mybest
Tempat duduk

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Interior & furnitur
  3. Ruang tamu & keluarga
  4. 9 Sofa Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024)
  • 9 Sofa Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 9 Sofa Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 9 Sofa Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 9 Sofa Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 9 Sofa Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024) 5

9 Sofa Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024)

Setelah beraktivitas sepanjang hari, rasanya sangat nyaman apabila Anda dapat bersantai di sofa rumah. Namun, jika rumah Anda kecil, sofa malah akan membuat rumah tampak sempit, terutama bila Anda tinggal sendiri.

Kali ini kami akan membahas berbagai macam sofa, dari sofa single minimalis sampai single sofa bed. Kami juga akan memberikan tips memilih single seater sofa yang bagus untuk Anda yang tinggal sendiri. Rekomendasi sofa terbaik dari merek ternama, seperti IKEA, Olive House, dan Informa juga ada. Jangan sampai ketinggalan, ya! Artikel ini sudah ditinjau oleh arsitek kami, Endi Burhan
Diperbaharui 14/07/2023
Endi Burhan
Pakar
Arsitek dan 3D architectural visualization artist
Endi Burhan

Burhan adalah seorang arsitek muda yang memiliki SKA aktif dengan kualifikasi Ahli Muda. Ia juga terdaftar sebagai anggota aktif Ikatan Arsitek Indonesia sejak 2016. Burhan menggeluti bidang kerja desain arsitektur, visualisasi arsitektur, dan desain interior sejak 2012. Burhan memiliki berbagai pengalaman sebagai drafter arsitektur untuk beberapa perseroan dan proyek. Pada 2017, ia membentuk entitas desain dan architectural visualisation specialist bernama P.O.T. Studio sebagai arsitek dan 3D archviz artist. Anda bisa menyapa Burhan melalui Instagram, YouTube, ataupun akun Artstation-nya.

Profil Endi Burhan
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih sofa untuk Anda yang tinggal sendiri

Memilih sofa berukuran kecil yang nyaman memang bukan hal mudah. Untuk itu, kami akan mengulas poin-poin penting yang perlu Anda perhatikan dalam memilih sofa tersebut. Mari kita mulai!

1

Sesuaikan ukuran sofa dengan ruangan dan kegunaannya

Ketika mencari sofa yang cocok untuk Anda yang tinggal sendiri, pilihlah produk yang tidak menghabiskan banyak tempat. Di bawah ini kami akan memperkenalkan tipe sofa berdasarkan ukuran dan ruang di rumah Anda.

Sofa tipe 1 atau 1,5 seater: Pas untuk satu orang dan hemat ruang

Sofa tipe 1 atau 1,5 seater: Pas untuk satu orang dan hemat ruang
Apabila Anda akan menempatkan sofa di ruang yang kecil, kami rekomendasikan sofa dengan satu tempat duduk. Lebar sofa 1 seater hanya sekitar 50–55 cm sehingga Anda akan menghemat lebih banyak ruang. Sebagai informasi, lebar sofa adalah jarak antara sisi kanan hingga sisi kiri sofa.

Ukuran sofa akan lebih compact jika Anda menggunakan sofa yang tidak memiliki sandaran lengan. Meskipun begitu, sofa dengan sandaran lengan dapat membantu Anda lebih relaks. Sandaran lengan juga akan membuat lengan Anda tidak pegal dan terasa lebih nyaman. Namun, ukuran sofa bakal bertambah sekitar 10–20 cm. 


Jika sofa berukuran 1 seater terasa terlalu sempit, Anda dapat menggunakan sofa berukuran 1,5 seater. Lebar sofa 1,5 seater umumnya antara 100–120 cm sehingga ideal untuk digunakan bersantai. Sofa tipe ini cukup populer di luar negeri. Sayangnya, tipe 1,5 seater masih jarang ditemui di Indonesia.


Akan tetapi, sebelum Anda memutuskan ukuran sofa, tentukan dahulu fungsi dan penggunaannya. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar bisa mendapatkan sofa yang nyaman sekaligus estetis, yaitu:

  • Tinggi dudukan sebaiknya antara 40–45 cm

  • Saat sandaran sofa direbahkan, sudut antara dudukan dengan sandaran adalah antara 101–120 derajat

  • Sudut dudukan (perbandingan tinggi dudukan depan dan belakang) kurang lebih 30 derajat

  • Panjang dudukan sebaiknya antara 34–40 cm (yang dimaksud dengan panjang dudukan adalah kedalaman area duduk)

  • Lebar dudukan minimal 36 cm

  • Tinggi sandaran sofa minimal 37 cm

Sofa lantai: Alternatif untuk membuat ruangan tidak terasa sempit

Sofa lantai: Alternatif untuk membuat ruangan tidak terasa sempit
Meskipun tinggal sendiri, beberapa orang ingin menggunakan sofa yang dapat menampung dua orang atau lebih. Sofa berkapasitas dua orang biasanya memiliki ukuran lebar lebih besar, yaitu antara 140–160 cm. Anda juga bisa memilih sofa yang sekaligus bisa digunakan berbaring. 

Jika Anda ingin meluruskan kaki, pilihlah sofa couch yang tempat duduknya lebih lebar. Bila lebarnya mencukupi, sofa tersebut bisa digunakan untuk duduk dua orang. Sofa ini sungguh praktis bila ada tamu yang berkunjung.


Sofa dengan kapasitas dua orang tentu memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan satu orang. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya Anda memilih sofa lantai yang rendah sehingga tidak membuat kamar terasa sempit.

Sofa bed: Ukurannya lebih besar dan memiliki dua fungsi

Sofa bed: Ukurannya lebih besar dan memiliki dua fungsi
Sofa bed dengan sandaran punggung yang dapat direbahkan juga digemari karena bisa menjadi tempat tidur bagi tamu. Akan tetapi, lebarnya dapat mencapai hingga 180 cm. Ukuran tersebut kurang cocok ditempatkan di kamar kos atau di rumah yang hanya memiliki satu ruangan.

Beberapa orang mungkin memilih sofa tipe ini sebagai alas tidur sehari-hari. Namun, selain harganya cukup tinggi, Anda juga perlu mempertimbangkan kenyamanannya apabila digunakan tidur sehari-hari. Pada dasarnya, produk ini memang tidak ditujukan untuk Anda yang tinggal sendiri. Karena itu, pikirkanlah dahulu sebelum membelinya.

2

Pastikan sandaran punggungnya nyaman

Pastikan sandaran punggungnya nyaman
Salah satu hal yang terkadang diabaikan ketika memilih sofa adalah sandaran punggungnya. Jika sandaran punggung terlalu rendah, leher Anda tidak akan tertopang dengan baik sehingga leher mudah pegal. Untuk itu, Anda bisa memilih sofa dengan bantalan punggung tinggi yang dapat menopang leher. Dengan demikian, Anda tetap merasa nyaman walaupun sofanya rendah.

Berikut adalah dimensi standar untuk sandaran punggung pada sofa:

  • Tinggi minimal 37 cm
  • Sudut sandaran terhadap area duduk 101–120 derajat
  • Derajat kemiringan duduk 30 derajat (untuk memaksimalkan kenyamanan saat bersandar)

Pada dasarnya, terdapat pro dan kontra mengenai tipe sofa yang paling tepat. Karena itu, tentukan dahulu prioritas Anda, apakah Anda lebih mengutamakan kenyamanan atau ukuran sofa. Namun, ingat, ukuran sofa yang memiliki sandaran punggung biasanya lebih besar dibandingkan dengan yang terlihat di foto. Untuk itu, periksalah selalu ukuran produk, termasuk bagian sandaran punggungnya.

3

Pilih sofa yang multifungsi

Alangkah baiknya jika produk yang Anda beli tidak sekadar berfungsi sebagai tempat duduk, tetapi juga memiliki fungsi lain. Bagi orang-orang yang tinggal sendiri, produk demikian sangat menghemat penggunaan ruang. Supaya Anda mendapat sofa yang tepat, cobalah untuk membandingkan beberapa fungsi tambahan lainnya di bawah ini.

Sofa dengan otoman: Bisa digunakan untuk meluruskan kaki

Sofa dengan otoman: Bisa digunakan untuk meluruskan kaki
Dengan otoman, Anda bisa meluruskan kaki ketika duduk di sofa sehingga Anda lebih relaks seperti sedang duduk di couch. Agar lebih menghemat ruang, Anda dapat menggunakannya bersama dengan sofa berukuran single. Dengan begitu, Anda tetap mendapat kenyamanan tanpa menghabiskan banyak ruang di rumah. Ketika ada tamu yang berkunjung, Anda juga bisa memanfaatkannya sebagai tempat duduk.

Sebelum Anda membeli otoman, pastikan tingginya sama atau hanya berbeda sedikit dengan sofa utama. Hal itu bertujuan agar punggung bagian bawah Anda tidak merasa terbebani jika Anda menggunakannya dalam waktu yang lama. Selisih ketinggian yang disarankan kurang lebih 3–5 cm.

Sofa dengan laci: Ruangan lebih rapi berkat kotak penyimpanannya

Sofa dengan laci: Ruangan lebih rapi berkat kotak penyimpanannya
Anda yang tinggal sendiri mungkin sering mengalami masalah dengan tempat penyimpanan di rumah yang terbatas. Sofa dengan tambahan tempat penyimpanan barang dapat mengatasi hal tersebut. Sofa tipe ini dapat dimanfaatkan sebagai kotak penyimpanan sehingga lebih menghemat ruang.

Secara umum, tempat penyimpanan pada sofa terbagi menjadi dua jenis. Tempat penyimpanan tersebut ada yang seperti laci dan ada yang harus dibuka dari atas. Tempat penyimpanan yang dibuka dari atas biasanya memiliki ruang penyimpanan yang lebih besar


Namun, mengeluarkan dan menyimpan barang akan lebih mudah dilakukan jika Anda menggunakan sofa dengan laci. Karena itu, Anda sebaiknya memilih berdasarkan jenis barang yang hendak disimpan.


Untuk sofa dengan fitur penyimpanan bawah, pastikan ketinggian area duduk tidak lebih dari 45 cm. Hal ini bertujuan agar Anda masih bisa duduk dengan nyaman sambil tetap menapakkan kaki ke lantai. Tinggi area duduk yang ideal akan membantu mengurangi ketegangan pada otot pinggang dan kaki bawah.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

9 Rekomendasi sofa terbaik untuk Anda yang tinggal sendiri

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sembilan produk sofa terbaik untuk Anda yang tinggal sendiri yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Disclaimer: Sembilan produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Endi Burhan.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Informa

Nelson Sofa Recliner 1 Dudukan10217527

Informa Nelson Sofa Recliner 1 Dudukan 1

Rp3.999.000

Agak Mahal

Sistem recliner-nya membuat waktu santai Anda makin berkualitas

2

JYSK

Armchair Calista

JYSK Armchair Calista 1

Rp2.300.000

Menengah

Dijamin betah duduk di rumah berkat sofa kekinian yang sandaran tangannya rendah

3

ACE

Krishome Kotak Penyimpanan Ottoman dengan Laci161DB

ACE  Krishome Kotak Penyimpanan Ottoman dengan Laci 1

Rp284.000

Lebih Murah

Si mungil yang bisa menyimpan buku bacaan favorit Anda

4

IKEA

STRANDMON Kursi Bersayap

IKEA  STRANDMON Kursi Bersayap 1

Rp2.995.000

Menengah

Lengkapi interior klasik dengan sandaran sofa berdesain tinggi

5

XIONCO

CUBIX Series – Kursi Sofa Minimalis ACS-CBX-1AC

XIONCO CUBIX Series – Kursi Sofa Minimalis AC 1

Rp960.000

Agak Murah

Rangkanya dari kayu jati, lebih awet dan tahan lama!

6

IKEA

KIVIK Chaise Lounge

IKEA  KIVIK Chaise Lounge 1

Rp4.495.000

Lebih Mahal

Lebih relaks meluruskan kaki berkat tempat duduknya yang panjang

7

Best Indo

The Olive House Morning Sofa Bed

Best Indo The Olive House Morning Sofa Bed  1

Rp1.632.500

Agak Murah

Sandarannya dapat diatur menjadi tiga posisi, bebas pilih posisi ternyaman!

8

Best Indo

The Olive House Jamie Peanut Sofabed

Best Indo The Olive House Jamie Peanut Sofabed  1

Rp2.490.000

Menengah

Dijadikan tempat duduk bisa, tempat tidur pun bisa!

9

Sofa Multifungsi Storage Rotan Sintetis

 Sofa Multifungsi Storage Rotan Sintetis 1

Rp2.500.000

Menengah

Efisien, bisa simpan beberapa barang di dalam sofa

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

InformaNelson Sofa Recliner 1 Dudukan10217527

Nelson Sofa Recliner 1 Dudukan 1
Sumber: ruparupa.com
Nelson Sofa Recliner 1 Dudukan 2
Sumber: ruparupa.com
Nelson Sofa Recliner 1 Dudukan 3
Sumber: ruparupa.com
Nelson Sofa Recliner 1 Dudukan 4
Sumber: ruparupa.com
Harga referensi
Rp3.999.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp3.999.000
Agak Mahal

Sistem recliner-nya membuat waktu santai Anda makin berkualitas

Tiap orang tentu memiliki kebutuhan untuk beristirahat. Sofa recliner ini dapat menjadi produk yang ideal untuk menemani waktu santai Anda. Sandaran punggungnya dapat direbahkan dan sandaran kakinya dapat dinaikkan. Anda pun dapat bersantai dengan nyaman sambil mendengarkan musik favorit.

Material yang digunakan juga terasa lembut. Ditambah lagi, desainnya terlihat modern sehingga akan memberi tampilan yang elegan di rumah Anda. Dengan produk ini, kualitas istirahat Anda tetap terjaga tanpa harus membeli sofa yang besar.
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

JYSKArmchair Calista

Harga referensi
Rp2.300.000
Menengah
Harga referensi
Rp2.300.000
Menengah

Dijamin betah duduk di rumah berkat sofa kekinian yang sandaran tangannya rendah

Apabila Anda sedang mencari sofa berdesain modern yang dapat membuat Anda relaks, produk ini adalah jawabannya. Ia dilengkapi dengan sandaran tangan yang rendah sehingga Anda dapat duduk lebih santai setelah seharian di luar rumah. Selain itu, warna light grey sofa ini dapat membuat ruangan di rumah Anda tampak lebih minimalis.

No.3

ACE Krishome Kotak Penyimpanan Ottoman dengan Laci161DB

Harga referensi
Rp284.000
Lebih Murah
Harga referensi
Rp284.000
Lebih Murah

Si mungil yang bisa menyimpan buku bacaan favorit Anda

Produk yang satu ini dapat Anda manfaatkan untuk berbagai fungsi, misalnya untuk menyimpan buku favorit Anda. Selain itu, ia bisa juga dijadikan alas untuk meluruskan kaki atau sebagai tempat duduk, bahkan meja kecil. 


Dengan sofa kecil ini, Anda akan mendapatkan dua buah tempat penyimpanan sekaligus. Bentuknya penyimpanannya yang seperti laci juga memudahkan Anda untuk mengambil dan menyimpan buku favorit Anda.

No.4

IKEA STRANDMON Kursi Bersayap

STRANDMON Kursi Bersayap 1
Sumber: ikea.co.id
STRANDMON Kursi Bersayap 2
Sumber: ikea.co.id
STRANDMON Kursi Bersayap 3
Sumber: ikea.co.id
STRANDMON Kursi Bersayap 4
Sumber: ikea.co.id
Harga referensi
Rp2.995.000
Menengah
Harga referensi
Rp2.995.000
Menengah

Lengkapi interior klasik dengan sandaran sofa berdesain tinggi

Apakah Anda penyuka gaya klasik? Jika ya, produk ini layak dipilih. Desainnya terinspirasi dari kursi bersayap yang populer pada sekitar 1950-an. Sandaran lengan dan punggungnya yang tinggi akan terasa seperti sedang memeluk tubuh Anda sehingga memberikan sensasi nyaman dan hangat. IKEA juga memberikan garansi selama 10 tahun untuk produk ini.
No.5

XIONCOCUBIX Series – Kursi Sofa Minimalis ACS-CBX-1AC

Harga referensi
Rp960.000
Agak Murah

Rangkanya dari kayu jati, lebih awet dan tahan lama!

Sofa simpel ini sangat pas dan pastinya tidak akan banyak menghabiskan tempat di rumah Anda. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan dua buah bantal untuk menemani waktu bersantai Anda. 


Rangkanya yang terbuat dari kayu jati memberikan jaminan bahwa sofa ini dapat digunakan untuk waktu yang lama. Kami merekomendasikan produk ini jika Anda merupakan penggemar produk bermaterial kayu jati.

No.6

IKEA KIVIK Chaise Lounge

KIVIK Chaise Lounge 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp4.495.000
Lebih Mahal
Harga referensi
Rp4.495.000
Lebih Mahal

Lebih relaks meluruskan kaki berkat tempat duduknya yang panjang

Sehabis lelah bekerja dan beraktivitas, pasti Anda ingin bersantai dan meluruskan kaki. Nah, produk ini sangat tepat untuk memberikan kenyamanan dan membuat kaki Anda lebih relaks. Sofa ini memiliki tempat duduk yang lebar dan memungkinkan Anda untuk meluruskan kaki dengan santai. 


Selain itu, sofa ini juga bisa diduduki oleh dua orang karena tidak memiliki sandaran lengan. Menariknya lagi, IKEA memberikan garansi selama 10 tahun untuk produk sofa ini. Anda pun dapat menggunakannya dengan hati yang tenang.

No.7

Best IndoThe Olive House Morning Sofa Bed

Harga referensi
Rp1.632.500
Agak Murah
Harga referensi
Rp1.632.500
Agak Murah

Sandarannya dapat diatur menjadi tiga posisi, bebas pilih posisi ternyaman!

Produk ini hadir untuk memberikan kenyamanan maksimal kepada Anda. Hal ini disebabkan bagian sandarannya dapat diubah menjadi tiga posisi yang berbeda. Anda pun dapat dengan bebas mengubah posisi sandarannya dan memilih mana yang ternyaman. 


Karena ukurannya cukup besar, sofa ini cocok untuk digunakan bersantai bersama teman atau pasangan Anda. Sebagai tambahan, sofa ini juga dapat difungsikan sebagai tempat tidur, lho!

No.8

Best IndoThe Olive House Jamie Peanut Sofabed

Harga referensi
Rp2.490.000
Menengah

Dijadikan tempat duduk bisa, tempat tidur pun bisa!

Sebagai sofa lantai, produk ini akan membantu membuat rumah Anda terlihat lebih lapang. Bukan itu saja, kenyamanan Anda juga terjamin dengan adanya sandaran punggung yang cukup tinggi. Ditambah lagi, jika Anda ingin beristirahat, Anda cukup meluruskan sofanya saja dan jadilah tempat tidur! Produk ini dapat menjadi alternatif jika Anda mencari produk yang nyaman dan multifungsi.

No.9

Sofa Multifungsi Storage Rotan Sintetis

Sofa Multifungsi Storage Rotan Sintetis 1
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp2.500.000
Menengah
Harga referensi
Rp2.500.000
Menengah

Efisien, bisa simpan beberapa barang di dalam sofa

Untuk mengatasi keterbatasan ruang di dalam rumah Anda, produk ini dapat Anda pertimbangkan. Sofa dari rotan sintetis ini memiliki tempat penyimpanan di bagian bawah tempat duduknya. Jika ingin mengambil dan menyimpan barang, Anda hanya perlu mengangkat tempat duduk. Dengan sofa tipe ini, ruangan kecil jadi tetap terasa luas!

Baca juga rekomendasi produk lainnya untuk Anda yang tinggal sendiri

Artikel ini secara khusus mengulas berbagai poin penting untuk memilih sofa terbaik untuk Anda yang tinggal sendiri. Selain itu, kami juga mempunyai rekomendasi produk lainnya yang mungkin dibutuhkan oleh Anda yang tinggal sendiri. Silakan simak melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Bagaimana dengan artikel kami kali ini? Tinggal di rumah atau kamar yang ukurannya terbatas tentu mengharuskan Anda untuk mempertimbangkan ukuran sofa yang hendak dibeli. 

Meskipun demikian, jangan lupa untuk tetap memperhatikan kenyamanan produk yang dipilih. Pertimbangkan juga mengenai fitur yang dimiliki oleh sofa pilihan Anda. Dengan artikel ini, kami berharap Anda dapat memilih sofa terbaik yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Good luck!

5 Rekomendasi Sofa untuk Anda yang Tinggal Sendiri terbaik

No. 1: InformaNelson Sofa Recliner 1 Dudukan10217527

No. 2: JYSKArmchair Calista

No. 3: ACE Krishome Kotak Penyimpanan Ottoman dengan Laci161DB

No. 4: IKEA STRANDMON Kursi Bersayap

No. 5: XIONCOCUBIX Series – Kursi Sofa Minimalis ACS-CBX-1AC

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Interior & furnitur
  3. Ruang tamu & keluarga
  4. 9 Sofa Terbaik untuk Anda yang Tinggal Sendiri - Ditinjau oleh Arsitek (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.