• 10 Rekomendasi Mesin Jahit Terbaik untuk Dipakai di Rumah (Terbaru Tahun 2020) 1
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Terbaik untuk Dipakai di Rumah (Terbaru Tahun 2020) 2
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Terbaik untuk Dipakai di Rumah (Terbaru Tahun 2020) 3
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Terbaik untuk Dipakai di Rumah (Terbaru Tahun 2020) 4
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Terbaik untuk Dipakai di Rumah (Terbaru Tahun 2020) 5

10 Rekomendasi Mesin Jahit Terbaik untuk Dipakai di Rumah (Terbaru Tahun 2020)

Memperbaiki pakaian sendiri akan lebih praktis dengan menggunakan mesin jahit. Anda juga dapat menggunakan mesin jahit untuk membuat tas dan aksesori. Oleh karena itu, produsen mesin jahit Singer, Brother, Butterfly, dan lain-lain berlomba-lomba memproduksi berbagai mesin jahit.

Setiap mesin jahit dari masing-masing produsen memiliki fungsi dan harga yang berbeda-beda. Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih mesin jahit yang cocok digunakan di rumah. Setelah itu, kami akan mengulas sepuluh mesin jahit rumahan terbaik untuk Anda. Simak sampai selesai, ya!

  • Pembaharuan terakhir: 16 November 2020
  • 66.484 Views
Daftar isi

Cara memilih mesin jahit untuk dipakai di rumah

Mesin jahit tersedia dalam berbagai tipe, ukuran, dan fungsi. Apakah Anda sudah mengetahui apa saja poin-poin yang harus diperhatikan saat membeli mesin jahit? Baca ulasan berikut ini untuk menemukan mesin jahit yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. 

Pilih mesin jahit berdasarkan kemahiran Anda dan tujuan pemakaiannya

Secara garis besar, mesin jahit rumahan terbagi dalam dua tipe, yaitu mesin jahit komputer dan mekanik. Anda dapat memilih tipe yang sesuai dengan kemahiran menjahit dan tujuan pemakaian Anda. Kami akan membahas kedua tipe tersebut untuk Anda di bawah ini.

Mesin jahit komputer, berkinerja tinggi dan cocok untuk penjahit profesional

Mesin jahit komputer, berkinerja tinggi dan cocok untuk penjahit profesional

Mesin jahit komputer adalah mesin jahit yang dikendalikan oleh mikrokomputer. Mikrokomputer ini akan mengatur gerak naik turun jarum, lebar dan panjang jahitan, dan lain-lain. Dengan fungsi automatic needle threader, Anda juga tidak perlu repot memasukkan benang ke lubang jarum. Kinerja mesin jahit komputer yang tinggi ini membuatnya cocok untuk penjahit profesional yang perlu menggunakannya setiap hari.


Hanya saja, karena kecanggihannya, harga mesin jahit komputer termasuk mahal. Namun, Anda yang memiliki bujet terbatas tidak perlu khawatir. Anda bisa memilih mesin jahit komputer dengan fungsi tertentu yang dibutuhkan. Dengan begitu, Anda tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam.  

Mesin jahit mekanik, sederhana dan mudah digunakan oleh pemula

Mesin jahit mekanik, sederhana dan mudah digunakan oleh pemula
Jika baru belajar menggunakan mesin jahit, mesin jahit mekanik akan lebih pas untuk Anda. Selain harganya lebih terjangkau, pengoperasiannya cukup simpel dan mudah. Beberapa mesin jahit mekanik listrik yang beredar di pasaran saat ini juga sudah dilengkapi beragam fitur yang inovatif. Salah satunya adalah berbagai pola jahitan sehingga Anda bisa berkreasi lebih banyak sesuai imajinasi.

 

Anda sudah memiliki mesin jahit full size yang berkinerja tinggi, tetapi menginginkan mesin jahit kedua? Mesin jahit mekanik berukuran compact dan portabel bisa menjadi pilihan. Dengan fungsi dasar yang simpel, mesin jahit mekanik tidak mudah rusak. Anda dapat menggunakan bahan kain yang tebal atau memakai mesin jahit tipe ini dalam waktu lama.

Pilih ukuran mesin jahit berdasarkan cara pemakaiannya

Ukuran mesin jahit rumahan dapat dibagi ke dalam dua jenis, yaitu full size dan compact size. Anda dapat memilih ukuran mesin jahit ini tergantung frekuensi pemakaian dan cara penyimpanannya.

Compact size yang mudah disimpan

Compact size yang mudah disimpan
Dirancang dengan ukuran yang kecil, mesin jahit compact size mudah disimpan. Jika Anda tidak terlalu sering menggunakan mesin jahit, tipe ini cocok untuk Anda. Apalagi jika beratnya hanya sekitar 5 kg, tentu lebih mudah untuk dibawa ke mana-mana. 

Ada juga mesin jahit compact size atau tipe compact dengan berat di atas 6 kg. Mesin jahit tipe compact yang ini tidak terlalu mudah untuk dipindah-pindah. Namun, mesin ini cocok bagi Anda yang memiliki meja kerja yang sempit, contohnya jika tinggal di apartemen.


Sayangnya, karena terdiri dari komponen berbahan plastik, power mesin jahit compact tidak sebaik mesin jahit full size. Selain itu, ada beberapa model mesin jahit compact yang tidak dapat digunakan untuk bahan kain tebal. Jadi, pastikan jenis dan jumlah kain yang bisa dipakai sebelum membeli mesin jahit compact, ya! 

Full size yang serbaguna dan tangguh

Full size yang serbaguna dan tangguh
Dengan komponen yang terbuat dari logam, mesin jahit full size lebih tangguh dan powerful dibandingkan mesin jahit compact. Mesin jahit full size akan memberikan hasil yang lebih baik saat menjahit kain tebal seperti denim. Oleh karena itu, mesin jahit full size cocok untuk Anda yang sering membuat baju atau aksesori lainnya.

Kelebihan lain dari mesin jahit full size adalah garansi pabrik yang rata-rata berlaku hingga 3 tahun. Namun, dengan berat yang bisa melebihi 7 kg, mesin jahit full size sulit dipindah-pindah. Jika Anda memilih mesin jahit full size, pastikan Anda memiliki space khusus yang cukup untuk meletakkannya, ya.

Perhatikan pula fitur tambahannya

Fungsi tambahan mesin jahit rumahan bermacam-macam tergantung pada modelnya. Mari simak ulasan berikut ini untuk menemukan fitur yang tepat untuk Anda. 

Fitur support yang memudahkan penjahit pemula

Fitur support yang memudahkan penjahit pemula
Sebelum menjahit, Anda perlu memasang benang atas, memasang bobbin, dan lain sebagainya. Hal ini pasti masih sulit untuk pemula yang belum terbiasa menggunakan mesin jahit. Anda dapat lebih mudah melakukan langkah-langkah ini dengan dukungan dari fitur support pada mesin jahit.

Fitur support ini berupa kontrol komputer yang akan memberi tahu jika terdapat kesalahan setting dari mesin jahit. Peringatan kesalahan ini biasanya dilakukan melalui suara beep beberapa kali. Dengan adanya fitur ini, Anda bisa memanfaatkan mesin jahit sebaik-baiknya.

Fitur bordir untuk menghasilkan karya yang orisinal

Fitur bordir untuk menghasilkan karya yang orisinal
Anda bisa membuat berbagai karya yang cantik dengan fitur bordir. Fitur ini juga cocok untuk Anda yang sering membuat pakaian dan aksesori anak-anak. Selain anak Anda senang karena hasil bordiran yang imut, Anda dapat menghasilkan karya yang orisinal.

Sayangnya, mesin jahit dengan fitur ini biasanya relatif mahal sehingga kurang populer di kalangan pemula. Namun, ada beberapa mesin jahit yang dapat dilengkapi dengan mesin tambahan khusus bordir yang dijual terpisah. Mesin jahit ini lebih terjangkau sehingga cocok untuk Anda yang ingin mencoba aplikasi bordir pada suatu saat nanti.

Perhatikan juga jumlah pola jahitannya

Perhatikan juga jumlah pola jahitannya

Berbagai pola jahitan akan membuat pekerjaan menjahit Anda lebih mudah dan selesai dengan cepat. Mesin jahit dengan banyak pola jahitan cocok untuk mengerjakan tambal sulam (patchwork) atau quilt. Ada pula pola jahitan yang cocok untuk memasang kancing. Oleh karena itu, periksalah jumlah dan tipe pola jahitannya.


Mesin jahit rumahan umumnya bisa menghasilkan 5-10 pola jahitan. Lima pola jahitan sudah cukup untuk membuat aksesori atau pakaian. Namun, makin banyak pola jahitan yang bisa dihasilkan, Anda dapat membuat lebih banyak kerajinan tangan. Alhasil, kegiatan jahit-menjahit pun akan makin menyenangkan. Jadi, jangan lupa mengecek jumlah pola jahitan yang bisa dihasilkan mesin jahit Anda.

Periksa apakah mesin jahit sudah dilengkapi dengan pedal pengontrol

Periksa apakah mesin jahit sudah dilengkapi dengan pedal pengontrol

Saat membeli mesin jahit, jangan lupa memeriksa apa saja perlengkapan yang sudah termasuk di dalam kemasan. Jika bujet Anda terbatas, tentu akan lebih hemat jika benang, bobbin, nipper, dan sebagainya sudah tersedia, bukan? Akan lebih praktis juga jika perlengkapan tersebut sudah tersedia untuk Anda yang membeli mesin jahit pertama kali.


Perlengkapan yang perlu Anda pastikan keberadaannya adalah pedal pengontrol untuk mengoperasikan mesin jahit dengan kaki. Dengan memakai kaki untuk menggerakkan mesin jahit, Anda dapat menggunakan kedua tangan Anda untuk mengarahkan pergerakan kain. Banyak mesin jahit dengan pedal pengontrol yang dijual terpisah. Jadi, jangan lupa memeriksa ada tidaknya pedal pengontrol ini.

Persiapkan bujet yang cukup untuk membeli mesin jahit

Persiapkan bujet yang cukup untuk membeli mesin jahit

Untuk mesin jahit rumahan, Anda sebaiknya menyiapkan bujet sekitar 3-5 juta rupiah. Banyak mesin jahit rumahan dengan fitur support dan automatic needle threader yang dijual dalam rentang harga tersebut. Anda yang belum terbiasa dengan mesin jahit pun bisa menggunakan mesin jahit dengan mudah.


Banyak mesin jahit dengan harga murah dan fungsi terbatas. Namun, mesin-mesin jahit seperti ini biasanya sulit dioperasikan. Mesin-mesin ini juga sering terhenti saat digunakan. Bisa-bisa Anda malah stres dan menjadi malas menggunakan mesin jahit.


Anda sudah mahir menggunakan mesin jahit dan ingin membeli mesin jahit kedua atau ketiga? Anda bisa mencari mesin dengan fungsi khusus. Anda yang ingin menjadi penjahit profesional juga disarankan mencari model mesin jahit yang canggih. Namun, tentu saja carilah yang masih bisa ditanggung oleh bujet Anda.

Ketahui pula karakteristik produsen dan merek mesin jahit

Jika Anda masih bingung memilih mesin jahit rumahan, Anda bisa memilih berdasarkan merek mesin jahit tersebut. Ada beberapa merek mesin jahit yang dapat Anda pilih, seperti Juki, Singer, Brother, Janome, Butterfly, dan lain-lain. Setiap produsen memiliki karakteristik masing-masing.


Janome adalah top brand yang melahirkan mesin jahit rumahan dengan fungsi bordir. Merek ini memiliki banyak varian yang dapat dipilih oleh pemula dan penjahit mahir. Brother adalah merek yang banyak dipakai oleh penjahit-penjahit profesional. Anda bisa memilih merek ini sesuai bujet Anda karena produk-produknya tersedia dalam berbagai rentang harga.


Juki yang merupakan rajanya mesin jahit industri, menyediakan mesin jahit rumahan yang powerful. Merek ini cocok untuk Anda yang sering membuat pakaian denim atau tas kulit. Di samping itu, Singer dan Butterfly adalah produsen mesin jahit yang sudah ada sejak dahulu. Kualitas mesin jahit buatan kedua produsen ini tak perlu Anda ragukan lagi.

10 Rekomendasi mesin jahit terbaik untuk dipakai di rumah

Kali ini, kami akan merekomendasikan sepuluh mesin jahit yang cocok digunakan di rumah. Semua produk di bawah ini sudah dilengkapi dengan pedal pengontrol. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

10
TipeMekanik
UkuranCompact size
Berat5,8 kg
Fitur supportTidak ada
Fitur bordirAda
Jumlah pola jahitan23
Pedal pengontrolAda
PerlengkapanJarum, bobbin, sepatu serbaguna, sepatu lubang kancing, sepatu pasang kancing, sepatu zipper, dan sebagainya
9
TipeMekanik
UkuranFull size
Berat9 kg
Fitur supportTidak ada
Fitur bordirAda (semi bordir manual)
Jumlah pola jahitan25
Pedal pengontrolAda
PerlengkapanJarum, bobbin, sepatu lubang kancing, sepatu zipper, sepatu zig-zag, dan sebagainya
8
TipeMekanik
UkuranFull size
Berat6,4 kg
Fitur supportTidak ada
Fitur bordirTidak ada
Jumlah pola jahitan27
Pedal pengontrolAda
PerlengkapanJarum, bobbin, sepatu lubang kancing, sepatu pasang kancing, sepatu zipper, sepatu zig-zag, dan sebagainya
7
TipeMekanik
UkuranFull size
Berat6,1 kg
Fitur supportTidak ada
Fitur bordirAda
Jumlah pola jahitan23
Pedal pengontrolAda
PerlengkapanJarum, bobbin, sepatu serbaguna, sepatu lubang kancing, sepatu pasang kancing, sepatu zipper, dan sebagainya
6
TipeMekanik
UkuranCompact size
Berat5,7 kg
Fitur supportTidak ada
Fitur bordirAda
Jumlah pola jahitan32
Pedal pengontrolAda
PerlengkapanJarum, bobbin, sepatu serbaguna, sepatu lubang kancing, sepatu pasang kancing, sepatu zipper, dan sebagainya
5
TipeKomputer
UkuranCompact size
Berat5,4 kg
Fitur supportAda
Fitur bordirAda
Jumlah pola jahitan50
Pedal pengontrolAda
PerlengkapanJarum, bobbin, sepatu lubang kancing, sepatu pasang kancing, sepatu zipper, sepatu zig-zag, dan sebagainya
4
TipeKomputer
UkuranCompact size
Berat5,9 kg
Fitur supportAda
Fitur bordirAda
Jumlah pola jahitan404
Pedal pengontrolAda
PerlengkapanJarum, bobbin, sepatu serbaguna, sepatu lubang kancing, sepatu pasang kancing, sepatu zipper, meja tambahan, dan sebagainya
3
TipeKomputer
UkuranFull size
Berat8,9 kg
Fitur supportTidak ada
Fitur bordirAda
Jumlah pola jahitan180
Pedal pengontrolAda
PerlengkapanJarum, bobbin, sepatu lubang kancing, sepatu obras, dan sebagainya
2
TipeKomputer
UkuranCompact size
Berat7,1 kg
Fitur supportTidak ada
Fitur bordirAda
Jumlah pola jahitan150
Pedal pengontrolAda
PerlengkapanJarum, bobbin, sepatu lubang kancing, sepatu zipper, dan sebagainya
1
TipeKomputer
UkuranFull size
Berat10 kg
Fitur supportTidak diketahui
Fitur bordirAda
Jumlah pola jahitan404
Pedal pengontrolAda
PerlengkapanJarum, bobbin, sepatu lubang kancing, sepatu pasang kancing, sepatu zipper, sepatu bordir, dan sebagainya

Tabel perbandingan produk mesin jahit terbaik untuk dipakai di rumah

Gambar produk
1
Singer Messina D7500 Disney 1

Singer

2
Juki HZL-K85 1

Juki

3
Juki EXCITE HZL-G110 1

Juki

4
Singer Stylist 9100 1

Singer

5
Brother FS50 1

Brother

6
Singer Simple 3232 1

Singer

7
Singer Heavy Duty 4423 1

Singer

8
Brother GS2700 1

Brother

9
Janome CT2480LX 1

Janome

10
Butterfly JH8530A 1

Butterfly

Nama produk

Messina D7500 Disney

HZL-K85

EXCITE HZL-G110

Stylist 9100

FS50

Simple 3232

Heavy Duty 4423

GS2700

CT2480LX

JH8530A

Keunggulan

Berkreasi lebih banyak dengan software embroidery yang mudah didapat

Menjahit dengan cepat tanpa memakan banyak tempat

Mampu menyelesaikan banyak proyek jahitan dengan cepat

Quilting lebih mudah karena sudah dilengkapi meja perpanjangan

Ukuran compact untuk Anda yang ingin menjajal mesin jahit komputer

Dibekali fitur-fitur dasar yang praktis untuk penjahit pemula

Tangguh berkualitas berkat mesin yang dirancang heavy duty

Pemasangan bobbin benang bawah lebih mudah dan cepat

Bisa jahit kaos hingga denim, bereksplorasi dengan berbagai bahan

Cara pakainya mudah, dibawa ke mana-mana pun mudah

HargaRp 9.430.000,00Rp 1.571.500,00Rp 5.250.000,00Rp 1.800.000,00Rp 1.207.500,00Rp 1.131.000,00Rp 959.000,00Rp 1.075.500,00Rp 1.580.000,00Rp 1.550.000,00
TipeKomputerKomputerKomputerKomputerKomputerMekanikMekanikMekanikMekanikMekanik
UkuranFull sizeCompact sizeFull sizeCompact sizeCompact sizeCompact sizeFull sizeFull sizeFull sizeCompact size
Berat10 kg7,1 kg8,9 kg5,9 kg5,4 kg5,7 kg6,1 kg6,4 kg9 kg5,8 kg
Fitur supportTidak diketahuiTidak adaTidak adaAdaAdaTidak adaTidak adaTidak adaTidak adaTidak ada
Fitur bordirAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaTidak adaAda (semi bordir manual)Ada
Jumlah pola jahitan404150180404503223272523
Pedal pengontrolAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAdaAda
PerlengkapanJarum, bobbin, sepatu lubang kancing, sepatu pasang kancing, sepatu zipper, sepatu bordir, dan sebagainyaJarum, bobbin, sepatu lubang kancing, sepatu zipper, dan sebagainyaJarum, bobbin, sepatu lubang kancing, sepatu obras, dan sebagainyaJarum, bobbin, sepatu serbaguna, sepatu lubang kancing, sepatu pasang kancing, sepatu zipper, meja tambahan, dan sebagainyaJarum, bobbin, sepatu lubang kancing, sepatu pasang kancing, sepatu zipper, sepatu zig-zag, dan sebagainyaJarum, bobbin, sepatu serbaguna, sepatu lubang kancing, sepatu pasang kancing, sepatu zipper, dan sebagainyaJarum, bobbin, sepatu serbaguna, sepatu lubang kancing, sepatu pasang kancing, sepatu zipper, dan sebagainyaJarum, bobbin, sepatu lubang kancing, sepatu pasang kancing, sepatu zipper, sepatu zig-zag, dan sebagainyaJarum, bobbin, sepatu lubang kancing, sepatu zipper, sepatu zig-zag, dan sebagainyaJarum, bobbin, sepatu serbaguna, sepatu lubang kancing, sepatu pasang kancing, sepatu zipper, dan sebagainya
Tautan produk

Gunakanlah jasa penyewaan mesin jahit untuk mencoba beberapa jenis mesin jahit

Gunakanlah jasa penyewaan mesin jahit untuk mencoba beberapa jenis mesin jahit

Anda memiliki bujet terbatas, tetapi ingin segera mencoba menggunakan mesin jahit? Cobalah manfaatkan jasa penyewaan mesin jahit. Jasa penyewaan mesin jahit adalah solusi untuk Anda yang masih ragu-ragu untuk membeli mesin jahit rumahan.


Dengan menyewa mesin jahit, Anda dapat memulai hobi kerajinan tangan tanpa perlu merogoh kantong terlalu dalam. Dengan menyewa, Anda juga dapat mencoba beberapa model mesin jahit. Jadi, Anda dapat mengetahui model mana yang mudah Anda gunakan.

Baca juga rekomendasi mesin jahit lainnya di sini

Apakah Anda menginginkan mesin jahit yang tidak memakan tempat? Atau mesin jahit yang canggih dan praktis? Artikel-artikel di bawah ini adalah ulasan khusus kami untuk mesin jahit portabel dan mesin jahit komputer. Disimak juga, yuk!

Kesimpulan

Demikianlah sepuluh rekomendasi mesin jahit yang cocok digunakan di rumah, baik untuk pemula maupun profesional. Setiap mesin jahit memiliki keunikan dan kelebihan masing-masing. Apakah ada mesin jahit yang menarik perhatian Anda? 

Mesin jahit merupakan alat yang dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, pilihlah mesin jahit yang sesuai dengan kebutuhan Anda agar tidak menyesal kemudian hari. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Benang Rajut Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Benang Rajut Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Merajut dapat menghasilkan berbagai jenis barang hanya dengan satu jenis benang. Yang menarik lagi, Anda bisa mendapatkan finishing yang berbeda hanya dengan mengganti jenis benangnya! Ada banyak sekali jenis benang rajut, mulai dari wol, akrilik, nilon, hingga sutra. Di artikel ini, kami akan menjelaskan cara memilih benang rajut yang sesuai dengan apa yang ingin Anda buat. Kami juga akan ulas beberapa rekomendasi benang rajut terbaik dari merek Red Heart Yarn, Papi Put, atau Drops. Jika Anda tidak tahu harus mulai dari mana, mari baca ulasan artikel berikut ini!
    Kerajinan
    31.966 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Jahit Portabel Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Membuat aksesori kecil akan lebih praktis jika menggunakan mesin jahit. Akan tetapi, mesin jahit full size akan memenuhi ruangan dan berat untuk dipindahkan. Anda bisa memakai mesin jahit compact size atau mesin jahit portabel sebagai solusinya.Sekarang ini, mesin jahit portabel banyak diproduksi oleh produsen Singer, Butterfly, Brother, Juki, dan lain sebagainya. Apa saja keunggulan dan fitur masing-masing mesin jahit portabel? Mari kita bandingkan agar Anda bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan. Yuk, dibaca!
    Kerajinan
    46.486 Views
  • 10 Rekomendasi Crayon Terbaik Bisa untuk Dewasa dan Anak-anak (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Crayon Terbaik Bisa untuk Dewasa dan Anak-anak (Terbaru Tahun 2020)
    Aktivitas menggambar tidak bisa lepas dari barang-barang seperti cat air, pensil warna, dan crayon. Di antara peralatan menggambar tersebut, crayon menjadi andalan anak-anak hingga dewasa karena mudah digunakan dan menghasilkan sentuhan yang halus. Namun, banyaknya variasi merek dan produk mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih crayon yang bisa digunakan untuk dewasa dan anak-anak. Selain itu, kami juga akan memberikan rekomendasi crayon terbaik dari produsen ternama, seperti TiTi, Joyko, dan Faber Castell. Simak artikel ini sampai selesai, ya!
    Kerajinan
    24.882 Views
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Komputer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Mesin Jahit Komputer Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Anda memiliki hobi menjahit dan menginginkan sesuatu yang berbeda pada hasil kreasi Anda? Mungkin mesin jahit komputer adalah jawabannya. Anda dapat membuat bordir nama dan bordir gambar yang dapat diaplikasikan pada kreasi jahit Anda. Alhasil, banyak karya orisinal yang bisa dihasilkan.Namun, bagaimana cara memilih mesin jahit komputer yang tepat bagi Anda? Ada banyak produk yang ditawarkan mulai dari Singer, Janome, Brother, Juki, dan lain sebagainya. Kali ini, kami akan memberikan sepuluh rekomendasi mesin jahit komputer yang dapat Anda gunakan sebagai referensi.
    Kerajinan
    10.174 Views
  • 10 Rekomendasi Pembidang Sulam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Pembidang Sulam Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Pembidang sulam adalah sebuah alat bantu untuk mempermudah Anda saat menyulam. Beberapa orang mungkin beranggapan pembidang sulam tidak begitu diperlukan. Namun, tanpa alat ini kain akan menjadi kusut dan sulit untuk mendapatkan hasil sulaman yang rapi.Pembidang sulam memiliki banyak variasi bentuk, ukuran, dan bahan. Selain berbentuk lingkaran, ada juga pembidang sulam berbentuk persegi dan pembidang yang tidak perlu dipegang oleh tangan. Karenanya, kami akan menjelaskan hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih pembidang sulam plus memberikan rekomendasi produknya. Yuk, disimak!
    Kerajinan
    4.904 Views
  • 10 Rekomendasi Kuas Lukis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    10 Rekomendasi Kuas Lukis Terbaik (Terbaru Tahun 2020)
    Apakah Anda ingin menekuni hobi melukis? Anda tentu membutuhkan alat-alat yang tepat, salah satunya adalah kuas lukis. Kuas untuk melukis memiliki beragam jenis, mulai dari bentuk bulu, bahan bulu yang digunakan, hingga kecocokan dengan media yang dipakai.Nah, agar tidak salah membeli, Anda sebaiknya membaca keseluruhan artikel ini. Kali ini kami akan memberikan tips memilih kuas lukis yang tepat untuk Anda. Ulasan mengenai rekomendasi produk kuas lukis terbaik, seperti dari Daler-Rowney, JOYKO, dan Winsor & Newton juga akan kami bagikan. Jangan sampai ada yang terlewat, ya!
    Kerajinan
    92 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori