• 10 Kuas Makeup Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Kuas Makeup Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Kuas Makeup Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Kuas Makeup Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Kuas Makeup Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Kuas Makeup Terbaik - Ditinjau oleh Beauty Content Creator (Terbaru Tahun 2022)

Kuas adalah senjata rahasia para makeup artist (MUA) dalam menghasilkan riasan sempurna. Wajar jika beberapa brush makeup dari merek Real Techniques, LAMICA Beauty, MUAQ, dan Sigma Beauty sering menjadi rekomendasi berbagai MUA. Namun, kuas makeup manakah yang terbaik?

Kali ini kami sudah memilih sepuluh rekomendasi kuas make up yang bagus untuk Anda. Kami juga telah mengulas tips memilih kuas mana yang cocok untuk bedak tabur, blush, atau lainnya. Baca juga tips tambahan dari beauty content creator kami, Citta Farenty. Yuk, siapkan diri Anda untuk mendapat hasil riasan yang flawless!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Citta Farenty
  • Pembaharuan terakhir: 04 April 2022
Daftar isi

Profil pakar: Beauty content creator, Citta Farenty

Profil pakar: Beauty content creator, Citta Farenty

Citta Farenty, akrab dipanggil Citta, merupakan seorang content creator yang fokus dengan dunia kecantikan Indonesia. Citta pertama kali membuat konten pada tahun 2017. Citta yang awalnya fokus dengan tema makeup artistik ini kini membagikan konten yang sangat beragam di akun media sosialnya. 


Pernah menjadi pemenang NYX Face Awards 2018, Citta juga sering membagikan tips makeup di akun YouTube, Instagram, dan TikTok-nya. Selain itu, wanita kreatif ini kerap mengunggah berbagai konten menarik dengan tema beauty, fashion, lifestyle, hingga traveling.

Manfaat kuas makeup untuk merias wajah

Manfaat kuas makeup untuk merias wajah
Kuas makeup umumnya memiliki bulu rambut yang tebal, serta bercirikan gagang yang panjang. Kuas ini berguna untuk melekatkan kosmetik, seperti bedak tabur dan bedak padat, blush on, dan produk kosmetik untuk wajah lainnya. Beberapa kuas diproduksi dengan bulu yang panjang dan besar agar mampu mencakup seluruh pori wajah. Kuas jenis ini disebut juga kuas bedak atau finishing brush.
Ketika Anda membeli bedak tabur atau bedak padat, biasanya Anda juga mendapatkan spons atau puff. Akan tetapi, mengaplikasikan bedak dengan kuas makeup akan membuat bedak membaur dan melekat secara merata. Dengan demikian, hasil riasan Anda tampak lebih flawless dan alami. Kuas makeup mudah digunakan oleh siapa pun. Hasil riasan yang mulus ataupun tren makeup yang tajam bisa Anda dapatkan!
Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Untuk merias wajah, Anda perlu melakukannya dalam beberapa tahap agar makeup dapat terlihat bagus. Setiap proses pengaplikasian produk harus dilakukan secara bertahap agar makeup dapat terlihat lebih menyatu. Untuk mengaplikasikan setiap produk, penggunaan kuas makeup akan membantu mempermudah dan juga melengkapi proses makeup.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih kuas makeup

Periksalah kuas makeup yang ingin Anda beli. Jadikan beberapa poin di bawah ini sebagai cacatan Anda.

Pastikan bulu kuasnya nyaman di kulit dan berkualitas baik

Pastikan bulu kuasnya nyaman di kulit dan berkualitas baik
Kuas makeup akan mengalami kontak langsung ketika disapukan ke wajah. Pilihlah kuas dengan bulu yang lembut dan tidak mengiritasi kulit. Kulit wajah kita tipis dan mudah terserang iritasi yang akan menyebabkan masalah pada kemudian hari. Sebelum membeli, coba sapukan kuas tersebut ke tangan atau leher Anda. Apakah terasa nyaman, tidak menimbulkan iritasi kulit, dan tidak gatal?

Saat membeli di toko fisiknya, periksa juga apakah ujung bulu kuas tampak selaras dan rapi. Ada bulu kuas yang mudah rontok dan tidak beraturan pada permukaannya. Hal ini berarti kuas tersebut berkualitas rendah dan tidak tahan lama. Jangan lupa untuk memeriksa permukaan bulu kuasnya dan pilih yang tingginya sejajar, rapi, dan merata.

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Kuas makeup akan bersentuhan ataupun bergesekan langsung dengan kulit. Karena itu, sebaiknya pilihlah kuas makeup yang cocok dengan kondisi kulit. Perhatikan berbagai macam bahan yang dipakai untuk membuat kuas tersebut. 


Selain itu, ketika memilih kuas makeup, Anda bisa mencoba mengaplikasikan kuas pada tangan atau pada wajah dahulu. Hal ini penting untuk mengetes apakah kuas tersebut nyaman dan lembut untuk digunakan pada kulit.

Sesuaikan jenis bulu kuas dengan kebutuhan riasan

Kuas makeup dibagi menjadi dua jenis. Hasil riasan Anda akan tampak berbeda tergantung pada bulu kuasnya. Mari kita periksa bulu kuas yang akan Anda gunakan.

Kuas berbulu alami: Lebih lembut, riasan lebih halus merata

Kuas berbulu alami: Lebih lembut, riasan lebih halus merata
Kuas makeup tipe ini menggunakan bulu binatang. Bulu kuas tersebut biasanya dibuat dari bulu alami tupai, kambing, kuda poni, dan hewan lainnya. Bulu tupai berciri tipis dan halus di ujungnya sehingga riasan dapat diaplikasikan secara mulus dan merata. Bulu kuas alami juga tidak mudah aus. Kuas dari bulu kambing juga dikenal lembut dan memiliki daya tahan yang baik.
Akan tetapi, kuas yang menggunakan bulu binatang kemungkinan dapat menimbulkan reaksi alergi untuk beberapa orang. Jika Anda termasuk orang yang khawatir dengan hal tersebut, sebaiknya hindarilah kuas yang terbuat dari bulu binatang.
Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Kuas makeup yang terbuat dari bulu alami biasanya berasal dari bulu binatang. Bulu yang digunakan biasanya berasal dari bulu musang, tupai, kuda, dan lainnya. Karena terbuat dari bulu alami, kuas makeup ini biasanya akan terasa lebih lembut dan menghasilkan riasan yang lebih natural. 


Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui jika ingin memiliki kuas makeup berbahan bulu alami. Hal ini karena brush makeup dengan bulu alami memiliki harga yang cenderung lebih tinggi. Selain itu, sebagian orang juga mempunyai reaksi alergi terhadap bulu alami.

Kuas berbulu sintetis: Lebih mudah dibersihkan, cocok digunakan pemula

Kuas berbulu sintetis: Lebih mudah dibersihkan, cocok digunakan pemula

Saat ini lebih banyak kuas makeup yang terbuat dari bulu buatan atau artifisial. Kuas ini terbuat dari bahan serat nilon, seperti taklon, PBT, poliester, dan sejenisnya. Sebelumnya, ada pendapat bahwa kuas berbulu alami lebih unggul. Namun, sekarang sudah banyak kuas berbulu sintetis yang dirancang dengan teknologi tinggi.

Kuas berbulu sintetis lebih mudah dibersihkan daripada bulu binatang. Dengan demikian, kuas ini dianjurkan bagi Anda yang masih pemula untuk menggunakannya sebagai kuas makeup.
Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Kuas dengan bahan artifisial biasanya memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan kuas makeup dengan bulu alami. Karena itu, produk ini lebih cocok untuk pemula. Kuas artifisial biasanya terbuat dari nylon, taklon, atau serat polyester. Selain itu, tipe kuas artifisial juga dapat menjadi pilihan kuas makeup yang cruelty-free.

Kenali tipe kuas makeup berdasarkan bentuknya

Ada berbagai ukuran dan bentuk kuas makeup. Bentuk kuas makeup ditandai dengan bentuk ujung bulunya. Ada yang berbentuk bulat datar, silinder, bentuk kubah bervolume, dan datar dengan bulu yang lurus. Karena tidak mudah menggunakan banyak kuas makeup, coba pakai satu kuas dahulu untuk satu bagian wajah. Jika sudah terbiasa, gunakan kuas dengan bentuk dan ukuran lainnya.
Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Kuas makeup memiliki berbagai jenis dan berbagai macam fungsi. Setiap kuas makeup dirancang untuk dipakai pada setiap produk secara spesifik. Karena itu, penting sekali untuk Anda mengetahui fungsi kuas makeup dan menggunakannya sesuai dengan fungsinya. 


Untuk memilih kuas apa saja yang dibutuhkan dalam merias wajah, Anda juga perlu memperhatikan produk apa yang ingin dipakai. Karena itu, Anda sebenarnya tidak harus memiliki semua jenis kuas wajah.

Round brush (kuas bulat): Mudah dipakai oleh pemula

Round brush (kuas bulat): Mudah dipakai oleh pemula
Kuas makeup berbentuk bulat adalah bentuk yang paling umum. Kuas berbentuk bulat dengan permukaan rata dan tegak secara vertikal sehingga ujung bulunya tampak elips.

Kuas ini sempurna untuk bedak dan riasan wajah lainnya. Karena bulunya panjang secara vertikal, kuas ini juga bisa dipakai untuk beberapa detail halus. Sementara itu, bagian tepinya juga bisa digunakan sebagai kuas pipi. Ini adalah kuas makeup yang mudah dipakai, khususnya untuk pemula.

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Kuas dengan ujung bulat akan menghasilkan hasil riasan yang lebih soft dan ringan dibandingkan kuas dengan ujung yang flat. Kuas ini lebih cocok untuk pemula karena menghasilkan hasil blending yang lebih halus dan merata.

Kabuki brush: Untuk hasil riasan natural

Kabuki brush: Untuk hasil riasan natural

Salah satu kuas makeup yang populer adalah kabuki brush yang memiliki kerapatan bulu yang tebal. Diberi nama demikian karena bentuk kuasnya menyerupai gaya rambut pemain kabuki di Jepang.

Kuas ini memiliki ciri ujung kuas yang berbentuk bulat jamur serta memiliki deret bulu yang tebal, elastis, dan sangat padat. Bedak tabur yang disapukan dengan kuas kabuki akan membaur ringan dan tampak lebih natural di wajah Anda. Kuas ini mudah dipakai untuk membuat riasan alami hingga makeup modern. Selain bedak tabur, kuas kabuki juga cocok untuk mineral foundation.
Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Kuas kabuki ini merupakan salah satu kuas yang wajib dimiliki pemula. Jenis kuas ini memiliki ujung berbentuk bulat, tebal, dan padat. Berkat hal itu, kuas ini memungkinkan pengaplikasian produk dengan hasil natural. Kuas kabuki juga multifungsi dan bisa dipakai untuk berbagai produk. Anda bisa menggunakannya untuk bedak tabur, bedak padat, blush, contour powder, ataupun bronzer.

Angled brush (kuas diagonal): Hasilkan kontur dan riasan yang tegas

Angled brush (kuas diagonal): Hasilkan kontur dan riasan yang tegas
Kuas ini sering juga disebut contouring brush atau scuplting brush. Fungsi utamanya untuk membuat garis kontur pada tulang pipi, tulang rahang, tulang hidung, atau memahat area yang ingin Anda buat tajam dan berbayang gelap. Angled brush dalam ukuran kecil juga cocok dipakai sebagai kuas eyeliner. Anda bisa membuat garis tajam pada ekor mata atau winged eyeliner dengan mudah.
Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Untuk menghasilkan kontur dengan tegas, kuas dengan bentuk yang miring atau angled brush adalah pilihan yang tepat. Angled brush untuk kontur ini biasanya digunakan untuk mengaplikasikan produk yang berbentuk cream ataupun gel. Selain itu, angled brush juga dapat digunakan untuk pengaplikasian eyeliner. Untuk menghasilkan hasil yang tegas, pilihlah angled brush dengan bulu kuas yang pipih dan padat.

Oval brush: Kuas yang cocok untuk mengaplikasikan berbagai produk makeup

Oval brush: Kuas yang cocok untuk mengaplikasikan berbagai produk makeup
Inilah revolusi kuas terbaru yang sedang digilai oleh penata rias dunia. Kuas oval memiliki kerapatan bulu yang sangat tebal dibanding dengan kuas lainnya. Bentuknya seperti sisir rambut, sikat gigi, bahkan sendok yang memudahkan pengaplikasian.
Kuas ini dirancang fleksibel agar dapat digunakan bersama bedak, foundation, eye shadow, concealer, blush, bronzer, atau apa pun jenis kosmetiknya. Satu kuas oval saja sudah memenuhi banyak kebutuhan. Anda pun dapat menghemat pengeluaran biaya!
Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Kuas oval merupakan salah satu kuas makeup yang sedang tren. Karena bentuknya bulat dan bulunya padat serta halus, kuas multifungsi ini mampu menyempurnakan riasan.

Macam-macam bentuk brush lainnya untuk berbagai kebutuhan

Macam-macam bentuk brush lainnya untuk berbagai kebutuhan
Selain beberapa yang telah disebutkan, ada juga beberapa jenis kuas lainnya yang umum ditemukan, sebagai berikut:


  • Tapered brush: Kuas dengan bentuk pipih dan ujung yang mengerucut akan menghasilkan contouring atau sapuan yang halus.
  • Fan brush: Kuas berbentuk kipas untuk menyapu wajah dari residu atau mengaplikasikan highlight
  • Pointed brush: Kuas dengan bentuk kecil atau meruncing untuk melukis garis bibir (lip brush) atau mata (eyeliner brush).

Perhatikan fungsi tiap-tiap kuas sebelum Anda membeli, ya! Jika Anda tertarik untuk membeli tipe kuas yang spesifik, seperti fan brush dan eyeliner brush, cek artikel di bawah ini!

Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Ada banyak jenis kuas yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan style makeup Anda. Jika makeup yang digunakan lebih bold, kuas makeup yang digunakan tentu lebih banyak. Untuk pemula, kuas yang dibutuhkan biasanya adalah berikut ini:


  • Powder brush

  • Angled brush untuk contour

  • Oval brush untuk blush

  • Fan Brush untuk highlighter

  • Blending Brush untuk eyeshadow

Pertimbangkan kuas makeup yang dilengkapi wadah atau cover

Pertimbangkan kuas makeup yang dilengkapi wadah atau cover
Kuas makeup ada yang memiliki gagang panjang seperti kuas cat dan ada juga yang dilengkapi dengan wadah berpenutup. Mari pilih kuas dengan mempertimbangkan kegunaan dan bagaimana Anda menyimpannya.
Kuas dengan gagang yang panjang mudah dipegang dan dipakai oleh pemula. Saat Anda berias di rumah, tipe ini sangat disarankan. Namun, jika Anda membutuhkan kuas makeup yang nyaman dibawa bepergian, pilihlah yang memiliki case dengan penutup atau sarung. Saat tutupnya terpasang, kantong kosmetik Anda akan terhindar dari kotor. Bulu kuas Anda pun terjaga lebih higienis.

10 Rekomendasi kuas makeup terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kuas makeup terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Citta Farenty.

10

Morphe Large Soft Fan Highlighter Brush

M310

Mulai dari Rp 112.000,00

Bulu kuasBulu alami (kambing)
Tipe kuasFan brush
FungsiMembubuhkan highlighter
9
Bulu kuasBulu sintetis
Tipe kuasRound brush
FungsiMembaurkan makeup
8

Mineral BotanicaStudio Series Pro Oval Brush Set

Mulai dari Rp 199.500,00

Bulu kuasBulu sintetis
Tipe kuasOval brush
FungsiMengaplikasikan dan membaurkan foundation, bedak, eyeshadow, blush, concealer, dan sebagainya
7
Bulu kuasBulu sintetis
Tipe kuasRound brush
FungsiMengaplikasikan dan membaurkan bedak tabur
6
Bulu kuasBulu sintetis
Tipe kuasRound brush
FungsiMengaplikasikan blush
5

Armando CarusoRetractable Round Pink Kabuki Brush

1004

Mulai dari Rp 175.000,00

Bulu kuasBulu sintetis
Tipe kuasKabuki brush
FungsiMengaplikasikan dan membaurkan bedak
4
Bulu kuasBulu alami (kambing)
Tipe kuasTapered brush
FungsiAplikasi highlighter pada sudut mata, mengaplikasikan dan membaurkan eyeshadow, smudging eyeliner
3

LAMICA BeautyAngled Shading Brush

205

Mulai dari Rp 75.000,00

Bulu kuasBulu alami (kuda)
Tipe kuasAngled brush
FungsiContouring, membaurkan riasan contour
2

MUAQMUAQ X January Christy Eye Brush Set

Mulai dari Rp 375.000,00

Bulu kuasBulu alami (kambing)
Tipe kuasRound brush, tapered brush
FungsiMengaplikasikan eyeshadow, membaurkan eyeshadow, menggaris eyeliner
1

Aeris BeautéThe Onyx 2.0 (15 pcs Face & Eye Brush Set)

Mulai dari Rp 349.000,00

Bulu kuasBulu sintetis
Tipe kuasRound brush, tapered brush, pointed brush, kabuki brush, angled brush, dan sebagainya
FungsiMengaplikasikan bedak, blush, foundation, makeup mata, alis, dan bibir, contouring, highlighting, shading, membaurkan makeup

Tabel perbandingan produk kuas makeup terbaik

Gambar produk
1
Aeris Beauté The Onyx 2.0 (15 pcs Face & Eye Brush Set) 1

Aeris Beauté

2
MUAQ MUAQ X January Christy Eye Brush Set 1

MUAQ

3
LAMICA Beauty Angled Shading Brush 1

LAMICA Beauty

4
Karis Cosmetics Pencil Brush 1

Karis Cosmetics

5
Armando Caruso Retractable Round Pink Kabuki Brush 1

Armando Caruso

6
Real Techniques Blush Brush 1

Real Techniques

7
Real Techniques Powder Brush 1

Real Techniques

8
Mineral Botanica Studio Series Pro Oval Brush Set  1

Mineral Botanica

9
Sigma Beauty Blending Brush 1

Sigma Beauty

10
Morphe  Large Soft Fan Highlighter Brush 1

Morphe

Nama produk

The Onyx 2.0 (15 pcs Face & Eye Brush Set)

MUAQ X January Christy Eye Brush Set

Angled Shading Brush

Pencil Brush

Retractable Round Pink Kabuki Brush

Blush Brush

Powder Brush

Studio Series Pro Oval Brush Set

Blending Brush

Large Soft Fan Highlighter Brush

Keunggulan

Set kuas makeup lengkap, riasan pemula bisa terlihat profesional!

Riasan mata lebih cetar dengan brush set dari brand lokal kesukaan MUA

Contouring mata dan hidung dengan hasil yang presisi

Riasan smokey eyes sempurna pasti Anda dapatkan!

Higienis dan travel friendly dengan kuas bedak yang menggunakan penutup

Perona tulang pipi berfitur 2-in-1 untuk pulasan blush on lebih tegas

Bedak tabur mulus merata berkat kuas high definition, bagus untuk pemula

Aplikasikan berbagai jenis kosmetik secara effortless, dari bedak padat hingga krim foundation

Peraih gelar sebagai blending brush terbaik dari majalah Nylon

Mendapat penghargaan Best Highlighting Brush dari InStyle, tonjolkan tulang pipi Anda

Harga mulai dariRp 349.000,00Rp 375.000,00Rp 75.000,00Rp 65.000,00Rp 175.000,00Rp 109.950,00Rp 259.900,00Rp 199.500,00Rp 230.000,00Rp 112.000,00
Bulu kuasBulu sintetisBulu alami (kambing)Bulu alami (kuda)Bulu alami (kambing)Bulu sintetisBulu sintetisBulu sintetisBulu sintetisBulu sintetisBulu alami (kambing)
Tipe kuasRound brush, tapered brush, pointed brush, kabuki brush, angled brush, dan sebagainyaRound brush, tapered brushAngled brushTapered brushKabuki brushRound brushRound brushOval brushRound brushFan brush
FungsiMengaplikasikan bedak, blush, foundation, makeup mata, alis, dan bibir, contouring, highlighting, shading, membaurkan makeupMengaplikasikan eyeshadow, membaurkan eyeshadow, menggaris eyelinerContouring, membaurkan riasan contourAplikasi highlighter pada sudut mata, mengaplikasikan dan membaurkan eyeshadow, smudging eyelinerMengaplikasikan dan membaurkan bedakMengaplikasikan blushMengaplikasikan dan membaurkan bedak taburMengaplikasikan dan membaurkan foundation, bedak, eyeshadow, blush, concealer, dan sebagainyaMembaurkan makeupMembubuhkan highlighter
Tautan produk

Pertanyaan umum seputar kuas makeup

Pertanyaan umum seputar kuas makeup

Anda mungkin masih memiliki beberapa pertanyaan seputar kuas makeup. Di bawah ini kami telah merangkum pertanyaan yang sekiranya bisa menjawab rasa penasaran Anda.

Apakah keunggulan brush dibandingkan sponge dalam mengaplikasikan?

Anda ingin menyamarkan pori-pori wajah? Kuas makeup bekerja lebih baik saat menutup pori-pori. Dengan demikian, bedak ataupun kosmetik lainnya akan melekat lebih solid dan halus di kulit dibandingkan ketika Anda menggunakan sponge atau puff. Anda bisa membandingkannya sendiri.

Bersihkan kuas makeup setelah digunakan!

Bersihkan kuas makeup setelah digunakan!
Perawatan perlu dilakukan untuk menjaga kuas tetap awet dalam waktu lama. Baik kuas dengan bulu alami maupun bulu sintetis, Anda harus selalu membersihkannya dari sisa bedak dan bubuk kosmetik. Untuk itu, jangan lupa menyeka bulu kuas Anda secara lembut dengan tisu atau kapas setelah pemakaian.
Jika bubuk dan pigmen kosmetik yang berkumpul tidak dibersihkan, lama kelamaan kualitas kuas akan menurun. Kuas makeup juga rentan oleh bakteri dan kuman yang bisa membuat kulit wajah Anda iritasi. Cucilah bulu kuas dengan air hangat dengan sabun khusus kuas atau sabun cuci dari bahan alami.
Bilas dengan lembut dari dasar hingga ujung kuas, tetapi berhati-hatilah untuk tidak mengenai bagian lempengan logam kuasnya. Bersihkan sedikit demi sedikit dan tekan ujung kuas. Cuci di bawah air mengalir hingga tidak lagi berbusa.
Setelah mencuci, seka kuas dengan handuk. Jemur sampai benar-benar kering. Setelahnya, kuas Anda siap dipakai untuk riasan berikutnya. Berhati-hatilah untuk tidak mencuci kuas secara berlebihan karena dapat merusak materialnya.
Citta Farenty
Beauty content creator
Citta Farenty

Jangan lupa untuk selalu membersihkan kuas makeup setelah menggunakannya. Bakteri dan kuman pada kuas dapat menyebabkan break out pada wajah. Untuk menjaga agar bakteri dan kuman tidak bersarang pada kuas, cara yang paling baik adalah cucilah kuas setiap kali digunakan. Selain itu, sebaiknya Anda mencuci kuas makeup minimal seminggu sekali. 

Baca juga rekomendasi jenis kuas makeup lainnya di sini

Apakah Anda ingin membeli jenis kuas makeup tertentu? Di bawah ini kami telah merangkum artikel mengenai kuas blush on, kuas bedak, dan lip brush yang bagus. Klik link di bawah ini untuk menemukan kuas makeup terbaik Anda!

Kesimpulan

Tidakkah Anda menginginkan wajah dengan riasan mulus? Dengan kombinasi kuas makeup dan kosmetik yang tepat, bahkan Anda tidak perlu berswafoto menggunakan filter atau fitur edit foto lagi. Wajah Anda akan terlihat lebih mulus dan makeup menjadi lebih apik.
Karena itu, mari tingkatkan kualitas makeup Anda dengan koleksi kuas rias profesional. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menemukan koleksi kuas yang tepat. Good luck!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Makeup Brush Set Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Makeup Brush Set Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Memakai foundation, blush, hingga eyeshadow tentu memerlukan kuas makeup set. Makeup brush dalam bentuk bundle atau kit banyak dicari karena biasanya cocok untuk pemula. Brush set yang lengkap akan membantu Anda mengaplikasikan makeup dengan baik. Namun, apakah Anda tahu makeup brush set yang terbaik? Merek apa saja yang recommended dan adakah produk yang bagus sekaligus terjangkau?Banyaknya brand, seperti MINISO, Focallure, Jacquelle, dan berbagai merek lokal bisa membuat Anda bingung saat memilih. Untuk itu, kami akan membagikan tips memilih serta merekomendasikan brush set terpopuler di pasaran. Selamat membaca!
    Peralatan makeup
  • 10 Lem Bulu Mata Palsu Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Lem Bulu Mata Palsu Terbaik - Ditinjau oleh Makeup Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Bagi sebagian orang, memasang bulu mata palsu mungkin menjadi bagian tersulit saat menggunakan makeup. Sering kali penyebabnya adalah pemilihan lem bulu mata yang tidak tepat. Hasilnya, bulu mata jadi mudah bergeser atau tidak dapat bertahan lama.Karena itu, melalui artikel ini, kami akan jabarkan cara memilih lem bulu mata yang bagus dan tahan lama. Kami juga telah menyiapkan rekomendasi lem bulu mata terbaik dari berbagai merek, seperti Mehron, Elise, dan Blink Charm. Sebagai informasi, artikel ini sudah ditinjau oleh makeup artist kami, Miss Insan. Yuk, langsung saja simak pembahasannya!
    Peralatan makeup
  • 10 Rekomendasi Makeup Sponges/Beauty Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Makeup Sponges/Beauty Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Makeup sponge atau beauty blender adalah alat yang dirancang khusus untuk mengaplikasikan foundation, bedak, atau concealer. Produk ini memiliki bentuk, material, dan kegunaan yang berbeda-beda. Ada beragam merk makeup sponge dan beauty blender yang tersedia di pasaran, seperti Fanbo, Miniso, hingga Real Techniques.Dalam artikel ini, kami akan membahas cara memilih beauty blender yang bagus untuk Anda. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan produk makeup sponge atau beauty blender terbaik. Simak artikelnya hingga akhir untuk menemukan produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda!
    Peralatan makeup
  • 10 Rekomendasi Kapas Terbaik untuk Makeup (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kapas Terbaik untuk Makeup (Terbaru Tahun 2022)
    Kapas makeup umumnya diperlukan oleh wanita, terutama yang gemar menggunakan makeup. Produk ini esensial dalam perawatan kulit karena lembut dan dapat menyerap cairan dengan baik. Mungkin Anda sudah familier dengan merek seperti Selection dan The Body Shop. Namun, produk seperti apa yang cocok untuk kulit Anda?Nah, kali ini kami akan menjelaskan cara memilih kapas makeup yang sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, kami juga akan memberikan sepuluh rekomendasi produk yang dapat Anda jadikan pilihan. Mari dapatkan wajah yang senantiasa bersih dan sehat dengan pemilihan kapas makeup yang tepat!
    Peralatan makeup
  • 10 Rekomendasi Pelentik Bulu Mata Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Pelentik Bulu Mata Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Pelentik bulu mata merupakan produk yang penting dimiliki jika Anda menginginkan bulu mata lentik. Akan tetapi, tidak sedikit yang kebingungan saat memilih produk ini di pasaran. Produsen seperti Etude dan Shiseido menyediakan berbagai tipe pelentik bulu mata yang mungkin Anda inginkan. Namun, tipe apa yang paling sesuai untuk Anda?Kami akan memperkenalkan beberapa produk pelentik bulu mata terpopuler dan menjelaskan cara memilih produk yang tepat. Setelah ini, Anda tidak perlu kebingungan lagi dalam memilih pelentik bulu mata. Riasan mata Anda pun akan lebih memesona!
    Peralatan makeup
  • 10 Rekomendasi Foundation Brush Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Foundation Brush Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Foundation brush adalah salah satu alat make up yang sebaiknya Anda miliki. Dengan menggunakan brush, Anda akan mendapatkan hasil makeup yang lebih flawless dibanding dengan pengaplikasian menggunakan beauty blender. Beberapa brand, seperti Real Techniques, Morphe, dan Lamica akan kami bahas di sini. Selain menjelaskan tips cara memilih foundation brush, kami juga akan memberikan rekomendasi produk foundation brush terbaik. Jadi, jangan dilewatkan ya!
    Peralatan makeup
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori