mybest
Kolam

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Ibu & anak
  3. Mainan anak
  4. 10 Rekomendasi Kolam Mandi Bola Terbaik (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Rekomendasi Kolam Mandi Bola Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Rekomendasi Kolam Mandi Bola Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Rekomendasi Kolam Mandi Bola Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Rekomendasi Kolam Mandi Bola Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Rekomendasi Kolam Mandi Bola Terbaik (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Rekomendasi Kolam Mandi Bola Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

Bermain bola di ball pool dapat menjadi aktivitas menyenangkan bagi anak dan bayi. Ball pool atau kolam bola mudah ditemukan di arena bermain umum. Kolam bola mainan anak juga umum disebut kolam bola plastik. Akhir-akhir ini, banyak orang tua yang menyediakan kolam bola anak di rumah.


Terdapat banyak jenis tempat mandi bola terbaru yang bagus untuk anak dan bayi dijual di pasaran. Agar Anda tidak bingung, kami akan mengulas tips memilih kolam mandi bola yang bagus. Kami juga akan merekomendasikan kolam mandi bola terbaik merek Bestway, ELC, Pliko, dan lain-lain. 

Diperbaharui 14/07/2023
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca

Daftar isi

Cara memilih kolam mandi bola

Mungkin Anda bertanya-tanya, apakah mandi bola termasuk permainan sensoris dan apa saja manfaatnya untuk anak? Ya, mandi bola merupakan permainan sensoris yang melatih kemampuan motorik halus dan kasar anak sembari mengenalkannya dengan beragam warna. Nah, berikut adalah cara memilih kolam mandi bola.
1

Pilih berdasarkan tipenya

Terdapat dua tipe ball pool yang dapat Anda pilih, ada yang berbentuk rumah dan ada yang tanpa atap. Tiap tipe memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Karena itu, silakan pilih yang sesuai dengan preferensi Anda.

Tipe kolam, mempermudah Anda saat mengawasi anak

Tipe kolam, mempermudah Anda saat mengawasi anak

Ball pool tipe kolam akan memudahkan Anda untuk mengawasi anak-anak saat bermain. Dengan begitu, Anda bisa lebih waspada agar anak tidak terluka atau tenggelam di antara bola-bola. Kami menyarankan tipe ini untuk anak yang belum bisa berjalan sendiri.


Karena tidak memiliki atap, bola-bola yang sedang dimainkan dapat berceceran di rumah Anda. Anak-anak yang usianya sudah lebih besar biasanya bermain dengan lebih aktif dan dinamis. Hal tersebut dapat membuat bola terlempar ke berbagai tempat dan mungkin akan merepotkan Anda.

Tipe rumah, menjaga agar bola tidak berhamburan ke luar

Tipe rumah, menjaga agar bola tidak berhamburan ke luar

Dengan tipe ini, rumah Anda akan bebas dari bola-bola yang berhamburan. Beberapa produk dirancang menyerupai tenda dan sebagian lainnya berbentuk seperti rumah. Jika anak Anda bosan bermain bola, ball pool tipe ini dapat dimanfaatkan untuk bermain rumah-rumahan


Penggunaan ball pool tipe rumah lebih disarankan apabila anak Anda sudah bisa bermain sendiri dengan bebas. Agar lebih mudah mengawasi anak ketika bermain, sebaiknya taruh ball pool dengan posisi pintu mengarah ke hadapan Anda. Dengan demikian, Anda bisa melihat dan mengawasi anak Anda melalui pintu.

2

Sesuaikan ukuran produk dengan lokasi penempatan

Sesuaikan ukuran produk dengan lokasi penempatan

Beberapa ball pool memiliki dimensi besar yang dapat menampung tiga anak di dalamnya. Artinya, Anda membutuhkan area yang luas untuk meletakkan produk tersebut. Meski ball pool tersebut aman, sebaiknya tetap taruh ball pool di tempat yang mudah untuk diawasi, misalnya ruang tamu. 


Sebelum membeli, Anda perlu memutuskan lokasi pemasangan ball pool terlebih dahulu. Setelah itu, pilihlah ukuran produk yang sesuai dengan lokasi tersebut. Beberapa produk memiliki bentuk tenda dengan dimensi yang lebih kecil dan bagian tambahan yang dijual terpisah. 

3

Cek kemudahan penyimpanannya

Cek kemudahan penyimpanannya

Beberapa orang melupakan aspek kemudahan penyimpanan ketika membeli ball pool. Jika ball pool Anda berukuran sangat kecil, Anda mungkin tidak perlu khawatir mengenai tempat penyimpanannya. Namun, ada produk yang harus dilipat terlebih dahulu ketika akan disimpan. 


Sayangnya, tidak semua orang dapat melipatnya dengan tepat. Karena itu, bacalah ulasan produk yang hendak dibeli untuk mencari tahu kemudahan pelipatan produk incaran. Anda juga bisa memilih produk yang memiliki petunjuk cara melipat dengan jelas.

4

Pastikan ball pool tersebut aman untuk anak-anak

Beberapa mainan anak dapat menyebabkan kecelakaan ketika sedang dimainkan. Untuk menghindari hal tersebut, pertimbangkanlah beberapa poin di bawah ini agar ball pool makin aman bagi anak.

Penggunaan bahan berjaring, memudahkan Anda melihat ke dalam

Penggunaan bahan berjaring, memudahkan Anda melihat ke dalam

Mengawasi anak akan lebih mudah jika mereka bermain di ball pool tipe kolam. Namun, jika Anda menggunakan tipe rumah, pertimbangkanlah produk yang terbuat dari bahan berjaring (mesh) atau yang transparan. Dengan demikian, Anda tetap dapat melihat dan mengawasi anak Anda ketika bermain di dalamnya.

Produk yang bertanda SNI, untuk keamanan maksimal

Produk yang bertanda SNI, untuk keamanan maksimal

Mainan anak biasanya memang dirancang agar aman bagi anak. Namun, jika Anda sangat mengutamakan aspek keamanan, pilihlah produk yang memiliki tanda SNI (Standar Nasional Indonesia). Tanda SNI diberikan kepada produk yang memiliki bentuk dan kekuatan yang sesuai dengan standar keamanan di Indonesia. 


Selain SNI, terdapat beberapa tanda keamanan lain dari negara yang berbeda. Tanda keamanan dari Jepang bertuliskan ST, dari Amerika adalah ASTM, sedangkan dari Eropa adalah CE. Jika produk yang Anda pilih memiliki lisensi-lisensi tersebut, produk tersebut memiliki standar keamanan yang baik. Namun, agak sulit untuk mendapatkan keterangan mengenai tanda keamanan ini di toko online Indonesia.

5

Pertimbangkan produk yang dijual satu set dengan bolanya

Pertimbangkan produk yang dijual satu set dengan bolanya

Bola yang dijual satu set bersama dengan ball pool biasanya memiliki jumlah terbatas. Dengan kata lain, jumlah bolanya tidak sebanyak dengan yang Anda jumpai di playground umum. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda membeli bola tambahan yang dijual secara terpisah. 


Akan tetapi, jika Anda ingin anak segera memainkannya setelah membeli, pilihlah produk yang dijual satu set dengan bola. Bola untuk ball pool memiliki ukuran dan warna yang berbeda-beda. Jika Anda menginginkan produk yang serupa, jangan lupa memeriksa ukuran dan warna bola yang tersedia.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi kolam mandi bola terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk kolam mandi bola terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.
Ranking popularitas
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
1

Bestway

Play Pool51009

Bestway  Play Pool 1

Rp120.000

Agak Murah

Sudah satu set dengan pompa dan bola

2

Pop Up Play Pool with Hoop

 Pop Up Play Pool with Hoop 1

Rp56.988

Lebih Murah

Anak tidak mudah bosan berkat ring basketnya!

3

Playground

Play Pool1503

Playground Play Pool 1

Rp205.000

Menengah

Tingginya 55 cm, makin kecil kemungkinan anak terjatuh keluar kolam

4

Play Tent 4 in 1 300 cm

 Play Tent 4 in 1 300 cm 1

Rp145.000

Agak Murah

Ingin bermain di ball pool tipe rumah dan tipe kolam? Semua bisa!

5

Castle Play Tent 140 cm

 Castle Play Tent 140 cm 1

Rp250.000

Menengah

Mudah diawasi dan lebih sejuk dengan bahan berjaring

6

Tomindo

Tenda Candy House

Tomindo  Tenda Candy House 1

Rp255.000

Menengah

Bahannya antiair, anak pun bisa bermain di halaman

7

Speeds

Kolam Mandi Bola LX 067-8

Speeds Kolam Mandi Bola  1

Rp600.000

Lebih Mahal

Lebih luas, anak pun dapat bermain bersama saudara atau temannya

8

Honey Boo

Folding Pool

Honey Boo Folding Pool 1

Rp500.000

Agak Mahal

Simpel dan mudah dilipat tanpa ribet

9

Candy Car Tent

 Candy Car Tent 1

Rp139.000

Agak Murah

Berperan sebagai pengemudi sambil bermain bola, pasti lebih seru!

10

Pliko

3 in 1 Activity Gym and Ball Pit

Pliko 3 in 1 Activity Gym and Ball Pit 1

Rp328.000

Agak Mahal

Bayi pun dapat bermain di dalamnya karena material yang bebas BPA

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Bestway Play Pool51009

Play Pool 1
Sumber: shopee.co.id
Play Pool 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp120.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp120.000
Agak Murah

Sudah satu set dengan pompa dan bola

Kelebihan:

  • Besar dan sudah dilengkapi pompa

Kekurangan:

  • Pompanya manual, Anda perlu mengeluarkan effort lebih untuk memompa kolam

Ketika Anda membeli set produk ini, Anda akan langsung memperoleh bola plus pompa. Anda pun bisa langsung memompa kolam untuk dijadikan tempat bermain sang buah hati. Ukurannya pun cukup besar, masih cukup untuk diisi dua orang anak. Anda yang tidak ingin mengeluarkan waktu dan dana lebih untuk membeli pompa dan bola tentu tepat membeli produk ini.

Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

Pop Up Play Pool with Hoop

Harga referensi
Rp56.988
Lebih Murah

Anak tidak mudah bosan berkat ring basketnya!

Kelebihan:

  • Pilihan desainnya sangat banyak

Kekurangan:

  • Belum satu set dengan bola

Kolam bola yang satu ini sudah dilengkapi dengan ring basket. Anak Anda pun dapat menikmati permainan bola yang bervariasi. Ball pool ini tersedia dalam berbagai karakter yang sudah tidak asing lagi bagi buah hati Anda. Jika Anda ingin melihat anak Anda betah bermain lama di kolam bola ini, produk ini dapat Anda pertimbangkan.

No.3

PlaygroundPlay Pool1503

Harga referensi
Rp205.000
Menengah

Tingginya 55 cm, makin kecil kemungkinan anak terjatuh keluar kolam

Kelebihan:

  • Harganya cukup ramah kantong

Kekurangan:

  • Tidak dilengkapi jaring pengaman

Melihat sang buah hati terjatuh keluar kolam saat asyik bermain tentu bukan hal yang Anda inginkan. Nah, produk ini layak diperhitungkan jika Anda ingin memperkecil kemungkinan tersebut. Kolam ini memiliki tinggi mencapai 55 cm. Hasilnya, anak dengan tinggi kurang dari 100 cm pun tidak mudah terjatuh keluar saat berada dalam kolam ini. Jika kolamnya diisi air, anak dijamin makin seru bermain!

No.4

Play Tent 4 in 1 300 cm

Harga referensi
Rp145.000
Agak Murah

Ingin bermain di ball pool tipe rumah dan tipe kolam? Semua bisa!

Kelebihan:
  • Bebas dilepas pasang sesuai kebutuhan

Kekurangan:

  • Ada bagian yang tidak berpenutup, bola bisa terlempar keluar

Rekomendasi kami selanjutnya adalah produk yang lengkap. Produk ini terdiri dari ball pool tipe kolam, tipe rumah, dan terowongan. Artinya, anak Anda dapat berganti-ganti area permainan tanpa mudah merasa bosan.


Anda juga tidak perlu khawatir mengenai ukuran yang terlalu besar. Setiap bagian dari produk ini dapat dilepaskan sehingga terbagi menjadi tiga. Anda bebas memilih tipe ball pool dan permainan yang sesuai dengan situasi saat hendak bermain!
No.5

Castle Play Tent 140 cm

Harga referensi
Rp250.000
Menengah

Mudah diawasi dan lebih sejuk dengan bahan berjaring

Kelebihan:
  • Besar dan berjaring, makin nyaman untuk anak-anak

Kekurangan:

  • Perlu space besar untuk menempatkannya


Pop up tent ini akan nyaman dijadikan area bermain anak karena sebagian besar materialnya adalah bahan berjaring. Anak Anda pun akan aman dari serangan gigitan nyamuk. Selain mudah diawasi, anak Anda juga merasa lebih sejuk ketika sedang bermain. 


Ditambah lagi, produk ini ukurannya cukup tinggi sehingga anak-anak bisa berdiri dengan leluasa di dalamnya. Produk ini layak dipilih jika Anda mempertimbangkan kenyamanan yang maksimal untuk buah hati Anda.

No.6

Tomindo Tenda Candy House

Harga referensi
Rp255.000
Menengah

Bahannya antiair, anak pun bisa bermain di halaman

Kelebihan:

  • Materialnya waterproof, aman digunakan bahkan di luar ruangan

Kekurangan:

  • Didominasi warna pink, bisa jadi kurang disukai anak laki-laki

Produk yang satu ini juga dapat mengembangkan imajinasi dan kreativitas anak Anda. Produk ini didesain dengan bentuk toko permen sehingga anak pun dapat berakting sebagai penjual atau pembeli bersama temannya. Selain itu, Anda dapat meletakkan produk ini di halaman karena bahannya antiair. Anak Anda pun dapat bermain dengan sirkulasi udara yang baik.

No.7

SpeedsKolam Mandi Bola LX 067-8

Harga referensi
Rp600.000
Lebih Mahal

Lebih luas, anak pun dapat bermain bersama saudara atau temannya

Kelebihan:

  • Ukurannya besar, bisa ditempati beberapa anak sekaligus

Kekurangan:

  • Harganya tergolong tinggi untuk kategori kolam bola secara umum

Jika Anda memiliki dua atau tiga anak yang usianya berbeda 1–3 tahun, produk ini tidak boleh Anda lewatkan. Selain ukurannya yang luas, produk ini juga dilengkapi dengan ring basket dan gawang mini. Anak-anak Anda pun dapat bermain dengan seru di dalamnya. Kini, Anda pun bisa menghemat bujet tanpa perlu membawa anak-anak ke mal untuk bermain di kolam bola.

No.8

Honey BooFolding Pool

Folding Pool 1
Sumber: shopee.co.id
Folding Pool 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp500.000
Agak Mahal
Harga referensi
Rp500.000
Agak Mahal

Simpel dan mudah dilipat tanpa ribet

Kelebihan:

  • Mudah dilipat dan dibuka

Kekurangan:

  • Belum ada penutup, bola bisa terlempar keluar

Dengan bentuk membulat dan tiga pilihan warna cantik, produk ini mudah menarik perhatian anak-anak. Material yang digunakan pun sangat fleksibel sehingga memudahkan Anda dalam membuka ataupun menyimpan kembali produk ini. Apabila Anda menyukai barang-barang berdesain simpel dan mudah dibereskan saat selesai digunakan, produk ini cocok untuk Anda.

No.9

Candy Car Tent

Harga referensi
Rp139.000
Agak Murah

Berperan sebagai pengemudi sambil bermain bola, pasti lebih seru!

Kelebihan:

  • Tampil unik dengan desain menyerupai mobil

Kekurangan:

  • Belum satu set dengan bola

Apakah anak Anda akan menyukai permainan dengan bentuk yang menyerupai mobil-mobilan? Produk ini layak Anda pilih karena selain bermain bola, anak Anda juga dapat belajar bermain peran. Jika sudah bosan bermain bola, mereka bisa pura-pura menyetir mobil. Ada empat pilihan desain menarik, Anda makin bebas memilih sesuai preferensi sang buah hati.

No.10

Pliko3 in 1 Activity Gym and Ball Pit

Harga referensi
Rp328.000
Agak Mahal

Bayi pun dapat bermain di dalamnya karena material yang bebas BPA

Kelebihan:
  • Dilengkapi mainan gantung, anak makin tertarik bergerak

Kekurangan:

  • Ukuran tidak terlalu besar, kurang tepat untuk anak berusia 5 tahun ke atas

Produk ini akan bermanfaat bagi orang tua yang baru memiliki bayi karena dapat digunakan oleh newborn baby. Material yang digunakan bebas BPA sehingga aman bagi bayi Anda. Anda dapat dengan tenang membiarkan bayi bermain selagi Anda melakukan aktivitas lain.


Selain bola, produk ini juga dilengkapi mainan gantung yang dapat memicu anak Anda untuk lebih aktif bergerak. Bagian sisinya pun memiliki lubang sebagai tempat memasukkan dan mengeluarkan bola. Anak Anda tidak akan mudah bosan bermain di dalamnya.

Baca juga rekomendasi produk mainan lainnya di sini

Selain ball pool, kami juga mempunyai beberapa rekomendasi produk mainan lainnya yang mungkin sedang Anda cari. Terdapat beberapa produk, seperti mainan masak-masakan, perosotan anak, dan lain sebagainya. Silakan simak melalui link di bawah ini.

Kesimpulan

Kami telah mengulas berbagai hal mengenai ball pool serta memberikan rekomendasi produk terbaik. Semoga artikel kami dapat membantu Anda memilih produk yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga.


Bermain di ball pool tentunya akan membuat anak bergembira, terutama jika Anda ikut bermain bersama. Akhir kata, terima kasih telah menyimak sampai selesai dan selamat menikmati kebersamaan bersama dengan anak Anda.

5 Rekomendasi Kolam Mandi Bola terbaik

No. 1: Bestway Play Pool51009

No. 2: Pop Up Play Pool with Hoop

No. 3: PlaygroundPlay Pool1503

No. 4: Play Tent 4 in 1 300 cm

No. 5: Castle Play Tent 140 cm

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Ibu & anak
  3. Mainan anak
  4. 10 Rekomendasi Kolam Mandi Bola Terbaik (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.