• 10 Rekomendasi Monitor 4K Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Rekomendasi Monitor 4K Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Rekomendasi Monitor 4K Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Rekomendasi Monitor 4K Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Rekomendasi Monitor 4K Terbaik (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Rekomendasi Monitor 4K Terbaik (Terbaru Tahun 2022)

Monitor 4K menawarkan tampilan berkualitas dengan resolusi tinggi. Maka dari itu, tak heran jika produknya banyak dipilih. Bahkan, terdapat monitor 4K dengan refresh rate 144 Hz yang cocok untuk gaming atau editing. Anda makin tertarik untuk memilikinya, bukan?


Tak masalah, kami akan membantu anda menemukan monitor 4K terbaik dengan menjelaskan tips memilihnya. Kami juga akan berbagi rekomendasi monitor 4K dari aneka merek, seperti LG, Samsung, dan Dell. Ukurannya tentu bervariasi, dari 24 inch sampai 32 inch. Jika Anda mencari monitor 4K yang bagus dan murah, bacalah artikel ini sampai selesai!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 17 Juni 2022
Daftar isi

Apa keunggulan monitor 4K?

Apa keunggulan monitor 4K?

Monitor 4K adalah monitor dengan resolusi empat kali lebih besar dari monitor HD. Produknya termasuk jenis monitor UHD (ultra-high-definition) beresolusi 3.840 x 2.160. Nilai resolusi tersebut memiliki arti kerapatan piksel yang tinggi. Hasilnya, detail warna pada gambar yang ditampilkan monitor menjadi lebih jelas, clean, dan tajam.


Tampilan gambar yang berkualitas membuat banyak orang menggunakan monitor 4K untuk gaming atau kebutuhan profesional. Monitor 4K juga memiliki response time yang lebih cepat dan refresh rate yang lebih tinggi dari TV umumnya, lho.


Pilihan ukuran monitor 4K pun beragam, mulai dari 24 inci hingga 32 inci. Maka dari itu, pilihlah monitor 4K dengan ukuran, spesifikasi, dan fitur yang Anda butuhkan.

Tabel perbandingan produk monitor 4K terbaik

Gambar produk
1
LG UHD 4K IPS Monitor with VESA DisplayHDR™ 400 1

LG

2
BenQ Monitor Gaming 4K HDR 1

BenQ

3
Lenovo ThinkVision 1

Lenovo

4
MSI  Optix 1

MSI

5
AOC 4K UHD Monitor 1

AOC

6
ViewSonic 4K Entertainment Monitor 1

ViewSonic

7
Samsung UE590 UHD Monitor with FreeSync 1

Samsung

8
GIGABYTE Gaming Monitor 1

GIGABYTE

9
Dell  24 Ultra HD 4K Monitor 1

Dell

10
Phillips Monitor LCD dengan USB-C 1

Phillips

Nama produk

UHD 4K IPS Monitor with VESA DisplayHDR™ 400

Monitor Gaming 4K HDR

ThinkVision

Optix

4K UHD Monitor

4K Entertainment Monitor

UE590 UHD Monitor with FreeSync

Gaming Monitor

24 Ultra HD 4K Monitor

Monitor LCD dengan USB-C

Keunggulan

Menawarkan pengalaman lebih untuk gaming console

Mata tetap sehat meski menatap monitor lama-lama

Banyak koneksi input untuk produktivitas tinggi

Curved monitor yang menawarkan pengalaman unik

Range warna lebih luas, editing video lebih puas

Ciptakan sinema dengan monitor yang manjakan mata

Harganya terjangkau untuk fitur yang memukau!

Main game makin seru dengan grafik minim delay

Monitor 4K 24 inch dengan build quality mumpuni

Membaca e-book seperti buku fisik

Harga mulai dariRp 5.568.000,00Rp 4.949.000,00Rp 7.069.600,00Rp 9.550.000,00Rp 4.899.000,00Rp 5.949.000,00Rp 4.142.000,00Rp 13.082.000,00Rp 4.700.000,00Rp 5.020.000,00
Ukuran27 inci28 inci32 inci32 inci28 inci32 inci28 inci32 inci24 inci27 inci
Jenis panelIPSTNIPS VAIPSVA TNIPSIPSIPS
Refresh rate60 Hz60 Hz60 Hz60 Hz60 Hz60 Hz60 Hz144 Hz29–76 Hz60 Hz
Response time5 ms 1 ms Normal: 6 ms・Ekstrem: 4 ms4 ms4 ms2:3 ms 1 ms1 ms Normal: 8 ms・Fast: 6 ms4 ms
AMD FreeSyncxxxxx
Eye careFlicker-freeFlicker-free, low blue light, Brightness Intelligence PlusTÜV Rheinland Eye ComfortFlicker-free, low blue lightFlicker-free, low blue lightFlicker-free, low blue lightFlicker-free, eye saver modeFlicker-free, low blue lightTidak disebutkanFlicker-free, low blue light
Stand adjustmentTiltTidak disebutkanHeight, swivel, tilt, pivotHeight, tiltHeight, swivel, tilt, pivotTilt TiltHeight, swivel, tiltHeight, swivel, tilt, pivotHeight, tilt
TerminalHDMI (2), DisplayPort (1), audio out (1)HDMI (2), DisplayPort (1), audio out (1)HDMI (1), DisplayPort (1), USB-C (2), USB-A (4), audio out (1)HDMI (2), DisplayPort (1), USB-C (1), USB-A (2), USB-B (1), audio out (1)HDMI (2), DisplayPort (1) USB-A (4), audio out (1)HDMI (2), DisplayPort (1), audio out (1)HDMI (2), DisplayPort (1), audio out (1)HDMI (2), DisplayPort (1), USB-A (3), USB-C (1), audio out (1)HDMI (1), DisplayPort (1), Mini DisplayPort (1), USB (5), audio out (1)HDMI (1), DisplayPort (1), USB-C (1), audio out (1)
Tautan produk

Cara memilih monitor 4K

Ada beberapa poin yang akan kami ulas untuk menjadi bahan perhatian Anda saat memilih monitor 4K. Simaklah setiap poinnya berikut dengan saksama sehingga Anda bisa memilih monitor yang sesuai dengan kebutuhan penggunaannya.

Pilih ukuran monitor 4K sesuai tujuan penggunaan

Pilih ukuran monitor 4K sesuai tujuan penggunaan

Pertama-tama, pilihlah monitor 4K dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Makin besar monitor yang Anda pilih, cenderung makin tinggi pula harganya. Memilih monitor dengan ukuran yang tepat tidak hanya meningkatkan produktivitas, tetapi juga menghemat bujet Anda. Simak uraiannya dari kami di bawah ini.


  • Gaming
Untuk gaming PC, kami menyarankan monitor yang berukuran 24–28 inci. Ukuran ini sudah cukup luas untuk mendapatkan detail pada game. Seluruh area layar monitor juga masuk dalam jangkauan mata Anda. Jika Anda pemain game konsol atau bermain game dengan jarak yang lebih jauh, pilih monitor yang lebih besar.

  • Editing
Untuk kebutuhan profesional, seperti editing video dan foto, pilihlah monitor berukuran 28 inci ke atas. Monitor yang besar memungkinkan Anda melakukan split screen dengan tampilan yang masih dapat dilihat jelas. Layarnya yang jelas membuat Anda tidak melewatkan detail-detail kecil yang perlu diedit.

Sesuaikan jenis panel monitor dengan kebutuhan

Ada tiga jenis panel kristal cair atau LCD (liquid crystal display) untuk monitor 4K, yakni IPS, VA, dan TN. Kenalilah setiap tampilan panel beserta penggunaannya secara tepat. Dengan begitu, Anda dapat memilih produk yang sesuai kebutuhan.

IPS, sudut pandang lebar dan mudah dilihat dari berbagai sisi

Panel IPS (in-plane switching) memiliki karakteristik sudut pandang yang lebar. Gambar yang ditampilkan monitor ini tidak akan berubah meski dilihat dari berbagai sisi. Warna yang ditampilkan bahkan tidak berubah dari sisi mana pun Anda memandangnya. 

Monitor dengan panel IPS ideal bagi Anda yang bekerja dengan kondisi monitor tidak terletak lurus di depan mata. Selain itu, panel IPS memiliki keindahan grafik yang sangat baik. Jadi, produknya juga cocok untuk Anda yang sering menonton film.

VA, terlihat indah dari depan dengan kontras yang tinggi

Panel VA (vertical alignment) adalah kristal cair dengan tingkat kontras yang sangat baik. Dibandingkan dengan IPS, panel ini terlihat lebih indah bila dipandang dari depan. Bagi Anda yang lebih sering melihat monitor langsung dari depan, panel jenis ini adalah pilihan tepat.

Kecepatan gambar yang ditampilkan panel ini juga sangat baik sehingga layak untuk digunakan bermain game. Meski begitu, Anda perlu menyesuaikan pengaturan warna dan kecerahannya kembali ketika hendak mengubah jarak pandang. Sebab itu, pastikan lebih dahulu karakteristik panel ini sudah sesuai dengan kebutuhan Anda.

TN, tampilan gambar real-time dengan harga terjangkau

Jika Anda hendak membeli monitor 4K dengan harga terjangkau untuk gaming, kami merekomendasikan panel TN (twisted nematic). Mirip dengan VA, panel TN memiliki performa yang baik dalam kecepatan menampilkan gambar secara real-time. Jadi, Anda tidak perlu khawatir gambar pada monitor mengalami delay meski panel ini lebih murah.

Sudut pandang TN bahkan sama sempitnya dengan VA. Untuk itu, monitor dengan panel ini sangat cocok digunakan bagi Anda yang sering menatap layar dari depan.

Periksa spesifikasi yang memengaruhi performa monitor

Setidaknya ada dua hal teknis yang memengaruhi kualitas tampilan gambar pada monitor, yakni nilai refresh rate dan response time. Kami akan memerincinya untuk Anda pada poin berikut.

Refresh rate, menunjukkan kualitas gambar dari monitor 4K

Refresh rate, menunjukkan kualitas gambar dari monitor 4K

Refresh rate adalah kemampuan memperbarui gambar setiap detik. Sebagai contoh, produk dengan refresh rate 60 Hz memperbarui gambar hingga enam puluh kali per 1 detik. Makin tinggi nilai refresh rate, makin halus juga pergerakan gambarnya.

 
Monitor 4K umumnya memiliki refresh rate 60 Hz. Namun, kami menyarankan Anda memilih monitor 4K 120 Hz atau 144 Hz untuk gaming. Nilai refresh rate tersebut membuat tampilan saat gaming lebih halus dan minim gambar yang patah atau rusak.

Response time, memengaruhi peralihan warna gambar

Response time, memengaruhi peralihan warna gambar
Response time menunjukkan waktu yang diperlukan untuk mengubah warna. Makin rendah angkanya, monitor makin responsif dengan perubahan warna. Produk dengan response time 1–5 ms disarankan untuk Anda yang mencari gaming monitor.

Di sisi lain, Anda yang membutuhkan monitor 4K untuk kebutuhan berbeda bisa mempertimbangkan response time yang lebih tinggi. Response time yang rendah lebih dibutuhkan untuk gaming karena gambarnya yang jauh lebih dinamis.

Cek fitur-fitur yang menunjang penggunaan monitor

Banyak monitor 4K dengan fitur-fitur yang canggih dan menarik, lho. Keberadaan fitur membuat penggunaan monitor jadi makin kaya dan nyaman. Berikut kami telah merangkum fitur-fitur yang paling umum dimiliki monitor 4K.

AMD FreeSync™, main game dengan tampilan yang lebih halus

AMD FreeSync™, main game dengan tampilan yang lebih halus

Beberapa monitor 4K dilengkapi fitur yang menunjang untuk gaming. Jenis monitor ini tidak hanya menyuguhkan tampilan gambar yang tajam, tetapi juga pengalaman gaming yang menyenangkan. 


Salah satu fitur untuk gaming yang paling sering ditemukan adalah AMD FreeSync™. Ini merupakan teknologi untuk mengatasi gambar yang tearing pada monitor. Jadi, pergerakan gambar saat gaming akan lebih halus dan tidak pecah-pecah meski Anda mengaturnya pada resolusi tinggi.

Built-in speaker, hemat dan praktis tanpa perangkat tambahan

Adanya built-in speaker pada monitor membuat Anda tidak perlu membeli speaker sehingga dapat menghemat bujet. Meski demikian, kualitasnya memang tidak sebagus speaker eksternal.

Namun, Anda bisa lebih lega karena monitor 4K umumnya dilengkapi audio jack. Dengan begitu, Anda dapat menyambungkannya ke headset atau perangkat audio lainnya untuk merasakan sensasi audio yang menggelegar.

Eye care, melindungi kesehatan mata saat menggunakan monitor

Eye care, melindungi kesehatan mata saat menggunakan monitor

Eye care merupakan fitur yang membantu menjaga mata Anda tetap sehat dan tidak cepat lelah saat menatap monitor lama-lama. Setidaknya ada dua jenis fitur eye care, yakni flicker-free dan low blue light.


Agar makin aman, pastikan monitor Anda sudah memiliki sertifikasi TÜV Rheinland. Ini merupakan sertifikasi keamanan pada barang elektronik yang sudah diakui secara internasional.

Stand adjustment, mengatur posisi monitor senyaman mungkin

Stand adjustment memengaruhi seberapa fleksibel Anda bisa mengubah posisi monitor. Setidaknya ada empat jenis stand adjustment, yakni height (tinggi-rendah), swivel (kiri-kanan), tilt (kemiringan), dan pivot (horizontal-vertikal).


Tidak setiap monitor 4K mempunyai semua fungsi tersebut. Terdapat produk dengan beberapa fungsi pengaturan posisi saja. Jadi, jangan lupa untuk memeriksanya, ya!

Ketahui ragam terminal yang disediakan monitor

Terminal input berfungsi untuk menyambungkan monitor dengan perangkat lain, seperti CPU, laptop, smartphone, speaker, USB, konsol game, dan headphone. Jadi, penting untuk menyesuaikan jumlah dan jenis terminal input monitor dengan perangkat yang Anda gunakan. Hal ini agar monitor dapat berfungsi dengan baik sesuai kebutuhan.


Terminal input yang paling umum adalah HDMI dan DisplayPort. Keduanya berfungsi menghubungkan monitor dengan CPU, laptop, konsol game, dan sejenisnya. Ada juga terminal input USB-C dan USB-A untuk menyambungkan monitor dengan smartphone atau perangkat sejenisnya. Selain itu, ada audio out untuk menghubungkan monitor dengan speaker atau headset.

10 Rekomendasi monitor 4K terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk monitor 4K terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

PhillipsMonitor LCD dengan USB-C

279E1EW/70

Mulai dari Rp 5.020.000,00

Ukuran27 inci
Jenis panelIPS
Refresh rate60 Hz
Response time4 ms
AMD FreeSyncx
Eye careFlicker-free, low blue light
Stand adjustmentHeight, tilt
TerminalHDMI (1), DisplayPort (1), USB-C (1), audio out (1)
9
Ukuran24 inci
Jenis panelIPS
Refresh rate29–76 Hz
Response timeNormal: 8 ms・Fast: 6 ms
AMD FreeSyncx
Eye careTidak disebutkan
Stand adjustmentHeight, swivel, tilt, pivot
TerminalHDMI (1), DisplayPort (1), Mini DisplayPort (1), USB (5), audio out (1)
8
Ukuran32 inci
Jenis panelIPS
Refresh rate144 Hz
Response time1 ms
AMD FreeSync
Eye careFlicker-free, low blue light
Stand adjustmentHeight, swivel, tilt
TerminalHDMI (2), DisplayPort (1), USB-A (3), USB-C (1), audio out (1)
7

SamsungUE590 UHD Monitor with FreeSync

LU28E590DS/XD

Mulai dari Rp 4.142.000,00

Ukuran28 inci
Jenis panelTN
Refresh rate60 Hz
Response time1 ms
AMD FreeSync
Eye careFlicker-free, eye saver mode
Stand adjustmentTilt
TerminalHDMI (2), DisplayPort (1), audio out (1)
6

ViewSonic4K Entertainment Monitor

VX3211-4K-mhd

Mulai dari Rp 5.949.000,00

Ukuran32 inci
Jenis panelVA
Refresh rate60 Hz
Response time2:3 ms
AMD FreeSync
Eye careFlicker-free, low blue light
Stand adjustmentTilt
TerminalHDMI (2), DisplayPort (1), audio out (1)
5
Ukuran28 inci
Jenis panelIPS
Refresh rate60 Hz
Response time4 ms
AMD FreeSyncx
Eye careFlicker-free, low blue light
Stand adjustmentHeight, swivel, tilt, pivot
TerminalHDMI (2), DisplayPort (1) USB-A (4), audio out (1)
4
Ukuran32 inci
Jenis panelVA
Refresh rate60 Hz
Response time4 ms
AMD FreeSyncx
Eye careFlicker-free, low blue light
Stand adjustmentHeight, tilt
TerminalHDMI (2), DisplayPort (1), USB-C (1), USB-A (2), USB-B (1), audio out (1)
3
Ukuran32 inci
Jenis panelIPS
Refresh rate60 Hz
Response timeNormal: 6 ms・Ekstrem: 4 ms
AMD FreeSyncx
Eye careTÜV Rheinland Eye Comfort
Stand adjustmentHeight, swivel, tilt, pivot
TerminalHDMI (1), DisplayPort (1), USB-C (2), USB-A (4), audio out (1)
2

BenQMonitor Gaming 4K HDR

EL2870U

Mulai dari Rp 4.949.000,00

Ukuran28 inci
Jenis panelTN
Refresh rate60 Hz
Response time1 ms
AMD FreeSync
Eye careFlicker-free, low blue light, Brightness Intelligence Plus
Stand adjustmentTidak disebutkan
TerminalHDMI (2), DisplayPort (1), audio out (1)
1

LGUHD 4K IPS Monitor with VESA DisplayHDR™ 400

27UP600-W

Mulai dari Rp 5.568.000,00

Ukuran27 inci
Jenis panelIPS
Refresh rate60 Hz
Response time5 ms
AMD FreeSync
Eye careFlicker-free
Stand adjustmentTilt
TerminalHDMI (2), DisplayPort (1), audio out (1)

Baca juga rekomendasi produk monitor lainnya di sini

Kami juga telah mengulas berbagai jenis monitor lainnya. Selain monitor 4K, Anda bisa mempertimbangkan curved monitor, monitor LCD, dan gaming monitor. Jika Anda membutuhkan ulasannya sebagai perbandingan, silakan buka tautan-tautan berikut!

Kesimpulan

Monitor 4K menawarkan kualitas gambar yang tajam dan indah secara visual. Tak hanya itu, banyak juga monitor dengan fitur menarik untuk menyesuaikan kebutuhan Anda. Bahkan, ada monitor khusus untuk gaming, editing, atau menonton film.

Maka dari itu, penting untuk mencari monitor 4K dengan fitur yang sesuai kebutuhan Anda. Selain ukurannya, periksalah spesifikasi penting yang lain. Anda bisa memakai artikel kami ini sebagai acuan dalam memilih monitor 4K terbaik. Selamat berbelanja!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Set-Top Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Set-Top Box Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Siaran TV analog yang sudah mengudara di Indonesia selama ini akan diganti siaran TV digital. Saat ini, Pemerintah Indonesia sedang mengampanyekan program migrasi TV analog ke digital (MODI). Program ini ditargetkan rampung pada November 2022. Anda yang masih memiliki TV analog sebaiknya segera membeli set-top box untuk tetap bisa menonton televisi.Set-top box kini sudah dijual di toko offline dan online. Kami akan menunjukkan cara memilih set-top box yang bagus. Tak hanya itu, kami juga merekomendasikan berbagai merek set-top box terbaik, seperti Matrix, Polytron, dan Tanaka.
    TV & perangkat video
  • 10 Rekomendasi Antena TV Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Antena TV Digital Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Belum lama ini Indonesia merilis kebijakan tentang migrasi dari TV analog ke TV digital. Karena itu, banyak masyarakat yang mulai mencari antena TV digital. Namun, masyarakat acap kali bingung ketika ingin memilih antena TV digital terbaik. Apakah memilih merek Toyosaki, SANEX, PX, OASE, atau lainnya?Artikel kali ini membahas tips memilih antena TV digital, baik untuk indoor maupun outdoor. Kami juga memberikan rekomendasi antena digital yang bagus untuk TV tabung, LED, dan LCD. Dengan begitu, tayangan televisi akan lebih jelas dan jernih. Jangan sampai ketinggalan untuk menyimak penjelasannya!
    TV & perangkat video
  •  10 Merk Kamera CCTV Terbaik untuk Rumah Anda (Terbaru Tahun 2022)
    10 Merk Kamera CCTV Terbaik untuk Rumah Anda (Terbaru Tahun 2022)
    Kamera CCTV berguna untuk memantau supaya rumah Anda lebih aman. Maka dari itu, memilih kamera CCTV terbaik untuk rumah Anda merupakan hal yang penting. Namun, jenisnya sangat beragam, seperti kamera CCTV mini jarak jauh tanpa kabel atau yang untuk outdoor. Hal ini mungkin membuat Anda bingung dalam memilih kamera CCTV yang bagus.  Oleh karenanya, kami akan menjelaskan tips memilih kamera CCTV untuk rumah Anda. Kami juga akan berbagi rekomendasi produk dari merek CCTV terbaik, seperti Hikvision, Xiaomi, dan Dahua. Mari baca artikel ini agar Anda makin paham soal kamera CCTV!
    TV & perangkat video
  • 10 Rekomendasi Smart TV Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Smart TV Murah Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Apakah Anda sedang mencari smart TV terbaik? Atau, Anda sedang mencari smart TV dengan harga murah? Saat ini, tersedia banyak merk smart TV yang bagus dengan harga 1 jutaan dan 3 jutaan, seperti Xiaomi dan Polytron. Ukuran smart TV juga bervariasi, mulai 32 inch dan 43 inch.Sebelum memilih smart TV, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Salah satunya adalah sistem operasi yang digunakan, seperti Android TV, WebOS, atau Tizen. Periksa juga kualitas gambar dan audio dari smart TV. Jika Anda bingung, jadikanlah artikel ini sebagai panduan sebelum memilih.
    TV & perangkat video
  • 10 Rekomendasi Smart TV Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Smart TV Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Smart TV akan memperkaya konten yang bisa Anda nikmati di rumah bersama keluarga. Selain menawarkan ragam tayangan hiburan, produknya memiliki teknologi yang canggih. Anda bisa menikmati konten dari YouTube dan Netflix, maupun layanan lain, seperti browser dan game.Kali ini kami akan membagikan rekomendasi smart TV terbaik dari berbagai merek, seperti Samsung, Xiaomi, LG, dan lainnya. Ukurannya pun beragam, mulai dari smart TV 32 inch sampai yang 50 inch. Namun, sebelumnya akan kami jelaskan cara memilih smart TV yang bagus untuk Anda. Simak artikel ini sampai tuntas, ya!
    TV & perangkat video
  • 10 Rekomendasi Receiver Parabola Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Receiver Parabola Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Banyak dari Anda yang menggunakan antena parabola untuk menangkap sinyal TV atau menonton acara dari channel luar negeri. Supaya berfungsi, parabola membutuhkan alat untuk mengirimkan sinyal dari dish ke televisi atau yang disebut receiver parabola. Agar bisa menonton acara favorit, Anda membutuhkan receiver yang sesuai dengan antena parabola yang dimiliki.Supaya tak salah pilih, kami akan memandu Anda memilih receiver parabola serta menjelaskan fungsi dan cara kerjanya. Kami juga menyiapkan rekomendasi merek receiver parabola yang bagus, seperti Nex Parabola, Matrix, K-Vision, Venus, dan Tanaka. Penasaran? Yuk simak ulasan lengkapnya!
    TV & perangkat video
  • 10 Rekomendasi TV Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi TV Samsung Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Samsung adalah perusahaan elektronik dari Korea Selatan yang memproduksi serangkaian produk berkualitas tinggi, contohnya TV. TV merek Samsung dikenal dengan kualitas yang mumpuni dan memberikan kenyamanan bagi penggunanya. Jenis TV Samsung bervariasi, mulai dari HD TV, Smart TV, hingga Lifestyle TV. Ukurannya pun bermacam-macam, ada 32 inci, 43 inci, 50 inci, hingga 75 inci. Melalui artikel ini, kami akan memperkenalkan cara memilih serta merekomendasikan produk TV Samsung yang bagus. Anda bisa memilih produk sesuai kategori, ukuran, dan kebutuhan. Simak terus artikel berikut untuk menemukan TV Samsung terbaik bagi Anda.
    TV & perangkat video
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori