• 10 Rekomendasi Wireless Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Wireless Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Wireless Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Wireless Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Wireless Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Wireless Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Saat ini, makin banyak orang menggunakan smartphone atau tablet dalam beraktivitas. Tentunya akan sangat merepotkan jika Anda harus selalu mencolokkan kabel untuk mengisi ulang daya baterai. Karena itu, saat ini sudah ada wireless charger yang mengedepankan proses pengisian daya baterai tanpa menggunakan kabel.

Beberapa perusahaan, seperti Vivan, KiiP, MCDODO, Aukey, dan sebagainya memasarkan beragam wireless charger bagus berkualitas tinggi. Untuk memudahkan Anda menemukan produk yang tepat, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi wireless charger terbaik. Pilihlah wireless charger canggih yang paling Anda suka.

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 17 Agustus 2022
Daftar isi

Cara kerja wireless charger

Cara kerja wireless charger
Wireless charger adalah suatu alat pengisian daya pada baterai yang praktis karena tidak membutuhkan kabel. Namun, bagaimana cara mengisi baterai bila tak ada yang terhubung? Sekarang kami akan menjelaskan cara kerjanya pada Anda.

Pada dasarnya, wireless charger menggunakan prinsip kerja induksi elektromagnetik yang umum diajarkan di sekolah. Ketika arus listrik mengalir melalui satu kumparan, medan elektromagnetik pun tercipta. Hal tersebut membuat arus listrik bisa mengalir ke kumparan lainnya. Smartphone yang menerima medan elektromagnetik dari wireless charger kemudian mengubahnya menjadi arus listrik 


Saat ini, teknologi wireless charging dengan induksi elektromagnetik menjadi standar internasional yang disebut sebagai sistem Qi. Hingga sekarang konsep ini masih terus dikembangkan karena dipercaya masih terdapat banyak ruang untuk pengembangan lebih jauh.

Tabel perbandingan produk wireless charger terbaik

Gambar produk
1
KiiP Wireless EW40 Power Bank 10W Fast Charging PD&QC 3.0 20W 20000mAh 1

KiiP

2
Joyseus Qi Wireless Charger Station Quick Charge 1

Joyseus

3
Vivan Power bank 10000 mAH Wireless 3 Output Fast Charging 18W QC3.0 1

Vivan

4
Starco Wireless Car Charger Phone Holder Sensor Fast Charging 15W 1

Starco

5
KiiP C9 Wireless Charger Docking 20w Qi Fast Charging 1

KiiP

6
MCDODO QI Magnetic Wireless Charger for iPhone 12 1

MCDODO

7
Baseus Wireless Charger Digital LED Fast Charging Pad Quick Charge 15W 1

Baseus

8
Starco 3 in 1 Wireless Charger Stand Holder Pad Docking Fast Charging Y5 1

Starco

9
Prolink 10W Qi Wireless Charger Charging Pad for Universal Device 1

Prolink

10
Aukey Wireless Charger Station 3-in-1 1

Aukey

Nama produk

Wireless EW40 Power Bank 10W Fast Charging PD&QC 3.0 20W 20000mAh

Qi Wireless Charger Station Quick Charge

Power bank 10000 mAH Wireless 3 Output Fast Charging 18W QC3.0

Wireless Car Charger Phone Holder Sensor Fast Charging 15W

C9 Wireless Charger Docking 20w Qi Fast Charging

QI Magnetic Wireless Charger for iPhone 12

Wireless Charger Digital LED Fast Charging Pad Quick Charge 15W

3 in 1 Wireless Charger Stand Holder Pad Docking Fast Charging Y5

10W Qi Wireless Charger Charging Pad for Universal Device

Wireless Charger Station 3-in-1

Keunggulan

Multifungsi sebagai powerbank dan wireless charger

Dengan sensor yang kuat, tidak perlu melepas case handphone

Mampu mengisi daya iPhone 13 hingga 50% dalam 30 menit

Car holder yang sekaligus wireless charger

Charger model docking, praktis tanpa memakan tempat

Desain Magsafe yang serasi saat digunakan pada iPhone

Makin lengkap dengan LED Display untuk mengetahui daya dan voltase

Dengan stand holder yang bisa dilepas pasang

Wireless charger yang mewah dengan desain premium

Mutifungsi untuk mengisi daya berbagai jenis perangkat

Harga mulai dariRp 369.000,00Rp 99.900,00Rp 242.500,00Rp 509.700,00Rp 299.000,00Rp 199.000,00Rp 139.000,00Rp 310.000,00Rp 330.000,00Rp 1.399.000,00
Ada sistem pengendali panasTidak disebutkan✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎Tidak disebutkan✔︎Tidak disebutkan
Fast charging✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎ (dengan adaptor)✔︎✔︎
Fitur lainnyaUSB A, USB Type-CRadiation-free, built-in WPC ferritAutomatic power off, anti-over current, anti-short circuit, dan anti-overvoltageIntelligent recognition, overcurrent protection, overvoltage protection, overcharge protection, non-slip clip, LED indicator (biru = charging, merah = tidak charging)Antigores, antilicin, mode horizontal/vertikal Tidak disebutkanLED display, fast charging dengan case terpasang, low-power charging (earphones, dll)Dapat dijadikan mode vertikal dan horizontal, charger pad dapat dilepasControlHeat Technology, non-slip surface/baseLED Indicator, non-slip charging pad, dan MultiProtect
Tautan produk

Cara memilih wireless charger

Setelah Anda memahami cara kerja wireless charger, kini saatnya membahas cara memilihnya. Dengan begitu, Anda akan makin mudah mengenali produk yang tepat.

Pastikan perangkat Anda mendukung fitur wireless charging

Saat ini, teknologi wireless charging pada smartphone mulai banyak dikenal. Berbagai produk pengisi daya wireless juga sudah banyak dijual. Namun, sebelum memutuskan membeli wireless charger, pastikan bahwa perangkat Anda mendukung fitur tersebut. Apabila tetap menggunakan wireless charger pada smartphone yang tidak memiliki fitur wireless charging, pengisian daya tidak bisa dilakukan.


Hampir semua produsen ponsel saat ini menyediakan fitur wireless charging pada seri tertingginya. Samsung, Xiaomi, Realme, Vivo, Oppo, dan iPhone dilengkapi fitur wireless charging pada seri tertinggi dan terbarunya. Untuk memastikan adanya fitur wireless charging, Anda bisa melihatnya pada spesifikasi produk smartphone

Pertimbangkan yang memiliki fitur fast charging

Sama seperti teknologi pengisian daya kabel yang mendukung fast chargingwireless charger juga memiliki fitur serupa. Apabila smartphone Anda mendukung fast wireless charging, pilihlah wireless charger yang memiliki fitur serupa. Pastikan daya fast charging yang dibutukan smartphone sesuai dengan daya yang dihasilkan oleh fast wireless charger. Hal ini agar pengisian daya lebih optimal dan fitur fast charging berjalan dengan sempurna. 


Daya wireless charger dimulai di angka 5 watt. Seiring perkembangan, fast charging pada wireless charger saat ini mampu mengalirkan daya antara 10 sampai 20 watt. Dilihat dari dayanya, fast charging pada koneksi wireless memang masih jauh tertinggal dari fast charging pada charger kabel. Namun, seiring perkembangan teknologi, tidak menutup kemungkinan fast charging pada wireless charger dapat bersaing dengan charger kabel.

Perhatikan jumlah kumparan (coil) yang terpasang

Perhatikan jumlah kumparan (coil) yang terpasang
Seperti disebutkan di atas, adanya kumparan memungkinkan wireless charger untuk mengisi daya baterai tanpa perlu kontak langsung. Jumlah coil pada wireless charger bisa saja berbeda tergantung pada masing-masing produk. Ada yang jumlahnya satu dan ada juga yang lebih dari satu. Di Indonesia, hal ini memang umumnya tidak disebutkan secara gamblang. Namun, tidak ada salahnya untuk memahami penjelasannya lebih jauh berikut.

  • Wireless charger lebih dari satu kumparan memiliki kelebihan pada daya jangkaunya yang luas. Anda tidak harus terpaku pada satu posisi tertentu saat daya baterai smartphone atau tablet Anda diisi. Meski kumparannya banyak, jumlah daya yang diterima oleh smartphone atau tablet cenderung tidak berubah. Produk dengan kumparan lebih dari satu memiliki ukuran lebih besar dan harga yang mahal.

  • Wireless charger dengan satu kumparan memiliki ukuran lebih kecil, dengan area jangkauannya lebih terbatas.  Ada kemungkinan Anda harus menempatkan gadget tepat pada posisi yang ditentukan agar daya baterainya dapat terisi dengan baik. Biasanya, wireless charger jenis ini memiliki harga lebih terjangkau.

Perhitungkan kelebihan dan kekurangan masing-masing tipe pilihlah wireless charger sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih berdasarkan adanya sistem pengendali panas

Pilih berdasarkan adanya sistem pengendali panas
Sistem Qi memang merupakan standar internasional, tetapi sistem ini juga masih terus dikembangkan. Pengembangan yang dilakukan para produsen terutama pada solusi untuk mengurangi masalah panas. Ketika mengisi daya baterai dengan sistem induksi elektromagnetik, panas pun akan timbul.

Baterai jenis lithium-ion yang banyak digunakan pada smartphone cenderung lemah terhadap panas dan performanya pun akan menurun akibat panas. Tidak hanya baterai, dalam beberapa kejadian panas tersebut bahkan bisa menyebabkan terbakar dan melelehkan casing gadget.


Karena itu, alangkah baiknya jika sebuah wireless charger dilengkapi sistem pengendali panas ketika proses pengisian daya baterai dilakukan. Sangat aman bila Anda memilih produk dengan fitur untuk menghentikan pengisian daya baterai secara otomatis saat melampaui suhu tertentu. Sayangnya, tidak semua produk dilengkapi fitur tersebut. Oleh karena itu, Anda perlu mengecek adanya sistem pengendali panas.

10 Rekomendasi wireless charger terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk wireless charger terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

AukeyWireless Charger Station 3-in-1

LC-A3

Mulai dari Rp 1.399.000,00

Ada sistem pengendali panasTidak disebutkan
Fast charging✔︎
Fitur lainnyaLED Indicator, non-slip charging pad, dan MultiProtect
9

Prolink10W Qi Wireless Charger Charging Pad for Universal Device

PQC1005

Mulai dari Rp 330.000,00

Ada sistem pengendali panas✔︎
Fast charging✔︎
Fitur lainnyaControlHeat Technology, non-slip surface/base
8

Starco3 in 1 Wireless Charger Stand Holder Pad Docking Fast Charging Y5

Mulai dari Rp 310.000,00

Ada sistem pengendali panasTidak disebutkan
Fast charging✔︎ (dengan adaptor)
Fitur lainnyaDapat dijadikan mode vertikal dan horizontal, charger pad dapat dilepas
7

BaseusWireless Charger Digital LED Fast Charging Pad Quick Charge 15W

Mulai dari Rp 139.000,00

Ada sistem pengendali panas✔︎
Fast charging✔︎
Fitur lainnyaLED display, fast charging dengan case terpasang, low-power charging (earphones, dll)
6

MCDODOQI Magnetic Wireless Charger for iPhone 12

CH-8720

Mulai dari Rp 199.000,00

Ada sistem pengendali panas✔︎
Fast charging✔︎
Fitur lainnyaTidak disebutkan
5

KiiPC9 Wireless Charger Docking 20w Qi Fast Charging

Mulai dari Rp 299.000,00

Ada sistem pengendali panas✔︎
Fast charging✔︎
Fitur lainnyaAntigores, antilicin, mode horizontal/vertikal
4

StarcoWireless Car Charger Phone Holder Sensor Fast Charging 15W

Mulai dari Rp 509.700,00

Ada sistem pengendali panas✔︎
Fast charging✔︎
Fitur lainnyaIntelligent recognition, overcurrent protection, overvoltage protection, overcharge protection, non-slip clip, LED indicator (biru = charging, merah = tidak charging)
3

VivanPower bank 10000 mAH Wireless 3 Output Fast Charging 18W QC3.0

VPB-W11

Mulai dari Rp 242.500,00

Ada sistem pengendali panas✔︎
Fast charging✔︎
Fitur lainnyaAutomatic power off, anti-over current, anti-short circuit, dan anti-overvoltage
2

JoyseusQi Wireless Charger Station Quick Charge

WC0002

Mulai dari Rp 99.900,00

Ada sistem pengendali panas✔︎
Fast charging✔︎
Fitur lainnyaRadiation-free, built-in WPC ferrit
1

KiiPWireless EW40 Power Bank 10W Fast Charging PD&QC 3.0 20W 20000mAh

Mulai dari Rp 369.000,00

Ada sistem pengendali panasTidak disebutkan
Fast charging✔︎
Fitur lainnyaUSB A, USB Type-C

Baca juga rekomendasi beragam charger lainnya di sini

Wireless charger sangat tepat digunakan untuk mengisi baterai gadget Anda. Namun, tidak semua ponsel mendukung fitur wireless charging. Anda bisa membaca lebih jauh tentang artikel charger kabel kami yang lain berikut ini.

Kesimpulan

Dengan menggunakan wireless charger, Anda bisa mengisi daya baterai tanpa perlu menggunakan kabel. Anda bisa memilih produk dengan satu kumparan yang sangat mudah ditemukan di Indonesia dan memiliki harga terjangkau.

Anda juga bisa memilih produk yang dilengkapi sistem pengendali panas agar makin aman digunakan. Pilihlah wireless charger dengan spesifikasi dan fitur yang paling tepat sesuai kebutuhan dan budget Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Sebagai daya cadangan, penting untuk memilih power bank yang bagus agar penggunaannya lebih awet dan tahan lama. Kapasitas power bank bervariasi, mulai dari 10.000 mAh, 20.000 mAh, hingga 30.000 mAh. Fiturnya pun beragam, seperti fast charging dan wireless charging. Harga power bank sangat berpengaruh dari kapasitas dan fiturnya.  Kali ini kami akan menjelaskan tentang cara memilih power bank yang bagus dan awet. Kami juga akan berbagi rekomendasi merek power bank terbaik, seperti Robot, Samsung, dan Xiaomi. Ada produk yang kompatibel dengan iPhone, lho. Simak terus artikel ini sampai habis!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Setelah headphones dan earphones, sekarang muncul wireless earbuds atau TWS. Wireless earbuds adalah perangkat audio tanpa kabel yang memungkinkan Anda untuk bergerak leluasa saat memakainya. Berbagai merek, seperti Bose, Sony, JBL, Samsung, Rexus, Jabra, Apple, sampai Xiaomi, berlomba-lomba meluncurkan wireless earbuds terbaiknya.Banyaknya merek yang bersaing mungkin membuat Anda kesulitan memilih produk yang cocok untuk digunakan. Tak perlu bingung karena kami akan memberikan tips memilih wireless earbuds yang bagus. Temukan beragam wireless earbuds no delay terbaik yang dijual dengan harga murah, tetapi tetap bagus kualitasnya. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Earphone Bluetooth Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    10 Earphone Bluetooth Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)
    Earphone Bluetooth membuat Anda bisa mendengarkan musik secara nyaman dan lebih bebas tanpa adanya kabel yang mengganggu. Earphone Bluetooth ada yang berupa TWS dan ada yang masih menggunakan kabel penghubung ear piece. Banyaknya produk earphone Bluetooth di pasaran mungkin membuat Anda bingung.Kali ini kami akan mengulas cara memilih earphone Bluetooth yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik, mulai dari merek Apple, Samsung, JBL, hingga SoundPEATS. Artikel ini sudah ditinjau oleh audio enthusiast kami, Joshua Pandu. Simak artikel ini hingga tuntas!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    In-ear headphone atau earphone adalah perangkat audio yang praktis Anda bawa ke mana saja. Ada beragam model dan spesifikasi in-ear headphone yang tersedia di pasaran. Anda bisa memilih wired earphone, earphone Bluetooth, sampai TWS. Harganya pun beragam, mulai dari yang 50 ribu-an sampai jutaan rupiah.Kami akan merekomendasikan beragam produk in-ear headphone terbaik untuk Anda. JBL, Audio Technica, dbE, dan Sennheiser adalah beberapa merek earphone yang bagus. Agar Anda tidak bingung memilih produknya, simak dahulu tips dari kami kali ini. Langsung saja simak artikel ini sampai habis, ya!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Bluetooth Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Bluetooth Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Salah satu solusi untuk mendengarkan musik dengan nyaman dan praktis adalah menggunakan headphone wireless. Alat ini berukuran kecil dan portabel sehingga bisa dibawa ke mana pun Anda pergi. Kini, banyak merek populer, seperti JBL, Nokia, Baseus, dan Sony, yang meluncurkan Bluetooth headphone dengan berbagai macam spesifikasi.Pada artikel ini, kami akan membahas cara memilih dan memberi rekomendasi merek headphone Bluetooth yang bagus untuk Anda. Terdapat beragam produk mulai dari headphone Bluetooth gaming hingga yang desainnya lucu. Jadikanlah artikel ini sebagai referensi dalam menentukan headphone terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Kabel Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kabel Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Kabel charger adalah salah satu elemen penting dalam pengisian daya smartphone. Makin tinggi kualitas kabel charger, makin tinggi pula performa pengisian dayanya. Secara khusus artikel ini akan membahas tentang kabel charger, mulai dari kabel charger Type-C hingga kabel charger iPhone.Di artikel ini, Anda juga akan menemukan tips cara memilih dan rekomendasi sepuluh kabel charger terbaik. Di antaranya ada kabel charger populer yang bagus merek Baseus, CAFELE, dan sebagainya. Kabel charger fast charging pun ada dalam artikel ini. Jadi, jangan lewatkan, ya!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Earphone JBL Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Earphone JBL Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    JBL merupakan merek audio elektronik yang banyak diminati di Indonesia. JBL menawarkan kualitas suara terbaik untuk Anda. Anda dapat menemukan speaker, headphone, dan earphone berkualitas dari JBL. Kali ini, kami akan membahas produk earphone JBL secara khusus untuk Anda.Ingin tahu tips memilih earphone JBL yang bagus? Simak informasinya di sini. Kami juga sudah menyediakan daftar rekomendasi earphone JBL original terbaik beserta review produknya sebagai referensi Anda. Bluetooth earphone, wired earphone untuk gaming, serta berbagai kegiatan lainnya ada di artikel ini. Pastikan Anda menyimak sampai selesai, ya!
    Aksesori handphone & tablet
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori