10 Rekomendasi Monitor 4K Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Monitor 4K Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Monitor 4K memproyeksikan gambar dengan resolusi empat kali lebih besar dibandingkan dengan Full HD. Dengan harga lebih terjangkau dibandingkan dengan TV 4K, monitor 4K dapat dihubungkan ke PC untuk bekerja maupun bermain game.

Berbagai merek monitor 4K yang beredar di pasaran, seperti ASUS, Samsung, Dell, dan sebagainya, barangkali membuat Anda bingung dalam memilih. Untuk itu, simaklah informasi cara memilih dan rekomendasi produk-produk monitor 4K populer berikut ini sebelum Anda membeli.

Daftar isi

Cara memilih monitor 4K

Berikut adalah beberapa poin yang perlu Anda perhatikan saat memilih monitor 4K. Pastikan monitor pilihan Anda nantinya memiliki spesifikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Pilih ukuran monitor sesuai dengan tujuan penggunaan

Pilih ukuran monitor sesuai dengan tujuan penggunaan

Jarak antara mata dengan monitor umumnya dihitung dengan rumus tinggi layar dikalikan 1,5. Untuk monitor berukuran ±44 inci, jarak pandang idealnya adalah 1 meter, sedangkan untuk yang berukuran ±35 inci adalah 0,9 meter. Jarak ini disesuaikan supaya Anda dapat menikmati seluruh gambar yang tersebar di bidang pandang dengan nyaman.

Bila Anda hendak menghubungkan monitor 4K dengan komputer, meja komputer Anda juga memerlukan pengaturan. Jarak pandang ideal antara monitor dan mata manusia saat duduk di depan meja komputer adalah 50-60 cm. Untuk itu, pilihlah monitor berukuran 27 – 31 inci saja. Ukuran monitor yang terlalu besar akan membuat mata Anda mudah lelah.

Jika Anda menggunakan monitor 4K untuk keperluan bermain game, ukuran ruangan juga sangat penting. Pilihlah monitor berukuran ±44 inci untuk ruangan berukuran 12,8 meter persegi dan ukuran ±35 inci untuk ruangan berukuran 7,2 m hingga 9,6 meter persegi.

Pilih jenis panel sesuai dengan kebutuhan dan penggunaan

Ada tiga jenis panel kristal cair atau LCD (liquid crystal display) untuk monitor 4K, di antaranya adalah IPS, VA, dan TN. Melalui artikel ini, kami akan mengajak Anda untuk mengenal setiap tampilan beserta penggunaannya secara tepat. Dengan begitu, Anda dapat memilih monitor 4K sesuai dengan kebutuhan Anda.

Panel IPS : Sudut pandang lebar dan mudah dilihat dari berbagai sisi

Panel IPS : Sudut pandang lebar dan mudah dilihat dari berbagai sisi

Panel IPS (in plane switching) memiliki sudut pandang yang lebar sehingga tampilan gambarnya tidak akan berubah meski dilihat dari berbagai sisi. Warna yang ditampilkan juga tidak berubah dari sisi mana pun Anda memandang. Tipe ini ideal bagi Anda yang harus bekerja dengan kondisi monitor tidak terletak lurus di depan mata. Selain itu, panel IPS memiliki keindahan grafis yang cukup baik sehingga sangat cocok dipilih oleh Anda yang sering menonton film.

Panel VA : Terlihat indah dari depan dengan kontras yang tinggi

Panel VA : Terlihat indah dari depan dengan kontras yang tinggi

Panel VA (vertical alignment) adalah kristal cair dengan tingkat kontras yang sangat baik. Dibandingkan dengan panel IPS, panel ini terlihat lebih indah bila dipandang dari depan. Bagi Anda yang lebih sering melihat monitor langsung dari depan, panel jenis ini adalah pilihan tepat.

Selain itu, kecepatan gambar yang ditampilkan juga sangat baik sehingga layak digunakan oleh Anda yang gemar bermain game. Meski begitu, Anda perlu menyesuaikan pengaturan warna dan kecerahannya kembali ketika hendak mengubah jarak pandang. Karena itu, perhatikan terlebih dahulu apakah karakteristik panel VA ini sudah sesuai dengan kebutuhan Anda.

Panel TN : Tampilan gambar yang real-time dengan harga terjangkau dan mudah digunakan

Panel TN : Tampilan gambar yang real-time dengan harga terjangkau dan mudah digunakan

Jika Anda hendak membeli monitor 4K dengan harga terjangkau untuk bermain game, kami merekomendasikan untuk menggunakan panel TN (twisted nematic). Sama halnya dengan panel VA, panel TN memiliki performa yang baik dalam kecepatan menampilkan gambar secara real-time. Anda pun tidak perlu khawatir gambar akan tampil lebih lambat. Namun, sudut pandang dari panel TN juga sama sempitnya dengan panel VA. Untuk itu, jenis panel ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang bekerja langsung di depan monitor.

Periksa jenis dan versi terminal input

Periksa jenis dan versi terminal input

Terminal input monitor 4K terdiri dari dua jenis, yakni HDMI dan DisplayPort. Sebelum memilih monitor 4K, ada baiknya Anda memperhatikan dan memeriksa jumlah terminal yang tersedia. Hal ini ditujukan supaya Anda dapat menyesuaikan dengan perangkat yang akan terhubung ke monitor.

Anda tidak dapat menonton program TV dengan menggunakan monitor saja. Karena itu, selain digunakan bersama game console, banyak pengguna yang memasang set top box maupun layanan video melalui internet untuk dapat menonton siaran TV. Untuk itu, jumlah terminal yang sebaiknya tersedia tidak dapat diperkirakan secara pasti. Pilih saja produk dengan jumlah terminal yang memenuhi kebutuhan Anda.

Baik HDMI maupun DisplayPort memiliki banyak jenis dan versi. Untuk versi lama tentunya tidak dapat mendukung video 4K yang saat ini sudah banyak beredar di pasaran. Pilihlah HDMI minimal versi 2.0 dan DisplayPort minimal versi 1.3 untuk dapat memutar video 4K di monitor Anda.

Pilih monitor dengan spesifikasi kecepatan respon 5 ms

Pilih monitor dengan spesifikasi kecepatan respon 5 ms

Semua panel kristal cair, termasuk monitor 4K, memiliki spesifikasi yang disebut dengan kecepatan respon atau response speed. Fungsi ini menunjukkan waktu yang diperlukan untuk menampilkan berbagai warna yang berbeda. Semakin rendah angkanya, semakin cepat pergantian tampilan pada video yang diputar. Misalnya, saat Anda menonton pertandingan atau bermain game olahraga, pastikan untuk memilih model dengan kecepatan respon 1 hingga 5 ms.

Selain itu, terdapat juga produk bertanda GtoG (gray to gray) untuk kecepatan respon. GtoG bukan menunjukkan kecepatan peralihan antara warna hitam dan putih, melainkan kecepatan peralihan antar warna yang masih serumpun. Secara teknis, peralihan antar warna yang masih serumpun terjadi lebih sering daripada peralihan warna hitam dan putih. Untuk mendapatkan kecepatan respon GtoG yang lebih baik, Anda dapat memilih produk dengan notasi “overdrive”.

Periksa keberadaan speaker internal agar dapat dihubungkan ke perangkat audio pribadi

Periksa keberadaan speaker internal agar dapat dihubungkan ke perangkat audio pribadi

Beberapa monitor 4K memiliki speaker internal dan built-in. Jika Anda memilih model tanpa speaker internal, Anda tidak dapat menyambungkan suara ke headphoneheadset, atau perangkat audio pribadi lainnya. Anda harus menyambungkannya secara terpisah melalui HDMI. Jadi, apabila Anda ingin menggunakan headphone saat bermain game atau menonton film, pilihlah monitor dengan speaker internal.

10 Rekomendasi monitor 4K terbaik

Melalui ulasan ini, kami akan memperkenalkan sepuluh rekomendasi monitor 4K dengan berbagai kelebihannya. Setiap kelebihan pada monitor 4K akan sangat berpengaruh pada kebutuhan dan kenyamanan Anda saat menggunakannya. Selamat memilih!

10. ASUS VP28UQG Gaming Monitor

10. ASUS VP28UQG Gaming Monitor

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 5.076.000

Menyamarkan batas antara virtual dan nyata untuk pengalaman gaming lebih berkesan

Monitor ini memberikan Anda sudut pandang bermain game yang cukup lebar, bahkan ketika Anda melihatnya dari posisi tubuh berbaring. Ditanami dengan teknologi ASUS-exclusive GamePlus, pengalaman Anda dalam bermain game akan lebih berkesan.

Dengan teknologi tersebut, Anda yang menggemari game, seperti MOBA (multiplayer online battle arena), akan mendapatkan pengalaman yang lebih nyata. Tak perlu takut lupa waktu saat bermain game karena produk ini juga dilengkapi ASUS Ultra-Low Blue Light technology. Mata pun jadi tidak cepat lelah!

Ukuran 28 inci
Terminal input HDMI (v2.0), DisplayPort (v1.2)
Jenis speaker Tidak diketahui
Jenis panel TN (twisted nematic)
Response speed 1 ms (gray to gray)

9. ASUS Designo MX27UQ Monitor

9. ASUS Designo MX27UQ Monitor

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 10.500.000

Nikmati lagu favorit hanya dengan menghubungkan monitor dan smartphone Anda

Dibekali dengan perangkat audio yang cukup canggih, monitor ini dapat menghasilkan suara yang sangat jernih dan keras. Bagi Anda yang bosan menikmati lagu melalui smartphone, Anda dapat menggunakan monitor ini untuk mengakses daftar lagu di smartphone Anda.

Bisa dihubungkan melalui bluetooth, monitor ini bagaikan speaker aktif nirkabel yang memeriahkan agenda Anda dalam mendengarkan musik. Monitor ini cocok bagi Anda yang hobi bernyanyi atau berkaraoke di rumah. Desainnya yang elegan, tentu tidak bikin malu ketika harus dipasang di ruang tamu atau ruang keluarga.

Ukuran 27.0 inci
Terminal input HDMI (v2.0 dan v1.4), DisplayPort (v1.2)
Jenis speaker Terdapat speaker internal (stereo speakers : 3W x 2 Stereo RMS)
Jenis panel IPS (in plane switching)
Response speed 5 ms (gray to gray)

8. ASUS MG28UQ Gaming Monitor

8. ASUS MG28UQ Gaming Monitor

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 8.750.000

Memudahkan Anda untuk dapat mengisi daya baterai ponsel sembari bekerja

Selain cocok untuk gaming, monitor ini sangat direkomendasikan bagi Anda yang lebih sering bekerja di depan layar untuk mengolah data. Dilengkapi dengan port USB 3.0, produk ini memudahkan Anda untuk mengisi daya baterai ke ponsel, keyboard, maupun mouse dengan lebih cepat.

Tak perlu lagi mencari-cari soket stop kontak ketika hendak mengisi daya gadget Anda! Dengan begitu, Anda dapat bekerja lebih nyaman karena semua gadget yang Anda butuhkan ada di depan mata. Tak lagi panik dan gelagapan mencari ponsel bila ada panggilan masuk sewaktu-waktu.

Ukuran 28 inci
Terminal input HDMI (v2.0 dan v1.4), DisplayPort, USB (v3.0)
Jenis speaker Terdapat speaker internal (stereo speakers : 2W x 2 Stereo RMS)
Jenis panel TN (twisted nematic)
Response speed 1 ms (gray to gray)

7. LG 32UD59

7. LG 32UD59

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 8.450.000

Daya listrik lebih hemat 25% berkat fitur Energy Star

Bagi Anda yang seringkali lupa mematikan monitor setelah selesai digunakan, produk ini akan membantu Anda menghemat listrik. Produk yang satu ini memiliki mode tidur atau hibernasi yang otomatis akan aktif saat monitor menyala, tetapi tidak digunakan.

Karena otomatis memasuki mode tidur saat tak digunakan, tentu saja monitor Anda pun dapat berumur lebih panjang. Selain itu, produk ini juga 25% lebih irit daya listrik berkat adanya fitur Energy Star. Fitur ini akan menghemat daya pemakaian listrik monitor pada saat mode tidur, mati, bahkan saat aktif!

Ukuran 32 inci
Terminal input HDMI (v2.0), DisplayPort (v1.2)
Jenis speaker Tidak diketahui
Jenis panel VA (vertical alignment)
Response speed 5 ms (gray to gray)

6. LG 27UK600-W

6. LG 27UK600-W

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 5.600.000

Memberikan efek tampilan HDR, bahkan pada konten non-HDR

Bagi Anda yang senang menonton film berkualitas Blu-Ray Ultra HD, monitor ini sangat cocok untuk dipilih. Bukan saja memberi tampilan yang clear, monitor ini mampu memberi efek tampilan HDR atau jangkauan dinamis tinggi pada konten yang berkualitas rendah.

Dibekali dengan teknologi pemutar gambar HDR 10, kualitas warna dan kecerahan tampilannya melebihi produk-produk lain di kelasnya. Fitur HDR juga dapat menampilkan kualitas gambar dengan komposisi warna yang lebih natural sehingga Anda mendapatkan pengalaman menonton film yang lebih mantap.

Ukuran 27 inci
Terminal input HDMI (v2.0), DisplayPort (v.2)
Jenis speaker Tidak terdapat speaker internal
Jenis panel IPS (in plane switching)
Response speed 5 ms (gray to gray)

5. Samsung UHD Monitor 28″ U28E590D

5. Samsung UHD Monitor 28" U28E590D

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 6.550.000

Visual lebih nyata dengan detail yang tajam dan akurat, plus berbagai fitur pendukung gaming

Monitor ini dibekali teknologi UHD (Ultra High Definition) untuk tampilan gambar yang nyata. Selain itu, monitor ini menawarkan pencahayaan yang akan memastikan gambar tetap cemerlang, bahkan saat penggunaan di area yang terang sekalipun. Anda yang ingin lebih optimal dalam bermain game, pasti akan jatuh cinta dengan monitor yang satu ini. Mengapa?

Produk ini dibekali dengan Game Mode yang memungkinkan Anda melakukan pengaturan gaming monitor seketika. Hasilnya, bagian gelap terlihat lebih jelas dan pengalaman bermain game menjadi lebih mengasyikan. Kemudian, adanya teknologi AMD FreeSync dapat meminimalkan gambar pecah maupun tersendat saat memainkan game yang berat.

Ukuran 28 inci
Terminal input HDMI (v2.0), DisplayPort (v1.2)
Jenis speaker Tidak terdapat speaker internal
Jenis panel TN (twisted nematic)
Response speed 1 (gray to gray)

4. Dell UltraSharp 27 4K HDR Monitor: UP2718Q

4. Dell UltraSharp 27 4K HDR Monitor: UP2718Q

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 18.430.000

Memudahkan kinerja Anda dalam mengolah berbagai gambar

Monitor ini sangat cocok digunakan oleh Anda yang bekerja sebagai editor foto, film-maker, maupun animator karena telah dibekali kedalaman warna sebanyak 1,07 miliar. Dengan fitur Dell PremierColor, Anda akan mendapatkan hasil warna yang tajam dan detail sehingga memudahkan Anda dalam mengolah warna gambar.

Bagi Anda yang bekerja di ruang penuh jendela dan cahaya, tidak perlu khawatir warna yang ditampilkan oleh layar monitor akan terganggu. Produk Dell yang satu ini memiliki rasio kontras yang tinggi, yakni 20.000 : 1 dan 384 titik zona peredupan. Kinerja Anda dalam mengolah gambar pun dapat lebih efisien.

Ukuran 27 inci
Terminal input HDMI (v2.0a), DisplayPort (v1.4), Mini DisplayPort (v1.4)
Jenis speaker Tidak terdapat speaker internal
Jenis panel IPS (in plane switching)
Response speed 6 ms (gray to gray)

3. Dell UltraSharp 32 4K USB-C Monitor: U3219Q

3. Dell UltraSharp 32 4K USB-C Monitor: U3219Q

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 16.995.000

TUV Certified agar Anda dapat bekerja dengan lebih nyaman

Bagi Anda yang bekerja sebagai desainer, animator, maupun user interface pada web developer, produk ini pantas menjadi pilihan. Monitor 4K ini telah mengantongi TUV Certified dan dibekali fitur yang dapat mengurangi emisi cahaya biru. Hal ini tentunya dirancang untuk mengoptimalkan kerja dan kenyamanan mata saat menatap layar dalam durasi panjang.

Selain tidak cepat membuat mata lelah, produk ini juga akan membuat Anda lebih nyaman dalam mendesain konten dengan posisi potrait. Memiliki rasio aspek 16:9, posisi layarnya pun dapat diputar hingga 90 derajat. Bekerja menjadi lebih efisien, kesehatan mata pun lebih terjaga.

Ukuran 32 inci
Terminal input HDMI (v2.0), DisplayPort (v1.4), USB Type C, USB 3.0 (upstream port, downstream port), USB BC1.2 dengan kemampuan pengisian baterai 2A
Jenis speaker Tidak terdapat speaker internal
Jenis panel IPS (in plane switching)
Response speed 8 ms (normal), 5 ms (fast(gray to gray)

2. Dell 43 Ultra HD 4K Multi Client Monitor: P4317Q

2. Dell 43 Ultra HD 4K Multi Client Monitor: P4317Q

 

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 14.140.000

Memudahkan Anda mengelola empat tampilan sekaligus secara produktif

Monitor ini dapat memberikan Anda pengalaman bekerja secara maksimal karena panel layarnya yang besar. Dengan begitu, Anda dapat mengelola empat jendela tampilan sekaligus secara bersamaan. Selain itu, ketajaman tampilan warna pun tetap konsisten dan dapat dinikmati dalam jangkauan view hingga 178 derajat.

Monitor ini tentu bisa memberi manfaat optimal bagi mereka yang mengelola bisnis secara profesional. Dengan ukuran layar yang besar, monitor ini direkomendasikan bagi Anda yang berprofesi sebagai film-maker, IT consultant, music composer, desainer bangunan, dan lainnya.

Ukuran 43 inci
Terminal input VGA, HDMI, DisplayPort, Mini DisplayPort
Jenis speaker Terdapat speaker internal (dual integrated 8W)
Jenis panel IPS (in plane switching)
Response speed 8 ms (gray to gray)

1. ASUS ROG Swift PG27AQ Gaming Monitor

1. ASUS ROG Swift PG27AQ Gaming Monitor

 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 14.300.000

Berbagai fitur yang menjajikan pengalaman visual bermain game bagai profesional

Dilengkapi dengan ASUS-exclusive GamePlus technology, tampilan gambar saat gaming menjadi bebas lag dan blur. Sering memainkan game dengan konten yang berbeda-beda? Tak perlu khawatir karena monitor ini juga dilengkapi ASUS-exclusive GameVisual technology dengan enam pre-set mode untuk mengubah tema tampilan gambar.

Dalam menampilkan gambar cepat, seperti pada game adu kecepatan, produk yang satu ini pun tergolong tangguh. Pilih saja racing pre-set mode yang akan secara otomatis mengaktifkan fitur G-SYNC™. Tampilan gambar pun akan mengalir dengan lebih smooth di sepanjang permainan.

Ukuran 27 inci
Terminal input HDMI, DisplayPort (v1.2), USB (v3.0)
Jenis speaker Terdapat speaker internal (stereo peakers : 2W x 2 Stereo RMS)
Jenis panel IPS (in plane switching)
Response speed 4 ms (gray to gray)

Baca juga rekomendasi gaming monitor di bawah ini!

Tidak hanya monitor 4K saja, masih banyak jenis monitor lain yang bisa dipilih berdasarkan kebutuhan. Bagi Anda yang doyan bermain game, gaming monitor dapat menjadi pilihan yang tepat. Simak informasi menariknya di bawah ini!

Kesimpulan

Monitor 4K menghasilkan kualitas gambar yang tajam dan indah secara visual. Selain itu, monitor ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan, baik saat bekerja dengan PC maupun bermain game.

Semakin besar ukuran layar bukan berarti semakin baik. Anda perlu menyesuaikan ukurannya dengan sudut dan jarak pandang Anda. Untuk mendapatkan manfaat optimal, sesuaikanlah spesifikasi monitor 4K dengan kebutuhan Anda, seperti yang sudah kami jelaskan di atas.