• 10 Rekomendasi Chicken Nugget Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Chicken Nugget Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Chicken Nugget Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Chicken Nugget Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Chicken Nugget Terbaik (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Chicken Nugget Terbaik (Terbaru Tahun 2020)

Di Indonesia, chicken nugget merupakan hidangan cepat saji yang populer dinikmati sebagai lauk maupun camilan. Sekarang ini, beragam merek, seperti SO GOOD, FIESTA, dan sebagainya, hadir di pasaran menawarkan chicken nugget dalam berbagai varian.

Dengan banyaknya ragam tersebut, manakah chicken nugget yang sebaiknya Anda beli? Simaklah cara memilih dan ulasan produk-produk chicken nugget pilihan di akhir artikel ini, sebelum Anda membeli chicken nugget.
  • Pembaharuan terakhir: 13 November 2020
  • 21.788 Views
Daftar isi

Cara memilih chicken nugget

Hanya tinggal digoreng sebelum dinikmati, semua chicken nugget memang terlihat sama praktisnya. Padahal, apabila diamati lebih jauh, terdapat berbagai faktor yang menentukan rasa dan sensasi saat menikmati chicken nugget. Agar dapat memilih chicken nugget yang sesuai dengan selera Anda, simaklah poin-poin berikut ini!

Pilihlah berdasarkan komposisi bahan baku yang digunakan

Pilihlah berdasarkan komposisi bahan baku yang digunakan
Pada dasarnya, chicken nugget terbuat dari daging ayam giling yang dicampur dengan bumbu, tepung, dan pengemulsi. Meskipun begitu, tidak semua bagian tubuh ayam dapat digunakan. Kebanyakan chicken nugget dibuat dari daging dada dan paha ayam. Daging paha ayam memang dikenal lebih gurih, tetapi kandungan lemaknya juga lebih tinggi. Karena itu, chicken nugget yang berbahan baku daging dada lebih disarankan. Selain berprotein lebih tinggi, kandungan lemaknya juga lebih sedikit
Akan tetapi, sekarang ini tidak jarang produsen yang bertindak curang dengan mencampurkan lemak, kulit, pembuluh darah, dan bagian tubuh ayam lainnya, seperti saya ayam yang kurang sehat dikonsumsi. Untuk itu, Anda harus teliti memeriksa bahan baku chicken nugget pilihan Anda. Carilah informasi selengkap mungkin mengenai hal ini dari situs resmi produk atau pilihlah chicken nugget dari produsen terpercaya. Pastikan produk pilihan Anda hanya terbuat dari bagian daging ayam pilihan, bukan daging ayam dengan kulitnya.
Selain daging ayam, kini telah banyak produsen yang berinovasi membuat chicken nugget lebih sehat dengan memadukan sayuran sebagai bahan bakunya. Produk seperti ini dapat menjadi alternatif bagi Anda yang doyan makan chicken nugget, tetapi juga peduli pada kesehatan.

Pilihlah berdasarkan warna permukaan chicken nugget

Pilihlah berdasarkan warna permukaan chicken nugget
Pernahkan Anda mengamati chicken nugget sebelum digoreng? Permukaan chicken nugget memiliki berbagai warna, mulai dari putih, kekuningan, hingga oranye tua.
Chicken nugget pada umumnya menggunakan tepung panir atau tepung roti sebagai lapisan luar. Perbedaan warna tersebut bersumber pada bahan dasar yang digunakan dalam pembuatan tepung panir atau tepung roti. Tepung panir umumnya dibuat dari bagian pinggiran roti yang digiling dan dikeringkan sehingga memiliki warna yang lebih gelap dan mencolok. Sementara tepung roti, dibuat dari seluruh bagian roti atau roti tanpa pinggiran yang digiling dan dikeringkan sehingga memiliki warna yang lebih cerah atau pucat.
Berbeda produk, maka berbeda pula warnanya. Namun, disarankan agar Anda memilih chicken nugget dengan warna putih hingga oranye muda saja. Warna yang terlalu mencolok bisa menjadi indikasi adanya bahan pewarna tambahan.

Pilihlah berdasarkan tekstur bagian luar dan dalamnya

Renyah saat digigit, kemudian disusul dengan lembut dan gurihnya daging ayam saat dikunyah. Karena itulah, memperhatikan tekstur bagian luar dan dalam chicken nugget adalah hal yang harus dilakukan sebelum membeli. Yuk, simak selengkapnya!

Tekstur bagian luar yang mempengaruhi tingkat kerenyahan chicken nugget

Tekstur bagian luar yang mempengaruhi tingkat kerenyahan chicken nugget
Bagian luar chicken nugget dilapisi dengan tepung roti atau tepung panir yang akan bertekstur renyah setelah digoreng. Sebagian orang mengira bahwa tepung roti dan tepung panir adalah dua tepung yang sama, padahal dua tepung ini merupakan jenis tepung yang berbeda.
Tepung roti memiliki butiran lebih besar sehingga teksturnya terlihat kasar. Dengan lapisan tepung roti, chicken nugget akan memiliki tekstur luar renyah yang bertahan lama. Sebaliknya, tepung panir memiliki butiran lebih kecil sehingga tampilan chicken nugget yang berlapis tepung ini juga lebih halus. Chicken nugget berlapis tepung panir lebih kesat karena tidak menyerap banyak minyak, tetapi kalah renyah bila dibandingkan dengan chicken nugget berlapis tepung roti.

Tekstur bagian dalam yang mempengaruhi rasa dan ditentukan oleh kualitas bahan

Tekstur bagian dalam yang mempengaruhi rasa dan ditentukan oleh kualitas bahan
Rasa dan kualitas chicken nugget akan sangat dipengaruhi oleh komposisi bahannya. Umumnya, chicken nugget dengan komposisi dominan daging ayam akan terasa lebih lembut di lidah. Selain itu, chicken nugget tersebut juga lebih mudah remuk. Meski begitu, Anda akan merasa lebih puas karena rasa gurih daging ayamnya begitu terasa. Di sisi lain, chicken nugget dengan banyak bahan campuran selain daging ayam akan terasa lebih kenyal dan kesat bagian dalamnya setelah digoreng.
Untuk mengetahui hal tersebut, tidak ada jalan lain selain menggali informasi bahan baku produk di situs resmi dan membaca review para konsumen. Kemudian, lihatlah harga produk pilihan Anda. Chicken nugget yang terlalu murah umumnya kurang lezat karena bahan yang digunakan berkualitas rendah.

Pilihlah varian rasa atau filling sesuai selera

Pilihlah varian rasa atau filling sesuai selera
Chicken nugget yang gurih, renyah, dan lezat, tetap akan terasa membosankan bila dinikmati terus-menerus. Di saat seperti ini, variasi rasa atau filling dapat menjadi alternatif. Kini di pasaran, telah banyak bermunculan chicken nugget dengan varian rasa yang menarik untuk dicoba. Contohnya, varian rasa sayuran, pedas, bawang putih, dan sebagainya.
Selain variasi rasa, ada pula chicken nugget dengan isian sehingga setiap gigitannya tidak terasa membosankan. Misalnya saja, chicken nugget dengan isian keju yang akan meleleh ketika digoreng. Makanan cepat saji yang praktis ini pun semakin menarik untuk dinikmati.

Pilihlah kemasan dan daya tahan produk sesuai kebutuhan

Pilihlah kemasan dan daya tahan produk sesuai kebutuhan
Chicken nugget merupakan salah satu produk makanan siap saji yang telah diolah hingga setengah matang, kemudian dibekukan. Produk ini harus selalu disimpan dalam keadaan beku karena sifatnya yang mudah rusak oleh mikroorganisme. Pada suhu penyimpanan -18°C, makanan siap saji ini dapat bertahan hingga setahun lamanya.
Namun, suhu serendah itu tidak dapat dijangkau oleh freezer lemari es skala rumah tangga. Bila disimpan dalam freezer bersuhu 4°C, chicken nugget umumnya dapat bertahan hingga sebulan lamanya. Sementara itu, bila disimpan dalam kompartemen lemari es, produk ini hanya dapat bertahan selama tiga hari. Solusinya, sesuaikanlah kuantitas pembelian chicken nugget dengan konsumsi Anda sehari-hari.
Belilah kemasan yang dapat cepat habis dikonsumsi. Sebagai perhitungan sederhana, kemasan 500 gr dirasa cukup untuk 1-2 kali sajian bagi sekeluarga. Sementara bila Anda hendak menikmatinya sendirian, pilihlah kemasan yang lebih kecil dari itu.

10 Rekomendasi chicken nugget terbaik

Setelah membaca paparan di atas, tentu Anda telah paham cara memilih chicken nugget yang lezat dan berkualitas. Berikutnya, akan kami ulas sepuluh produk chicken nugget terbaik yang dijamin akan menggoyang lidah Anda.
10
Isi500 gr
Rasa/fillingOriginal
KomposisiTidak disebutkan
9
Isi500 gr
Rasa/fillingOriginal
KomposisiDaging ayam, tepung roti, minyak nabati, protein nabati, daun bawang, pati jagung, dan bumbu-bumbu.
8
Isi500 gr
Rasa/fillingOriginal
KomposisiTidak disebutkan
7
Isi500 gr
Rasa/fillingTofu
KomposisiTidak disebutkan
6
Isi200 gr, 400 gr
Rasa/fillingSpicy garlic
KomposisiDaging dada ayam, tepung roti, dan lain-lain.
5
Isi250 gr
Rasa/fillingKeju
KomposisiTidak disebutkan
4
Isi400 gr
Rasa/fillingHot and spicy
KomposisiDaging dada ayam, bread crumb, dan lain-lain
3
Isi500 gr
Rasa/fillingKeju
KomposisiTidak disebutkan
2
Isi200 gr
Rasa/fillingWortel
KomposisiDaging dada ayam, pati jagung, rempah-rempah alami, garam, tepung pelapis, breadcrumbs, wortel parut
1
Isi400 gr
Rasa/fillingOriginal
KomposisiDaging ayam dada presentase lebih banyak, bumbu berkualitas, breadcrumb, dan lain-lain

Tabel perbandingan produk chicken nugget terbaik

Gambar produk
1
SO GOOD  Premium Chicken Nugget Original 1

SO GOOD

2
Pelangi  Chicken Nugget Veggie Wortel 1

Pelangi

3
FIESTA Cheesy Lover 1

FIESTA

4
SO GOOD  Chicken Nugget Hot & Spicy 1

SO GOOD

5
Bulaf  Daging Olahan 1

Bulaf

6
SO GOOD  Chicken Nugget Spicy Garlic 1

SO GOOD

7
FIESTA Chicken Tofu 1

FIESTA

8
CHAMP  Chicken Nugget ABC 1

CHAMP

9
Eat Joy  Chicken Nugget Ball 1

Eat Joy

10
Belfoods Uenaaak Chicken Stick 1

Belfoods

Nama produk

Premium Chicken Nugget Original

Chicken Nugget Veggie Wortel

Cheesy Lover

Chicken Nugget Hot & Spicy

Daging Olahan

Chicken Nugget Spicy Garlic

Chicken Tofu

Chicken Nugget ABC

Chicken Nugget Ball

Uenaaak Chicken Stick

Keunggulan

Rasa klasik khas chicken nugget dalam kualitas premium

Solusi praktis bagi ibu saat anak tidak doyan sayur

Kelezatan ganda dengan isian keju yang meleleh di dalamnya

Gurihnya membuat ketagihan, pedasnya begitu menggugah selera!

Lebih sehat tanpa MSG, pewarna, dan pengawet

Aroma bawang putih yang harum menambah kelezatan gurihnya daging ayam

Inovasi chicken nugget terbaru dengan sensasi tekstur lembut di mulut

Bantu anak-anak mengenal huruf dengan cara yang menyenangkan

Ukuran sekali suap, teman nonton yang praktis dan asyik!

Lezat dengan harga terjangkau, ideal untuk camilan sekeluarga

HargaRp 37.250,00Rp 23.500,00Rp 48.000,00Rp 34.200,00Rp 23.000,00Rp 20.000,00Rp 32.500,00Rp 31.900,00Rp 34.000,00Rp 12.000,00
Isi400 gr200 gr500 gr400 gr250 gr200 gr, 400 gr500 gr500 gr500 gr500 gr
Rasa/fillingOriginalWortelKejuHot and spicyKejuSpicy garlicTofuOriginalOriginalOriginal
KomposisiDaging ayam dada presentase lebih banyak, bumbu berkualitas, breadcrumb, dan lain-lainDaging dada ayam, pati jagung, rempah-rempah alami, garam, tepung pelapis, breadcrumbs, wortel parutTidak disebutkanDaging dada ayam, bread crumb, dan lain-lainTidak disebutkanDaging dada ayam, tepung roti, dan lain-lain.Tidak disebutkanTidak disebutkanDaging ayam, tepung roti, minyak nabati, protein nabati, daun bawang, pati jagung, dan bumbu-bumbu.Tidak disebutkan
Tautan produk

Baca juga rekomendasi berbagai jenis makanan siap saji yang praktis di sini!

Bagi Anda yang sibuk dan tidak punya banyak waktu untuk memasak, makanan siap saji bisa menjadi andalan. Tidak hanya chicken nugget, sediakan juga berbagai jenis makanan siap saji lain di lemari dapur atau kulkas Anda. Selengkapnya, simak dalam tautan berikut ini!

Kesimpulan

Sudahkah Anda menemukan chicken nugget yang ingin segera Anda nikmati baik sendirian maupun bersama keluarga? Jangan asal memilih, melainkan pilihlah chicken nugget setelah mempertimbangkan bahan baku, tekstur, rasa, dan kualitas produk.
Makanan siap saji yang praktis dan lezat ini memang disukai berbagai kalangan sehingga tak akan rugi bila Anda selalu menyediakannya di dalam kulkas. Jangan lupa juga untuk selalu memilih kemasan yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Sosis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sosis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sosis atau sausage merupakan salah satu produk olahan daging yang populer dan digemari oleh orang dewasa hingga anak-anak. Produsen makanan olahan, seperti Bernardi, Kanzler, Champ, Kimbo, dan sebagainya, banyak memproduksi sosis dari daging ayam, sapi, bahkan daging ikan.Nah, produk mana yang menjadi pilihan Anda? Kali ini, kami akan membahas mengenai poin-poin untuk memilih sosis yang sesuai dengan selera Anda, diikuti dengan ulasan produk rekomendasi pilihan kami. Tidak ketinggalan, kami juga akan memberikan tips memasak sosis.
    Makanan beku
    54.758 Views
  • 10 Rekomendasi Frozen Food Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Frozen Food Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda mungkin sudah tidak awam lagi dengan istilah frozen food. Makanan yang sengaja dibekukan ini bisa menjadi salah satu alternatif bagi Anda yang sibuk dan tidak punya waktu memasak. Biasanya, banyak orang membeli frozen food untuk dijadikan stok cadangan makanan di rumah. Sebenarnya, apa itu frozen food? Bagaimana cara memilih frozen food yang baik? Di artikel ini, kami akan membahas semuanya secara lengkap. Temukan juga sepuluh produk frozen food terbaik yang kami rekomendasikan seperti FIESTA Nugget atau Kanzler Sosis. Keep reading! 
    Makanan beku
    16.797 Views
  • 10 Rekomendasi Bakso Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Bakso Kemasan Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Bakso adalah salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Bahkan, makanan olahan daging ini bisa ditemukan di mana saja, baik di restoran berbintang maupun di gerobak pinggir jalan. Anda juga bisa memasak bakso di rumah sebab kini sudah terdapat banyak produk bakso kemasan di pasaran.Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan beberapa tips memilih bakso kemasan untuk Anda. Kami juga telah menyiapkan beberapa rekomendasi bakso kemasan terbaik, seperti Belfoods, Fiesta, dan SO GOOD. Jadi, Anda para pencinta kuliner bakso, silakan disimak dan bersiaplah menelan ludah dibuatnya!
    Makanan beku
    1.160 Views
  • 10 Rekomendasi Sosis Ayam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sosis Ayam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Sosis adalah salah satu daging olahan yang banyak disukai masyarakat karena lezat dan praktis disajikan. Di samping sosis sapi, ada juga sosis ayam yang cocok dijadikan campuran berbagai masakan atau dimakan langsung. Banyak produsen sosis ayam yang mungkin sudah sering Anda dengar, seperti Kanzler, So Good, atau Fiesta. Namun, bagaimana dengan merek lainnya? Apakah aman dikonsumsi? Jangan lewatkan artikel kami berikut ini karena kami akan membahas cara memilih sosis ayam yang baik. Selain itu, kami juga akan menyertakan beberapa rekomendasi produk terbaik untuk Anda coba. Simak baik-baik, ya! 
    Makanan beku
    145 Views
  • 10 Rekomendasi Pempek Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pempek Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pempek merupakan penganan khas Kota Palembang yang sangat populer. Saking terkenalnya, kuliner berbahan dasar ikan ini tidak hanya ada di Palembang, tetapi juga mudah ditemukan di berbagai daerah. Akan tetapi, kurang puas rasanya jika Anda belum pernah mencicipi pempek langsung dari kota asalnya.Oleh karena itu, kali ini kami akan memberikan beberapa rekomendasi pempek terbaik yang rasanya masih autentik. Pempek Beringin, Pempek Nony 168, dan Pempek Candy adalah beberapa di antaranya. Namun, sebelumnya kami akan jelaskan beberapa tips cara memilih pempek. Jadi, silakan disimak baik-baik, ya!
    Makanan beku
    160 Views
  • 10 Rekomendasi Sosis Sapi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Sosis Sapi Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan daging giling olahan berbentuk lonjong yang biasa disebut sosis. Makanan yang biasa hadir dalam bentuk frozen ini merupakan pilihan banyak orang saat sibuk dan tidak punya waktu memasak. Salah satu varian sosis yang populer adalah sosis sapi. Di antara banyaknya pilihan, sosis sapi mana yang sebaiknya dipilih?Agar tidak salah pilih, simaklah dahulu cara memilih sosis sapi melalui artikel ini. Jangan lewatkan pula sepuluh rekomendasi produk sosis sapi terbaik dari sejumlah merek, seperti Kanzler, Kibif, dan Bernardi. Simak sampai selesai, ya!
    Makanan beku
    253 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori