• 10 Rekomendasi Wireless Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Wireless Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Wireless Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Wireless Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Wireless Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Wireless Charger Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Bagi Anda yang sering menggunakan smartphone atau tablet dalam beraktivitas, tentunya akan sangat merepotkan jika Anda harus selalu mencolokkan kabel untuk mengisi ulang daya baterai. Karena itu, saat ini sudah ada wireless charger yang mengedepankan proses pengisian daya baterai tanpa menggunakan kabel.

Beberapa perusahaan, seperti Nillkin, Anker, IKEA, dan sebagainya memasarkan beragam wireless charger yang bisa membuat Anda bingung saat memilih. Karena itu, kami akan menjelaskan cara memilih dan memberikan rekomendasi wireless charger terbaik agar Anda semakin mudah menemukan produk yang tepat. Selamat membaca!
  • Pembaharuan terakhir: 22 November 2019
  • 4.045 Views
Daftar isi

Cara kerja wireless charger

Cara kerja wireless charger
Wireless charger adalah suatu alat yang sangat praktis untuk digunakan karena dapat mengisi baterai gadget Anda tanpa perlu adanya kabel. Namun, bagaimana cara mengisi baterai bila tak ada yang terhubung? Sekarang kami akan menjelaskan cara kerjanya pada Anda.
Apakah Anda masih ingat pelajaran mengenai induksi elektromagnetik saat Anda bersekolah dahulu? Ketika arus listrik mengalir melalui satu kumparan, medan magnet tercipta sehingga arus listrik tersebut pun bisa mengalir ke kumparan lainnya. Meski bila dijelaskan secara detail penjelasannya akan terlalu panjang, secara umum inilah konsep yang diterapkan dalam teknologi wireless charging. Hingga sekarang konsep ini masih terus dikembangkan karena dipercaya masih terdapat begitu banyak ruang untuk pengembangan lebih jauh.
Saat ini, teknologi wireless charging dengan induksi elektromagnetik menjadi standar internasional yang disebut sebagai sistem Qi. Semua produk yang akan kami rekomendasikan dalam artikel ini adalah wireless charger yang sudah berstandar Qi. Namun, perlu diperhatikan bahwa ada gadget tertentu misalnya iPhone yang tidak dilengkapi sistem Qi sehingga tidak kompatibel dengan wireless charger berstandar Qi. Untuk produk iPhone demikian, Anda bisa menggunakan produk khusus yang kompatibel dengan iPhone tersebut.
Berhubung kesesuaian smartphone dengan wireless charger akan berbeda antar produsen, periksalah tipe smartphone yang Anda miliki dan pastikan bahwa smartphone Anda sudah dilengkapi dengan sistem Qi.

Cara memilih wireless charger

Setelah Anda memahami cara kerja wireless charger, kini saatnya membahas cara memilihnya. Dengan begitu, Anda akan makin mudah mengenali produk yang paling Anda butuhkan.

Pilih berdasarkan jumlah kumparan (coil) yang terpasang

Pilih berdasarkan jumlah kumparan (coil) yang terpasang
Seperti disebutkan di atas, adanya kumparan memungkinkan wireless charger untuk mengisi daya baterai tanpa perlu kontak langsung. Jumlah coil pada wireless charger bisa saja berbeda tergantung pada masing-masing produk, ada yang jumlahnya satu dan ada juga yang lebih dari satu.
Kelebihan dari wireless charger yang kumparannya lebih dari satu adalah jangkauannya yang luas. Dengan begitu, Anda tidak harus terpaku pada satu posisi tertentu saat daya baterai smartphone atau tablet Anda diisi. Meski kumparannya banyak, jumlah daya yang diterima oleh smartphone atau tablet cenderung tidak berubah karena kumparan pada gadget biasanya hanya satu. Selain itu, produk dengan kumparan lebih dari satu memiliki ukuran lebih besar, harga yang lebih mahal, serta tergolong langka di Indonesia
Sementara itu, wireless charger dengan satu kumparan memiliki ukuran lebih kecil, tetapi area jangkauannya lebih sempit. Ada kemungkinan Anda harus menempatkan smartphone Anda tepat pada posisi yang ditentukan agar dapat daya baterainya dapat terisi dengan baik. Meski begitu, biasanya wireless charger jenis ini tergolong lebih murah. Maka dari itu, setelah memperhitungkan kelebihan dan kekurangannya masing-masing, pilihlah wireless charger sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih berdasarkan adanya sistem pengendali panas

Pilih berdasarkan adanya sistem pengendali panas
Sistem Qi memang merupakan standar internasional, tetapi sistem ini juga masih terus dikembangkan. Pengembangan yang dilakukan para produsen terutama pada solusi untuk mengurangi masalah panas. Ketika mengisi daya baterai dengan sistem induksi elektromagnetik, panas pun akan timbul. Baterai jenis lithium-ion yang banyak digunakan pada smartphone cenderung lemah terhadap panas dan performanya pun akan menurun akibat panas. Tidak hanya baterai, dalam beberapa kejadian panas tersebut bahkan bisa melelehkan casing gadget.
Karena itu, alangkah baiknya jika sebuah wireless charger dilengkapi dengan sistem pengendali panas ketika proses pengisian daya baterai dilakukan. Akan sangat aman bila Anda memilih produk yang dilengkapi fitur untuk menghentikan pengisian daya baterai secara otomatis jika melampaui suhu tertentu. Sayangnya, tidak semua produk dilengkapi fitur tersebut. Karena itu, Anda perlu mengecek adanya sistem pengendali panas.

10 Rekomendasi wireless charger terbaik

Sekarang, kami akan memberikan rekomendasi wireless charger terbaik. Pilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda, ya!

10. VZTEC Wireless Qi Charger Q8

Rp 122.500,00

Sistem pengendali panasTidak disebutkan
Fitur lainnyaTidak ada

9. Rotating Car Holder Wireless Charger

Rp 80.500,00

Sistem pengendali panasTidak disebutkan
Fitur lainnyaTidak ada

8. IKEA JYSSEN Wireless Charger

Rp 245.000,00

Sistem pengendali panasTidak disebutkan
Fitur lainnyaTidak ada

7. ANYMODE Slim Wireless Charger

Rp 349.000,00

Sistem pengendali panasTidak disebutkan
Fitur lainnyaTidak ada

6. NILLKIN Phantom Lamp Wireless Charger

Rp 550.000,00

Sistem pengendali panasFOD function
Fitur lainnyaCharging indicator, electronic touch and stepless dimming

5. NILLKIN Qi Wireless Charger Magic Disk III (Fast Charge Edition)

Rp 349.000,00

Sistem pengendali panasOver-temperature protection
Fitur lainnyaIntelligent recognition, overcurrent protection, overvoltage protection, dan sebagainya

4. Verbatim Fast Charging Wireless Charger

Rp 355.600,00

Sistem pengendali panasAnti-overheating
Fitur lainnyaAutomatic power off, anti-over current, dan anti-overvoltage

3. Anker PowerPort Wireless 10

Rp 660.000,00

Sistem pengendali panasTemperature control
Fitur lainnyaFast charging, overvoltage protection, overcurrent protection, dan sebagainya.

2. Spigen Essential F306W iPhone Wireless Charger

Rp 939.400,00

Sistem pengendali panasControl Heat Technology
Fitur lainnyaOverheating protection, overcharging protection, dan sebagainya.

1. RAVPower Fast Wireless Charge RP-PC070

Rp 1.268.730,00

Sistem pengendali panasSistem kontrol suhu
Fitur lainnyaHyperAir technology

Kesimpulan

Dengan menggunakan wireless charger, Anda bisa mengisi daya baterai tanpa perlu menggunakan kabel, praktis! Anda bisa memilih produk dengan kumparan lebih dari satu agar jangkauannya lebih luas atau yang kumparannya satu untuk menghemat biaya.
Anda juga bisa memilih produk yang dilengkapi sistem pengendali panas agar makin aman digunakan. Pilihlah wireless charger dengan spesifikasi dan fitur yang paling tepat dengan kebutuhan dan budget Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Stylus Pen Terbaik untuk Tablet dan Smartphone (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Stylus Pen Terbaik untuk Tablet dan Smartphone (Terbaru Tahun 2020)
    Rutinitas di zaman sekarang yang sebagian besar menggunakan smartphone atau tablet, terkadang menuntut kecepatan dan ketepatan. Untuk meminimalkan terjadinya kesalahan, maka model smartphone dengan layar lebar yang dilengkapi dengan stylus pen akan memudahkan penggunanya dalam menjalankan beragam aplikasi.Saat ini sudah banyak beredar produk stylus pen dalam berbagai model, kegunaan, dan harga. Ada yang kompatibel dengan iPhone, iPod, Android, dan lainnya, atau bahkan ada juga stylus pen yang dibuat khusus untuk menggambar. Kali ini kami akan membahas poin-poin penting yang perlu diperhatikan dalam memilih stylus pen yang sesuai dengan kebutuhan Anda kemudian merekomendasikan beberapa stylus pen terbaik. Semoga bermanfaat!
    Smartphones & handphones
    19.257 Views
  • 10 Rekomendasi Pen Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pen Tablet Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pen tablet yang biasa digunakan untuk menggambar ilustrasi di komputer, kini hadir dengan berbagai merek, seperti Wacom, XP-PEN, dan HUION. Dengan harga dan fungsi yang bervariasi, barangkali akan membuat Anda kebingungan dalam memilih produk yang sesuai.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih pen tablet serta merekomendasikan produk terbaik, mulai dari untuk pemula hingga profesional. Seperti apakah pen tablet idaman Anda? Barangkali salah satunya ada dalam ulasan di bawah ini.
    Smartphones & handphones
    23.697 Views
  • 10 Rekomendasi Kabel Data Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kabel Data Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Kabel data biasanya digunakan untuk mengisi baterai dan memindahkan data dari iPhone atau iPad ke perangkat lain. Selain kabel data asli keluaran Apple, banyak pula produk yang diluncurkan oleh produsen seperti Anchor, Logitech, Amazon Basic, yang memiliki desain, ukuran, dan harga yang bervariasi.Kali ini kami akan memberikan poin penting yang perlu diperhatikan dalam memilih kabel data yang baik. Selain itu kami juga akan memberikan 10 rekomendasi kabel data terbaik yang mudah dipesan secara online!
    Smartphones & handphones
    26.025 Views
  • 10 Rekomendasi Tablet Android Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tablet Android Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Ukuran tablet Android yang lebih besar daripada smartphone memberikan kenyamanan saat Anda menonton atau membaca e-book. Namun, Anda perlu mempertimbangkan pemilihan tablet Android berdasarkan CPU, memori, frekuensi clock, dan lain sebagainya. Hal ini bisa menyulitkan bagi sebagian pengguna.Agar tidak bingung saat memilih tablet Android, Anda dapat membaca artikel ini. Kami akan menjabarkan poin penting cara memilih tablet Android. Kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi tablet Android yang bagus dari berbagai produsen, seperti Lenovo, Samsung, Teclast, HUAWEI, dan Chuwi. Selamat membaca!
    Smartphones & handphones
    20.511 Views
  • 10 Rekomendasi Tablet Windows Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Tablet Windows Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Tablet Windows memiliki ukuran yang lebih besar dari smartphone dan dapat dioperasikan dengan touch panel. Sistem operasinya menggunakan Windows, dengan berbagai macam fitur seperti keyboard yang dapat dilepas, fitur anti air, memiliki berbagai macam aplikasi Office dan touch pen.Karena itu kali ini, kami akan merekomendasikan produk terbaru tablet Windows, termasuk yang sudah menggunakan sistem operasi Windows 10. Temukan tablet Windows yang cocok untuk Anda!
    Smartphones & handphones
    17.184 Views
  • 10 Rekomendasi Lensa Tambahan Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Lensa Tambahan Terbaik untuk Smartphone (Terbaru Tahun 2020)
    Fitur kamera pada smartphone terus berkembang hingga sekarang. Meski begitu, Anda masih dapat meningkatkan kualitas foto menggunakan lensa tambahan. Ada banyak jenis lensa tambahan, mulai dari lensa wide angle, lensa telescope, hingga lensa makro. Masing-masing jenis tentu memiliki keistimewaan tersendiri.Kali ini, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi lensa tambahan dengan membandingkan performa, harga, serta ulasan produknya. Anda akan menemukan lensa berkualitas keluaran Aukey, Polaroid, Lieqi, dan sebagainya. Menarik bukan, jika bisa menikmati fotografi menggunakan lensa tambahan berkualitas pada smartphone Anda?
    Smartphones & handphones
    7.955 Views
  • 10 Rekomendasi Battery Case Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Battery Case Terbaik untuk iPhone (Terbaru Tahun 2020)
    Salah satu aksesoris iPhone berupa case yang dibekali dengan baterai pengisi daya, atau yang lebih dikenal dengan nama “battery case”, bisa dikatakan sudah menjadi benda yang sangat penting bagi para pengguna smartphone yang sering mobile. Akan tetapi, apakah Anda tahu poin-poin apa yang perlu diperhatikan ketika harus menentukan pilihan dari sekian banyak produk yang tersedia di pasaran?Selain produk resmi yang dikeluarkan oleh Apple, saat ini tersedia juga berbagai battery case keluaran perusahaan third party yang memiliki keunggulannya masing-masing. Ada yang ukurannya sangat tipis dan ringan, tahan air, tahan benturan, dan sebagainya. Nah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih battery case untuk iPhone dan memberikan rekomendasi produk terbaik untuk Anda!
    Smartphones & handphones
    2.011 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori