai dengan sistem ini sanggup memberikan daya yang optimal.

Selanjutnya, kami akan memberikan beberapa penjelasan mengenai cara memilih wireless charger.

Jumlah kumparan (coil) yang terpasang

Jumlah kumparan (coil) yang terpasang

Kumparan yang terdapat pada wireless charger menjadi poin utama yang memungkinkan Anda untuk mengisi daya baterai smartphone tanpa kabel penghubung. Biasanya terdapat satu atau lebih jumlah kumparan dalam satu wireless charger.

Kelebihan dari wireless charger yang jumlah kumparannya lebih dari satu ini mempunyai jangkauan yang luas. Artinya, pada saat pengisian daya Anda tidak harus terpaku pada pada satu posisi tertentu untuk menempatkan smartphone Anda karena jangkauan yang luas dari wireless charger tipe ini. Namun, biasanya produk dengan kumparan lebih dari satu ini ukurannya lebih besar dan harganya juga tergolong lebih mahal.

Jika suatu wireless charger hanya mempunyai satu kumparan, maka jangkauannya juga sempit. Ada kemungkinan Anda harus menempatkan smartphone Anda tepat pada posisi yang ditentukan agar dapat mengisi daya baterai dengan baik. Biasanya wireless charger jenis ini tergolong lebih murah. Maka dari itu, dengan memperhitungkan manfaatnya, pilihlah wireless charger yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cek apakah dilengkapi sistem antipanas

Cek apakah dilengkapi sistem antipanas

Biasanya, pengisian daya dengan menggunakan kabel akan menimbulkan panas pada baterai smartphone. Wireless charger yang menggunakan sistem induksi elektromagnetik juga tidak luput dari kasus seperti ini. Baterai jenis lithium-ion yang banyak digunakan pada smartphone dikatakan tidak kuat terhadap panas dan performanya berisiko memburuk akibat panas.

Oleh karena itu, alangkah baiknya jika sebuah wireless charger dilengkapi dengan sistem pengendali panas ketika proses pengisian daya baterai dilakukan. Misalnya, perhatikan apakah suatu produk dilengkapi fitur yang bisa menghentikan pengisian daya baterai secara otomatis jika melampaui suhu tertentu.

10 Rekomendasi wireless charger terbaik

Berikut ini akan kami perkenalkan rekomendasi wireless charger dari beragam produk yang tersedia di pasaran. Pilihlah produk yang paling Anda butuhkan dan aman untuk digunakan.

Perlu diingat bahwa beberapa adapter dari produk wireless charger ini ada yang dijual terpisah. Selain itu, jumlah Ampere pada masing-masing produk juga sangat beragam. Jadi, perhatikan baik-baik keterangan suatu produk sebelum Anda membelinya!

10. Fantasy Wireless Qi Charger

10. Fantasy Wireless Qi Charger

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 107.100

Desain elegan untuk semua tipe smartphone

Bagi Anda pengguna android/iOS, tidak akan salah jika memilih wireless charger yang satu ini. Produk ini dibuat hanya dengan satu coil dan terdapat lampu indikator berwarna biru yang akan menyala jika pengisian daya sedang aktif.

Wireless charger ini didesain dengan model bundar, dan memiliki ukuran diameter 10 cm. Bagian paling luarnya terbuat dari material transparan serta bagian tengahnya berwarna putih. Hal ini akan memberikan tampilan yang cantik jika wireless charger ini diletakkan di mana saja.

9. VZTEC Wireless Qi Charger

9. VZTEC Wireless Qi Charger

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 200.000

Wireless charger dengan tambahan dua port USB

Produk wireless charger dengan panjang 12 cm yang berbentuk persegi hitam ini cocok untuk semua jenis smartphone yang berstandar Qi. Produk ini juga dilengkapi lampu LED yang akan menyala jika pengisian daya baterai sedang aktif.

Produk ini juga memiliki tambahan dua port USB pada bagian samping bodinya. Dengan ini, Anda juga bisa mengisi daya baterai untuk lebih dari satu smartphone dengan menggunakan kabel biasa.

8. 360 Rotatting Car Holder Wireless Charger

8. 360 Rotatting Car Holder Wireless Charger

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 165.000

Wireless charger dengan model 360 derajat untuk di mobil Anda

Bagi Anda yang sering mengisi baterai smartphone di mobil, maka wireless charger sangat praktis dan cocok untuk Anda! Produk ini dilengkapi magnet pada bagian tengah bodinya sehingga Anda cukup meletakkan smartphone di atas wireless charger dan daya baterai akan terisi secara otomatis.

Wireless charger ini didesain dengan tampilan sangat modern serta mampu berputar sebesar 360 derajat. Fiturnya ini akan memudahkan Anda menyesuaikan dengan posisi yang diinginkan. Selain untuk mengisi daya, produk ini juga bisa berfungsi sebagai holder bagi smartphone Anda. Simpel tapi multifungsi, bukan?

7. Samsung Stand Wireless Fast Charger

7. Samsung Stand Wireless Fast Charger

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 439.900

Kemampuan mengisi daya yang cepat

Sesuai namanya, Samsung Stand Wireless Fast Charger, cukup dengan waktu pengisian daya 10 menit saja, maka baterai smartphone Anda akan terisi penuh! Produk ini dilengkapi fitur stand built-in dual mode, di mana Anda bisa meletakkan smartphone Anda secara vertikal atau horizontal di atas wireless charger ini dan pengisian daya akan bekerja secara otomatis.

Anda juga tidak perlu khawatir, sebab selain smartphone Samsung, wireless charger ini juga bisa digunakan untuk iPhone tipe terbaru. Sedangkan untuk iPhone tipe sebelumnya, Anda tinggal menambahkan receiver khusus yang kompatibel dengan sistem Qi.

6. ANYMODE Slim Wireless Charger Qi

6. ANYMODE Slim Wireless Charger Qi

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 250.000

Ukuran ramping namun terkesan stylish

Produk wireless charger berstandar Qi ini didesain dengan sangat sederhana namun terkesan stylish! Agar bisa dipakai untuk semua jenis smartphone yang tidak kompatibel dengan sistem Qi, Anda bisa membeli receiver yang biasanya dijual terpisah dan cukup banyak tersedia di pasaran.

ANYMODE Slim Wireless Charger ini tergolong sangat tipis, dengan ketebalan hanya 4 mm. Selain stylish, produk ini juga hemat tempat dan ringan jika dibawa ke mana-mana. Namun, perlu diperhatikan bahwa produk ini tidak menyediakan port untuk kabel USB.

5. Ikea Nordmarke Charger Wireless 3 Port

5. Ikea Nordmarke Charger Wireless 3 Port

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 2.258.800

Desain lebar dan terdiri dari tiga port

Wireless charger berwarna putih dari IKEA ini hadir dengan desain yang sangat modern dan memenuhi standar Qi. Produk ini mempunyai tinggi 2 cm, panjang 31 cm, serta lebar 13 cm, sehingga akan cocok untuk semua ukuran smartphone. Namun, sayangnya produk ini tidak cocok untuk digunakan pada iPhone.

Wireless charger ini terdiri dari tiga port sehingga Anda bisa mengisi daya baterai tiga smartphone sekaligus! Bahkan bisa juga sampai empat smartphone dengan adanya tambahan port USB di bagian samping. Tentunya hal ini sangat fungsional untuk kebutuhan bersama keluarga maupun teman-teman Anda.

4. Nillkin Phantom Lamp Wireless Charger

4. Nillkin Phantom Lamp Wireless Charger

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 600.000

Wireless charger dengan desain unik

Hadir dengan model yang sangat fashionable, wireless charger ini dilengkapi lampu LED hemat energi yang sekaligus bisa dijadikan lampu pada meja Anda. Lampu yang digunakan pada produk ini menggunakan power dengan tegangan rendah dan menghasilkan cahaya yang lembut yang mendekati cahaya natural sehingga dapat melindungi mata Anda.

Lampu indikator berbetuk lingkaran yang mengikuti bentuk pad-nya akan menyala jika pengisian daya diaktifkan. Untuk produk iPhone, disarankan menggunakan receiver Qi atau bisa juga menggunakan kabel USB yang tersedia.

3. Ikea Jyssen – Qi Wireless Charger

3. Ikea Jyssen - Qi Wireless Charger

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 720.000

Wireless charger yang bisa ditanam pada meja

Wireless charger yang tergolong kecil dengan model yang praktis pasti sangat didambakan siapa saja. Maka, produk dari IKEA yang dibuat dengan diameter pad hanya sepanjang 9 cm ini menjadi salah satu produk yang wajib dipertimbangkan.

Meskipun produk ini didesain dengan tinggi 10 cm, penggunaanya sangat menghemat tempat. Bagian bawah wireless charger ini bisa disembunyikan dengan cara ditanam, misalnya ke meja, sehingga yang terlihat hanya bagian atasnya saja. Hanya saja, perlu diperhatikan bahwa produk ini membutuhkan drill untuk melubangi permukaan meja Anda.

2. Nillkin Wireless Charger Magic Disk III

2. Nillkin Wireless Charger Magic Disk III

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 350.000

Mengandalkan pengisian daya 40% lebih cepat

Ukuran wireless charger yang satu ini tergolong kecil, dengan diameter 105 mm serta ketebalan 14 mm. Produk ini sangat cocok untuk semua jenis smartphone tanpa tambahan receiverWireless charger keluaran Nillkin ini didukung oleh sistem 9V high-speed yang mengandalkan pengisian daya 40% lebih cepat.

Selain itu, Nillkin Wireless Charger ini juga tergolong produk pintar dengan dilengkapi sistem dual-core chip yang secara otomatis akan berhenti bekerja jika baterai telah terisi penuh. Produk ini didesain dengan warna cokelat serta pinggirannya yang terbuat dari bahan logam sehingga memberikan kesan unik dan retro.

1. Anker PowerTouch 10

1. Anker PowerTouch 10

Lihat produk ini di Lazada

Harga : Rp 629.800

Wireless charger dengan kendali suhu

Wireless charger keluaran Anker ini memiliki keunggulan bisa mengisi daya baterai dua kali lebih cepat yang tentunya sangat dibutuhkan para pengguna smartphone. Terlebih lagi, produk ini juga didukung sistem pengontrol suhu serta proteksi arus sehingga Anda bisa menggunakannya dengan tenang.

Anker PowerTouch 10 hadir dengan model yang simpel dan praktis dan dilengkapi bantalan yang berfungsi sebagai pelindung antiselip agar smartphone Anda terhindar dari risiko jatuh atau bergeser saat pengisian daya baterai. Anda cukup meletakkan smartphone di bagian tengah bodinyadan charger akan mengidentifikasi perangkat Anda secara otomatis.

Kesimpulan

Dengan banyaknya model serta spesifikasi produk yang tersedia, bisa dikatakan bahwa memilih wireles charger memang tergolong gampang-gampang susah. Kami sarankan Anda memilih sesuai dengan kebutuhan dengan mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing produk.

Semoga ulasan tentang bagaimana memilih wireless charger serta produk-produk yang kami rekomendasikan kali ini bisa membantu Anda dalam menentukan pilihan produk yang paling tepat untuk Anda!