1. TOP
  2. >
  3. Kesehatan
  4. >
  5. Makanan & minuman kesehatan
  6. >
  7. 10 Minuman Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Minuman Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Minuman Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Minuman Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Minuman Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Minuman Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Minuman Kolagen Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2023)

Minuman kolagen dikenal sangat baik untuk kulit. Ketika mendengar mengenai minuman kolagen, mungkin tebersit pertanyaan-pertanyaan ini di benak Anda. Adakah merek minuman kolagen yang bagus dan cocok untuk remaja? Adakah produk yang aman untuk ibu hamil dan ibu menyusui?

Menjawab kebimbangan tersebut, kami akan memberikan penjelasan mengenai cara memilih minuman kolagen. Kami juga akan mengulas berbagai merek terbaik yang direkomendasikan untuk Anda. Temukan ulasan mengenai Byoote, Ms Glow, Noera, dan lain sebagainya. Artikel ini sudah ditinjau oleh nutritionist kami, Mochammad Rizal. Mari lanjutkan membacanya!
Diperbaharui 01-26-2023
Pakar
Nutritionist
Mochammad Rizal

Mochammad Rizal adalah seorang ahli gizi yang sedang menempuh pendidikan Master di Nutritional Science di Cornell University, Amerika Serikat. Rizal memiliki minat dalam bidang gizi olahraga, kebugaran, serta pencegahan dan penanganan obesitas. Ia juga aktif mengedukasi masyarakat terkait diet, gizi, dan kesehatan melalui media sosial, seminar, buku, dan berbagai media lainnya. Dalam hal keorganisasian, Rizal merupakan Ketua Divisi Gizi Kebugaran di Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA). Organisasi profesi gizi ini bergerak di bidang olahraga dan kebugaran.

Profil Mochammad Rizal
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan popularitasnya di marketplace pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih minuman kolagen

Penting untuk memilih minuman kolagen dengan tepat agar manfaatnya bisa Anda dapatkan secara maksimal. Berikut adalah beberapa tips memilih minuman kolagen.

① Temukan kolagen dengan berat molekul yang lebih rendah

Temukan kolagen dengan berat molekul yang lebih rendah
Pada dasarnya, kolagen sulit dicerna oleh tubuh. Hal ini karena kolagen tersusun dari molekul protein berserat tak larut yang ikatannya panjang. Agar dapat efektif dicerna dan diserap tubuh, Anda disarankan memilih peptide collagen atau kolagen dengan berat molekul rendah. Kolagen tersebut lebih mudah dipecah menjadi molekul-molekul yang lebih kecil sehingga mudah diserap tubuh.

Bagi Anda yang menginginkan efek yang lebih baik dan berani mengeluarkan biaya lebih, pilih produk kolagen tripeptide. Kandungan ini memiliki berat molekul yang lebih rendah lagi sehingga lebih mudah diserap tubuh.


Saat ini sudah banyak produk kolagen yang berasal dari hewan dengan berat molekul rendah sehingga mudah diserap tubuh. Namun, risiko alergi mungkin saja terjadi karena kolagen tersusun dari molekul protein. Untuk itu, periksalah keterangan bahan dengan hati-hati untuk memeriksa jenis kolagennya.

② Periksa kandungan pendukung lainnya

Periksa kandungan pendukung lainnya

Pada minuman kolagen biasanya terdapat kandungan lainnya yang bisa mendukung kinerja kolagen. Kandungan tersebut juga membantu pembentukan kolagen baru di dalam jaringan tubuh. Mari simak kandungan apa saja yang dimaksud.


  • Pada prosesnya, kolagen akan diurai menjadi asam amino dan didistribusikan ke seluruh tubuh. Setelah itu, asam amino akan disintesis kembali menjadi bentuk kolagen di jaringan tubuh yang membutuhkan dengan bantuan vitamin C dan zat besi.

  • Vitamin B kompleks, utamanya vitamin B3 berfungsi merawat kulit, menjaga kelembaban, serta menyehatkan rambut. Ada juga vitamin B5 yang membantu menjaga kadar air dalam kulit.

  • Polyphenol merupakan senyawa alami pada tumbuhan dan memiliki efek antioksidan. Zat ini akan membantu atasi radikal bebas yang bisa mempengaruhi kesehatan kulit.

  • Biotin adalah zat yang membantu pertumbuhan kulit, kuku, dan rambut.

  • Beta karotena dan astaxanthin adalah zat turunan vitamin A yang dikenal sebagai antioksidan yang baik. Zat tersebut pun dapat memberikan manfaat untuk kesehatan kulit. Kedua zat ini bisa membantu menghalau polutan penyebab risiko rusaknya jaringan kulit. Hal ini terutama bagi Anda yang kerap terpapar asap kendaraan atau asap rokok, serta terlalu lama terpapar sinar matahari.

  • Isoflavone merupakan zat fitonutrien yang biasa ditemukan pada kacang kedelai. Zat ini bermanfaat menjaga kesehatan jaringan tubuh, termasuk kulit.

 
Belum lagi kandungan lain, seperti vitamin A, vitamin E, royal jelly, dan ekstrak buah-buahan yang merupakan kandungan khas produk-produk kecantikan. Jadi, silakan Anda perhatikan kandungan pendukung lainnya agar sesuai dengan kebutuhan Anda.

③ Perhatikan jenis bahan bakunya

Perhatikan jenis bahan bakunya
Tingkat penyerapan kolagen tergantung pada jenis bahan bakunya. Ada dua macam jenis bahan baku, yakni grass-fed collagen dan marine collagen. Berikut penjelasannya.


  • Grass-fed collagen 

Jenis kolagen ini adalah kolagen yang berasal dari hewan. Grass-fed collagen umumnya memiliki harga yang cukup terjangkau. Jadi, jenis ini sangat cocok bagi Anda yang baru mencoba mengonsumsi minuman kolagen.


  • Marine collagen 

Jenis kolagen ini lebih sering dikenal dengan fish collagen. Kolagen yang berasal dari ikan ukuran molekulnya jauh lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Jadi, pilih kolagen yang berasal dari ikan jika Anda concern pada efeknya.


Lebih baik lagi jika Anda dapat memilih kolagen yang terbuat dari kulit ikan atau tulang rawan dibandingkan ikan mentah. Hal ini karena kolagen yang berasal dari ikan mentah perlu menggunakan banyak asam klorida selama pemrosesannya. Ikatan peptida kolagen bisa saja putus selama pemrosesan, bahkan kolagennya dapat hilang.


Cari tahulah lebih lanjut kepada customer care dari produk jika tidak ada informasi yang jelas mengenai jenis kolagennya. Hal ini agar Anda tidak salah memilih produk kolagen yang mengandung alergen jika Anda memiliki alergi pada ikan.

④ Periksalah varian rasa dan anjuran minumnya

Periksalah varian rasa dan anjuran minumnya
Minuman kolagen dijual dalam berbagai varian rasa. Pilihlah rasa yang paling Anda sukai agar tidak bosan saat mengonsumsinya. Namun, rasanya bisa saja kurang enak jika kandungan kolagennya 10.000 mg atau lebih. Hal ini karena kolagen umumnya bersumber dari ikan atau sumber hewani lain. Jadi, mungkin ada kesan rasa amis yang terasa. Sebaiknya, coba perhatikan beberapa ulasan dari pengguna lain lebih dahulu.

Anda tidak suka rasa dari kolagen atau pemanis buatan dari produk minuman kolagen? Jika iya, Anda bisa mengganti jenis kolagen bersumber ikan ke kolagen yang bersumber dari sapi. Jika rasa kolagen yang bersumber dari sapi masih kurang dapat diterima, pertimbangkanlah untuk mengonsumsi suplemen kolagen dalam bentuk tablet.


Kandungan kolagen dalam bentuk tablet mungkin lebih sedikit, tetapi akan lebih mudah Anda konsumsi. Jika berbentuk bubuk, Anda bisa mengonsumsinya bersama dengan makanan atau minuman agar rasanya tidak begitu mengganggu.


Takaran sajinya juga tidak kalah penting. Jumlah kolagen di pasaran berkisar antara 100–1000 mg. Sementara itu, angka konsumsi kolagen yang disarankan tidak lewat dari 2,5–15 gram sehari. Anda dapat memilih produk kolagen dalam botol kecil atau yang bisa dituang ke gelas agar lebih praktis. Jenis kemasan ini sangat mudah dibawa bepergian, lebih praktis, dan mudah untuk dikonsumsi.

⑤ Pertimbangkan harga dan kemasan paket

Pertimbangkan harga dan kemasan paket
Sumber: kalcare.com
Produk dengan harga tinggi belum tentu mengandung kolagen yang tinggi. Terlebih bila bahan pendukungnya terdiri dari sodium hyaluronate dan royal jelly, harga produk bisa jadi lebih mahal. Jika Anda termasuk orang yang memikirkan masalah biaya, produk yang mengandung kolagen dan komponen pendukung sudah cukup.

Anda disarankan untuk membeli kemasan paket apabila merasa cocok dengan rasa suatu produk dan ingin terus mengonsumsinya. Hal ini karena harga kemasan paket biasanya jauh lebih murah dibandingkan dengan kemasan satuan.


Jika Anda baru ingin mencoba produk kolagen, ada baiknya membeli dalam jumlah kecil terlebih dahulu. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan efek yang dirasakan tubuh selepas mengonsumsi produk kolagen. Apabila ada pertanda alergi, pemakaian bisa segera dihentikan.

10 Rekomendasi minuman kolagen terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk minuman kolagen terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Mochammad Rizal.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Noera

Collagen Drink

Noera Collagen Drink 1枚目

Diperkaya glutathione, membantu mencerahkan kulit sehingga tampak awet muda

2

Byoote

Byt Colla

Byoote Byt Colla 1枚目

Diserap tubuh lebih baik dengan kandungan tripeptide collagen

3

Ms Glow

Glasskin Drink

Ms Glow  Glasskin Drink  1枚目

Aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui

4

Everwhite

Hicoll Drinks

Everwhite Hicoll Drinks 1枚目

Sehat di dalam dan cantik di luar

5

Elmier

Collagen

Elmier Collagen 1枚目

Minuman kolagen tanpa gula, konsumsi setiap hari tanpa khawatir

6

Kalbe

Diva Mixed Berries Drink

Kalbe Diva Mixed Berries Drink  1枚目

Rasakan khasiatnya dalam 14 hari

7

Realfood

Up Peach & Collagen

Realfood Up Peach & Collagen 1枚目

Rasa buah persik asli yang segar dan nikmat

8

Kinohimitsu

Collagen Diamond

Kinohimitsu  Collagen Diamond 1枚目

Kulit yang kenyal dan elastis sudah bisa Anda dapatkan mulai hari keenam!

9

JOJU

Aimi

JOJU Aimi 1枚目

Ekstrak blueberry-nya membantu menangkal radikal bebas

10

NAMA

Daily Cgen

NAMA Daily Cgen 1枚目

Kebaikan prebiotik dan probiotik dalam satu produk

Perincian produk
Close
No.1

Diperkaya glutathione, membantu mencerahkan kulit sehingga tampak awet muda

Kulit yang cerah bersinar tentu akan membuat wajah tampak awet muda. Bila Anda bermasalah dengan kulit yang tampak kusam, mengapa tidak mencoba minuman kolagen ini? Minuman berbahan dasar salmon collagen ini juga dilengkapi glutathione.


Glutathione adalah salah satu kandungan yang dapat membantu menjaga kulit supaya tampak bersinar. Ada pula kandungan vitamin C yang membantu kerja kolagen untuk mencegah keriput. Khasiat anti-aging ini juga didukung dengan vitamin E, lho.

No.2

Diserap tubuh lebih baik dengan kandungan tripeptide collagen

Mungkin Anda sudah cukup sering mendengar tentang Byoote, produk kecantikan milik Paopao LDP. Nah, sekarang ada produk keluaran terbaru dan lebih baik dari Byoote, yakni Byt Colla. Byt Colla hadir dengan tripeptide collagen yang dapat diserap lebih cepat oleh tubuh.


Untuk pemanisnya, produk ini menggunakan stevia yang lebih aman bagi orang yang sensitif terhadap gula. Kandungan pendukung lainnya yang kaya akan vitamin C, vitamin A, dan beta karotena juga memaksimalkan kerja kolagen. Minumlah produk ini secara rutin dan rasakan manfaatnya.

No.3

Ms Glow Glasskin Drink

Mulai dari Rp250.000,00

Aman dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui

Ms Glow Beauty ini mengeklaim bahwa produknya ini aman untuk ibu hamil dan menyusui. Jadi, para ibu dan calon ibu tetap bisa memberikan perawatan untuk tubuh dan kulitnya.


Selain itu, produk ini mengandung hyaluronic acid dan L-glutathione. Hyaluronic acid sudah sangat terkenal di dunia kecantikan karena manfaatnya dalam melembapkan kulit. Sementara itu, L-glutathione bisa menangkal radikal bebas, meningkatkan imun tubuh, dan mendetoks racun.

No.4

EverwhiteHicoll Drinks

Mulai dari Rp101.000,00

Sehat di dalam dan cantik di luar

Pernahkah Anda mendengar pernyataan tentang pencernaan yang sehat adalah awal kulit yang cantik? Pernyataan ini benar adanya karena ternyata kondisi kulit sering kali mencerminkan kondisi sistem pencernaan Anda, khususnya usus.


Selain kolagen, glutathione, dan vitamin, produk Everwhite ini mengandung fiber. Fiber akan membantu melancarkan pencernaan Anda. Jadi, pencernaan Anda sehat dan kulit Anda pun akan makin cantik.

No.5

Minuman kolagen tanpa gula, konsumsi setiap hari tanpa khawatir

Elmier Collagen merupakan salah satu minuman kolagen yang patut Anda perhitungkan. Dari segi kelayakan, produk ini telah terdaftar di BPOM dan mendapatkan sertifikat halal dari MUI.


Dari segi kualitasnya, produk ini merupakan minuman serbuk berukuran nano yang mudah diserap tubuh. Selain itu, kandungannya diklaim bebas gula sehingga aman dikonsumsi setiap hari.

No.6

KalbeDiva Mixed Berries Drink

Mulai dari Rp55.000,00

Rasakan khasiatnya dalam 14 hari

Minuman berkhasiat yang dilengkapi formula double action ini mampu mengurangi kerusakan kolagen dan meningkatkan jumlah kolagen di dalam kulit. Hasilnya, kulit Anda akan bebas kerutan, lebih elastis, kencang, lembut, dan halus. Perubahan pertama dapat Anda rasakan hanya dalam 14 hari. Untuk hasil optimalnya, pastikan Anda mengonsumsi minuman kolagen ini hingga 84 hari.
No.7

RealfoodUp Peach & Collagen

Mulai dari Rp110.000,00

Rasa buah persik asli yang segar dan nikmat

Minuman kolagen dengan rasa buah persik yang menyegarkan ini diproduksi di dalam negeri. Produk ini cocok bagi Anda yang tidak terlalu suka rasa kolagen yang kuat. Di sisi lain, produk ini rendah kalori sehingga bisa juga dikonsumsi oleh Anda yang lagi diet. Minumlah Realfood Up Peach & Collagen setiap hari dan rasakan bedanya.

No.8

Kinohimitsu Collagen Diamond

Mulai dari Rp570.000,00

Kulit yang kenyal dan elastis sudah bisa Anda dapatkan mulai hari keenam!

Pori-pori besar, kerutan, dan tanda-tanda penuaan lainnya bisa segera Anda akhiri dengan Kinohimitsu Collagen Diamond Drink. Kandungan ekstrak perilla seed di dalamnya mampu meremajakan kulit dan meningkatkan kemampuan penyerapan nutrisi sel. Dengan begitu, kulit akan terlihat lebih muda dan sehat.

Kandungan lainnya, seperti silk protein, mampu mengunci kelembapan pada jaringan kulit. Di sisi lain, ada soy isoflavon untuk meningkatkan produksi kolagen. Dengan mengonsumsi satu botol per hari, Anda sudah bisa mendapatkan hasilnya sejak hari keenam. Produk ini dianjurkan untuk Anda yang sering bergadang, perokok, atau coffee addict.
No.9

Ekstrak blueberry-nya membantu menangkal radikal bebas

Minuman kolagen yang satu ini hadir dengan rasa blueberry yang lezat. Rasa blueberry tersebut tidak hanya berasal dari perasa, tetapi benar-benar mengandung blueberry extract. Selain memberikan rasa yang lezat, blueberry extract memiliki manfaat antioksidan dan antiradang. Jadi, produk ini dapat memberikan manfaat ekstra bagi kulit dan kesehatan tubuh Anda.

No.10

Kebaikan prebiotik dan probiotik dalam satu produk

Minuman kolagen yang satu ini banyak diperkaya zat-zat yang baik untuk tubuh. Mulai dari berbagai jenis vitamin, glutathione, hingga prebiotik dan probiotik, ada semua di sini. Nah, prebiotik dan probiotik ini tidak hanya bermanfaat untuk kulit, tetapi juga baik untuk pencernaan Anda. Jadi, masalah di kulit yang timbul akibat masalah di pencernaan bisa turut diatasi oleh produk ini.

Pertanyaan umum seputar minuman kolagen

Pertanyaan umum seputar minuman kolagen

Setelah mengulas cara memilih serta rekomendasi produknya, kami akan menjawab pertanyaan populer seputar minuman kolagen. Jika Anda masih penasaran dengan minuman kolagen, simak jawabannya di bawah ini!

Apa efek samping dari minuman kolagen?

Konsumsi kolagen yang berlebihan (di atas 2,5 gram sehari) tanpa anjuran profesional dapat menyebabkan gangguan pencernaan ringan. Namun, hal itu tidak selalu terjadi. Kolagen terdiri atas protein khusus yang dimetabolisme oleh lambung sehingga bisa saja menyebabkan hipersensitif bagi sebagian orang. Gejalanya dapat berupa naiknya asam lambung, begah, mual, kembung, dan lainnya.


Penggunaan kolagen juga tidak disarankan bagi wanita hamil dan menyusui, anak-anak, serta penderita penyakit kronis yang sedang dalam masa pengobatan. Konsultasikan terlebih dahulu dengan tenaga kesehatan apabila Anda dalam kondisi tersebut.

Amankah minum kolagen setiap hari?

Konsumsi kolagen setiap hari cenderung aman selama dalam batas wajar dan sesuai dengan petunjuk pemakaian. Namun, hentikanlah konsumsi kolagen dan segera berkonsultasi ke dokter apabila ada reaksi alergi atau keluhan lainnya.

Tips dari nutritionist kami, Mochammad Rizal

Tips dari nutritionist kami, Mochammad Rizal
  1. Perhatikan suhu saat menyajikan produk. Kolagen dapat rusak oleh air panas atau disimpan di tempat panas.
  2. Pastikan konsumsi air putih cukup dan makan makanan seimbang.
  3. Perhatikan jumlah total gula dan natrium dalam produk kolagen pilihan Anda. Pilihlah yang tidak mengandung terlalu banyak gula dan natrium. Hal ini agar Anda tak melebihi batas konsumsi gula dan natrium yang direkomendasikan.

Baca juga rekomendasi suplemen kecantikan lainnya di sini

Ada suplemen selain minuman kolagen yang bisa Anda konsumsi terkait kecantikan kulit. Untuk itu, silakan baca artikel mengenai suplemen kecantikan yang bagus dan aman di bawah ini.

Kesimpulan

Pada kesempatan ini, kami telah memberikan beberapa rekomendasi minuman kolagen. Bagaimana menurut Anda? Adakah produk yang tertarik untuk Anda coba?

Dalam melakukan perawatan, hal yang paling penting adalah konsistensi. Begitu pula halnya dengan mengonsumsi minuman kolagen. Anda perlu meminumnya secara rutin agar dapat mengetahui hasilnya. Jadi, temukanlah minuman kolagen yang cocok untuk Anda, lalu konsumsilah secara rutin.

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer