10 Rekomendasi Sneakers Vans Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

10 Rekomendasi Sneakers Vans Terbaik (Terbaru Tahun 2019)

Siapa yang tidak kenal dengan Vans? Merek asal Amerika yang dikenal dengan tagline “Off The Wall” ini awalnya memasarkan sepatu untuk para skateboarders. Namun, sneakers Vans kini digunakan oleh kalangan yang luas, mulai dari anak muda, musisi terkenal, hingga fashion show tingkat internasional.

Desainnya yang unik dan bervariasi menjadi daya tarik sepatu ini, bahkan Vans sangat aktif berinovasi lewat kolaborasinya dengan merek terkenal lainnya. Kali ini kami akan mengulas cara memilih sneakers Vans dan merekomendasikan produk-produk terbaiknya. Bagi Anda yang mencari sneakers Vans, selamat membaca, ya!

Daftar isi

Mengapa memilih sneakers Vans?

Mengapa memilih sneakers Vans?

Merek sepatu yang dibangun tahun 1966 oleh Paul Van Dorren bersama tiga orang rekannya ini berhasil mempertahankan eksistensinya hingga saat ini. Tak hanya bertahan, kepopuleran sneakers Vans justru semakin meningkat dan penggemarnya semakin luas. Apa yang menjadi alasannya? Orisinalitas sneakers Vans menjadi faktor utama keberhasilan Vans hingga saat ini.

Di tengah banyaknya merek yang menembus pasar mainstream lewat olahraga sepak bola atau basket, Vans mengambil jalur berbeda. Vans tetap setia pada dunia skateboard dengan gaya klasiknya. Hal ini tercermin pada produk-produk andalannya yak tak lekang oleh zaman, seperti Vans Old Skool atau Vans Era. Di kalangan anak muda, menggunakan sneakers Vans seperti sudah menjadi sebuah kultur yang memberi kesan easy going, jadi diri sendiri, dan kreatif. Justru orisinalitas Vans ini mampu diterima oleh penggemar loyal atau pun pasar mainstream dengan sendirinya.

Selain kualitasnya yang mumpuni, ada beberapa keunikan Vans yang selalu menjadi daya tarik sepatu ini. Contohnya adalah outsole berdesain waffle yang berukuran lebih lebar dari sepatu pada umumnya, sepatu dengan model papan catur, dan “jazz stripe” pada Vans Old Skool.

Cara memilih sneakers Vans

Sebelum masuk ke bagian rekomendasi produk, kami akan menjelaskan beberapa hal yang perlu Anda ketahui saat memilih sneakers Vans. Semakin populernya Vans ternyata dijadikan kesempatan oleh produsen nakal untuk membuat produk tiruan. Oleh karena itu, jika Anda mencari sneakers Vans yang asli, simaklah beberapa hal berikut ini!

Pilih model yang paling Anda sukai

Meskipun Vans terkenal dengan desain sepatu klasiknya, tetapi merek ini juga mengeluarkan edisi-edisi lainnya. Vans termasuk merek yang rajin melakukan inovasi terhadap produknya untuk menjangkau pasar yang lebih luas. Contohnya adalah edisi custom atau kolaborasi dengan merek lain. Pilihlah yang Anda sukai!

Vans Classic : Ciri khas Vans yang tak lekang oleh waktu

Vans Classic : Ciri khas Vans yang tak lekang oleh waktu

Bagi Anda yang baru mengenal sneakers Vans, ada beberapa produk klasik yang menjadi ciri khas Vans dari dahulu hingga kini. Lima produk tersebut adalah Vans Era, Old Skool, Authentic, Sk8-Hi, dan Slip-On. Produk-produk tersebut bisa dibilang produk wajib beli bagi Anda yang ingin mengoleksi sneakers Vans.

Vans Custom : Lebih ekspresif dan kekinian

Vans Custom : Lebih ekspresif dan kekinian

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, keunikan sneakers Vans terletak pada orisinalitasnya. Oleh sebab itu, Vans juga mengeluarkan produk-produk yang bisa Anda pesan sesuai keinginan atau custom. Dengan begitu, Anda bisa memiliki ciri khas yang berbeda dari orang lain dan bisa menjadi diri sendiri.

Anda bisa mendesain sendiri produk-produk Vans terdahulu, misalnya Vans Classic, dengan corak warna atau tambahan lainnya sesuai kemauan Anda. Munculnya desain-desain custom pada sneakers Vans memberikan kesan ekspresif dan kekinian tanpa menghilangkan ciri khas Vans itu sendiri. Bagi Anda yang berjiwa kreatif bisa menantang diri Anda untuk mendesain sneakers Vans!

Kolaborasi : Memberikan kebanggaan tersendiri bagi penggunanya

Kolaborasi : Memberikan kebanggaan tersendiri bagi penggunanya

Untuk semakin menancapkan eksistensinya di dunia fashion, Vans semakin rajin berkolaborasi dengan artis atau brand lainnya. Sebut saja Vans Camo yang merupakan hasil kolaborasi dengan merek Supreme. Ada juga Vans x Metallica yang sempat booming di Indonesia karena dipakai Presiden Jokowi saat pergi ke konser. Lalu ada lagi Vans Vault x Disney untuk memperingati ulang tahun tokoh Mickey Mouse yang ke-90 tahun. Menggunakan produk Vans yang berkolaborasi dengan merek high-end lainnya memberikan kebanggaan tersendiri pada penggunanya.

Periksa bagian outsole Vans berdesain waffle yang unik

Periksa bagian outsole Vans berdesain waffle yang unik

Salah satu yang menjadi ikon sneakers Vans adalah outsole-nya yang memiliki desain waffle. Hal yang sering menjadi tiruan produk-produk Vans palsu adalah bagian waffle-nya yang hanya memiliki satu pattern. Padahal, sneakers Vans memiliki dua interlocking patterns pada bagian outsole-nya, yaitu bentuk diamond dan rhomboids.

Di salah satu bagian rhomboids-nya juga tertera kode yang memberitahukan negara asal pembuat sol tersebut. Contohnya kode GSI untuk produk buatan Indonesia, EVB untuk Vietnam, dan IFC untuk negara Tiongkok. Hal lain yang menjadi daya tarik outsole Vans adalah bagian toe-nya yang sangat lentur sehingga bisa dilipat hingga ke belakang.

Periksa bagian jahitan dan logonya

Periksa bagian jahitan dan logonya

Sneakers Vans terkenal akan kualitasnya yang bagus, nyaman dipakai, dan tahan lama. Hal tersebut tidak lepas dari jahitannya yang sangat kuat, rapat, dan rapi. Oleh karena itu, jika Anda menemukan sneakers Vans dengan jahitan yang longgar atau tidak rapi, patut dicurigai produk tersebut tidak asli.

Di sisi lain, logo Vans yang disematkan pada sneakers-nya juga memiliki ciri khas tersendiri. Logo Vans terletak pada bagian belakang sol sepatu, bagian insole, serta satu logo berukuran kecil di bagian samping. Logo yang berada di bagian insole sepatu mudah dibaca, jelas, dan tidak pudar. Saat membeli, pastikan Anda mengecek bagian jahitan dan logonya, ya!

Perhatikan bobotnya, sneakers Vans umumnya lebih berat

Perhatikan bobotnya, sneakers Vans umumnya lebih berat

Oleh karena dibuat dari bahan yang berkualitas dan ukuran solnya yang besar, sneakers Vans biasanya memiliki bobot yang berat. Meskipun berat, sneakers Vans tetap nyaman saat dipakai. Outsole yang berukuran besar menjadi ciri khas sejak Vans pertama diluncurkan. Bobotnya yang berat menjadi salah satu indikator utama dalam menentukan keaslian produk tersebut. Jadi, jangan sampai tertipu dengan iming-iming sneakers yang ringan, ya!

Sesuaikan dengan budget yang Anda miliki

Sesuaikan dengan budget yang Anda miliki

Harga sepatu Vans di Indonesia berkisar di antara 500 ribu hingga jutaan rupiah. Bahkan, untuk edisi-edisi khusus yang diproduksi terbatas harganya bisa mencapai puluhan juta. Sneakers Vans sangat digemari oleh banyak kalangan sehingga tak jarang masing-masing orang memiliki lebih dari satu jenis produk. Namun, tentu Anda harus menyesuaikannya dengan budget yang Anda miliki.

10 Rekomendasi sneakers Vans terbaik

Berikut ini kami akan merekomendasikan produk-produk terbaik dari Vans untuk Anda. Mulai dari produk yang terkenal sejak zaman dahulu hingga edisi terbarunya. Pilih yang paling Anda sukai!

10. Vans Checkerboard Slip On

10. Vans Checkerboard Slip On

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 725.000

Ikon papan catur yang bermakna dalam

Vans Checkerboard Slip On tetap menjadi primadona para penggemar Vans sejak tahun 1970-an hingga saat ini. Kemudahan saat memakainya dan kesan sporty casual yang diberikan produk ini menjadi daya tariknya. Bagi Anda yang gemar bermain BMX atau skateboard, produk ini bisa digunakan baik saat beraksi atau untuk bergaya saja.

Sneakers dengan desain papan catur ini keren saat dipadukan dengan celana jeans atau pun celana pendek. Bagi sebagian orang, motif papan catur hitam putih bukan hanya sekadar keren untuk dilihat. Motif papan catur tersebut juga diartikan sebagai meleburnya diskriminasi kulit putih dan kulit hitam di Eropa pada zamannya. Filosofis sekali, kan?

Tipe Classic
Desain Papan catur hitam putih
Varian warna 13 warna (black/off white, rainbow true white, rumba red/true white, dll)
Outsole Vans original waffle sole 

9. Vans Vault UA OG Classic Slip-On LX x FDMTL

9. Vans Vault UA OG Classic Slip-On LX x FDMTL

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 2.699.000

Desain denim patchwork yang unik dan artistik abis!

Di bulan Juni 2018, Vans merilis sepatu yang sangat artistik lewat kolaborasinya dengan perusahaan denim dari Jepang, FDMTL. Desain denim patchwork yang dibuat dengan teknik boro patch dan jahitan sashiko ini berhasil memukau kolektor sneakers dan penggemar seni.

Kolaborasi Vans dengan FDMTL ini hadir dalam dua model sepatu Vans, yakni Slip On dan Authentic. Bagi Anda yang berjiwa seni atau menyukai sneakers dengan model unik, produk ini wajib dikoleksi. Anda bisa menggunakannya untuk acara-acara seni maupun sehari-hari.

Tipe Kolaborasi dengan FDMTL
Desain Denim patchwork
Varian warna Parisian white/true white
Outsole Sole : Rubber 100%

Outer : Canvas 100%

8. Vans Gum Era

8. Vans Gum Era

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 788.500

Bagian tongue dan collar-nya yang empuk akan membuat Anda semakin nyaman berjalan!

Vans Era atau yang mulanya diluncurkan dengan nama The Vans #95 terkenal dengan desain bagian tongue dan collar yang empuk. Ditambah bagian insole yang nyaman, sepatu klasik ini sangat memuaskan saat dipakai berjalan atau pun bermain skateboard.

Kini, Vans Gum Era hadir dengan desain elegan berwarna hitam polos di bagian atasnya dan sol keemasan. Produk ini juga banyak dipuji atas outsole-nya yang tahan lama. Oleh karena itu, bagi Anda yang ingin memiliki sepatu dengan desain klasik, nyaman digunakan, dan tahan lama, kami rekomendasikan Vans Gum Era.

Tipe Classic
Desain Low top, hitam polos dengan sol berwarna keemasan
Varian warna Black/classic gum
Outsole Vans signature waffle outsole

7. Vans Vault by Vans x LQQK Studio

7. Vans Vault by Vans x LQQK Studio

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 1.995.000

Sneakers klasik dibuat lebih segar lewat detail dan kreativitas tinggi

Kolaborasi Vans dengan LQQK Studio mampu mengubah tampilan dua sneakers klasik, Authentic One-Piece LX dan Epoch Sport LX menjadi lebih hidup. Setiap bagian dari sepatu ini dibuat lewat detail dan kreativitas yang tinggi. Bagian favorit dari Vans seri ini adalah translucent gum sole, flying “V” logo, dan material suede kasarnya. Cocok untuk dijadikan koleksi!

Tipe Kolaborasi dengan LQQK Studio
Desain Perpaduan throwback style dengan translucent color themes
Varian warna – Edisi Epoch Sport LX : black, cream, dan multicolor dengan striking translucent gum outsole

– Edisi Authentic One-Piece LX : black, purple, dan cream hairy suede dengan logo khas huruf “V” yang dibordir.

Outsole Rubber waffle outsole

6. Vans Authentic

6. Vans Authentic

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 635.000

Sepatu yang tidak pernah out of style, breathable, dan stylish

Sepatu Vans model klasik selain tidak pernah mati gaya dan selalu menjadi favorit, juga memiliki keunikan tersendiri. Vans Authentic disukai oleh banyak orang karena desainnya yang keren dan bagian upper-nya terbuat dari bahan kanvas yang breathable. Oleh karena nyaman dan tidak pengap, sepatu ini cocok Anda pakai sehari-hari atau untuk hangout.

Tipe Classic
Desain Simple low top dengan upper berbahan kanvas
Varian warna 18 warna (black, navy, red, dll)
Outsole Vans original waffle sole 

5. Vans Varix WC

5. Vans Varix WC

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga : Rp 2.778.000

Sepatu skate model bulk shoes dengan sentuhan teknologi modern

Sneakers Vans yang baru rilis pada September 2018 ini mengangkat model sepatu skate era awal 2000-an dengan desain lebih funky. Teknologi modern seperti UltraCush Lite sockliner dan waffle cup di bagian outsole menambah daya tahan sepatu ini. Tak hanya untuk bermain skateboard, sepatu ini juga bisa digunakan untuk jalan atau sekadar pelengkap fashion.

Perpaduan bahan mesh, suede, dan panel leather dengan corak berwarna-warni menambah estetika sepatu ini. Produk ini cocok untuk Anda yang mencari high fashionable sneakers sekaligus mumpuni saat dipakai olahraga ekstrem, seperti BMX atau skateboarding.

Tipe Custom/Pro skate
Desain Bulk/dad shoes dengan desain funky
Varian warna 7 warna (multi/turtledove, black/ebony, true white/marsmhallow, multi/tinsel/black, Spanish villa/carnelian, soothing sea/aqua dove, turtledove/humus/asphalt)
Outsole Synthetic sole 

4. Vans Sk8-Hi

4. Vans Sk8-Hi

Lihat produk ini di Tokopedia

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 835.000

Semakin lama digunakan, semakin nyaman dan keren!

Beberapa anggapan masyarakat terhadap sneakers merek Vans adalah semakin lama bukannya rusak, justru semakin nyaman. Salah satunya sepatu Vans Classic model high top legendaris ini! Sepatu Vans Sk8-Hi ini dahulu dikenal sebagai Style 38, dan menjadi terobosan di kalangan skaters karena desain high top-nya yang menutupi mata kaki.

Desain ini dianggap bisa memberikan perlindungan lebih sekaligus membuat skaters tampil lebih stylish. Kini pilihan warna Vans Sk8-Hi semakin beragam sehingga Anda lebih banyak pilihan. Outsole-nya terkenal mampu mencengkeram dengan kuat di medan apa pun. Cocok untuk Anda penggemar sepatu klasik yang kokoh.

Tipe Classic
Desain High top dengan Vans sidestripe
Varian warna 8 warna (violet tulip/true white, black/white, aqua haze/true white, strawberry pink/true white, navy, purple/gold, lapis blue/true white, rumba red/true white)
Outsole Signature rubber waffle outsoles

3. Vans Berle Pro

3. Vans Berle Pro

Lihat produk ini di Bukalapak

Harga : Rp 2.499.000

Built-in cushioning, less parts, more control!

Produk yang dibuat bersama skater profesional Elijah Berle ini dibuat untuk para skaters pro dengan konsep less is more. Vans Berle Pro memodifikasi bagian outsole-nya melalui teknologi WaffleControl dan merampingkan beberapa bagian sol sepatunya. Modifikasi tersebut membuat Anda lebih bisa mengontrol papan skateboard dengan lebih baik.

Berbeda dengan sneakers Vans pada umumnya, produk ini memiliki bobot yang lebih ringan karena beberapa bagian dihilangkan. Namun, dengan menggunakan built-in cushioning, kenyamanannya tetap terjaga dengan baik. Bagi Anda yang mencari sepatu skate berkualitas dari Vans, kami rekomendasikan Vans Berle Pro.

Tipe Pro-skate
Desain Duracap-reinforced uppers, new medial gum rubber enhancements for extended toe durability, comfort LuxLiner
Varian warna 3 warna (Rumba red, black/white, stv navy)
Outsole Vans original waffle compound dipadukan dengan teknologi WaffleControl

2. Vans x Van Gogh Museum Letters Slip On

2. Vans x Van Gogh Museum Letters Slip On 

Lihat produk ini di Lazada

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 1.699.000

Menikmati karya Vincent Van Gogh lewat sneakers

Buat Anda kolektor seni produk ini sayang jika dilewatkan. Beberapa mahakarya Vincent Van Gogh bisa Anda nikmati lewat sneakers Vans model klasik. Beberapa karya unggulan yang dikolaborasikan dengan Vans adalah Skull, Sunflower, dan surat yang ditulis untuk adiknya. Jangan sampai kehabisan karena produk bernilai seni tinggi ini dijual terbatas!  

Tipe Kolaborasi (special edition) Museum Van Gogh
Desain Museum letters
Varian warna White
Outsole Vans original waffle sole 

1. Vans Old Skool

1. Vans Old Skool 

Lihat produk ini di Bukalapak

Lihat produk ini di Shopee

Harga : Rp 607.500

Produk wajib punya bagi penggemar Vans!

Bagi Anda penggemar setia Vans atau yang baru pertama kali membeli, sebaiknya jangan melewatkan Vans Old Skool! Ciri khas dari Vans Old Skool tentu saja jazz strip atau sidestrip yang terletak pada bagian upper-nya. Vans Old skool tersedia dalam banyak pilihan warna, tetapi tetap saja yang paling melekat di benak masyarakat adalah warna hitam dan putih ini.

Tipe Classic
Desain Low top, upper dari kanvas dan suede, dilengkapi ikon Vans sidestrip
Varian warna 20 warna (black/white, birch/true white, sea fog/true white, dll)
Outsole Vans original waffle sole 

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel ini? Apakah Anda makin jatuh cinta dengan Vans atau tertarik membelinya?

Menggunakan sneakers Vans tidak hanya sekadar urusan fungsional atau kenyamanan saja, tetapi juga menunjukkan sedikit banyak karakter Anda. Oleh karena itu, pilihlah model sneakers Vans yang paling Anda sukai atau mencerminkan diri Anda. Selamat memilih!