• 10 Mesin Jahit yang Bagus untuk Pemula - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 1
  • 10 Mesin Jahit yang Bagus untuk Pemula - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 2
  • 10 Mesin Jahit yang Bagus untuk Pemula - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 3
  • 10 Mesin Jahit yang Bagus untuk Pemula - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 4
  • 10 Mesin Jahit yang Bagus untuk Pemula - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022) 5

10 Mesin Jahit yang Bagus untuk Pemula - Ditinjau oleh Sewing Enthusiast (Terbaru Tahun 2022)

Memperbaiki pakaian sendiri akan lebih praktis dengan menggunakan mesin jahit. Anda juga bisa mulai belajar menggunakan mesin jahit untuk membuat tas dan aksesori. Karena itu, produsen-produsen, seperti merek Brother, Butterfly, Janome, dan lainnya berlomba-lomba memproduksi berbagai mesin jahit yang cocok untuk pemula.

Setiap mesin jahit dari setiap produsen memiliki fungsi dan harga yang berbeda-beda. Kami akan menjelaskan cara memilih mesin jahit yang bagus untuk pemula. Setelah itu, kami akan mengulas sepuluh produk terbaik untuk Anda. Artikel ini sudah ditinjau oleh sewing enthusiast kami, Novita Estiti. Simak sampai akhir, ya!

Pakar/kontributor yang ada di artikel ini

Novita Estiti
Tim editorial mybest
  • Pembaharuan terakhir: 06 Juni 2022
Daftar isi

Profil pakar: Sewing enthusiast, Novita Estiti

Profil pakar: Sewing enthusiast, Novita Estiti
Novita Estiti
Sewing enthusiast
Novita Estiti

Novita Estiti lulus sebagai best student dari ESMOD Fashion School tahun 1998. Setelah lulus, ia bekerja sebagai fashion editor di beberapa majalah fashion Indonesia. Ia kemudian pindah ke Jepang dan memulai sewing blog. Ia juga pernah beberapa kali mengadakan sewing class di Jepang.


Novita menjadi blogger dan influencer di bidang menjahit sejak tahun 2008. Ia pernah berkontribusi pada penulisan buku terbitan Burdastyle dan beberapa majalah serta situs mengenai menjahit.

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih mesin jahit untuk pemula

Mesin jahit tersedia dalam berbagai tipe, ukuran, dan fungsi. Apakah Anda sudah mengetahui apa saja poin-poin yang harus diperhatikan saat membeli mesin jahit untuk pemula? Baca ulasan berikut ini untuk menemukan mesin jahit yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. 

Pilih jenis mesin jahit berdasarkan cara pemakaiannya

Secara garis besar, mesin jahit untuk pemula terbagi dalam tiga jenis, yaitu mesin jahit komputer, mekanik, dan manual. Anda dapat memilih jenis mesin jahit berdasarkan pemakaiannya. Kami akan membahas ketiga jenis tersebut untuk Anda di bawah ini.

Mesin jahit komputer, lebih praktis dengan pengaturan otomatis

Mesin jahit komputer, lebih praktis dengan pengaturan otomatis

Mesin jahit komputer adalah mesin jahit yang dikendalikan oleh mikrokomputer. Mikrokomputer ini akan mengatur gerak naik turun jarum, lebar dan panjang jahitan, dan lain-lain. Menariknya lagi, bagi pemula yang melakukan kesalahan pengoperasian, mesin jahit komputer akan memberi peringatan. Alhasil, penggunaan mesin jahit jenis ini pun lebih aman, bahkan praktis.


Hanya saja, karena kecanggihannya, harga mesin jahit komputer ini relatif tinggi. Namun, Anda yang memiliki bujet terbatas tidak perlu khawatir. Anda bisa memilih mesin jahit komputer dengan fungsi tertentu yang dibutuhkan. Dengan begitu, Anda tidak perlu merogoh kantong terlalu dalam.

Mesin jahit mekanik, memiliki cara penggunaan yang simpel

Mesin jahit mekanik, memiliki cara penggunaan yang simpel
Dibanding dengan jenis sebelumnya, mesin jahit mekanik memiliki harga yang lebih terjangkau. Selain itu, pengoperasiannya pun cukup simpel dan mudah. Beberapa mesin jahit mekanik listrik yang beredar di pasaran saat ini juga sudah dilengkapi beragam fitur yang inovatif. 

Salah satunya adalah berbagai pola jahitan sehingga Anda bisa berkreasi lebih banyak sesuai imajinasi. Jumlah pola jahitannya pun cukup banyak, ada yang puluhan hingga ratusan. Mesin jahit jenis ini juga banyak yang menawarkan desain portabel sehingga mudah dibawa-bawa.

Mesin jahit manual, pemakaiannya digerakkan oleh tangan dan kaki

Mesin jahit manual, pemakaiannya digerakkan oleh tangan dan kaki

Mesin jahit manual merupakan jenis dengan ciri khas tampilan yang klasik atau vintage. Jenis ini dioperasikan dengan cara mengayuh pedal dan menggerakan tangan secara manual. Jadi, saat listriknya padam, mesin jahit ini pun tetap bisa Anda pakai


Sayangnya, karena tergantung dengan kekuatan kaki, kecepatan mesin jahit ini terbilang cukup rendah. Meskipun begitu, Anda yang menginginkan pedal listrik bisa memasang dinamo opsional. Sebagai tambahan, jenis ini rata-rata dibuat dari bahan logam sehingga lebih kuat dibandingkan jenis lainnya. Selain itu, mesin jahit manual hanya bisa menghasilkan straight stitch atau jahitan lurus.

Utamakan mesin jahit yang compact dan ringan

Utamakan mesin jahit yang compact dan ringan
Mesin jahit dengan ukuran yang compact tentu lebih mudah Anda simpan. Anda juga bisa memilih mesin jahit dengan bobot yang ringan, sekitar 5 kg. Jadi, Anda pun lebih praktis membawanya ketika akan hadir dalam kelas menjahit. 

Ada juga mesin jahit compact size atau tipe compact dengan berat di atas 6 kg. Mesin jahit tipe compact seperti ini tidak terlalu mudah untuk dipindah-pindah. Namun, mesin ini cocok bagi Anda yang memiliki meja kerja yang sempit, contohnya jika tinggal di apartemen.


Sayangnya, karena terdiri dari komponen berbahan plastik, power mesin jahit compact tidak sebaik mesin jahit full size. Selain itu, ada beberapa model mesin jahit compact yang tidak dapat digunakan untuk bahan kain tebal. Jadi, pastikan jenis dan jumlah kain yang bisa dipakai sebelum membeli mesin jahit compact, ya!

Perhatikan pula fitur tambahannya

Perhatikan pula fitur tambahannya

Fungsi tambahan mesin jahit untuk pemula bermacam-macam tergantung modelnya. Mari simak ulasan berikut ini untuk menemukan fitur yang tepat untuk Anda. 


  • Automatic needle threader

Dengan fungsi automatic needle threader, Anda tidak perlu repot memasukkan benang ke lubang jarum. Tinggal tekan tuasnya dan Anda pun dapat segera mulai menjahit. 


  • Drop feed dog

Drop feed dog adalah feed dog yang bisa diturunkan (dropped) sehingga tidak mengganggu saat melakukan free motion sewing. Bentuk dari feed dog layaknya gigi. Fungsinya yaitu mempermudah kain saat digerakkan maju ke depan serta dapat mencegah kain tersangkut. Fitur ini sangat bermanfaat untuk free motion quilting dan free motion sewing.


  • Auto buttonhole sewing
Auto buttonhole sewing merupakan salah satu sepatu jahit yang mempermudah Anda untuk membuat lubang kancing secara otomatis. Kerennya lagi, ukuran lubang kancing juga dapat diukur secara otomatis dengan cara meletakkan kancing di bagian belakang sepatu ini.

  • Free arm

Jika Anda cukup kesulitan saat menjahit bagian lengan, cuff kemeja, ataupun kerah baju, fitur ini cocok dipertimbangkan. Free arm adalah body depan mesin jahit yang bisa dilepas sehingga memudahkan Anda untuk menjahit bagian yang melengkung.


  • Bordir
Dengan fitur bordir, Anda bisa membuat berbagai karya orisinil yang cantik. Mesin jahit dengan fitur bordir ini juga cocok untuk Anda yang ingin belajar membuat pakaian dan aksesori anak-anak. Akan tetapi, fitur bordir biasanya hanya ada pada mesin jahit komputer tertentu.

Periksa perlengkapannya

Periksa perlengkapannya

Saat membeli mesin jahit, jangan lupa untuk memeriksa apa saja perlengkapan yang sudah termasuk di dalam kemasan. Apabila bujet Anda terbatas, tentu akan lebih hemat jika benang, bobbin, nipper, dan sebagainya sudah tersedia, bukan? 


Kemudian, perlengkapan yang perlu Anda pastikan keberadaannya adalah pedal pengontrol untuk mengoperasikan mesin jahit dengan kaki. Dengan memakai kaki untuk menggerakkan mesin jahit, Anda dapat menggunakan kedua tangan Anda untuk mengarahkan pergerakan kain. Banyak mesin jahit dengan pedal pengontrol yang dijual terpisah. Jadi, jangan lupa memeriksa ada tidaknya pedal pengontrol ini.

Ketahui pula karakteristik produsen dan merek mesin jahit

Jika Anda masih bingung memilih mesin jahit untuk pertama kalinya, Anda bisa memilih berdasarkan merek mesin jahit tersebut. Ada beberapa merek mesin jahit yang dapat Anda pilih, seperti Singer, Brother, Janome, Butterfly, dan lain-lain. Setiap produsen memiliki karakteristiknya masing-masing.


  • Janome

Merek satu ini merupakan top brand yang melahirkan beberapa mesin jahit dengan fungsi bordir. Janome memiliki berbagai macam varian yang dapat dipilih oleh pemula dan penjahit mahir. 


  • Brother

Brother adalah merek yang banyak dipakai oleh penjahit-penjahit profesional. Meskipun begitu, produknya yang untuk pemula pun banyak dihadirkan dengan kualitas terbaik. Anda bisa memilih merek ini sesuai bujet Anda karena produk-produknya tersedia dalam berbagai rentang harga.


  • Singer dan Butterfly

Di samping itu, Singer dan Butterfly adalah produsen mesin jahit yang sudah ada sejak dahulu. Dengan demikian, kualitas mesin jahit buatan kedua produsen ini tak perlu Anda ragukan lagi.

10 Rekomendasi mesin jahit yang bagus untuk pemula

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk mesin jahit terbaik untuk pemula yang ditentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.


Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Novita Estiti.

10

BrotherINNOV-IS Sewing Machine

NV180D

Mulai dari Rp 18.725.000,00

JenisKomputer
Bobot6,8 kg
Automatic needle threader
Drop feed dog
Auto buttonhole sewing
Free arm
Bordir
Pedal pengontrol
PerlengkapanJarum, bobbin, sepatu zig-zag, sepatu lubang kancing, sepatu zipper, dan sebagainya
9

JanomeMesin Jahit Flatbed

S-650

Mulai dari Rp 2.800.000,00

JenisMekanik (flatbed)
BobotTidak disebutkan
Automatic needle threader
Drop feed dog
Auto buttonhole sewingx
Free arm
Bordirx
Pedal pengontrol
PerlengkapanJarum, bobbin, pendedel benang, sepatu, obeng, oil, bohlam, eksternal dinamo, dan sebagainya
8
JenisMekanik
Bobot6,4 kg
Automatic needle threader
Drop feed dogx
Auto buttonhole sewing
Free arm
Bordirx
Pedal pengontrol
PerlengkapanJarum, bobbin, sepatu serbaguna, sepatu lubang kancing, sepatu pasang kancing, sepatu zipper, dan sebagainya
7
JenisMekanik
Bobot6,4 kg
Automatic needle threader
Drop feed dogx
Auto buttonhole sewing
Free arm
Bordirx
Pedal pengontrol
PerlengkapanJarum, bobbin, sepatu lubang kancing, sepatu pasang kancing, sepatu zipper, sepatu zig-zag, dan sebagainya
6
JenisMekanik
Bobot9 kg
Automatic needle threader
Drop feed dog
Auto buttonhole sewing
Free arm
Bordir✔ (semi bordir manual)
Pedal pengontrol
PerlengkapanJarum, bobbin, sepatu lubang kancing, sepatu zipper, sepatu zig-zag, dan sebagainya
5
JenisKomputer
Bobot9 kg
Automatic needle threader
Drop feed dog
Auto buttonhole sewing
Free arm
Bordir
Pedal pengontrol
PerlengkapanJarum, bobbin, sepatu serbaguna, sepatu lubang kancing, sepatu pasang kancing, sepatu zipper, meja tambahan, dan sebagainya
4
JenisManual
BobotTidak disebutkan
Automatic needle threaderx
Drop feed dogx
Auto buttonhole sewingx
Free armx
Bordirx
Pedal pengontrolx
PerlengkapanJarum, bobbin, sepatu kelim, tube oil, dinamo 100 watt, dan sebagainya
3
JenisMekanik
Bobot6 kg
Automatic needle threader
Drop feed dog
Auto buttonhole sewing
Free arm
Bordirx
Pedal pengontrol
PerlengkapanJarum, bobbin, sepatu lubang kancing, sepatu pasang kancing, sepatu ritsleting, obeng, plat penutup bordir, dan sebagainya
2

YOKOMesin Jahit Portable Mini

YK-1803

Mulai dari Rp 544.000,00

JenisMekanik
BobotTidak disebutkan
Automatic needle threaderx
Drop feed dogx
Auto buttonhole sewingx
Free armx
Bordirx
Pedal pengontrol
PerlengkapanBenang, jarum, spool benang, sepatu lubang kancing
1

ButterflyMesin Jahit Portable

JH8530A

Mulai dari Rp 1.599.000,00

JenisMekanik
Bobot7 kg
Automatic needle threader
Drop feed dogx
Auto buttonhole sewingx
Free arm
Bordir
Pedal pengontrol
PerlengkapanJarum, bobbin, sepatu serbaguna, sepatu lubang kancing, sepatu pasang kancing, sepatu zipper, dan sebagainya

Tabel perbandingan produk mesin jahit yang bagus untuk pemula

Gambar produk
1
Butterfly Mesin Jahit Portable 1

Butterfly

2
YOKO Mesin Jahit Portable Mini  1

YOKO

3
Brother  Sewing Machine 1

Brother

4
Butterfly Mesin Jahit 1

Butterfly

5
Singer Stylist™ 9100 1

Singer

6
Janome Mesin Jahit 1

Janome

7
Brother Sewing Machine 1

Brother

8
SINGER Simple™ 3232 1

SINGER

9
Janome Mesin Jahit Flatbed 1

Janome

10
Brother INNOV-IS Sewing Machine 1

Brother

Nama produk

Mesin Jahit Portable

Mesin Jahit Portable Mini

Sewing Machine

Mesin Jahit

Stylist™ 9100

Mesin Jahit

Sewing Machine

Simple™ 3232

Mesin Jahit Flatbed

INNOV-IS Sewing Machine

Keunggulan

Cara pakainya mudah, cocok untuk berbagai rentang skill

Ukurannya mini, harganya pun ekonomis!

Bermotif bunga, cocok dijadikan hadiah untuk ibu!

Pancarkan kesan tradisional dengan bahan full besi

Quilting lebih mudah karena sudah dilengkapi meja perpanjangan

Bereksplorasi dengan berbagai bahan, mulai dari kaus hingga denim

Pemasangan bobbin benang bawah lebih mudah dan cepat

Lebih mudah dipahami berkat buku panduan berbahasa Indonesianya

Mesin jahit flatbed dengan tampilan yang pinky

Berkreasi lebih banyak dengan karakter bordir yang menggemaskan

Harga mulai dariRp 1.599.000,00Rp 544.000,00Rp 2.365.000,00Rp 750.000,00Rp 6.050.000,00Rp 3.949.000,00Rp 2.945.000,00Rp 3.000.000,00Rp 2.800.000,00Rp 18.725.000,00
JenisMekanikMekanikMekanikManualKomputerMekanikMekanikMekanikMekanik (flatbed)Komputer
Bobot7 kgTidak disebutkan6 kgTidak disebutkan9 kg9 kg6,4 kg6,4 kgTidak disebutkan6,8 kg
Automatic needle threaderxx
Drop feed dogxxxxx
Auto buttonhole sewingxxxx
Free armxx
Bordirxxx✔ (semi bordir manual)xxx
Pedal pengontrolx
PerlengkapanJarum, bobbin, sepatu serbaguna, sepatu lubang kancing, sepatu pasang kancing, sepatu zipper, dan sebagainyaBenang, jarum, spool benang, sepatu lubang kancingJarum, bobbin, sepatu lubang kancing, sepatu pasang kancing, sepatu ritsleting, obeng, plat penutup bordir, dan sebagainyaJarum, bobbin, sepatu kelim, tube oil, dinamo 100 watt, dan sebagainyaJarum, bobbin, sepatu serbaguna, sepatu lubang kancing, sepatu pasang kancing, sepatu zipper, meja tambahan, dan sebagainyaJarum, bobbin, sepatu lubang kancing, sepatu zipper, sepatu zig-zag, dan sebagainyaJarum, bobbin, sepatu lubang kancing, sepatu pasang kancing, sepatu zipper, sepatu zig-zag, dan sebagainyaJarum, bobbin, sepatu serbaguna, sepatu lubang kancing, sepatu pasang kancing, sepatu zipper, dan sebagainyaJarum, bobbin, pendedel benang, sepatu, obeng, oil, bohlam, eksternal dinamo, dan sebagainyaJarum, bobbin, sepatu zig-zag, sepatu lubang kancing, sepatu zipper, dan sebagainya
Tautan produk

Tips dari sewing enthusiast kami, Novita Estiti

Tips dari sewing enthusiast kami, Novita Estiti

Jika mesin jahit Anda macet, lakukan langkah-langkah berikut ini.

  • Periksa kabelnya.
  • Bersihkan bagian dalam mesin jahit.
  • Periksa urutan benangnya.
  • Periksa juga arah benang yang ada di bobin. Arah yang terbalik dapat menyebabkan jahitan menggumpal.

Selain itu, lakukan langkah-langkah berikut apabila benang pada mesin jahit klasik mudah terputus.

  • Periksa pengaturan ketegangan benang.
  • Gunakan ukuran benang yang sesuai dengan ketebalan kain.
  • Periksa kembali urutan benang dan arah benang pada bobin.

Baca juga rekomendasi mesin jahit lainnya di sini

Apakah Anda menginginkan mesin jahit yang tidak memakan tempat? Atau mesin jahit yang canggih dan praktis dibawa-bawa? Artikel-artikel di bawah ini adalah ulasan khusus kami untuk mesin jahit portabel, mesin jahit komputer, dan mesin jahit mini. Langsung disimak, yuk!

Kesimpulan

Demikianlah sepuluh rekomendasi mesin jahit yang cocok digunakan untuk pemula. Setiap mesin jahit memiliki keunikan dan kelebihan masing-masing. Lalu, apakah ada mesin jahit yang menarik perhatian Anda? 

Mesin jahit merupakan alat yang dapat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Oleh karena itu, pilihlah mesin jahit yang sesuai dengan kebutuhan Anda agar tidak menyesal kemudian hari. Selamat memilih!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Benang Rajut Terbaik - Ditinjau oleh Embroidery Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Benang Rajut Terbaik - Ditinjau oleh Embroidery Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Aktivitas merajut dapat menghasilkan berbagai macam barang hanya dengan satu jenis benang. Anda bahkan juga bisa mendapatkan hasil akhir yang bervariasi dengan jenis benang yang berbeda. Terdapat berbagai jenis benang rajut, mulai dari benang wol, katun, nilon, hingga polyester. Harga setiap jenis benang tersebut juga sangat bervariasi.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih benang rajut yang bagus. Kami juga akan memberikan rekomendasi benang rajut terbaik. Anda dapat memilih di antara merek DROPS, Sakura, ataupun ON!TSUGA. Artikel ini telah ditinjau oleh embroidery artist kami, Ria Paramita. Simak hingga selesai, ya!
    Kerajinan
  • 10 Rekomendasi Crayon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Crayon Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Anda dapat menemukan berbagai media mewarnai, seperti cat air, pensil warna, dan crayon atau krayon. Di antara peralatan menggambar tersebut, crayon menjadi andalan anak-anak hingga dewasa karena mudah digunakan dan menghasilkan sentuhan yang halus. Namun, banyaknya variasi merek dan produk mungkin akan membuat Anda bingung dalam memilih.Kali ini kami akan menjelaskan cara memilih krayon yang bisa digunakan untuk dewasa dan anak-anak serta non toxic. Selain itu, kami juga akan merekomendasikan krayon yang bagus dari produsen ternama, seperti TiTi, Joyko, Greebel, dan Faber Castell. Simak artikel ini sampai selesai, ya!
    Kerajinan
  • 10 Rekomendasi Oil Pastel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Oil Pastel Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Masa pandemi ini mungkin membuat Anda memiliki hobi baru, salah satunya melukis. Ada banyak alat lukis yang bisa Anda pilih dan oil pastel termasuk di dalamnya. Apakah Anda sudah cukup mengenal tentang oil pastel? Kami akan memberikan informasi seputar oil pastel yang bagus dalam artikel kali ini.Anda bisa memilih produk dari merek oil pastel yang bagus, seperti Sakura, Pentel, Greebel, dan Faber-Castell. Sebelumnya, simak dahulu tips memilih oil pastel yang cocok untuk digunakan. Temukan berbagai oil pastel terbaik dengan pilihan harga yang cocok di kantong Anda, ya!
    Kerajinan
  • 10 Rekomendasi Mesin Jahit Singer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Mesin Jahit Singer Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Menjahit merupakan kegiatan yang banyak diminati untuk mengisi waktu. Salah satu merek mesin jahit ternama yang banyak dicari adalah Singer. Singer adalah perusahaan mesin jahit dari Amerika Serikat yang telah berdiri sejak tahun 1851. Merek ini telah mengeluarkan beragam mesin jahit yang bagus dengan kualitas terbaik.Agar tidak salah pilih, kami punya tips memilihnya untuk Anda. Kami juga akan merekomendasikan sepuluh produk Singer terbaik, mulai dari mesin jahit rumahan hingga mesin jahit industri beserta harganya. Ada seri M1155, M1005, dan lainnya. Jadi, ingin mesin jahit yang bagus? Tentu Singer jawabannya!
    Kerajinan
  • 10 Rekomendasi Kertas Origami Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    10 Rekomendasi Kertas Origami Terbaik (Terbaru Tahun 2022)
    Origami merupakan seni melipat kertas dari Jepang. Origami telah diajarkan sejak masa kanak-kanak, bahkan masih menjadi hobi bagi beberapa orang dewasa. Dengan kertas origami, Anda dapat membuat burung, bunga, ikan, dan lainnya. Untuk membantu Anda menghasilkan objek yang diinginkan, pemilihan kertas origami sangat penting.Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang kertas origami beserta tips memilihnya. Simak juga rekomendasi kertas origami terbaik dari kami. Berbagai merek kertas origami, seperti Sinar Dunia, Asturo, Deli, sampai Faber Castell ada dalam rekomendasi kami. Tak perlu berlama-lama lagi, segera simak sampai habis, ya!
    Kerajinan
  • 10 Bantalan Jarum Terbaik - Ditinjau oleh Embroidery Artist (Terbaru Tahun 2022)
    10 Bantalan Jarum Terbaik - Ditinjau oleh Embroidery Artist (Terbaru Tahun 2022)
    Bantalan jarum atau pincushion adalah peralatan menjahit yang biasa digunakan untuk menyimpan jarum pentul. Bahan dan bentuk bantalan jarum sangat beragam. Ada bantalan yang dapat dipakai pada pergelangan tangan layaknya gelang, ada juga yang berbahan magnet untuk mempermudah pengumpulan jarum.Kali ini, kami akan menjelaskan cara memilih dan merekomendasikan bantalan jarum yang bagus untuk menemani kegiatan menjahit Anda. Tempat jarum pentul yang desainnya unik hingga yang bentuknya fungsional serta memiliki magnet, semuanya akan kami review. Artikel ini sudah ditinjau oleh embroidery artist kami, Ria Paramita. Simak sampai akhir, ya!
    Kerajinan
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori