• 10 Backpack Terbaik untuk Kerja (Terbaru Tahun 2021) 1
  • 10 Backpack Terbaik untuk Kerja (Terbaru Tahun 2021) 2
  • 10 Backpack Terbaik untuk Kerja (Terbaru Tahun 2021) 3
  • 10 Backpack Terbaik untuk Kerja (Terbaru Tahun 2021) 4
  • 10 Backpack Terbaik untuk Kerja (Terbaru Tahun 2021) 5

10 Backpack Terbaik untuk Kerja (Terbaru Tahun 2021)

Banyak orang menggunakan backpack atau ransel punggung sebagai tas kerja. Backpack digemari oleh pria karena sederhana dan mampu menampung banyak barang. Anda bisa menemukan beragam jenis backpack yang cocok untuk bekerja di kantor ataupun perjalanan bisnis. Tampilannya pun modis dengan harga bersaing.

Dari banyaknya merek yang ada, seperti LivehafBruno CavalliEverki, Tigernu, dan Eiger, manakah yang terbaik? Kami akan membagikan tips memilih serta merekomendasikan backpack kerja yang bagus untuk Anda. Dengan pilihan tas yang tepat, pasti Anda makin bersemangat dalam bekerja!

Pakar/kreator yang ada di artikel ini

Deddy Huang
Matius Teguh Nugroho
Zizy Damanik
  • Pembaharuan terakhir: 14 Oktober 2021
  • 46.204 Views
Daftar isi

Cara memilih backpack untuk kerja

Dalam memilih backpack untuk bekerja, ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan. Backpack tersebut sebaiknya memiliki kompartemen penyimpanan yang mumpuni, mudah dibawa, dan memiliki fitur berguna lainnya. Kami akan menjelaskan secara mendetail di bawah ini khusus untuk Anda.

Ketahui kapasitas dan ukuran yang tepat

Ketahui kapasitas dan ukuran yang tepat

Backpack untuk bekerja umumnya dirancang dengan kapasitas yang cukup untuk memuat dokumen berukuran A4. Dengan demikian, map dokumen kantor Anda bisa masuk ke dalamnya. Untuk membawa dokumen dan files biasa, backpack berukuran A4 adalah pilihan yang sesuai. Jika Anda sering membawa banyak barang atau barang besar, seperti amplop, pilihlah backpack berukuran B4.


Sebagian besar backpack mampu menampung dokumen A4 dan B4. Namun, bagian tepi dokumen atau amplop bisa saja tertekuk apabila backpack berbentuk oval. Jika Anda ingin membawa dokumen penting tanpa tertekuk atau terlipat, pilihlah backpack berbentuk kotak atau persegi.

Cek letak, jumlah kantong, dan kompartemen penyimpanan khusus

Anda juga perlu memilih backpack yang dilengkapi dengan kompartemen atau kantong penyimpanan yang baik. Sesuaikanlah jumlah kantong dan kapasitas kompartemen berdasarkan jenis barang yang akan Anda bawa.

Untuk membawa laptop, pilih ransel dengan kompartemen khusus laptop

Untuk membawa laptop, pilih ransel dengan kompartemen khusus laptop
Hampir semua orang yang bekerja kantoran ataupun pribadi mengandalkan laptop sebagai sarana bekerja sehari-hari. Untuk menyimpan dan melindungi laptop Anda dari benturan, pilihlah backpack yang sudah dilengkapi dengan kompartemen khusus laptop. 

Kompartemen tersebut biasanya berupa kantong dengan bantalan (padded sleeve). Pastikan pula bahan kantongnya ringan dan lembut, serta dirancang agar tidak menggores permukaan laptop.


Backpack dengan tempat penyimpanan laptop memiliki ukuran yang beragam, tetapi kebanyakan didesain untuk menampung laptop 15 inci. Jadi, sesuaikanlah dengan ukuran laptop Anda sebelum membeli.

Agar mudah menata barang, pilih yang memiliki kantong dalam

Agar mudah menata barang, pilih yang memiliki kantong dalam

Jika Anda mencemplungkan barang kecil ke dalam backpack begitu saja, Anda pasti kesulitan mencari dan mengambil barang tersebut saat dibutuhkan. Anda akan lebih mudah menata barang jika backpack dilengkapi dengan kantong kecil atau besar di dalam kompartemen utamanya.


Dengan kantong khusus gadget, barang seperti tablet, pemutar musik, dan charger bisa disimpan secara rapi tanpa terbelit di dalam backpack. Jika terdapat kantong penyimpanan alat tulis, seperti pulpen atau buku, Anda pun lebih mudah mengambilnya saat diperlukan.


Perhatikanlah baik-baik jumlah dan penempatan kantong di dalam backpack yang hendak Anda beli. Pastikan kantong-kantong tersebut sesuai untuk menampung jenis barang bawaan Anda. Dengan begitu, barang Anda akan lebih mudah diatur dan diambil dari dalam backpack.

Agar lebih cepat mengambil barang, pilih yang memiliki kantong luar

Agar lebih cepat mengambil barang, pilih yang memiliki kantong luar
Bagi sebagian orang, kantong bagian dalam adalah fitur yang wajib ada untuk sebuah backpack. Padahal, kantong bagian luar juga tidak kalah pentingnya. Kantong di bagian luar ransel penting untuk menaruh barang-barang yang sering Anda ambil, seperti dompet atau kunci. 

Dengan adanya kantong di bagian luar, Anda tidak perlu lagi repot-repot menurunkan dan membuka backpack. Anda bisa mengakses barang-barang tersebut secara lebih mudah dan cepat.


Di sisi lain, apabila terdapat lubang untuk menyelipkan kabel charging di bagian samping, Anda juga bisa mengecas ponsel sembari memanggul backpack. Fitur ini akan sangat memudahkan Anda.

Utamakan tas yang mudah dibawa setiap harinya

Tiap-tiap orang mengenakan backpack kerja untuk kebutuhan yang berbeda-beda. Maka dari itu, pilihlah backpack yang paling mudah dibawa ke mana pun Anda pergi.

Desain backpack ergonomis, cocok dipakai berjalan kaki atau naik kereta

Desain backpack ergonomis, cocok dipakai berjalan kaki atau naik kereta

Jika Anda pergi bekerja dengan kereta atau berjalan kaki, pilihlah desain backpack yang tidak membuat Anda lelah meskipun dipakai dalam waktu lama. Backpack berdesain ringan dan ergonomis biasanya dirancang agar tidak memberatkan punggung dan bahu Anda. Dengan begitu, Anda bisa membawa barang berat, seperti laptop dan buku-buku, dalam waktu lama tanpa lelah.

Produsen peralatan outdoor seperti Eiger juga telah memproduksi backpack yang cocok untuk bekerja. Backpack untuk mendaki gunung biasanya memiliki bentuk yang sesuai untuk menampung beban berat. Jika desainnya simpel dan cocok untuk harian, Anda bisa memilihnya sebagai backpack untuk bekerja.

Desain bertali selempang, cocok untuk berkendara dengan sepeda atau motor

Desain bertali selempang, cocok untuk berkendara dengan sepeda atau motor

Untuk Anda yang bepergian dengan sepeda atau motor, pilihlah backpack yang dilengkapi dengan tali selempang atau tali bahu. Anda dapat menyelempangkannya di bagian dada sehingga tas aman dan tidak akan terjatuh pada saat berkendara motor. Dengan desain tali selempang, beban tas akan terasa lebih ringan dari yang seharusnya.

Pilih bahan yang nyaman untuk bagian punggung tas

Pilih bahan yang nyaman untuk bagian punggung tas

Untuk mengoptimalkan kenyamanan saat Anda memanggul backpack, bahan punggung bagian belakang tas ransel juga perlu diperhatikan. Bahan mesh atau jaring sangat direkomendasikan. Dengan bahan yang breathable atau bersirkulasi udara baik, punggung Anda tidak akan terasa gerah.


Selain itu, berhati-hatilah karena bagian belakang backpack akan selalu bersentuhan langsung dengan punggung Anda. Jika bahannya keras dan kasar, setelan kantor atau punggung jas Anda bisa tergores dan koyak. Untuk itu, Anda disarankan memilih bahan yang berbantalan atau busa (padding) empuk, seperti urethane.

Agar terlindung dari hujan dan cuaca buruk, carilah yang berbahan waterproof

Agar terlindung dari hujan dan cuaca buruk, carilah yang berbahan waterproof

Anda pastinya tidak ingin terjadi drama laptop dan dokumen kantor yang basah kuyup akibat hujan, bukan? Karena itu, pilihlah backpack yang antiair alias waterproof atau setidaknya terbuat dari bahan yang sangat tahan air.


Namun, meskipun bahan utama backpack sudah waterproof dan tahan air, bisa jadi bagian ritsletingnya tidak tahan air. Bisa gawat jika air hujan menembus masuk melalui celah ritsleting! Jadi, pastikan bagian ritsleting dan kantong luarnya didesain aman dari basah, serta mampu mencegah air masuk ke dalam. 

Pertimbangkan desain fleksibel yang bisa dipakai untuk berbagai acara

Pertimbangkan desain fleksibel yang bisa dipakai untuk berbagai acara

Meskipun backpack yang Anda cari di artikel ini akan digunakan untuk bekerja, tetaplah memilih desain yang fleksibel. Carilah model backpack yang tidak terlalu kasual, tetapi masih cocok digunakan untuk berjalan-jalan selepas Anda dari pulang kantor. 


Anda juga bisa memilih backpack yang desainnya dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi. Sebagai contoh, jika Anda sering bertemu klien, pakailah backpack yang memiliki handel atau tali jinjing agar terlihat lebih elegan


Tas model backpack terkadang terasa kurang pantas jika dikenakan pada acara tertentu. Solusinya, Anda dapat memilih backpack jenis two-way bag atau three-way bag. Tas backpack jenis ini dapat digunakan sebanyak dua atau tiga cara. Artinya, Anda bisa mengenakannya sebagai tas selempang dan tas jinjing. Jadi, Anda pun bebas mengenakan tas tersebut sesuai kebutuhan.

Produk rekomendasi khusus

Spesialis
mybest
Spesialis
mybest

VanguardVEO Select 41 Backpack

Mulai dari Rp 1.499.000,00

Spesialis
mybest

HerschelLittle America Backpack

Mulai dari Rp 1.899.000,00

10 Rekomendasi backpack terbaik untuk kerja

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk backpack terbaik untuk kerja yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.

10

EsgotadoProject E Teo Sixto x Sob

Mulai dari Rp 495.000,00

Muat dokumen A4 / Ada kompartemen khusus laptop✔︎ / ✔︎ Muat laptop 15 inci
Kantong1 saku luar
Desain ergonomis✔︎
Tali selempang✔︎
Bahan punggung tasKanvas, kulit sintetis
Waterproof atau tahan air✔︎
ModelTwo-way bag
9

EverkiConcept 2 Premium Travel Friendly Laptop Backpack

EKP133B

Mulai dari Rp 2.599.000,00

Muat dokumen A4 / Ada kompartemen khusus laptop✔︎ / ✔︎ Muat laptop 17,3 inci
KantongBelasan kantong dalam, 3 atau lebih kantong luar
Desain ergonomis✔︎
Tali selempangX
Bahan punggung tasMesh, bantalan/busa
Waterproof atau tahan air✔︎
ModelBackpack
8

XD DesignBobby Bizz Anti-Theft Backpack & Briefcase

Mulai dari Rp 1.699.000,00

Muat dokumen A4 / Ada kompartemen khusus laptop✔︎ / ✔︎ Muat laptop 15,6 inci
Kantong7 atau lebih kantong dalam, 3 atau lebih kantong luar
Desain ergonomis✔︎
Tali selempang✔︎
Bahan punggung tasBantalan/busa
Waterproof atau tahan air✔︎
ModelThree-way bag
7

EverkiStudio Slim Laptop Backpack

EKP118

Mulai dari Rp 820.000,00

Muat dokumen A4 / Ada kompartemen khusus laptop✔︎ / ✔︎ Muat laptop 14,1 inci atau MacBook Pro 15
Kantong13 atau lebih kantong dalam, 5 atau lebih kantong luar
Desain ergonomis✔︎
Tali selempangX
Bahan punggung tasMesh, bantalan/busa
Waterproof atau tahan air✔︎
ModelBackpack
6

National GeographicAustralia 3-way Camera Bag for DSLR

NG AU 5310

Mulai dari Rp 2.480.000,00

Muat dokumen A4 / Ada kompartemen khusus laptop✔︎ / ✔︎
KantongSejumlah kantong dalam, 3 kantong luar
Desain ergonomis✔︎
Tali selempang✔︎
Bahan punggung tasBantalan/busa
Waterproof atau tahan air✔︎
ModelThree-way bag
5

EigerR.LT.14 Wanders 30 Backpack

910000317

Mulai dari Rp 749.000,00

Muat dokumen A4 / Ada kompartemen khusus laptop✔︎ / ✔︎ Muat laptop 14–16 inci
KantongSejumlah kantong dalam, 3 kantong luar
Desain ergonomis✔︎
Tali selempang✔︎
Bahan punggung tasMesh, bantalan/busa
Waterproof atau tahan air✔︎
ModelThree-way bag
4

American TouristerSpeedair Laptop Briefcase M

Mulai dari Rp 790.000,00

Muat dokumen A4 / Ada kompartemen khusus laptop✔︎ / ✔︎
Kantong3 kantong dalam, 2 kantong luar
Desain ergonomis✔︎
Tali selempang✔︎
Bahan punggung tasPoliester
Waterproof atau tahan air✔︎
ModelThree-way bag
3

TigernuAntitheft Laptop Backpack

T-B3213HB

Mulai dari Rp 600.000,00

Muat dokumen A4 / Ada kompartemen khusus laptop✔︎ / ✔︎ Muat laptop 15,6 inci - 15,6 inci
Kantong10 atau lebih kantong dalam, 2 kantong luar tersembunyi
Desain ergonomis✔︎
Tali selempangX
Bahan punggung tasMesh, bantalan/busa
Waterproof atau tahan air✔︎
ModelBackpack
2

Bruno CavalliBackpack Light Gravity WaterProof Edition

4853

Mulai dari Rp 325.000,00

Muat dokumen A4 / Ada kompartemen khusus laptop✔︎ / ✔︎ Muat laptop 17 inci
Kantong3 atau lebih kantong dalam, 5 kantong luar
Desain ergonomis✔︎
Tali selempangX
Bahan punggung tasBantalan/busa
Waterproof atau tahan air✔︎
ModelBackpack
1
Muat dokumen A4 / Ada kompartemen khusus laptop✔︎ / ✔︎ Muat laptop 14 inci
Kantong2 kantong depan dan tengah, 2 kantong samping
Desain ergonomis✔︎
Tali selempang✔︎
Bahan punggung tasPoliester, cordura 600D
Waterproof atau tahan air✔︎
ModelBackpack

Tabel perbandingan produk backpack terbaik untuk kerja

Gambar produk
1
Livehaf Every Backpack Black 1

Livehaf

2
Bruno Cavalli Backpack Light Gravity WaterProof Edition 1

Bruno Cavalli

3
Tigernu Antitheft Laptop Backpack 1

Tigernu

4
American Tourister Speedair Laptop Briefcase M 1

American Tourister

5
Eiger R.LT.14 Wanders 30 Backpack 1

Eiger

6
National Geographic Australia 3-way Camera Bag for DSLR 1

National Geographic

7
Everki Studio Slim Laptop Backpack 1

Everki

8
XD Design Bobby Bizz Anti-Theft Backpack & Briefcase 1

XD Design

9
Everki Concept 2 Premium Travel Friendly Laptop Backpack 1

Everki

10
Esgotado Project E Teo Sixto x Sob 1

Esgotado

Nama produk

Every Backpack Black

Backpack Light Gravity WaterProof Edition

Antitheft Laptop Backpack

Speedair Laptop Briefcase M

R.LT.14 Wanders 30 Backpack

Australia 3-way Camera Bag for DSLR

Studio Slim Laptop Backpack

Bobby Bizz Anti-Theft Backpack & Briefcase

Concept 2 Premium Travel Friendly Laptop Backpack

Project E Teo Sixto x Sob

Keunggulan

Terlaris dan ekonomis, simpel untuk berbagai aktivitas harian

Banyak pilihan warna dan fitur ekstra

Aman bawa barang berkat teknologi antimaling

Tas laptop yang bisa dijinjing, diselempang, dan dijadikan backpack

Muat banyak barang untuk business travel

Dukung kerja fotografer dan jurnalis di medan yang keras

Si ramping dengan saku superbanyak yang terorganisir

Pulang kerja larut malam naik motor? Siapa takut!

Backpack profesional untuk segala situasi

Ransel roll top untuk banyak acara

Harga mulai dariRp 99.000,00Rp 325.000,00Rp 600.000,00Rp 790.000,00Rp 749.000,00Rp 2.480.000,00Rp 820.000,00Rp 1.699.000,00Rp 2.599.000,00Rp 495.000,00
Muat dokumen A4 / Ada kompartemen khusus laptop✔︎ / ✔︎ Muat laptop 14 inci✔︎ / ✔︎ Muat laptop 17 inci✔︎ / ✔︎ Muat laptop 15,6 inci - 15,6 inci✔︎ / ✔︎ ✔︎ / ✔︎ Muat laptop 14–16 inci✔︎ / ✔︎✔︎ / ✔︎ Muat laptop 14,1 inci atau MacBook Pro 15✔︎ / ✔︎ Muat laptop 15,6 inci✔︎ / ✔︎ Muat laptop 17,3 inci✔︎ / ✔︎ Muat laptop 15 inci
Kantong2 kantong depan dan tengah, 2 kantong samping3 atau lebih kantong dalam, 5 kantong luar10 atau lebih kantong dalam, 2 kantong luar tersembunyi3 kantong dalam, 2 kantong luarSejumlah kantong dalam, 3 kantong luarSejumlah kantong dalam, 3 kantong luar13 atau lebih kantong dalam, 5 atau lebih kantong luar7 atau lebih kantong dalam, 3 atau lebih kantong luarBelasan kantong dalam, 3 atau lebih kantong luar1 saku luar
Desain ergonomis✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎
Tali selempang✔︎XX✔︎✔︎✔︎X✔︎X✔︎
Bahan punggung tasPoliester, cordura 600DBantalan/busaMesh, bantalan/busaPoliesterMesh, bantalan/busaBantalan/busaMesh, bantalan/busaBantalan/busaMesh, bantalan/busaKanvas, kulit sintetis
Waterproof atau tahan air✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎✔︎
ModelBackpackBackpackBackpackThree-way bagThree-way bagThree-way bagBackpackThree-way bagBackpackTwo-way bag
Tautan produk

Baca juga rekomendasi tas kerja lainnya untuk pria di sini

Dalam artikel ini Anda telah membaca rekomendasi backpack untuk kerja yang membuat penampilan bisnis Anda makin menarik. Jika Anda ingin tahu lebih banyak, kami juga telah menulis artikel mengenai model tas kerja lainnya untuk pria. Untuk lebih jelasnya, silakan klik tautan di bawah ini.

Kesimpulan

Bagaimana pendapat Anda terhadap sepuluh rekomendasi backpack untuk kerja yang telah kami pilih? Backpack khusus untuk bekerja memang banyak sekali modelnya, ya.

Dengan pilihan yang tepat, Anda pun bisa pergi bekerja dengan nyaman dan tentunya tampil lebih modis. Semoga melalui artikel rekomendasi ini Anda dapat menemukan tas khusus yang paling ideal mendukung mobilitas bekerja. Good luck!

Artikel terkait

Artikel populer

  • 10 Rekomendasi Tas Selempang Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tas Selempang Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Belakangan ini, tas dengan model sling bag banyak digemari para pria. Hal ini karena desainnya yang membebaskan tangan untuk bergerak sehingga nyaman digunakan. Merk branded, seperti EIGER, Visval, NIION, dan sebagainya berlomba menyajikan desain yang variatif.Namun, selain berdasarkan desain, masih banyak yang menjadi pertimbangan dalam memilih sling bag yang bagus. Pada kesempatan ini kami akan membagikan tips memilih sling bag beserta rekomendasi produk terbaiknya. Agar tidak salah pilih, mari simak ulasan kami di bawah ini, ya!
    Tas pria
    83.220 Views
  • 10 Tas Ransel Laptop Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Tas Ransel Laptop Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Mobilitas tinggi mengharuskan laptop pribadi berada di sisi Anda setiap saat. Ketika itulah, tas ransel laptop dibutuhkan. Saat ini, tas ransel laptop dinilai praktis sebab tidak perlu dijinjing menggunakan tangan. Dengan kapasitas besar dan bahan yang melindungi laptop dari benturan, Anda bisa dengan nyaman membawanya saat bersepeda motor.Dalam artikel ini, kami merekomendasikan sepuluh tas ransel laptop yang bisa dipakai pria atau pun wanita untuk mendukung aktivitas Anda di luar rumah. Ada beberapa merek populer, seperti Everki, Dell, dan lainnya. Mari wadahi laptop Anda dengan tas ransel yang tepat!
    Tas pria
    41.294 Views
  • 10 Rekomendasi Tas EIGER Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tas EIGER Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Bagi Anda yang sering beraktivitas di luar rumah, memiliki tas yang simpel dan mampu memuat banyak barang patut dipertimbangkan. Nah, Anda tahu, kan, bila merek EIGER menyediakan berbagai produk tas yang bagus dan berkualitas mumpuni untuk diandalkan?Brand yang dikenal dengan koleksi perlengkapan outdoor ini menyediakan tas gunung atau carrier, daypack, maupun sling bag. Di artikel ini, kami akan mengulas tips memilih tas EIGER yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan Anda. Tak lupa, kami juga akan mengulas beberapa produk tas EIGER yang bisa Anda pilih. Selamat membaca!
    Tas pria
    30.661 Views
  • 10 Merk Tas Pinggang Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    10 Merk Tas Pinggang Terbaik untuk Pria (Terbaru Tahun 2021)
    Pria dikenal sebagai orang yang tidak mau repot dan ingin selalu berpenampilan seminimalis mungkin. Untuk membawa barang-barang esensial, tas pinggang bisa dijadikan pilihan ideal untuk pria. Kalibre, Bodypack, dan Eiger adalah beberapa merk tas pinggang pria yang bagus dan bisa Anda jadikan pilihan. Kami akan memberikan rekomendasi tas pinggang pria branded terbaru serta memberi tips memilih tas yang pas untuk Anda. Anda akan menemukan tas pinggang pria army, bahan kanvas, kulit, dan macam-macam tas lainnya. Temukan produk favorit di e-commerce kesayangan Anda, seperti Shopee dan Lazada!
    Tas pria
    6.193 Views
  • 10 Rekomendasi Tas Bodypack Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Rekomendasi Tas Bodypack Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Pada era digital ini hampir semua orang sudah memiliki laptop dan gadget lainnya. Untuk menjaga barang-barang tersebut, Anda membutuhkan tas yang kukuh. Bodypack memiliki beragam koleksi tas yang cocok Anda pilih untuk membawa gadget. Tas dari merek asal Bandung ini tampak keren dan tangguh dengan desain minimalis.Kali ini kami akan berbagi tips memilih tas Bodypack yang bagus. Simak juga rekomendasi tas Bodypack sebagai referensi Anda sebelum membeli produknya. Bodypack Prodiger dan seri lainnya dalam berbagai model, seperti ransel, tas selempang, tas laptop, sampai tas kamera, semua ada!
    Tas pria
    1.218 Views
  • 10 Daypack Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    10 Daypack Terbaik (Terbaru Tahun 2021)
    Daypack dapat digunakan untuk kegiatan outdoor, seperti hiking, traveling, hingga kegiatan sehari-hari. Mungkin Anda tertarik untuk membeli daypack yang baru? Di pasaran sendiri ada beragam model dan ukuran dari berbagai brand ternama seperti CONSINA, Avtech, Deuter.Sebelum membeli daypack, sebaiknya Anda simak terlebih dahulu artikel berikut ini. Kami akan memberikan cara memilih daypack yang pas untuk Anda. Tak lupa, kami juga akan memberikan rekomendasi daypack yang dapat Anda jadikan referensi. Supaya tidak bingung lagi, yuk baca artikelnya!
    Tas pria
    6.221 Views
  • Item lists populer

    Pencarian berdasarkan kategori