mybest
Sikat gigi

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan gigi & mulut
  4. 10 Rekomendasi Sikat Gigi Elektrik Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dentist]
  • 10 Rekomendasi Sikat Gigi Elektrik Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dentist] 1
  • 10 Rekomendasi Sikat Gigi Elektrik Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dentist] 2
  • 10 Rekomendasi Sikat Gigi Elektrik Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dentist] 3
  • 10 Rekomendasi Sikat Gigi Elektrik Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dentist] 4
  • 10 Rekomendasi Sikat Gigi Elektrik Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dentist] 5

10 Rekomendasi Sikat Gigi Elektrik Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dentist]

Memiliki gigi yang bersih merupakan dambaan setiap orang. Karena itu, Anda memerlukan sikat gigi elektrik yang lebih efisien daripada sikat gigi manual. Ada tipe getaran sonik dan ultrasonik yang bisa Anda pilih. Beberapa sikat gigi elektrik juga dilengkapi fitur-fitur khusus, seperti untuk behel dan membersihkan plak.


Kali ini, kami sudah menyiapkan cara memilih sikat gigi elektrik yang disusun bersama dokter gigi, drg. Galih Fata Anadza. Anda juga akan menemukan rekomendasi merek sikat gigi elektrik yang bagus, seperti Colgate, Oral-B, dan Jetzt. Mari temukan sikat gigi elektrik terbaik!

Diperbaharui 29/02/2024
drg. Galih Fata
Pakar
Dentist
drg. Galih Fata

drg. Galih Fata Anadza merupakan seorang dokter gigi lulusan Universitas Padjadjaran, Bandung. Selain melakukan praktek bersama di klinik utama Aesthetic Pondok Indah, drg. Galih juga memiliki klinik pribadi CITI Dental Care di Bekasi. Melalui akun Instagram galih.drg, dokter gigi ini juga aktif mengedukasi masyarakat tentang kesehatan gigi melalui tulisan microblog #doktergigibercerita.

Profil drg. Galih Fata
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Kelebihan sikat gigi elektrik

Kelebihan sikat gigi elektrik

Bila dibandingkan dengan sikat gigi biasa, menggunakan sikat gigi elektrik dianggap lebih praktis. Anda bisa meminimalisir pergerakan tangan karena sikat gigi akan bergerak secara otomatis. Jika biasanya Anda membutuhkan waktu 15 menit, dengan sikat gigi elektrik Anda hanya memerlukan waktu 3-5 menit saja. 


Ujung bulu pada sikat gigi elektrik bergerak dengan halus. Oleh sebab itu, sikat gigi elektrik mampu mengikis plak yang tidak bisa dibersihkan hanya dengan sikat gigi biasa. Tidak heran bila sikat gigi ini populer di kalangan anak-anak yang belum bisa menyikat gigi dengan baik.

Selain itu, Anda bisa mengganti kepala sikat sehingga satu mesin sikat gigi bisa digunakan oleh anggota keluarga lainnya. Terdapat sikat pengganti yang memiliki bentuk dan ukuran berbeda. Anda bisa mengidentifikasikan sikat pengganti yang cocok untuk anggota keluarga.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Masih banyak orang yang menyikat gigi dengan teknik yang salah. Hal ini berisiko mengakibatkan rusaknya struktur gigi. Nah, sikat gigi elektrik hadir menjadi pilihan lain untuk menyikat gigi. 


Dengan menggunakan sikat gigi elektrik, Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga lebih dalam saat menyikat gigi. Anda cukup mengarahkan kepala sikat gigi elektrik ke bagian permukaan gigi yang ingin dibersihkan. Keuntungan lainnya, Anda juga dapat mempersingkat waktu dalam menyikat gigi.

Cara memilih Sikat Gigi Elektrik

Pada bagian ini kami akan mengulas cara memilih sikat gigi elektrik untuk Anda. Perhatikan poin-poin di bawah ini agar Anda mendapatkan sikat gigi elektrik terbaik yang sesuai kebutuhan.

1

Pilih berdasarkan tipe gerakan kepala sikat gigi elektrik

Ada tiga jenis penggerak utama pada sikat gigi elektrik. Pilihlah jenis sikat gigi elektrik yang paling cocok berdasarkan fitur dan harga untuk kenyamanan menyikat gigi.

Tipe rotasi/getaran sonik: Membersihkan gigi secara satu per satu

Tipe rotasi/getaran sonik: Membersihkan gigi secara satu per satu

Tipe rotasi sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati sensasi menyikat gigi satu per satu. Sikat gigi elektrik tipe ini memiliki kemampuan untuk membersihkan plak dengan baik. Bulu sikatnya bahkan mampu mencapai bagian belakang gigi. Namun, karena rangsangan pada gusi lebih kuat daripada tipe getaran, berhati-hatilah saat menggunakan sikat gigi ini.


Ciri khas dari tipe rotasi adalah dapat menyikat sepanjang permukaan lengkung gigi. Anda akan mendapatkan hasil akhir yang bersih. Namun, Anda diharuskan menyikat gigi satu per satu dengan sikat gigi tipe rotasi berkepala bulat. Cara ini kurang efisien apabila dibandingkan dengan sikat gigi elektrik ultrasonik.


Sikat gigi tipe getaran sonik akan memberikan getaran yang lebih sedikit. Akan tetapi, sikat gigi ini dapat digunakan dengan cara yang sama layaknya sikat gigi biasa. Sensasinya serupa dengan menggosok gigi secara manual, tetapi lebih halus. Karena kebisingan yang ditimbulkan dari getaran cukup kecil, Anda bisa menggunakannya di sekolah dan kantor.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Tipe rotasi atau getaran sonik ini mengadopsi metode sikat gigi secara sirkular. Sikat gigi tipe ini bisa membuat kotoran mudah dibersihkan dan menjaga gusi tetap bersih dan sehat. Dengan sikat gigi elektrik ini, Anda akan merasakan sensasi menyikat gigi biasa, tetapi lebih mudah dan efisien.

Tipe sonik: Membersihkan area yang sulit dijangkau

Tipe sonik: Membersihkan area yang sulit dijangkau

Sikat gigi tipe sonik dapat menyikat sampai ke detail terkecil, seperti sela-sela gigi dan gusi. Getaran yang dihasilkannya bisa mencapai kecepatan 20.000 hingga 40.000 kali per menit. Cara kerja tipe sonik adalah memukul plak dengan getaran berkecepatan tinggi agar terlepas dari gigi.


Selanjutnya, plak dihilangkan dengan gelombang amplitudo lebar pada saat mulut menghasilkan air liur. Hasilnya, plak gigi dan sisa makanan dapat hilang hanya dalam waktu 3 hingga 5 menit. Sikat elektrik ini bahkan mampu membersihkan area gigi hingga 2 mm dari ujung sikat. 


Namun, beberapa orang membutuhkan waktu untuk terbiasa dengan getarannya yang kuat. Bantu dan awasi anak-anak Anda saat memakai sikat gigi tipe ini. Hindari menekan sikat secara berlebihan karena bisa melukai gigi dan gusi Anda. Jika tidak hati-hati, Anda bisa terkena resesi gingiva atau gusi turun.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Tipe sonik cocok untuk Anda yang kesulitan membersihkan gigi pada area tertentu karena gigi yang berantakan. Tipe ini unggul karena bisa menjangkau ke sela-sela tersempit gigi. Namun, Anda harus berhati-hati supaya tidak menekannya dengan berlebihan. Hal ini karena gerakan dari sikat tipe sonik bisa melukai gusi dan merusak struktur gigi.

Tipe ultrasonik: Mampu melawan penyakit periodontal

Tipe ultrasonik: Mampu melawan penyakit periodontal

Sikat gigi elektrik ultrasonik tidak hanya menghilangkan plak, tetapi juga melemahkan adhesi plak. Cara kerjanya adalah dengan mengeluarkan gelombang ultrasonik sekitar 1,6 MHz (1,6 juta kali/detik). Selain itu, sikat gigi elektrik tipe ini juga mampu menghancurkan bakteri dalam plak. Tipe ultrasonik sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin mencegah penyakit periodontal.


Getaran yang dihasilkan tipe ini sangat kecil sehingga sikat gigi terasa tidak bergerak. Anda harus menggerakkan sikat gigi dengan tangan. Harganya juga lebih mahal bila dibandingkan dengan tipe gerakan yang lain. Produk yang beredar pun cenderung lebih sedikit. Jika Anda tidak dapat menemukan produk favorit, silakan pertimbangkan tipe lainnya.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Tipe ultrasonik ini memiliki getaran yang sangat kecil sehingga seakan-akan sikat gigi tidak bergerak. Sikat gigi tipe ini sangat cepat dalam mengangkat kotoran. Jika digunakan dengan tepat, tipe ini juga bisa menghilangkan plak membandel penyebab radang gusi. Namun, bila pemakaiannya tidak tepat, sikat gigi ini justru bisa menjadi bumerang dan dapat merusak struktur gigi dengan cepat.

2

Sesuaikan cara pengisian daya dengan tempat penggunaannya

Sesuaikan cara pengisian daya dengan tempat penggunaannya

Jika Anda menggunakan sikat gigi elektrik di rumah, sebaiknya pilih yang dapat diisi ulang layaknya baterai smartphone. Dengan tipe ini, Anda tidak perlu khawatir kehabisan baterai saat hendak menggunakannya. Sikat gigi elektrik jenis ini tergolong lebih ringan karena tidak disertai baterai yang berukuran besar dan berat.


Jika Anda ingin membawa sikat gigi elektrik dalam perjalanan, jenis baterai kering menjadi pilihan yang tepat. Dengan baterai yang terpasang di dalam sikat gigi, Anda dapat menggunakannya di mana saja. Anda pun lebih mudah membawanya karena tidak memerlukan pengisi daya. Namun, getaran yang dihasilkan sikat gigi elektrik ini cenderung lebih lemah daripada model isi ulang.

Untuk dibawa bepergian, carilah baterai sikat gigi elektrik dengan daya tahan terbaik. Pastikan dayanya bisa digunakan selama beberapa minggu agar lebih praktis. Anda juga direkomendasikan memeriksa berapa lama waktu yang diperlukan untuk mengisi baterai agar perjalanan terasa nyaman.

3

Cari bentuk kepala dan gagang sikat yang nyaman

Cari bentuk kepala dan gagang sikat yang nyaman

Apabila digunakan dengan cara yang salah, pemakaian sikat gigi elektrik juga tidak akan efektif. Oleh karena itu, memilih ukuran yang pas dan mudah digunakan menjadi poin penting. Untuk wanita, pilihlah sikat gigi elektrik dengan genggaman tipis. Sementara itu, pria bisa memilih genggaman yang cukup tebal.

Adapun ukuran mulut setiap orang berbeda-beda. Sebaiknya Anda memilih kepala sikat yang pas. Kepala sikat yang terlalu besar akan menyulitkan Anda saat menyikat bagian-bagian, seperti gigi taring dan belakang. Menyikat gigi dengan kurang tepat hanya akan merusak gigi dan gusi. Untuk pemula, kami menyarankan memilih sikat gigi elektrik dengan kepala sikat yang lebih kecil.


Saat menggunakan sikat gigi elektrik yang berat, genggamlah lebih kuat dengan telapak tangan. Tubuh sikat gigi elektrik sulit distabilkan saat bergetar. Genggamlah dan aplikasikan dengan kuat pada bagian yang ingin Anda gosok, seperti gigi depan, belakang, dan taring. Jika Anda menggunakan sikat gigi elektrik yang ringan dan kecil, Anda tidak perlu khawatir. Anda hanya perlu menggenggamnya layaknya memegang pena.
drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Bentuk kepala sikat gigi yang baik adalah yang dapat menjangkau semua permukaan gigi, bahkan yang tersulit sekalipun. Biasanya, makin kecil bentuk kepala sikat maka makin mudah juga sikat untuk menjangkau seluruh permukaan gigi. Untuk bentuk gagang, carilah produk yang nyaman digenggam dan tidak licin saat digunakan.

4

Koleksi variasi kepala sikat agar dapat digunakan sesuai kebutuhan

Koleksi variasi kepala sikat agar dapat digunakan sesuai kebutuhan

Jika Anda ingin menangani aneka masalah mulut, pilihlah produk yang memiliki beberapa kepala sikat. Kepala sikat standar memungkinkan Anda menggunakannya sebagai sikat gigi harian. Sementara itu, model kepala sikat lain dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Ada berbagai jenis kepala sikat, misalnya untuk memutihkan gigi, merawat gusi, mencegah bau mulut, hingga merawat penyakit periodontal. Setiap sikat gigi tentu menawarkan fitur yang berbeda tergantung produk. Sebelum membeli, Anda bisa membaca informasi terperinci tentang setiap produk dari situs resminya.


Sikat gigi elektrik pada dasarnya tidak memiliki efek memutihkan. Namun, sikat gigi elektrik mampu menghilangkan noda yang menempel, misalnya noda kuning akibat kopi. Jika Anda khawatir tentang noda di gigi, kami sarankan memilih sikat gigi elektrik dengan mode menghilangkan noda.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Salah satu keuntungan dari sikat gigi elektrik adalah kepala sikat yang bervariasi. Variasi kepala sikat ini mempunyai fungsi yang beragam. Karena itu, apabila Anda mempunyai sikat dengan kepala sikat yang bervariasi, hal itu bisa menjadi nilai lebih.

5

Pertimbangkan sikat yang memiliki beragam fitur dan terhubung dengan smartphone

Pertimbangkan sikat yang memiliki beragam fitur dan terhubung dengan smartphone

Saat menyikat gigi, pastilah timbul keraguan adakah bagian yang belum tersentuh bulu sikat. Ada baiknya Anda memilih produk yang memiliki fitur terhubung dengan aplikasi di smartphone. Fitur ini memungkinkan pengecekan melalui smartphone apakah Anda sudah menggosok gigi dengan tepat. Anda pun dapat memastikan tidak ada bagian yang terlewatkan.


Adapun fitur yang ditawarkan sikat gigi elektrik berbeda-beda tergantung brand yang mengeluarkannya. Sebagai contoh, ada sikat gigi elektrik yang bisa mengecek kekuatan gosokan saat menyikat gigi. Dengan demikian, Anda bisa menyikat gigi secara benar dan efisien.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Beberapa sikat gigi elektrik sudah mempunyai fitur yang membuatnya mampu terhubung dengan smartphone. Pelajarilah fitur tersebut untuk mendapatkan hasil sikat gigi yang maksimal.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

Peringkat Sikat Gigi Elektrik Terbaik

Berikut ini adalah rekomendasi Sikat Gigi Elektrik terbaik. Produk-produk ini diurutkan secara mandiri oleh mybest berdasarkan hasil riset pada beberapa website dan review (diperbarui tanggal 29 Februari 2024).
Ranking popularitas
Filter
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin
Perincian
Tipe bulu sikat
Bentuk ujung bulu sikat
Bentuk gagang
Bentuk kepala sikat
Fungsi lain
Frekuensi getaran
Catu daya
Waktu pengisian maksimal
Lama pemakaian maksimal
Jumlah mode pembersihan
Jumlah kepala sikat
Seri
Gagang antiselip
Tipe gerakan
Jenis genggaman
Variasi kepala sikat
Aplikasi smartphone
Warna
Jenis sikat gigi
Fitur
Rekomendasi pengguna
Rekomendasi usia anak
Dimensi
Bahan
Jumlah getaran
Cadangan kepala sikat
Bobot
Fitur LED
1

Colgate

ProClinical B150 Charcoal Electric Toothbrush

Colgate  ProClinical B150 Charcoal Electric Toothbrush 1

Rp249.000

Agak Murah

Bulu sikat mengandung charcoal untuk atasi bakteri dengan optimal

Soft

Bergelombang

Lurus dan mengecil di bagian atas

Oval

Dilengkapi pembersih lidah dan pipi

20.000

Baterai

Tidak diketahui

2 menit

Tidak diketahui

1

Charcoal

Sonik

Palm grip

Tidak

Hitam

Tidak diketahui

Cleaning

Anak-anak, dewasa

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak (dijual terpisah)

Tidak diketahui

Tidak

2

P&G

Oral-B Vitality Electric Toothbrush

P&G Oral-B Vitality Electric Toothbrush 1

Rp345.000

Menengah

Membersihkan gigi sensitif tanpa rasa ngilu

Extra soft

Cup shape

Lurus dengan bagian ujung mengecil

Bulat

Membersihkan plak

Tidak diketahui

Sumber daya listrik

Tidak diketahui

3-6 bulan

1 mode

Tidak diketahui

Clean

Rotasi

Palm grip

Tidak ada

Biru

Elektrik

Cleaning

Dewasa

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak ada

3

Jetzt

B6 Electric Toothbrush

Jetzt  B6 Electric Toothbrush  1

Rp78.000

Lebih Murah

Sikat gigi elektrik 100% waterproof yang aman terkena air

Extra soft

Bergelombang

Lurus dengan ujung mengecil

Oval

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Baterai

Tidak diketahui

Tidak diketahui

3 mode

1

Clean

Ultrasonik

Plam grip

Tidak ada

Putih

Elektrik

Cleaning, whitening

Dewasa

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Ada

Tidak diketahui

Tidak ada

4

Philips

Sonicare 3100HX3671/54

Philips Sonicare 3100 1

Rp900.000

Agak Mahal

Terhubung dengan smartphone untuk mengatur keamanan penggunaannya

Soft

Datar

Lurus dengan ujung mengecil

Oval

Menghilangkan plak

31.000

Baterai isi ulang, listrik

Tidak diketahui

14 hari

1 mode

1

Clean

Tidak diketahui

Sonik

Palm grip

Ada

Hitam, putih

Elektrik

Cleaning

Dewasa

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak ada

Tidak diketahui

Tidak ada

5

Leka

OC548 Easy Bbrush

Leka  OC548 Easy Bbrush 1

Rp419.900

Menengah

Kecil, ramping, dan ada case penyimpanannya, pas untuk travelling!

Soft

Bergelombang

Lurus dengan ujung mengecil

Oval

Tidak diketahui

22000

Baterai

Tidak diketahui

3 bulan

3 mode

1

Clean

Tidak diketahui

Ultrasonik

Palm grip

Tidak ada

Putih

Elektrik

Cleaning

Dewasa

Tidak diketahui

1,8 cm x 1,8 cm x 20,8 cm

Dupon soft nylon

Tidak diketahui

Ada

28,5 g

Tidak ada

6

Perfin

Sikat Gigi ElektrikPC01

Perfin Sikat Gigi Elektrik 1

Rp82.600

Lebih Murah

Kepala sikat universal yang pas untuk seluruh anggota keluarga

Soft

Double arch design

Lurus dengan ujung mengecil

Oval

Tidak diketahui

15.000-31.000

Sumber daya listrik

8 jam

15-25 hari

5 mode

3

Clean

Tidak diketahui

Sonik

Palm grip

Tidak diketahui

Biru-putih

Elektrik

Cleaning, whitening, gum care, sensitif

Anak-anak, dewasa

Tidak diketahui

21 cm x 2,4 cm

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Ada

Tidak diketahui

Tidak ada

7

usmile

Y1S Sonic Electric Toothbrush

usmile  Y1S Sonic Electric Toothbrush  1

Rp1.399.000

Lebih Mahal

Daya tahan baterainya hingga setahun, lho

Soft

3D arch design

Lurus dengan ujung mengecil

Oval

Memutihkan gigi

32.000-38.000

Sumber daya listrik

4-5 jam

160 hari

3 mode

2

Clean

Sonic

Palm grip

Tidak diketahui

Blue, pink, green

Elektrik

Cleaning, whitening

Dewasa

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Rubber

Tidak diketahui

Ada

136 gram

Tidak ada

8

Leka

Sonic ProtectProOC546

Leka Sonic ProtectPro 1

Rp699.000

Menengah

Sikat gigi makin menyenangkan sambil ditemani musik favorit anak

Soft

Bergelombang

Lurung dengan ujung mengecil

Oval

Perawatan gusi, pemutihan

34000

Baterai isi ulang

6–10 jam

20 hari

6 mode

1

Clean

Sonik

Palm grip

Tidak ada

White

Tidak diketahui

Cleaning, whitening, gum care, sensitif, musik

Anak–anak

3 tahun ke atas

27 mm x 205 mm

Bulu: Nilon

Tidak diketahui

Ada

184 g

Tidak ada

9

Welby

Electric Toothbrush PRO Black W0208 Sikat Gigi Elektrik​

Welby  Electric Toothbrush PRO Black W0208 Sikat Gigi Elektrik​ 1

Rp999.000

Agak Mahal

Menyikat lebih bersih dengan frekuensi getaran hingga 40.000 kali per menit

Tidak diketahui

Bergelombang

Lurus dengan ujung mengecil

Oval

Tidak diketahui

40.000

Sumber daya listrik

Tidak diketahui

30 hari

4 mode

3

Clean

Sonik

Palm grip

Tidak ada

Hitam

Elektrik

Cleaning, whitening, softening, massage

Dewasa

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Ada

Tidak diketahui

Tidak ada

10

KLAR

Sonic Electric Toothbrush

KLAR  Sonic Electric Toothbrush 1

Rp599.000

Menengah

Ada 5 mode yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan

Extra soft

Datar

Lurus dengan ujung mengecil

Oval

Merawat gusi

25.000

Baterai isi ulang

24 jam

90 hari

5 mode

2

Clean

Tidak diketahui

Sonik

Palm grip

Tidak ada

Minty green, Navy, White

Sikat gigi elektrik

Cleaning whitening, gum care, sensitif, deep clean

Dewasa, anak-anak

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Tidak diketahui

Ada

Tidak diketahui

Tidak ada

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.
No.1

Colgate ProClinical B150 Charcoal Electric Toothbrush

ProClinical B150 Charcoal Electric Toothbrush 1
Sumber: colgate.com
ProClinical B150 Charcoal Electric Toothbrush 2
Sumber: shopee.co.id
ProClinical B150 Charcoal Electric Toothbrush 3
Sumber: shopee.co.id
ProClinical B150 Charcoal Electric Toothbrush 4
Sumber: shopee.co.id
ProClinical B150 Charcoal Electric Toothbrush 5
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp249.000
Agak Murah
Harga referensi
Rp249.000
Agak Murah

Bulu sikat mengandung charcoal untuk atasi bakteri dengan optimal

Bakteri di mulut menyebabkan banyak masalah, di antaranya gigi berlubang, karang gigi, serta bau mulut. Jika Anda ingin membasmi bakteri di mulut dengan optimal, pilihlah produk ini. Colgate ProClinical B150 Charcoal Electric Toothbrush ini memiliki bulu sikat yang mengandung charcoal atau arang yang dipercaya mampu mengurangi pertumbuhan bakteri lebih lama. Bukan hanya itu, bagian belakang kepala sikat dilengkapi pembersih lidah dan pipi agar kebersihan mulut Anda makin maksimal.

Tipe bulu sikatSoft
Bentuk ujung bulu sikatBergelombang
Bentuk gagangLurus dan mengecil di bagian atas
Bentuk kepala sikatOval
Fungsi lainDilengkapi pembersih lidah dan pipi
Frekuensi getaran20.000
Catu dayaBaterai
Waktu pengisian maksimalTidak diketahui
Lama pemakaian maksimal2 menit
Jumlah mode pembersihanTidak diketahui
Jumlah kepala sikat1
Seri Charcoal
Gagang antiselip
Tipe gerakanSonik
Jenis genggamanPalm grip
Variasi kepala sikat
Aplikasi smartphoneTidak
WarnaHitam
Jenis sikat gigiTidak diketahui
FiturCleaning
Rekomendasi penggunaAnak-anak, dewasa
Rekomendasi usia anakTidak diketahui
DimensiTidak diketahui
BahanTidak diketahui
Jumlah getaranTidak diketahui
Cadangan kepala sikatTidak (dijual terpisah)
BobotTidak diketahui
Fitur LEDTidak
View all
Apakah peringkat rekomendasi produk ini berguna sebagai referensi?
No.2

P&GOral-B Vitality Electric Toothbrush

Harga referensi
Rp345.000
Menengah

Membersihkan gigi sensitif tanpa rasa ngilu

Sikat gigi elektrik Oral-B ini memiliki bulu sikat superlembut yang disebut MicroPulse. Berkat itu, Anda dapat menggunakan alat ini untuk menyikat gigi dan gusi yang sensitif. Bulu sikatnya yang lembut akan membersihkan plak dan kotoran yang menempel di gigi tanpa membuatnya terasa sakit ataupun ngilu. Tersedia juga fitur Indicator Bristles yang akan mengingatkan Anda untuk mengganti kepala sikat tiap 3 bulan.

Tipe bulu sikatExtra soft
Bentuk ujung bulu sikatCup shape
Bentuk gagangLurus dengan bagian ujung mengecil
Bentuk kepala sikatBulat
Fungsi lainMembersihkan plak
Frekuensi getaranTidak diketahui
Catu dayaSumber daya listrik
Waktu pengisian maksimalTidak diketahui
Lama pemakaian maksimal3-6 bulan
Jumlah mode pembersihan1 mode
Jumlah kepala sikatTidak diketahui
Seri Clean
Gagang antiselip
Tipe gerakanRotasi
Jenis genggamanPalm grip
Variasi kepala sikat
Aplikasi smartphoneTidak ada
WarnaBiru
Jenis sikat gigiElektrik
FiturCleaning
Rekomendasi penggunaDewasa
Rekomendasi usia anakTidak diketahui
DimensiTidak diketahui
BahanTidak diketahui
Jumlah getaranTidak diketahui
Cadangan kepala sikatTidak diketahui
BobotTidak diketahui
Fitur LEDTidak ada
View all
No.3

Jetzt B6 Electric Toothbrush

Harga referensi
Rp78.000
Lebih Murah

Sikat gigi elektrik 100% waterproof yang aman terkena air

Karena menggunakan mesin berdaya listrik, sikat gigi elektrik tidak boleh terkena air untuk mencegah kerusakan. Gunakan produk ini jika Anda tidak ingin merasa was-was saat menggosok gigi, terlebih di kamar mandi yang basah. Pasalnya, produk ini memiliki tingkat ketahanan air sebesar IPX8 seratus persen waterproof yang bahkan tidak masalah jika terendam air. Menariknya lagi, sikat gigi elektrik tipe ultrasonik ini menggunakan baterai kecil yang mudah diganti.

Tipe bulu sikatExtra soft
Bentuk ujung bulu sikatBergelombang
Bentuk gagangLurus dengan ujung mengecil
Bentuk kepala sikatOval
Fungsi lainTidak diketahui
Frekuensi getaranTidak diketahui
Catu dayaBaterai
Waktu pengisian maksimalTidak diketahui
Lama pemakaian maksimalTidak diketahui
Jumlah mode pembersihan3 mode
Jumlah kepala sikat1
Seri Clean
Gagang antiselip
Tipe gerakanUltrasonik
Jenis genggamanPlam grip
Variasi kepala sikat
Aplikasi smartphoneTidak ada
WarnaPutih
Jenis sikat gigiElektrik
FiturCleaning, whitening
Rekomendasi penggunaDewasa
Rekomendasi usia anakTidak diketahui
DimensiTidak diketahui
BahanTidak diketahui
Jumlah getaranTidak diketahui
Cadangan kepala sikatAda
BobotTidak diketahui
Fitur LEDTidak ada
View all
No.4

PhilipsSonicare 3100HX3671/54

Harga referensi
Rp900.000
Agak Mahal

Terhubung dengan smartphone untuk mengatur keamanan penggunaannya

Sonicare HX3671 merupakan sikat gigi elektrik besutan Philips yang dapat terhubung dengan smartphone. Dengan demikian, Anda bisa mengontrol penggunaan sikat gigi supaya lebih aman. Sebagai contoh, terdapat fungsi yang akan memberikan peringatan saat Anda terlalu kuat menekan sikat dan berpotensi melukai gusi.


Lalu, ada juga fungsi yang akan mengingatkan Anda waktu untuk mengganti kepala sikat. Produk ini juga dapat menghilangkan plak 3 kali lebih baik berkat teknologi Advanced Sonicare. Sempurna untuk Anda yang ingin praktis mengontrol kebersihan gigi.

Tipe bulu sikatSoft
Bentuk ujung bulu sikatDatar
Bentuk gagangLurus dengan ujung mengecil
Bentuk kepala sikatOval
Fungsi lainMenghilangkan plak
Frekuensi getaran31.000
Catu dayaBaterai isi ulang, listrik
Waktu pengisian maksimalTidak diketahui
Lama pemakaian maksimal14 hari
Jumlah mode pembersihan1 mode
Jumlah kepala sikat1
Seri Clean
Gagang antiselipTidak diketahui
Tipe gerakanSonik
Jenis genggamanPalm grip
Variasi kepala sikat
Aplikasi smartphoneAda
WarnaHitam, putih
Jenis sikat gigiElektrik
FiturCleaning
Rekomendasi penggunaDewasa
Rekomendasi usia anakTidak diketahui
DimensiTidak diketahui
BahanTidak diketahui
Jumlah getaranTidak diketahui
Cadangan kepala sikatTidak ada
BobotTidak diketahui
Fitur LEDTidak ada
View all
No.5

Leka OC548 Easy Bbrush

Harga referensi
Rp419.900
Menengah

Kecil, ramping, dan ada case penyimpanannya, pas untuk travelling!

Bila Anda mencari sikat gigi elektrik untuk dibawa travelling, pertimbangkan produk dari Leka ini. Produk ini memiliki bodi yang cukup ramping dan compact. Untuk memudahkan dibawa bepergian, Anda akan mendapatkan case untuk menyimpan sikat gigi. Case ini pun sudah dilengkapi ventilasi untuk menjaga kelembapan sikat serta menghindari pertumbuhan bakteri.

Tipe bulu sikatSoft
Bentuk ujung bulu sikatBergelombang
Bentuk gagangLurus dengan ujung mengecil
Bentuk kepala sikatOval
Fungsi lainTidak diketahui
Frekuensi getaran22000
Catu dayaBaterai
Waktu pengisian maksimalTidak diketahui
Lama pemakaian maksimal3 bulan
Jumlah mode pembersihan3 mode
Jumlah kepala sikat1
Seri Clean
Gagang antiselipTidak diketahui
Tipe gerakanUltrasonik
Jenis genggamanPalm grip
Variasi kepala sikat
Aplikasi smartphoneTidak ada
WarnaPutih
Jenis sikat gigiElektrik
FiturCleaning
Rekomendasi penggunaDewasa
Rekomendasi usia anakTidak diketahui
Dimensi1,8 cm x 1,8 cm x 20,8 cm
BahanDupon soft nylon
Jumlah getaranTidak diketahui
Cadangan kepala sikatAda
Bobot28,5 g
Fitur LEDTidak ada
View all
No.6

PerfinSikat Gigi ElektrikPC01

Harga referensi
Rp82.600
Lebih Murah

Kepala sikat universal yang pas untuk seluruh anggota keluarga

Apakah Anda bingung memilih sikat gigi elektrik yang cocok dipakai oleh seluruh anggota keluarga? Tak perlu ragu, jatuhkan saja pilihan Anda pada produk yang satu ini. Perfin PC01 memiliki kepala sikat berukuran kecil yang mampu mencapai bagian ujung gigi dengan mudah. Hal tersebut juga membuat sikat ini pas dipakai oleh seluruh anggota keluarga, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Dengan harga cukup terjangkau, Anda bisa mendapatkan produk ini.

Tipe bulu sikatSoft
Bentuk ujung bulu sikatDouble arch design
Bentuk gagangLurus dengan ujung mengecil
Bentuk kepala sikatOval
Fungsi lainTidak diketahui
Frekuensi getaran15.000-31.000
Catu dayaSumber daya listrik
Waktu pengisian maksimal8 jam
Lama pemakaian maksimal15-25 hari
Jumlah mode pembersihan5 mode
Jumlah kepala sikat3
Seri Clean
Gagang antiselipTidak diketahui
Tipe gerakanSonik
Jenis genggamanPalm grip
Variasi kepala sikat
Aplikasi smartphoneTidak diketahui
WarnaBiru-putih
Jenis sikat gigiElektrik
FiturCleaning, whitening, gum care, sensitif
Rekomendasi penggunaAnak-anak, dewasa
Rekomendasi usia anakTidak diketahui
Dimensi21 cm x 2,4 cm
BahanTidak diketahui
Jumlah getaranTidak diketahui
Cadangan kepala sikatAda
BobotTidak diketahui
Fitur LEDTidak ada
View all
No.7

usmile Y1S Sonic Electric Toothbrush

Harga referensi
Rp1.399.000
Lebih Mahal

Daya tahan baterainya hingga setahun, lho

Beberapa sikat gigi elektrik memerlukan pengisian daya setiap dua hingga tiga minggu sekali selama berjam-jam. Jika Anda merasa hal tersebut merepotkan, beralihlah menggunakan produk ini. Produk ini diklaim memiliki daya tahan baterai hingga 365 hari atau satu tahun.


Keunggulan lain produk ini adalah kenyamanan yang akan Anda rasakan ketika menyikat gigi. Hal ini berkat gagangnya yang sudah dilapisi dengan Patented Cushioning Technology. Selain itu, bagian belakang kepala sikat dibuat dari bahan rubber empuk serta tambahan air cushioning yang melindungi gigi dari kemungkinan terbentur sikat.

Tipe bulu sikatSoft
Bentuk ujung bulu sikat3D arch design
Bentuk gagangLurus dengan ujung mengecil
Bentuk kepala sikatOval
Fungsi lainMemutihkan gigi
Frekuensi getaran32.000-38.000
Catu dayaSumber daya listrik
Waktu pengisian maksimal4-5 jam
Lama pemakaian maksimal160 hari
Jumlah mode pembersihan3 mode
Jumlah kepala sikat2
Seri Clean
Gagang antiselip
Tipe gerakanSonic
Jenis genggamanPalm grip
Variasi kepala sikat
Aplikasi smartphoneTidak diketahui
WarnaBlue, pink, green
Jenis sikat gigiElektrik
FiturCleaning, whitening
Rekomendasi penggunaDewasa
Rekomendasi usia anakTidak diketahui
DimensiTidak diketahui
BahanRubber
Jumlah getaranTidak diketahui
Cadangan kepala sikatAda
Bobot136 gram
Fitur LEDTidak ada
View all
Harga referensi
Rp699.000
Menengah

Sikat gigi makin menyenangkan sambil ditemani musik favorit anak

Leka menghadirkan sikat gigi elektronik tipe sonic untuk anak dengan desain yang simpel. Produk ini menawarkan enam mode penggunaan, mulai dari getaran rendah, perawatan gusi, hingga pemutihan. Menariknya lagi, ada empat pilihan lagu yang dapat menemani aktivitas anak tercinta saat menyikat gigi.


Lagu-lagu tersebut telah diatur untuk menyala selama 2 menit, sesuai dengan anjuran rentang waktu ideal menggosok gigi. Jadi, si kecil akan menikmati alunan lagu selama menggosok gigi tanpa merasa bosan. Nah, apakah buah hati Anda sedang gemar bernyanyi atau mendengarkan lagu? Tentunya produk ini akan membuatnya makin semangat untuk menggosok gigi.

Tipe bulu sikatSoft
Bentuk ujung bulu sikatBergelombang
Bentuk gagangLurung dengan ujung mengecil
Bentuk kepala sikatOval
Fungsi lainPerawatan gusi, pemutihan
Frekuensi getaran34000
Catu dayaBaterai isi ulang
Waktu pengisian maksimal6–10 jam
Lama pemakaian maksimal20 hari
Jumlah mode pembersihan6 mode
Jumlah kepala sikat1
Seri Clean
Gagang antiselip
Tipe gerakanSonik
Jenis genggamanPalm grip
Variasi kepala sikat
Aplikasi smartphoneTidak ada
WarnaWhite
Jenis sikat gigiTidak diketahui
FiturCleaning, whitening, gum care, sensitif, musik
Rekomendasi penggunaAnak–anak
Rekomendasi usia anak3 tahun ke atas
Dimensi27 mm x 205 mm
BahanBulu: Nilon
Jumlah getaranTidak diketahui
Cadangan kepala sikatAda
Bobot184 g
Fitur LEDTidak ada
View all
No.9

Welby Electric Toothbrush PRO Black W0208 Sikat Gigi Elektrik​

Electric Toothbrush PRO Black W0208 Sikat Gigi Elektrik​ 1
Sumber: welby.id
Electric Toothbrush PRO Black W0208 Sikat Gigi Elektrik​ 2
Sumber: welby.id
Electric Toothbrush PRO Black W0208 Sikat Gigi Elektrik​ 3
Sumber: welby.id
Electric Toothbrush PRO Black W0208 Sikat Gigi Elektrik​ 4
Sumber: welby.id
Electric Toothbrush PRO Black W0208 Sikat Gigi Elektrik​ 5
Sumber: welby.id
Harga referensi
Rp999.000
Agak Mahal

Menyikat lebih bersih dengan frekuensi getaran hingga 40.000 kali per menit

Plak yang masih tipis harus segera dibersihkan supaya tidak menumpuk dan menyebabkan kerusakan gigi. Maka dari itu, gunakan produk ini untuk Anda yang bermasalah dengan plak gigi. Produk ini mampu menghasilkan 40.000 getaran per menit sehingga sangat efektif untuk membersihkan gigi dan mulut beserta plak di dalamnya. Kepala sikat produk ini pun memakai brand Dupont dan Pedex yang berkualitas tinggi.

Tipe bulu sikatTidak diketahui
Bentuk ujung bulu sikatBergelombang
Bentuk gagangLurus dengan ujung mengecil
Bentuk kepala sikatOval
Fungsi lainTidak diketahui
Frekuensi getaran40.000
Catu dayaSumber daya listrik
Waktu pengisian maksimalTidak diketahui
Lama pemakaian maksimal30 hari
Jumlah mode pembersihan4 mode
Jumlah kepala sikat3
Seri Clean
Gagang antiselip
Tipe gerakanSonik
Jenis genggamanPalm grip
Variasi kepala sikat
Aplikasi smartphoneTidak ada
WarnaHitam
Jenis sikat gigiElektrik
FiturCleaning, whitening, softening, massage
Rekomendasi penggunaDewasa
Rekomendasi usia anakTidak diketahui
DimensiTidak diketahui
BahanTidak diketahui
Jumlah getaranTidak diketahui
Cadangan kepala sikatAda
BobotTidak diketahui
Fitur LEDTidak ada
View all
No.10

KLAR Sonic Electric Toothbrush

Harga referensi
Rp599.000
Menengah

Ada 5 mode yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan

Ternyata ada sikat gigi elektrik untuk perawatan gigi berbehel, lho! Jika Anda menginginkan jenis produk tersebut, Anda bisa mempertimbangkan KLAR Sonic Electric Toothbrush. Sikat gigi elektrik ini dilengkapi dengan lima mode, di antaranya sensitive, gum care, clean, whitening, dan deep clean


Produk ini memudahkan Anda yang ingin mencegah berbagai permasalahan pada gigi dan mulut. Bulu sikat yang lembut serta suara yang senyap memberikan kenyamanan pada Anda ketika menyikat gigi. Selain itu, baterainya juga tahan lama. Anda cukup mengisinya selama 24 jam, sikat bisa dipakai hingga 90 hari.

Tipe bulu sikatExtra soft
Bentuk ujung bulu sikatDatar
Bentuk gagangLurus dengan ujung mengecil
Bentuk kepala sikatOval
Fungsi lainMerawat gusi
Frekuensi getaran25.000
Catu dayaBaterai isi ulang
Waktu pengisian maksimal24 jam
Lama pemakaian maksimal90 hari
Jumlah mode pembersihan5 mode
Jumlah kepala sikat2
Seri Clean
Gagang antiselipTidak diketahui
Tipe gerakanSonik
Jenis genggamanPalm grip
Variasi kepala sikat
Aplikasi smartphoneTidak ada
WarnaMinty green, Navy, White
Jenis sikat gigiSikat gigi elektrik
FiturCleaning whitening, gum care, sensitif, deep clean
Rekomendasi penggunaDewasa, anak-anak
Rekomendasi usia anakTidak diketahui
DimensiTidak diketahui
BahanTidak diketahui
Jumlah getaranTidak diketahui
Cadangan kepala sikatAda
BobotTidak diketahui
Fitur LEDTidak ada
View all

Tips mudah menggunakan sikat gigi elektrik untuk pemula

Tips mudah menggunakan sikat gigi elektrik untuk pemula

Bagi pemula, menggunakan sikat gigi elektrik mungkin sedikit menyulitkan. Pastinya produk ini berbeda dengan sikat gigi biasa. Tidak perlu khawatir! Ada beberapa tips yang bisa Anda terapkan agar bisa menggunakan sikat gigi elektrik dengan baik.

Pertama-tama, aplikasikan sikat gigi elektrik dengan lembut pada gigi Anda. Hal ini harus diperhatikan karena saat mengunakan sikat gigi biasa Anda terbiasa menggosok secara kuat.

Sikat gigi elektrik pada dasarnya tidak membutuhkan pasta gigi. Sebaliknya, jika Anda menggunakan pasta gigi dengan zat abrasif, hal tersebut justru merusak gigi. Jika Anda harus harus menggunakan pasta gigi, pilihlah produk yang cocok digunakan bersama sikat gigi elektrik.

drg. Galih Fata
Dentist
drg. Galih Fata

Jangan lupa untuk selalu membaca petunjuk penggunaan dari sikat gigi elektrik yang Anda miliki. Anda bisa menggunakan produk ini layaknya sikat gigi biasa, tetapi dengan tenaga yang lebih kecil. Anda cukup mengarahkannya ke bagian permukaan gigi yang ingin dibersihkan. Jangan lupa, ganti secara berkala kepala sikat gigi elektrik yang bulu sikatnya sudah rusak atau mengembang. 

5 Rekomendasi Sikat Gigi Elektrik terbaik

No. 1: Colgate ProClinical B150 Charcoal Electric Toothbrush

No. 2: P&GOral-B Vitality Electric Toothbrush

No. 3: Jetzt B6 Electric Toothbrush

No. 4: PhilipsSonicare 3100HX3671/54

No. 5: Leka OC548 Easy Bbrush

Lihat rekomendasi lengkapnya di sini
Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Perawatan tubuh & kecantikan
  3. Perawatan gigi & mulut
  4. 10 Rekomendasi Sikat Gigi Elektrik Terbaik (Terbaru Tahun 2024) [Ditinjau oleh Dentist]

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.