1. TOP
  2. >
  3. Outdoor & sports
  4. >
  5. Camping & hiking
  6. >
  7. 10 Tenda Dome Terbaik Dijamin Kuat - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023)
  • 10 Tenda Dome Terbaik Dijamin Kuat - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 1
  • 10 Tenda Dome Terbaik Dijamin Kuat - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 2
  • 10 Tenda Dome Terbaik Dijamin Kuat - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 3
  • 10 Tenda Dome Terbaik Dijamin Kuat - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 4
  • 10 Tenda Dome Terbaik Dijamin Kuat - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023) 5

10 Tenda Dome Terbaik Dijamin Kuat - Ditinjau oleh Outdoor Activist (Terbaru Tahun 2023)

Salah satu barang yang wajib dimiliki pencinta kegiatan outdoor adalah tenda dome. Eiger, Consina, dan Naturehike adalah sederet merek yang menjual beragam tenda dome yang bagus. Ada tenda pop up untuk satu orang, tenda dome 4 orang/8 orang, bahkan tenda dome double layer.

Setiap tenda memiliki perbedaan dari segi ketahanan dan tingkat waterproof-nya. Di artikel ini, kami akan menjelaskan poin-poin yang perlu diperhatikan ketika memilih tenda dome. Kami juga akan merekomendasikan berbagai tenda dome berkualitas berdasarkan fungsinya. Artikel ini sudah ditinjau oleh outdoor activist kami, Adlai Yulianus. Selamat membaca!

Diperbaharui 12-30-2022
Pakar
Aktivis kegiatan alam bebas
Adlai Yulianus

Pria yang bekerja di bidang komputer ini menekuni hobi kegiatan alam bebas sejak 1985. Adlai Yulianus yang akrab disapa Lele masih aktif dalam kegiatan alam bebas baik secara berkelompok maupun sendiri (solo). Beliau aktif melakukan kegiatan alam bebas di hutan rimba, gunung, pemanjatan tebing, dan penelusuran goa. Salah satu pencapaiannya adalah mendaki puncak Gunung Kerinci yang merupakan gunung berapi tertinggi di Indonesia (3.805 mdpl).

Profil Adlai Yulianus
Penyunting
mybest, Inc.
Tim editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim editorial mybest
  • Konten ini dibuat secara independen oleh mybest. Kami mungkin menerima produk dan layanan secara gratis dari produsen dan/atau pemasangan iklan. Namun, produsen dan lainnya tidak terlibat dalam isi konten ataupun penentuan peringkat.
  • Silakan lihat kebijakan editorial mybest untuk detailnya
Cara memilih dalam artikel ini sudah ditinjau oleh pakar.
Produk di bawah ini diurutkan secara mandiri oleh tim editorial mybest berdasarkan hasil riset di berbagai sumber pada 13 Januari 2023 dan bukan dari pakar.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih tenda dome yang dijamin kuat

Tenda dome merupakan tempat tinggal Anda selama berkegiatan di alam bebas, misalnya ketika sedang camping atau naik gunung. Karena itu, kenyamanan dalam menggunakannya sangat perlu diperhatikan. Berikut akan kami jelaskan poin-poin yang harus diperhatikan agar tenda dome Anda nyaman digunakan.

① Pilih ukuran tenda berdasarkan jumlah orang dan tinggi atapnya

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika memilih tenda dome adalah ukuran. Pilihlah tenda dome yang sesuai dengan jumlah orang yang menggunakannya. Selain itu, perhatikan juga tinggi dari atap tenda tersebut.

Jumlah orang yang ikut plus satu orang, tenda terasa lebih lega

Jumlah orang yang ikut plus satu orang, tenda terasa lebih lega
Biasanya, orang-orang akan menyesuaikan jenis tenda yang dibawa dengan jumlah orang yang ikut pergi. Namun, jika Anda membawa tenda berkapasitas pas-pasan dengan jumlah orang yang ikut, tenda akan terlalu sempit.

Agar terasa lebih leluasa, sisakan ruang yang luasnya seukuran satu orang. Contohnya, jika Anda pergi berempat, bawalah tenda berkapasitas lima orang. Dengan kapasitas seperti ini, Anda dapat menyimpan tas punggung (carrier) di dalam tenda sekaligus.


Meski demikian, hal ini tidak bisa dilakukan apabila jumlah peserta lebih dari lima orang. Hal ini dikarenakan tenda yang dapat memuat di atas enam orang biasanya berbobot berat dan lebih sulit dibawa. Selain itu, tentu akan lebih mudah memasang beberapa tenda berkapasitas dua orang hingga tiga orang.



Ketinggian yang pas, cocok untuk bergerak bebas di dalam tenda

Ketinggian yang pas, cocok untuk bergerak bebas di dalam tenda

Kriteria lain yang perlu diperhatikan untuk memilih tenda yang nyaman adalah memeriksa ketinggiannya. Tenda tidak hanya menjadi tempat untuk tidur, tetapi juga untuk berganti pakaian. Jika atapnya terlalu rendah, ruang gerak jadi terbatas sehingga Anda tidak leluasa bergerak. Demi kenyamanan Anda, pilihlah tenda dengan tinggi yang pas.

② Pastikan tenda memiliki tingkat water resistance di atas 1500 mm supaya aman saat hujan

Pastikan tenda memiliki tingkat water resistance di atas 1500 mm supaya aman saat hujan
Agar tetap aman dan nyaman saat turun hujan, Anda perlu mengecek tingkat water resistance. Periksalah bagian flysheet dan floor (alas tenda). Di pasaran, terdapat berbagai produk tenda tahan air. Akan tetapi, pilihlah tenda yang memiliki ketahanan air sekitar 1500 mm agar lebih aman saat hujan.

Tenda dengan tingkat water resistance sekitar 1500 mm mampu menahan hujan ringan atau gerimis. Namun, jika Anda berencana pergi pada musim hujan, carilah tenda dengan tingkat ketahanan air 2000 mm atau lebih.


Gunakan juga tenda double-layer, terutama jika tempat tujuan bercurah hujan tinggi atau banyak terkena air, misalnya dekat air terjun. Tenda dua lapis juga sangat berguna agar embun tidak langsung masuk (rembes) ke dalam dinding utama tenda.


Alas tenda yang kuat dan antiair tentunya juga menjadi pertimbangan utama pada saat membeli tenda. Poin ini bisa Anda pertimbangkan dengan konsekuensi makin kuat dan tebal bahannya, makin berat dan besar pula tendanya.

③ Pertimbangkan juga daya tahan dan bahannya

Pertimbangkan juga daya tahan dan bahannya
Awet atau tidaknya suatu tenda bergantung pada kualitas bahan yang digunakan. Berikut ini kami jabarkan karakteristik bahan-bahan yang sering digunakan untuk pembuatan tenda.

  • Nylon

Tenda yang terbuat dari bahan nylon terkenal kuat dan tahan lama. Nylon memiliki karakteristik yang lentur sehingga tidak mudah robek. Bahan ini juga tergolong lebih ringan daripada bahan polyester. Sayangnya, tenda berbahan nylon biasanya memiliki harga yang lebih mahal.


  • Polyester

Tenda dengan bahan polyester lebih tahan terhadap sinar UV berkat ketebalannya. Namun, bahan ini tidak sekuat nylon. Karena itu, biasanya tenda berbahan polyester memiliki harga yang lebih terjangkau.


Selain itu, jika Anda sering menggunakan tenda, sebaiknya pilihlah tenda dengan kualitas tinggi. Namun, jika Anda hanya akan memakai tenda tersebut satu atau dua kali saja dalam setahun, pilihlah tenda biasa.


Sebagai informasi, bahan tenda saat ini sangat beragam dan banyak yang memiliki lapisan antiair. Jadi, sekalipun tipis, tenda dapat digunakan dengan aman dan nyaman meski terkena embun atau hujan deras. Tentunya bahan tenda dengan pelapis antiair seperti ini lebih mahal dari bahan tenda pada umumnya.

④ Cari tenda yang mudah dipasang bagi pemula

Cari tenda yang mudah dipasang bagi pemula
Untuk Anda yang masih pemula, hal yang harus diperhatikan adalah kemudahan memasang tenda. Umumnya, tenda dome memang mudah dipasang. Namun, ada beberapa tenda yang sangat mudah dipasang, misalnya hanya dengan satu sentuhan (tenda pop up).

Ada juga tenda yang rangkanya tidak perlu dimasukan ke dalam selongsong rangka atau diikat. Anda hanya perlu mengaitkan pengaitnya saja untuk mengunci. Tenda seperti ini sangat mudah dipasang dan dilepas tanpa mengurangi segi keamanannya, misalnya saat angin kencang.


Namun, makin besar ukuran tenda, makin sulit pula pemasangannya sehingga dibutuhkan bantuan beberapa orang. Jika tenda pilihan Anda sulit dipasang, Anda perlu memikirkan jumlah orang yang dibutuhkan untuk memasang tenda.


Selain itu, tenda-tenda dome (biasanya yang berukuran besar) kadang kala memiliki bentuk tidak simetris. Set rangkanya harus dipasang sesuai bentuk tenda sehingga sering kali tidak praktis, terutama saat akan hujan atau cuaca memburuk.

⑤ Cek ukuran dan bobotnya

Cek ukuran dan bobotnya
Jika Anda pergi berkemah menggunakan mobil atau jasa pembawa beban (porter), bobot dan ukuran tenda memang tidak menjadi masalah. Namun, jika Anda harus mendaki gunung atau berjalan jauh, perhatikanlah bobot dan ukuran tenda yang akan dibawa.

Umumnya, makin besar tenda, bobot dan ukurannya saat dilipat juga akan makin besar. Jadi, pastikan dahulu tujuan perjalanan Anda saat memilih tenda. Perhatikan juga jarak yang diperlukan untuk membawa tenda tersebut sampai ke tempat berkemah. Apabila cukup jauh, sebisa mungkin pilihlah yang ringan dan mudah dibawa.

⑥ Perhatikan kelebihan lainnya untuk kenyamanan Anda

Meskipun tidak terlalu krusial seperti poin-poin sebelumnya, beberapa hal berikut ini bisa membuat tenda Anda menjadi lebih nyaman.

Teras tenda, untuk area pintu masuk sekaligus penghalang hujan

Teras tenda, untuk area pintu masuk sekaligus penghalang hujan
Teras tenda adalah ruangan kecil di bagian pintu tenda. Anda dapat memanfaatkannya sebagai area untuk meletakkan barang bawaan seperti sepatu dan peralatan masak. Dengan demikian, bagian dalam tenda akan terasa lebih lapang sebagai ruang untuk bersantai.

Beberapa teras tenda juga dapat disambungkan ke mobil dengan menggunakan tarp yang sesuai. Namun, kultur camping seperti ini masih jarang ditemukan di Indonesia. Teras tenda memang bukanlah hal esensial yang wajib ada saat Anda memilih tenda. Akan tetapi, jika Anda merasa membutuhkannya, pilihlah tenda yang dilengkapi teras.

Kantong, mudah menyimpan perlengkapan di dalam tenda

Keberadaan kantong tenda sangatlah praktis untuk menyimpan barang-barang kecil. Anda akan lebih mudah menjangkau barang-barang tersebut dalam keadaan darurat. Biasanya, yang disimpan di dalam kantong tenda adalah peralatan emergency, seperti senter, obat-obatan, dan gadget.


Selain kantong, produk tenda saat ini sudah menyediakan tali pada bagian langit-langit. Jadi, Anda dapat menggantungkan lampu sehingga penerangan di dalam tenda menjadi lebih merata.

Jendela atap, jika Anda tertarik melihat langit dari dalam tenda

Jendela atap, jika Anda tertarik melihat langit dari dalam tenda

Tenda dengan jendela di bagian atap akan memberikan penerangan di bagian dalam dan menyinari alas tenda dengan cahaya temaram. Sembari berbaring, Anda bisa menikmati bintang-bintang di langit malam dari dalam tenda. Selain itu, adanya jendelaakan menambah ventilasi sehingga sirkulasi udara lebih baik.


Namun, jendela atap biasanya menggunakan bahan yang berbeda dari tenda itu sendiri (umumnya berupa plastik). Jadi, sambungannya harus diperhatikan baik-baik untuk mencegah robek atau bolong. Jika tidak, angin bisa masuk dengan kencang (seperti ditiup), bahkan bocor saat hujan.

Ventilasi udara, lebih nyaman saat musim kemarau atau musim hujan

Keberadaan jendela atau ventilasi adalah hal yang penting untuk dipertimbangkan. Pertukaran udara selama beristirahat di dalam tenda harus memadai tanpa mengurangi segi keamanan dan kenyamanan. Dengan begitu, Anda bisa bernapas dengan lega tanpa perlu khawatir dengan masuknya serangga, angin, udara dingin, bahkan hujan.

Apalagi, selama musim kemarau, udara di dalam tenda akan terasa panas. Di sisi lain, pada musim hujan, udara di dalam tenda akan terasa lembap. Untuk meningkatkan kenyamanan Anda saat camping, pilihlah tenda yang berventilasi agar sirkulasi udara di dalam tenda tetap baik. Baik pada musim kemarau maupun musim hujan, Anda tetap bisa beristirahat di dalam tenda dengan nyaman.



10 Rekomendasi tenda dome terbaik dijamin kuat!

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk tenda dome terbaik dijamin kuat yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee. Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Adlai Yulianus.
Produk
Gambar
Harga terendah
Poin
1

Great Outdoor

Java 4 Pro

Great Outdoor Java 4 Pro 1枚目

Berkualitas baik dengan harga yang ramah di kantong

2

Decathlon

Quechua Arpenaz 4 Pole-Supported Camping Tent

Decathlon Quechua Arpenaz 4 Pole-Supported Camping Tent 1枚目

Dilengkapi ruang teras besar untuk makan bersama

3

Naturehike

Cloud UP 3 People 4-Season Camping Tent

Naturehike Cloud UP 3 People 4-Season Camping Tent 1枚目

Tenda empat musim yang tahan segala kondisi dan cuaca

4

Naturehike

Mongar 2 People Double Layer Camping Tent

Naturehike Mongar 2 People Double Layer Camping Tent 1枚目

Desain frame segitiga membuat bagian dalamnya jadi lebih lega

5

Consina

Kathmandu 4

Consina Kathmandu 4 1枚目

Kuat dan kokoh berkat frame dari aluminium

6

Mobi Garden Outdoor

Ling Dong Classic

Mobi Garden Outdoor Ling Dong Classic 1枚目

Tenda otomatis, memudahkan para pemula saat mendirikan tenda

7

Consina

Tent Magnum 6

Consina Tent Magnum 6 1枚目

Frame-nya di bagian outer sehingga tenda bisa dijadikan sebagai shelter darurat

8

Eiger

Creek 5P Tent

Eiger Creek 5P Tent 1枚目

Cegah air hujan merembes masuk dengan adanya seam taped

9

Chanodug

FX-8950

Chanodug FX-8950 1枚目

Tenda berkapasitas besar hingga sepuluh orang!

10

Eiger

X-Hornbill 2P

Eiger X-Hornbill 2P 1枚目

Bobotnya ringan, cocok untuk solo hiker

Perincian produk
Close
No.1

Great OutdoorJava 4 Pro

Mulai dari Rp1.250.000,00

Berkualitas baik dengan harga yang ramah di kantong

Kelebihan:

  • Harga relatif ramah di kantong dengan spesifikasi yang bagus
  • Build quality yang bagus dengan kerangka fiberglass dan flysheet PU 2500 mm
  • Luas untuk tenda berkapasitas empat orang

Kekurangan:

  • Tidak memiliki jendela

Apabila Anda mencari tenda berkualitas yang ramah di kantong, pilihlah tenda dari Great Outdoor. Tenda Java 4 Pro memiliki double layer dengan flysheet PU 2500 mm. Dengan spesifikasi tersebut, Anda akan tetap aman dari guyuran hujan. Tenda ini juga kerap dicari oleh para pendaki pemula dan pencinta kegiatan outdoor berkat cost performance-nya yang baik.


Namun, sesuai dengan bahan dan kapasitasnya, tenda ini bisa dikatakan cukup berat. Tidak adanya jendela, tetapi dengan bahan dan rangka yang memadai, tenda ini lebih ditujukan untuk tempat dengan kondisi angin yang cukup besar.

No.2

DecathlonQuechua Arpenaz 4 Pole-Supported Camping Tent8322425

Mulai dari Rp1.600.000,00

Dilengkapi ruang teras besar untuk makan bersama

Kelebihan:

  • Memiliki teras luas yang dapat dijadikan ruang makan
  • Daya tahan angin hingga 50 km/jam
  • Terdapat kode warna pada tiang untuk memudahkan pemasangan dan pembongkaran

Kekurangan:

  • Hanya berkapasitas untuk empat orang meski berukuran besar
  • Tas penyimpanan besar dan tidak begitu portabel

Apakah Anda dan keluarga gemar pesta barbecue di alam terbuka? Jika iya, ini dia tenda yang paling pas untuk dipilih. Tenda Quechua ini dilengkapi dengan area teras untuk meletakkan meja makan dan kursi lipat.


Dengan begitu, kegiatan makan dan bermain bisa dilakukan terpisah dari ruang tidur. Road trip bersama keluarga jadi lebih menyenangkan! Namun, mengingat ukuran dan beratnya, tenda ini sangat pas untuk perjalanan yang menggunakan kendaraan. 

No.3

NaturehikeCloud UP 3 People 4-Season Camping TentNH18T030-T

Mulai dari Rp2.513.000,00

Tenda empat musim yang tahan segala kondisi dan cuaca

Kelebihan:

  • Cocok untuk empat musim (musim semi, musim panas, musim gugur, dan musim dingin)
  • Tahan terhadap berbagai cuaca
  • Relatif ringan dan mudah dibawa

Kekurangan:

  • Sedikit sempit untuk tiga orang

Tenda yang didesain untuk empat musim ini mampu bertahan dalam cuaca buruk, seperti badai, angin kencang, atau bersalju. Tenda ini memiliki tingkat water resistance hingga 4000 mm. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir air akan merembes masuk. Dengan ketahanan air yang baik, tenda ini bisa menjadi pilihan utama untuk berkemah meski dalam kondisi hujan deras.


Tidak hanya itu, pasak aluminium yang kuat pun turut menambah ketahanan tenda ini terhadap angin dari luar. Produk ini cocok untuk dibawa ke mana pun dan segala kondisi. Anda yang sering mengunjungi tempat yang berbeda-beda dengan cuaca yang tidak menentu, tenda ini adalah pilihan terbaik.

No.4

NaturehikeMongar 2 People Double Layer Camping TentNH17T007-M

Mulai dari Rp2.170.000,00

Desain frame segitiga membuat bagian dalamnya jadi lebih lega

Kelebihan:

  • Desain frame segitiga membuat bagian dalam lebih luas
  • Tingkat water resistance tinggi, yaitu 4000 mm
  • Memiliki dua pintu yang memudahkan akses masuk dan keluar tenda

Kekurangan:

  • Harga relatif mahal untuk tenda berkapasitas dua orang

Jika biasanya tenda dome dibuat dengan frame menyilang yang simpel, tenda Naturehike ini berbeda. Produk ini memiliki desain frame saling bersilangan yang unik. Alhasil, tenda terasa lebih lega dan nyaman. Didukung dengan fitur windproof, produk ini juga lebih kuat menahan angin.


Bobot produk ini hanya sekitar 2 kg sehingga tergolong ringan dan mudah dibawa. Jika Anda berencana pergi camping hanya berdua, tenda ini cocok dipilih karena tidak terlalu memberatkan. Apalagi, sekalipun bentuknya tidak seperti dome pada umumnya, pemasangan tenda ini sangat mudah. Namun, desain yang baik dan penggunaan bahan tenda yang bagus membuat tenda ini memiliki harga di atas rata-rata.
No.5

Kuat dan kokoh berkat frame dari aluminium

Kelebihan:

  • Frame-nya terbuat dari bahan aluminium
  • Bobotnya ringan dan mudah dibawa
  • Memiliki dua pintu untuk memudahkan akses masuk dan keluar tenda

Kekurangan:

  • Tidak memiliki jendela

Bagi Anda yang sedang mencari tenda yang kuat, produk ini bisa menjadi pilihan. Kathmandu 4 buatan Consina memiliki frame kokoh berbahan aluminium. Selain itu, di bagian dalam frame terdapat tali elastis. Tali tersebut sangat berguna untuk memperkuat antar sambungan tenda supaya tidak mudah terlepas ketika dipasang.


Bukan hanya kokoh, Consina juga menyediakan dua pintu pada kedua sisi untuk memudahkan pengguna saat keluar masuk. Pasalnya, tenda berkapasitas empat orang memang terkadang agak menyulitkan ketika butuh keluar masuk tenda.

No.6

Mobi Garden OutdoorLing Dong ClassicEX19561002

Mulai dari Rp1.429.000,00

Tenda otomatis, memudahkan para pemula saat mendirikan tenda

Kelebihan:

  • Memiliki struktur otomatis dengan automobile hydraulic lever
  • Terdapat dua pintu untuk memudahkan akses masuk dan keluar
  • Dapat didirikan tanpa inner tent sebagai tenda darurat

Kekurangan:

  • Flysheet tidak menutup sampai ke bawah tenda

Anda seorang pemula yang sedang menjajaki dunia hiking dan masih kesulitan mendirikan tenda? Jika iya, tenda dari Mobi Garden ini akan cocok untuk Anda. Hal tersebut karena tenda ini memiliki struktur otomatis dengan automobile hydraulic lever.


Dengan begitu, pemasangan tenda pun menjadi sangat mudah dan cepat. Cukup dengan mengangkat dan menarik bagian pegas, kerangka tenda dapat langsung berdiri. Mudah, bukan? Namun, tenda ini lebih ditujukan untuk berkemah santai dengan keluarga karena tidak cocok digunakan saat cuaca buruk.

No.7

ConsinaTent Magnum 6

Mulai dari Rp1.390.000,00

Frame-nya di bagian outer sehingga tenda bisa dijadikan sebagai shelter darurat

Kelebihan:

  • Dapat dijadikan shelter darurat
  • Menawarkan banyak pilihan warna

Kekurangan:

  • Produk relatif besar sehingga tidak begitu portabel

Biasanya frame atau kerangka dipasang di bagian inner tenda, tetapi tidak dengan tenda ini. Tent Magnum 6 memiliki frame yang dipasang di bagian outer. Dengan begitu, Anda bisa menjadikannya sebagai shelter untuk tempat istirahat sementara. Mode shelter juga dapat berguna untuk kebutuhan darurat, seperti saat harus berteduh ketika hujan mendadak turun.


Jadi, untuk Anda yang sering camping pada musim hujan atau hiking di rute yang jauh, pilihlah produk ini. Lagi pula, sekalipun ditujukan untuk enam orang, berat dari tenda ini dapat dikatakan cukup ringan. Tenda ini bisa menjadi pilihan utama jika Anda mengutamakan kebersamaan dengan rekan-rekan Anda dalam satu tenda.

No.8

Cegah air hujan merembes masuk dengan adanya seam taped

Kelebihan:

  • Dibuat dengan seam taped yang berfungsi untuk menutupi jahitan dari rembesan air
  • Memiliki dua kantong dalam
  • Terdapat jendela di bagian depan untuk ventilasi

Kekurangan:

  • Harga relatif mahal untuk tenda berkapasitas lima orang
  • Flysheet tidak menutup sampai ke bawah tenda

Creek 5P Tent dari Eiger dilengkapi seam taped yang berguna saat hujan. Seam taped tersebut menutupi jahitan tenda agar air hujan tidak tembus ke dalam. Tenda ini direkomendasikan untuk acara camping santai dengan anggota keluarga berjumlah hingga lima orang. Selain itu, produk ini juga dilengkapi dengan jala di bagian atap dan dalam untuk ventilasi. Nyaman, luas, dan kokoh!


Selain produk perlengkapan outdoor, seperti tas punggung, sepatu dan lainnya, produk tenda juga mendapatkan perhatian khusus dari Eiger. Namun, sedikit disayangkan tipe tenda ini tidak memiliki penutup sampai ke dasar tenda. Alhasil, masih terdapat kemungkinan masuknya air (rembesan) saat hujan besar atau embun.

No.9

Tenda berkapasitas besar hingga sepuluh orang!

Kelebihan:

  • Memiliki kapasitas besar hingga sepuluh orang
  • Dilengkapi tiga pintu akses untuk keluar masuk
  • Terdapat alas di depan pintu utama yang berguna untuk melepas sepatu

Kekurangan:

  • Produk relatif besar dan berat sehingga tidak begitu portabel
  • Tidak memiliki teras

Untuk Anda yang tidak ingin repot membawa beberapa tenda ketika camping dengan banyak orang, pilih saja produk ini. Didesain dengan bentuk fungsional, tenda ini mampu menampung hingga sepuluh orang. Ketinggian atap tenda ini adalah 198 cm sehingga Anda akan lebih leluasa bergerak di dalam tenda.


Produk ini juga bisa disekat menjadi tiga bagian dengan tiga pintu yang memudahkan akses keluar masuk. Pas sekali untuk camping bersama rombongan! Sekalipun mereknya agak asing, tenda ini merupakan produk Dhaulagiri yang telah lama memiliki produk-produk perlengkapan outdoor yang baik. Dirancang khusus untuk acara berkemah keluarga, kapasitasnya muat hingga sepuluh orang dan harganya cukup ramah.

No.10

Bobotnya ringan, cocok untuk solo hiker

Kelebihan:

  • Memiliki bobot ringan, praktis, dan mudah dipasang
  • Dilengkapi ritsleting dua arah dan teras tenda
  • Memiliki breathable panel mesh untuk ventilasi udara

Kekurangan:

  • Ukuran teras relatif kecil, hanya sekitar 50 cm
  • Bahan yang digunakan tidak terlalu tahan air

Anda sering mendaki dan camping sendirian atau berdua saja? Jika iya, kami menyarankan tenda camping dari Eiger ini. Kapasitas yang kecil dan bobot yang ringan membuat tenda ini praktis saat dibawa bepergian.


Produk ini memiliki pintu berbentuk D dan dilengkapi dengan ritsleting dua arah. Hal tersebut akan memudahkan Anda saat masuk atau keluar tenda. Selain itu, tenda ini juga dilengkapi dengan breathable panel mesh untuk ventilasi udara.

Beberapa hal yang penting Anda ketahui

Kami sudah membagikan tips memilih dan mengulas rekomendasi tenda dome terbaik untuk Anda. Agar informasi yang Anda miliki makin lengkap, simak juga beberapa hal yang sudah kami susun berikut ini.

Bawalah pasak agar tenda lebih kokoh

Bawalah pasak agar tenda lebih kokoh
Tenda dome sebenarnya sudah memiliki stabilitas yang baik dan mampu menahan angin dari segala sisi. Namun, jika Anda ingin tenda lebih kokoh dan tahan terhadap angin kencang, siapkanlah pasak cadangan.

Biasanya setiap tenda sudah dilengkapi pasak, tetapi ada kemungkinan kualitas pasaknya kurang bagus. Jadi, Anda bisa menggantinya dengan pasak cadangan milik Anda.


Pasak dapat dipasang dengan menggunakan batu atau diinjak agar masuk ke tanah. Jadi, Anda tidak perlu membawa palu kecuali jika benar-benar memerlukan palu dalam perjalanan misalnya saat melakukan pendakian tebing. 

Tips dari outdoor activist kami, Adlai Yulianus

Tips dari outdoor activist kami, Adlai Yulianus

Tips mendirikan tenda bagi pemula:


  • Perhitungkan waktu perjalanan Anda. Jika Anda harus membawa tenda untuk penggunaan lebih dari 1 hari, sesuaikan jenis tenda yang akan digunakan dengan tempat berkemah. Tenda untuk kegiatan outdoor di gunung tentunya berbeda dengan di pantai, pulau, atau di dalam goa.

  • Usahakan mendirikan tenda sebelum gelap atau malam, terlebih saat cuaca buruk.


  • Carilah permukaan yang datar sebagai tempat untuk mendirikan tenda. Apabila permukaan agak miring, usahakan posisi kepala Anda berada lebih tinggi dari kaki. Posisi pintu tenda bisa berada di bagian kaki, kepala, atau di samping badan.


  • Buka tenda secara menyeluruh di atas tanah sesuai dengan bentuk tenda yang dimiliki. Pasang rangka tenda sesuai bentukan. Rangka tenda saat ini sudah terbuat dari fiber yang sifatnya lentur sehingga dapat melengkung dengan baik. Dengan bantuan rekan Anda, tahan satu ujung sisi rangka tenda, masukkan atau sematkan rangka pada tenda sesuai posisinya.


  • Jika Anda harus menggunakan api di dalam tenda untuk memasak, pastikan untuk memberi alas basah pada sumber api tersebut. Persiapkan juga pemadam yang bersifat cepat, misalnya baju basah, untuk menjaga hal yang tidak diinginkan. Baju basah bisa digunakan untuk menutup sumber api secara langsung sehingga api lebih cepat mati.

Selain itu, pastikan peralatan masak yang baru saja digunakan tidak langsung diletakkan pada alas tenda agar tidak merusak alas. Sisa-sisa makanan dan peralatan masak sebaiknya diletakkan di luar agar tidak memancing binatang masuk ke dalam tenda.

Baca juga rekomendasi tenda lainnya di sini

Tenda sering digunakan untuk mendukung kegiatan outdoor, seperti touring, mendaki gunung, bahkan untuk bermain anak-anak. Berbeda kegiatan, berbeda pula karakteristik tenda yang Anda perlukan. Untuk itu, Anda dapat membaca berbagai rekomendasi tenda dalam artikel-artikel berikut ini.

Kesimpulan

Hal terpenting yang perlu diperhatikan ketika berkegiatan outdoor adalah keamanan. Tenda yang mampu menahan air, angin, dan hujan adalah tenda berkualitas baik. Apabila tempat berkemah Anda memiliki medan yang sulit, gunakanlah tenda yang awet dan kuat.

Selain itu, pilihlah tenda yang bahannya kuat dan sesuai dengan frekuensi Anda pergi berkemah. Jadikan kegiatan outdoor Anda lebih menyenangkan dengan pilihan tenda yang tepat!

Apabila Anda membeli produk yang disebutkan di artikel, mybest mungkin akan menerima sebagian dari hasil penjualan produk tersebut.
Deskripsi setiap produk bersumber dari produsen/brand, situs marketplace, dan sebagainya.

Artikel terkait

Artikel populer

Favlist populer