10 Rekomendasi Mesin Jahit Terbaik Untuk Dipakai di Rumah (Terbaru Tahun 2018)

10 Rekomendasi Mesin Jahit Terbaik Untuk Dipakai di Rumah (Terbaru Tahun 2018)

Mesin jahit sangat diperlukan bagi Anda yang ingin membuat baju, tas, dan aksesoris sendiri di rumah. Akhir-akhir, ini banyak peralatan yang diproduksi dengan sistem kontrol menggunakan komputer, salah satunya adalah mesin jahit. Selain itu, ada pula mesin yang diproduksi dengan kelebihan dapat mendeteksi kesalahan yang terjadi saat penggunaan mesin.

Berbagai produsen mesin jahit seperti Juki, Singer, Brother, Butterfly, dan lain-lain berlomba memproduksi mesin jahit dengan fungsi dan harga yang berbeda-beda. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih mesin jahit yang cocok digunakan di rumah, dan merekomendasikan 10 mesin jahit terbaik untuk Anda.

Daftar isi

Cara memilih mesin jahit untuk dipakai di rumah

Saat akan membeli mesin jahit untuk rumah tangga, Anda harus memperhatikan fitur apa saja yang ada dalam mesin tersebut, apakah sudah sesuai dengan keinginan Anda. Kali ini, kami akan memberikan tips bagaimana cara memilih mesin jahit rumah tangga untuk Anda.

Pilih berdasarkan tipenya

Mesin jahit rumah tangga terbagi dalam tiga kategori yaitu komputer, elektronik, dan listrik. Kami akan membahas ketiga kategori tersebut untuk Anda.

Mesin jahit komputer

Mesin jahit komputer

Mesin jahit komputer adalah mesin jahit yang dikendalikan oleh mikrokomputer. Seperti gerak naik turun jarum, lebar dan panjang jahitan, dan lain-lain. Anda juga dapat mengatur pola jahitan pada komputer, sehingga Anda bisa mendapatkan pola dengan mudah.

Mesin jahit komputer termasuk dalam mesin jahit yang cukup best seller. Meskipun terlihat sulit dalam pengoprasiannya, bagi Anda yang pemula tidak perlu khawatir, karena mesin jahit tipe ini dirancang agar mudah dalam pengoperasiannya.

Sebagai contoh, kebanyakan mesin jahit komputer memiliki fungsi tension thread otomatis, sehingga tidak ada masalah dengan ketegangan benang pada saat awal menjahit. Selain itu, terdapat pula pemberitahuan apabila ada kesalahan atau eror pada saat menjahit. Sangat mudah bagi pemula, bukan?

Namun, tentu saja semakin banyak fitur yang ditambahkan, semakin tinggi pula harganya. Pastikan Anda memilih mesin jahit yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Mesin jahit elektronik

Mesin jahit elektronik

Mesin jahit elektronik merupakan mesin jahit yang gerakan naik turun jarumnya dikendalikan secara elektrik. Selain itu, Anda juga dapat mengendalikan kecepatan mesin jahit tipe ini. Mesin tipe ini juga salah satu mesin yang populer di masyarakat.

Tidak seperti mesin jahit komputer, pada mesin ini Anda perlu menyesuaikan benang sendiri. Selain itu, mesin tipe ini juga hanya dilengkapi dengan tiga jenis jahitan zig-zag, sehingga Anda kurang bebas untuk membuat variasi jahitan. Meskipun begitu, mesin ini kuat, sehingga cocok untuk jahitan tebal.

Mesin jahit listrik

Mesin jahit listrik

Mesin jahit listrik adalah salah satu tipe mesin jahit kuno di Jepang. Maksud dari kuno adalah mesin jahit yang menggunakan motor built-in untuk menggerakan jarumnya. Penyesuaian thread-nya pun harus dilakukan sendiri, karena tidak ada fungsi threading seperti pada mesin-mesin sekarang.

Kelebihannya adalah harganya yang lebih murah. Mesin tipe ini cocok digunakan bagi Anda yang sudah mengenal mesin jahit.

Pilih berdasarkan ukurannya

Ukuran mesin jahit rumahan tersedia dalam dua jenis yaitu full size dan compact size.

Di pabrik tertentu, mesin jahit berukuran sedang dengan ukuran compact size dan full size terkadang juga diproduksi, namun karena dibuat dengan ukuran yang mendekati compact size, banyak yang berpikir mesin tersebut adalah kategori yang sama.

Full size

Full size

Mesin jahit ukuran standar memiliki berat 7 – 10 kg atau lebih. Banyak pemula yang mengindari mesin ini karena terlalu besar atau berat, namun justru sebenarnya mesin ini cocok untuk pemula.

Mesin ini dapat menjahit benda tebal seperti jeans. Selain itu, bagian mesin ini terbuat dari logam,  sehingga memiliki daya tahan yang bagus. Para produsennya pun juga menjamin dengan garansi selama beberapa tahun tergantung mereknya.

Kekurangannya adalah, ukurannya yang cukup berat dan harganya yang lebih mahal. Karena ukurannya cukup berat, mesin ini kurang praktis jika ingin dipindahkan.

Compact size

Compact size

Mesin jahit compact size sangat populer dikalangan pemula. Mesin ini jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan mesin jahit full size. Beratnya sekitar 5 kg, dan harganya pun lebih murah.

Mesin jahit compact size memiliki fungsi yang hampir sama dengan mesin jahit full size. Perbedaannya pada kekuatannya. Banyak produk yang menyatakan bahwa mesin ini dapat menjahit barang tebal, namun hasilnya kurang memuaskan seperti jika Anda menggunakan mesin jahit full size.

Selain itu, pada beberapa produk, mesin jahit full size yang terbuat dari logam, pada mesin ukuran ini terbuat dari plastik, sehingga daya tahannya kurang kuat.

Pilih berdasarkan fungsi tambahannya

Mesin jahit juga memiliki beberapa fungsi lain seperti menjahit lurus, bordir, dan lain sebagainya.

Selain itu, ada beberapa fungsi tambahan lainnya dengan barang yang dijual terpisah tergantung pada model mesin jahitnya. Jadi, jangan lupa meneliti mesin jahit yang Anda inginkan sebelum Anda membelinya.

Didukung oleh komputer

Didukung oleh komputer

Misalnya, dengan kontrol komputer. Produk yang memiliki fungsi tersebut apabila terdapat kesalahan dalam pengoprasiannya, Anda akan mendapat pemberitahuan. Fungsi ini sangat bermanfaat bagi Anda yang masih pemula.

Bagi Anda yang masih pemula dalam menggunakan mesin jahit, kami menyarankan Anda untuk memilih mesin jahit dengan fitur yang bisa memudahkan Anda dalam mengoprasikan mesin jahit.

Fungsi bordir

Fungsi bordir

Selain fitur komputer, ada pula fitur dengan fungsi lainnya, yaitu fungsi bordir. Fungsi bordir dapat digunakan untuk membuat pola hiasan diatas kain dari bahan benang.

Jika Anda menginginkankan mesin yang yang dapat digunakan untuk membordir, Anda bisa memilih mesin tipe ini saat akan membeli.

Pengontrol kaki

Pengontrol kaki

Di Indonesia pengontrol kaki ini sering disebut dengan motor (dinamo) kontrol. Dinamo kontrol ini digunakan untuk menjalankan mesin. Selanjutnya, mesin akan bergerak dan membuat jahitan pada kain.

Beberapa produk sudah dilengkapi dengan dinamo kontrol ini, namun ada juga produk yang dijual terpisah. Pastikan Anda memeriksanya terlebih dahulu sebelum membelinya.

10 Rekomendasi mesin jahit terbaik untuk dipakai di rumah

Kali ini, kami akan merekomendasikan 10 mesin jahit yang cocok digunakan di rumah, baik untuk pemula maupun untuk profesional. Semua produk di bawah ini sudah dilengkapi dengan pedal. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10. Butterfly JH 8530A

10. Butterfly JH 8530 A

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 1.576.000

Portabel dan fleksibel

Butterfly JH 8530 A merupakan mesin jahit portabel yang sangat fleksibel. Maksudnya adalah, mesin ini dapat digunakan oleh pemula maupun oleh profesional. Mesin ini juga memiliki beberapa fitur yaitu memiliki 23 pola jahitan dan 4 langkah lubang kancing.

Selain itu, mesin ini juga sudah dilengkapi dengan auto needle threader yang dapat memasukkan benang ke jarum secara otomatis, sehingga memudahkan Anda saat menjahit. Bagi Anda yang mencari mesin yang mudah, ringkas, dan nyaman saat digunakan, mesin ini bisa menjadi pilihan Anda.

9. Janome CT 2480 LX

9. Janome CT2480LX

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 3.700.000

Cocok menjahit semua bahan

Janome CT 2480 LX merupakan mesin jahit yang dapat menjahit berbagai macam jenis bahan mulai bahan tipis hingga tebal. Cocok bagi Anda yang memiliki hobi dibidang craft maupun fashion. Mesin jahit mekanik ini memiliki bodi dasar yang terbuat dari alumunium, sehingga ketahanan mesinnya pun lebih kuat dan awet.

Selain itu, mesin ini juga dilengkapi dengan 25 pola jahitan, 1 langkah lubang kancing, serta pemasuk benang otomatis. Lebar zig-zag-nya pun dapat diatur sesuai dengan keinginan Anda. Mesin ini juga sangat ramah, karena suaranya memiliki suara mesin yang lebih halus. Bagi Anda yang mencari mesin kuat, cocok menjahit semua bahan dan tidak bising, mesin ini cocok untuk Anda.

8. Brother GS 2700

8. Brother GS 2700

Lihat produk ini di Tokopedia

Harga: Rp 2.095.000

Mesin dengan suara lembut

Brother GS 2700 memiliki berbagai macam fitur yang dapat memudahkan Anda dalam menjahit, di antaranya adalah memiliki 27 pola jahitan, 1 langkah lubang kancing, dan auto needle threader yang memudahkan Anda untuk memasukkan benang ke jarum.

Selain itu, mesin ini juga sudah dilengkapi dengan lampu LED yang terang dan nyaman di mata. Mesin ini juga termasuk free arm sewing yang memudahkan Anda menjangkau bagian-bagian kecil pada jahitan. Anda pun tidak perlu khawatir dengan suara mesin yang dihasilkan, karena mesin ini tidak menimbulkan suara yang berisik. Bagi Anda yang menginginkan mesin jahit mekanik dengan banyak fitur dan harga terjangkau, mesin ini bisa menjadi pilihan Anda.

7. Singer 4423 Heavy Duty

7. Singer 4423 Heavy Duty

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 2.799.000

Mesin kuat dan berkualitas

Produk mesin jahit dari Singer ini termasuk best seller karena mudah digunakan. Memiliki 23 tipe jahitan built-in dan 1 lubang kancing otomatis, dapat digunakan untuk pemula maupun yang sudah mahir. Terdiri dari bahan-bahan yang berkualitas, yaitu rangkanya terbuat dari heavy duty metal, bedplate terbuat dari bahan stainless steel, dan motor yang kuat dan cepat.

Selain itu, Anda juga dapat menjahit bahan yang keras seperti bahan denim, semi kulit, dan lain-lain. Mesin ini juga sudah dilengkapi aksesoris tambahan berupa all purpose foot, button sewing footseam ripper/lint brush dan lain-lain. Bagi Anda yang menginginkan mesin yang kuat, Singer 4423 Heavy Duty ini sangat cocok untuk Anda.

6. Singer 3232

6. Singer 3232

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 2.899.000

Simple dan praktis!

Mesin jahit Singer 3232 merupakan mesin jahit yang simple dan praktis. Cocok bagi Anda yang masih pemula maupun yang sudah mahir dalam menggunakan mesin jahit. Mesin ini akan menggunakan daya listrik sebesar 220 Volt – 85 Watt. Dilengkapi dengan 32 pola jahitan built-in, 1 langkah pelubang kancing, dan pemasang benang otomatis yang dapat memudahkan Anda dalam menjahit.

Selain itu, mesin ini termasuk free arm portable yang memudahkan Anda menjahit bagian sudut seperti kerah, lengan, dan lain-lain. Mesin ini cocok untuk jahitan segala jenis bahan seperti bahan tipis, bahan spandex, dan jahit tebal. Bagi Anda yang menginginkan mesin jahit yang simple, mesin jahit ini cocok untuk Anda.

5. Brother FS 50

5. Brother FS 50

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 3.400.000

Mesin jahit komputer yang simple

Brother FS 50 adalah salah satu mesin produksi Brother yang berbasis komputer. Memiliki berat 5,4 kg mesin ini termasuk dalam mesin ukuran compact size. Dilengkapi dengan berbagai macam fitur, mesin ini dapat digunakan oleh pemula maupun oleh profesional. Mesin ini memiliki 50 pola jahitan built-in, 5 model lubang kancing otomatis, dan quick set bobbin.

Selain itu, mesin ini kecepatannya juga dapat diatur. Terdapat pula tombol start dan stopdimana pengoprasian mesin bisa tanpa pedal. Mesin ini juga sudah dilengkapi dengan LCD display yang dapat memudahkan Anda saat mengoprasikan mesin ini. Mesin ini cocok untuk Anda yang menyukai kepraktisan.

4. Singer 9100 Stylist

4. Singer 9100 Stylist Mesin Jahit Digital

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 5.720.000

Mudah, aman, dan nyaman digunakan

Mesin yang dilengkapi dengan 404 pola jahitan built-in, termasuk 194 angka dan alphabeth, serta memiliki 9 tipe lubang otomatis ini dapat memudahkan Anda untuk berkreasi. Mesin yang mudah digunakan ini sangat nyaman dan aman digunakan untuk pemula maupun Anda yang sudah mahir.

Selain itu, mesin ini juga memiliki tombol start dan stop otomatis, sehingga memudahkan Anda menjahit tanpa menginjak pedal. Ada juga tambahan meja yang dapat memudahkan Anda menjahit jahitan yang besar atau saat quilting. Mesin ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai macam free accessories yang akan mendukung kinerja mesin. Bagi Anda yang menginginkan mesin jahit digital dengan harga terjangkau, mesin jahit Singer 9100 Stylist ini dapat menjadi pilihan Anda.

3. Juki HZL G-110

3. Juki HZL-G110

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 5.250.000

Mesin tangguh dengan hasil yang berkualitas

Juki HZL G-110 adalah salah satu mesin jahit komputer multifungsi. Mesin ini memiliki hasil jahitan berkualitas industri. Memiliki kecepatan yang tinggi, sehingga mampu menyelesaikan banyak proyek jahitan dengan cepat. Meskipun begitu, mesin ini sangat aman dan nyaman ketika digunakan.

Mesin ini memiliki 180 fungsi pola jahitan buit-in, 1 font bordir huruf dan angka, serta 1 pembuat lubang kancing dengan 8 model. Mesin ini juga mampu menjahit berbagai macam bahan tipis hingga tebal sekali, seperti denim yang berlapis. Termasuk free arm sewing, mesin ini memudahkan Anda untuk menjahit bagian-bagian yang sulit dijangkau. Bagi Anda yang menginginkan mesin yang dapat bekerja cepat dengan hasil berkualitas, mesin ini cocok untuk Anda.

2. Juki HZL K-85

2. Juki HZL-K85

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 5.600.000

Mesin yang efisien!

Tak kalah dengan G-110, Juki HZL K-85 ini juga menawarkan mesin yang berkualitas. Mesin ini memiliki 150 pola jahitan dan 1 font bordir huruf, serta memiliki lubang kancing otomatis (7 model). Anda pun dapat mengubah ukuran dan posisi jarum dengan sekali sentuh.

Selain itu, mesin ini juga dilengkapi dengan 2 buah lampu LED built-in. Terdapat pula pengontrol kecepatan yang bisa Anda sesuaikan. Mesin ini sangat cocok digunakan penjahit maupun crafter profesional yang menginginkan efisiensi waktu dengan hasil yang berkualitas.

1. Singer Messina Disney D7500

1. Singer messina D7500

Lihat produk ini di Lazada

Harga: Rp 8.999.999

Desain cantik dengan banyak fitur

Messina Disney D7500 merupakan produk keluaran Singer yang memiliki desain cantik. Bagi Anda penggemar Disney, pasti akan sangat mengidolakan mesin ini. Mesin jahit ini memiliki banyak fitur, di antaranya fungsi jahitan lengkap, fungsi quilting, bordir dengan custom dan alphabeth.

Selain itu, mesin ini termasuk mesin yang kuat dan tidak mudah rusak. Software embroidery-nya pun murah dan mudah didapat. Mesin ini juga memiliki 404 pola jahitan built-in, 10 jenis lubang kancing otomatis, 40 built-in karakter Disney, 97 built-in embroidery alphabet, dan masih banyak lainnya. Bagi Anda yang menginginkan mesin dengan desain cantik dan banyak fungsi, mesin ini sangat cocok untuk Anda.

Kesimpulan

Itulah 10 rekomendasi mesin jahit yang cocok digunakan di rumah, baik untuk pemula maupun profesional. Bagaimana menurut Anda?

Mesin jahit merupakan alat yang dapat digunakan dalam jangka waktu yang cuku lama, pilihlah mesin jahit yang sesuai dengan kebutuhan Anda agar tidak menyesal dikemudian hari. Sekian rekomendasi dari kami, terimakasih.