• 10 Rekomendasi Wireless Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Rekomendasi Wireless Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Rekomendasi Wireless Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Rekomendasi Wireless Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Rekomendasi Wireless Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Rekomendasi Wireless Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2021)

Saat ini, makin banyak orang menggunakan smartphone atau tablet dalam beraktivitas. Tentunya akan sangat merepotkan jika Anda harus selalu mencolokkan kabel untuk mengisi ulang daya baterai. Karena itu, saat ini sudah ada wireless charger yang mengedepankan proses pengisian daya baterai tanpa menggunakan kabel.

Beberapa perusahaan, seperti Nillkin, Anker, IKEA, dan sebagainya memasarkan beragam wireless charger bagus berkualitas tinggi. Untuk memudahkan Anda menemukan produk yang tepat, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi wireless charger terbaik. Pilihlah wireless charger canggih yang paling Anda suka.
  • Pembaharuan terakhir: 19 Januari 2021
Daftar isi

Cara kerja wireless charger

Cara kerja wireless charger
Wireless charger adalah suatu alat yang sangat praktis untuk digunakan karena dapat mengisi baterai gadget tanpa perlu kabel. Namun, bagaimana cara mengisi baterai bila tak ada yang terhubung? Sekarang kami akan menjelaskan cara kerjanya pada Anda.

Apakah Anda masih ingat pelajaran mengenai induksi elektromagnetik saat Anda bersekolah dahulu? Ketika arus listrik mengalir melalui satu kumparan, medan magnet pun tercipta. Hal tersebut membuat arus listrik bisa mengalir ke kumparan lainnya. Meski bila dijelaskan secara detail penjelasannya akan terlalu panjang, secara umum inilah konsep yang diterapkan dalam teknologi wireless charging. Hingga sekarang konsep ini masih terus dikembangkan karena dipercaya masih terdapat banyak ruang untuk pengembangan lebih jauh.


Saat ini, teknologi wireless charging dengan induksi elektromagnetik menjadi standar internasional yang disebut sebagai sistem Qi. Semua produk yang akan kami rekomendasikan dalam artikel ini adalah wireless charger yang sudah berstandar Qi. Namun, perlu diperhatikan bahwa ada gadget tertentu misalnya iPhone yang tidak dilengkapi sistem Qi. Jika demikian, tentu gadget tersebut tidak kompatibel dengan wireless charger berstandar Qi. Untuk produk iPhone demikian, Anda bisa menggunakan produk khusus yang kompatibel dengan iPhone tersebut.


Kesesuaian smartphone dengan wireless charger akan berbeda antar produsen. Periksalah tipe smartphone yang Anda miliki dan pastikan bahwa smartphone Anda sudah dilengkapi dengan sistem Qi.

Cara memilih wireless charger

Setelah Anda memahami cara kerja wireless charger, kini saatnya membahas cara memilihnya. Dengan begitu, Anda akan makin mudah mengenali produk yang tepat.

Pilih berdasarkan jumlah kumparan (coil) yang terpasang

Pilih berdasarkan jumlah kumparan (coil) yang terpasang
Seperti disebutkan di atas, adanya kumparan memungkinkan wireless charger untuk mengisi daya baterai tanpa perlu kontak langsung. Jumlah coil pada wireless charger bisa saja berbeda tergantung pada masing-masing produk. Ada yang jumlahnya satu dan ada juga yang lebih dari satu. Di Indonesia, hal ini memang umumnya tidak disebutkan secara gamblang. Namun, tidak ada salahnya untuk memahami penjelasannya lebih jauh berikut.

Kelebihan dari wireless charger dengan kumparan lebih dari satu adalah jangkauannya yang luas. Dengan begitu, Anda tidak harus terpaku pada satu posisi tertentu saat daya baterai smartphone atau tablet Anda diisi. Meski kumparannya banyak, jumlah daya yang diterima oleh smartphone atau tablet cenderung tidak berubah. Toh, kumparan pada gadget biasanya hanya satu. Selain itu, produk dengan kumparan lebih dari satu memiliki ukuran lebih besar dan harga yang mahal.


Sementara itu, wireless charger dengan satu kumparan memiliki ukuran lebih kecil, tetapi area jangkauannya lebih sempit. Ada kemungkinan Anda harus menempatkan gadget tepat pada posisi yang ditentukan agar daya baterainya dapat terisi dengan baik. Meski begitu, biasanya wireless charger jenis ini memiliki harga lebih terjangkau. Perhitungkan kelebihan dan kekurangan masing-masing tipe pilihlah wireless charger sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih berdasarkan adanya sistem pengendali panas

Pilih berdasarkan adanya sistem pengendali panas
Sistem Qi memang merupakan standar internasional, tetapi sistem ini juga masih terus dikembangkan. Pengembangan yang dilakukan para produsen terutama pada solusi untuk mengurangi masalah panas. Ketika mengisi daya baterai dengan sistem induksi elektromagnetik, panas pun akan timbul. Baterai jenis lithium-ion yang banyak digunakan pada smartphone cenderung lemah terhadap panas dan performanya pun akan menurun akibat panas. Tidak hanya baterai, dalam beberapa kejadian panas tersebut bahkan bisa menyebabkan terbakar dan melelehkan casing gadget.

Karena itu, alangkah baiknya jika sebuah wireless charger dilengkapi sistem pengendali panas ketika proses pengisian daya baterai dilakukan. Sangat aman bila Anda memilih produk dengan fitur untuk menghentikan pengisian daya baterai secara otomatis saat melampaui suhu tertentu. Sayangnya, tidak semua produk dilengkapi fitur tersebut. Oleh karena itu, Anda perlu mengecek adanya sistem pengendali panas.

10 Rekomendasi wireless charger terbaik

Sekarang, kami akan memberikan rekomendasi wireless charger terbaik. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!
10
Ada sistem pengendali panasTidak disebutkan
Fitur lainnyaDua port USB
9

Rotating Car Holder Wireless Charger

Mulai dari Rp 75.000,00

Ada sistem pengendali panasTidak disebutkan
Fitur lainnyaRotating holder
8

IKEAJYSSEN Wireless Charger

Mulai dari Rp 194.000,00

Ada sistem pengendali panasTidak disebutkan
Fitur lainnyaTidak disebutkan
7

ANYMODESlim Charger Wireless Charging Pad

Mulai dari Rp 198.000,00

Ada sistem pengendali panasTidak disebutkan
Fitur lainnyaNon-slip pad
6

NILLKINPhantom Lamp Wireless Charger

Mulai dari Rp 450.000,00

Ada sistem pengendali panasYa
Fitur lainnyaCharging indicator, touch control, dan lampu LED
5
Ada sistem pengendali panasTidak disebutkan
Fitur lainnyaFast charge mode, LED Indicator, non-slip charging pad, dan MultiProtect
4

NILLKINQi Wireless Charger Magic Disk III (Fast Charge Edition)

Mulai dari Rp 326.400,00

Ada sistem pengendali panasYa
Fitur lainnyaIntelligent recognition, overcurrent protection, overvoltage protection, overcharge protection, overheating protection, dan sebagainya
3

VerbatimFast Charging Wireless Charger

Mulai dari Rp 375.000,00

Ada sistem pengendali panasYa
Fitur lainnyaAutomatic power off, anti-over current, anti-overheating, anti-short circuit, dan anti-overvoltage
2

SpigenEssential F306W iPhone Wireless Charger

Mulai dari Rp 436.000,00

Ada sistem pengendali panasYa
Fitur lainnyaQuick charge, ControlHeat Technology, dan non-slip surface/base
1

RAVPowerFast Wireless Charger

RP-PC070

Mulai dari Rp 599.500,00

Ada sistem pengendali panasYa
Fitur lainnyaFast charging dan HyperAir

Tabel perbandingan produk wireless charger terbaik

Gambar produk
1
RAVPower Fast Wireless Charger 1

RAVPower

2
Spigen Essential F306W iPhone Wireless Charger 1

Spigen

3
Verbatim Fast Charging Wireless Charger 1

Verbatim

4
NILLKIN Qi Wireless Charger Magic Disk III (Fast Charge Edition) 1

NILLKIN

5
Anker PowerPort Wireless 10 1

Anker

6
NILLKIN Phantom Lamp Wireless Charger 1

NILLKIN

7
ANYMODE Slim Charger Wireless Charging Pad 1

ANYMODE

8
IKEA JYSSEN Wireless Charger 1

IKEA

9
Rotating Car Holder Wireless Charger 1

10
VZTEC Wireless Qi Charger Q8 1

VZTEC

Nama produk

Fast Wireless Charger

Essential F306W iPhone Wireless Charger

Fast Charging Wireless Charger

Qi Wireless Charger Magic Disk III (Fast Charge Edition)

PowerPort Wireless 10

Phantom Lamp Wireless Charger

Slim Charger Wireless Charging Pad

JYSSEN Wireless Charger

Rotating Car Holder Wireless Charger

Wireless Qi Charger Q8

Keunggulan

Charge 2x lebih cepat, panas pun tersebar optimal!

Sangat awet berkat penggunaan material aluminium

Makin aman digunakan dengan anti-short circuit

Wireless charger nan canggih sekaligus mewah

Indikator LED-nya sangat informatif, kian mudah cek status baterai

Bisa dijadikan pajangan dan lampu meja bersamaan, multifungsi!

Hanya setebal 0,4 cm, sangat tipis dan mudah dibawa!

Tanam di meja dan charge tanpa makan tempat

Bisa berputar dan antijatuh, mudah charge di mobil

Dilengkapi dua port USB, bisa charge tiga gadget sekaligus!

Harga mulai dariRp 599.500,00Rp 436.000,00Rp 375.000,00Rp 326.400,00Rp 200.000,00Rp 450.000,00Rp 198.000,00Rp 194.000,00Rp 75.000,00Rp 75.500,00
Ada sistem pengendali panasYaYaYaYaTidak disebutkanYaTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkanTidak disebutkan
Fitur lainnyaFast charging dan HyperAirQuick charge, ControlHeat Technology, dan non-slip surface/baseAutomatic power off, anti-over current, anti-overheating, anti-short circuit, dan anti-overvoltageIntelligent recognition, overcurrent protection, overvoltage protection, overcharge protection, overheating protection, dan sebagainyaFast charge mode, LED Indicator, non-slip charging pad, dan MultiProtectCharging indicator, touch control, dan lampu LEDNon-slip padTidak disebutkanRotating holderDua port USB
Tautan produk

Baca juga rekomendasi beragam smartphone di sini

Wireless charger sangat tepat digunakan untuk mengisi baterai gadget Anda. Tergantung situasi, bisa jadi Anda membutuhkan gadget dengan spesifikasi tertentu. Anda bisa membaca lebih jauh mengenai berbagai smartphone tersebut di sini.

Kesimpulan

Dengan menggunakan wireless charger, Anda bisa mengisi daya baterai tanpa perlu menggunakan kabel. Anda bisa memilih produk dengan satu kumparan yang sangat mudah ditemukan di Indonesia dan memiliki harga terjangkau.

Anda juga bisa memilih produk yang dilengkapi sistem pengendali panas agar makin aman digunakan. Pilihlah wireless charger dengan spesifikasi dan fitur yang paling tepat sesuai kebutuhan dan budget Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Power Bank Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Power bank merupakan baterai portabel yang berfungsi mengisi daya smartphone tanpa memerlukan stopkontak. Dengan menggunakan power bank, Anda dapat menonton video dan bermain game saat bepergian. Power bank merk Xiaomi, Samsung, Anker, dan lainnya menawarkan spesifikasi yang berbeda-beda. Hal tersebut membuat harga power bank menjadi variatif.Kali ini, kami akan membahas cara memilih power bank. Kami juga akan memberikan rekomendasi power bank yang bagus, berkualitas terbaik, dan dijual secara online. Power bank MOFIT, BASIKE, power bank 10.000 mAh, bahkan 50.000 mAh bisa Anda temukan. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi In-Ear Headphone Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi banyak orang, mendengarkan musik adalah opsi menarik untuk mengisi waktu luang. Salah satunya dengan menggunakan smartphone yang disambungkan ke in-ear headphone atau disebut juga earphone. Oleh sebab itu, in-ear headphone menjadi produk penting bagi mereka yang hobi mendengarkan musik melalui smartphone.Berbagai produk in-ear headphone dari brand ternama seperti Sony, Philips, dan JBL berlomba menarik konsumen dengan fitur yang diberikan. Namun, seperti apa kriteria memilih produk yang tepat? Untuk membantu Anda, kami akan memberi tips dalam memilih in-ear headphone yang tepat beserta rekomendasi produk terbaik.
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Earphone Bluetooth Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2021)
    10 Earphone Bluetooth Terbaik - Ditinjau oleh Audio Enthusiast (Terbaru Tahun 2021)
    Earphone Bluetooth membuat Anda bisa mendengarkan musik secara nyaman dan lebih bebas tanpa adanya kabel yang mengganggu. Meski begitu, terdapat beberapa kekhawatiran yang muncul, misalnya kualitas suara yang buruk, koneksi tidak stabil, dan tidak cocok dengan bentuk telinga. Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum membeli earphone Bluetooth. Dalam artikel ini, kami akan mengulas cara memilih earphone Bluetooth yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk terbaik, mulai dari merek Apple, JBL, hingga SoundPEATS. Artikel ini sudah ditinjau oleh audio enthusiast kami, Joshua Pandu. Simak artikel ini hingga tuntas!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Speaker Pasif Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Speaker Pasif Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Speaker pasif menjadi perangkat yang Anda perlukan untuk melengkapi sound system agar mendapatkan kualitas audio lebih optimal. Dengan demikian, Anda dapat mendengarkan musik atau menonton film seperti halnya saat Anda berada di bioskop. Di pasaran, Anda akan menemukan berbagai merek terkenal, seperti speaker pasif Polytron, Edifier, harman/kardon, dan sebagainya. Untuk mendapatkan produk yang bagus, Anda perlu mengetahui cara memilih speaker pasif, bukan? Di sini, kami juga akan merekomendasikan sepuluh speaker pasif terbaik untuk Anda. Dengan begitu, Anda dapat menikmati kualitas audio yang mantap dari produk pilihan Anda.
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Wireless Earbuds Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Setelah headphones dan earphones, sekarang muncul wireless earbuds. Wireless earbuds adalah perangkat audio tanpa kabel yang memungkinkan Anda untuk bergerak leluasa saat memakainya. Berbagai merek, seperti Bose, Sony, JBL, Samsung, Rexus, Jabra, Apple, sampai Xiaomi, berlomba-lomba meluncurkan wireless earbuds terbaiknya.Berbagai produk yang ditawarkan mungkin membuat Anda cukup kesulitan memilih produk yang cocok untuk digunakan. Tak perlu bingung karena kami akan memberikan tips memilih wireless earbuds. Temukan juga beragam wireless earbuds no delay terbaik serta dijual dengan harga murah, tetapi tetap bagus kualitasnya. Selamat membaca!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Rekomendasi Stylus Pen Terbaik untuk Tablet dan Smartphone (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Stylus Pen Terbaik untuk Tablet dan Smartphone (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi komikus dan ilustrator, stylus pen menjadi perlengkapan penting untuk menggambar. Selain itu, stylus pen akan memudahkan Anda saat mengoperasikan aplikasi smartphone dan tablet. Beberapa game bahkan lebih mudah dimainkan dengan menggunakan alat ini.Agar mendapat produk yang bagus, kami akan memandu Anda memilih stylus pen sesuai kebutuhan. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari merek stylus pen terbaik, seperti Faber Castell, Adonit, dan lainnya. Untuk perangkat Android Samsung dan Xiaomi sampai yang universal, semuanya ada. Yuk, langsung dimulai saja pembahasannya!
    Aksesori handphone & tablet
  • 10 Keyboard iPad Terbaik - Ditinjau oleh Keyboard Enthusiast (Terbaru Tahun 2021)
    10 Keyboard iPad Terbaik - Ditinjau oleh Keyboard Enthusiast (Terbaru Tahun 2021)
    Keberadaan keyboard iPad akan banyak membantu pengguna iPad. Apakah Anda sedang mencari merek keyboard iPad yang bagus? Ada beberapa pilihan keyboard yang tersedia, di antaranya adalah buatan Apple sendiri atau merek lain, seperti Logitech dan Xiaomi.Di samping brand, perhatikan kompatibilitasnya dengan seri iPad yang Anda miliki. Ada keyboard yang bisa digunakan semua iPad, ada juga yang hanya untuk jenis tertentu. Bila Anda pengguna iPad, iPad Mini, iPad Air, atau iPad Pro, bacalah ulasan ini agar menemukan keyboard yang sesuai. Artikel ini sudah ditinjau oleh keyboard enthusiast kami, Agi Tiara.
    Aksesori handphone & tablet
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori