mybest
Vitamin & suplemen

Solusi Memilih Produk Terbaik

Close
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Vitamin & suplemen
  4. 10 Suplemen Vitamin B Kompleks Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2024)
  • 10 Suplemen Vitamin B Kompleks Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2024) 1
  • 10 Suplemen Vitamin B Kompleks Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2024) 2
  • 10 Suplemen Vitamin B Kompleks Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2024) 3
  • 10 Suplemen Vitamin B Kompleks Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2024) 4
  • 10 Suplemen Vitamin B Kompleks Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2024) 5

10 Suplemen Vitamin B Kompleks Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2024)

Vitamin B kompleks memainkan beragam peran yang penting bagi tubuh. Namun, beberapa orang berisiko mengalami kekurangan kelompok vitamin tersebut. Konsumsi suplemen vitamin B kompleks pun bisa dipertimbangkan pada kasus seperti ini. Nah, suplemen vitamin B kompleks seperti apa yang bagus untuk Anda?


Kali ini, kami akan mengulas cara memilih suplemen vitamin B kompleks agar Anda tak salah beli. Kami juga akan memberikan review produk dari berbagai merek, seperti IPI, Blackmores, dan Berocca. Untuk membantu Anda, ahli gizi, Mochammad Rizal, juga ikut memberikan komentarnya pada artikel ini.

Diperbaharui 14/07/2023
Mochammad Rizal
Pakar
Nutritionist
Mochammad Rizal

Mochammad Rizal adalah seorang ahli gizi yang sedang menempuh pendidikan Master di Nutritional Science di Cornell University, Amerika Serikat. Rizal memiliki minat dalam bidang gizi olahraga, kebugaran, serta pencegahan dan penanganan obesitas. Ia juga aktif mengedukasi masyarakat terkait diet, gizi, dan kesehatan melalui media sosial, seminar, buku, dan berbagai media lainnya. Dalam hal keorganisasian, Rizal merupakan Ketua Divisi Gizi Kebugaran di Indonesia Sport Nutritionist Association (ISNA). Organisasi profesi gizi ini bergerak di bidang olahraga dan kebugaran.

Profil Mochammad Rizal
Lanjut membaca
Tim Editorial mybest
Penyunting
mybest, Inc.
Tim Editorial mybest

mybest adalah situs layanan informasi produk rekomendasi berdasarkan uji coba menyeluruh serta bantuan pendapat oleh pakar. Menghasilkan konten setiap hari, mybest menyediakan pengalaman memilih terbaik bagi lebih dari 3 juta user per bulannya. Berbagai tema konten, mulai dari kosmetik, kebutuhan sehari-hari, elektronik rumah tangga, hingga jasa bisa ditemukan di mybest.

Profil Tim Editorial mybest
Lanjut membaca
Pakar dalam artikel ini hanya meninjau isi cara memilih. Produk dan layanan yang direkomendasikan bukanlah pilihan dari pakar.

Daftar isi

Berkolaborasi dengan pakar: Cara memilih suplemen vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks membantu memelihara tubuh tetap sehat dan bugar. Agar Anda tak salah beli, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih suplemen vitamin B kompleks. Mari simak ulasannya.

1

Ketahui fungsi dan manfaat tiap-tiap vitamin B

Kelompok vitamin B kompleks terdiri atas delapan jenis vitamin B. Setiap vitamin B memiliki fungsi irisan maupun spesifik yang krusial bagi tubuh. Sebelum membeli suplemen vitamin B kompleks, mari ketahui dahulu fungsi tiap-tiap vitamin B.

Vitamin B1: Mendukung metabolisme karbohidrat dan memulihkan tenaga

Vitamin B1: Mendukung metabolisme karbohidrat dan memulihkan tenaga

Salah satu fungsi vitamin B1 (tiamina) adalah membantu proses metabolisme karbohidrat dalam tubuh. Karena berperan penting dalam perubahan karbohidrat menjadi energi, vitamin B1 efektif dalam mengembalikan tenaga.


Fungsi lain vitamin B1 adalah menjaga fungsi saraf. Dilansir dari WebMD, asupan vitamin B1 yang cukup dapat meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Vitamin B1 juga dipercaya bermanfaat untuk program diet.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Vitamin B1 atau yang sering disebut tiamina berfungsi mengatur aktivitas saraf dan otot serta membantu meningkatkan nafsu makan. Selain itu, vitamin B1 juga berperan dalam metabolisme karbohidrat dan menghasilkan energi tubuh.


Vitamin B1 berperan sebagai bagian dari koenzim pada salah satu proses metabolisme karbohidrat yaitu dekarboksilasi oksidatif asam alfa-keto. Dampak dari kekurangan vitamin B1 adalah turunnya nafsu makan, mudah lelah, dan timbulnya penyakit beri-beri.

Vitamin B2: Mendorong pertumbuhan tubuh

Vitamin B2: Mendorong pertumbuhan tubuh

Vitamin B2 atau riboflavin turut terlibat dalam metabolisme karbohidrat. Selain itu, vitamin B2 juga membantu tubuh dalam proses pemecahan lemak dan protein. Hal ini membuat vitamin B2 turut berperan penting dalam suplai energi tubuh.


Vitamin B2 menjalankan sejumlah fungsi lain, termasuk mendukung pertumbuhan tubuh dan produksi sel darah merah. Vitamin ini bahkan juga membantu memelihara kesehatan banyak organ, seperti mata, hati, kulit, otot, dan saraf.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Tidak hanya vitamin B1, vitamin B2 juga berperan dalam metabolisme karbohidrat, asam amino, dan asam lemak. Vitamin B2 atau riboflavin ini juga membantu melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas yang bisa merusak sel dan DNA. Kekurangan vitamin B2 dapat menyebabkan keilosis atau luka pada bibir dan dermatitis pada kulit.

Vitamin B6: Menyokong metabolisme protein dan fungsi saraf

Vitamin B6: Menyokong metabolisme protein dan fungsi saraf

Fungsi vitamin B6 (piridoksina) juga cukup banyak bagi tubuh. Salah satu kegunaan vitamin ini adalah juga mendukung metabolisme asam amino (komponen pembentuk protein). Dengan fungsinya ini, vitamin B6 berperan penting dalam perkembangan otot.


Selain fungsi di atas, vitamin B6 memiliki peran dan manfaat berikut ini:

  • Memelihara fungsi saraf
  • Diperlukan dalam produksi antibodi untuk sistem imun tubuh
  • Terlibat dalam pembuatan neurotransmiter, yakni senyawa komunikasi antar sel
Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Vitamin B6 atau piridoksina dibutuhkan dalam proses pembentukan neurotransmiter, serotonin, dan noradrenalin. Vitamin ini juga diperlukan untuk pembentukan mielin atau selubung yang membungkus akson pada sel saraf. Tidak hanya itu, vitamin B6 juga bertugas membantu metabolisme asam amino serta perkembangan dan perbaikan otot.

Vitamin B3: Menangkal efek radikal bebas

Vitamin B3: Menangkal efek radikal bebas

Vitamin B3 atau niasin populer sebagai salah satu antioksidan. Sebagai antioksidan, vitamin B3 dapat menangkal efek radikal bebas. Radikal bebas berlebih dapat berbahaya karena memicu kerusakan sel-sel.


Vitamin B3 juga memiliki fungsi dan manfaat lain, seperti memperbaiki DNA dan meningkatkan fungsi otak. Vitamin ini juga diyakini dapat membantu hati dalam mencerna alkohol.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Vitamin B3 dikenal atas perannya sebagai koenzim dalam metabolisme tubuh dan untuk menurunkan oksidasi radikal bebas. Tidak hanya itu, vitamin yang disebut sebagai niasin ini dapat membantu organ hati untuk mengatasi mabuk.


Vitamin ini bekerja dengan cara memecah alkohol dan mengatur prekursor nicotinamide adenin dinucleotide (NAD) dalam metabolisme alkohol. Oleh karena itu, kurangnya asupan vitamin B3 dapat menyebabkan tingginya kadar alkohol dalam tubuh, diare, dan rusaknya organ hati.

Vitamin B5: Terlibat dalam pemecahan lemak

Vitamin B5: Terlibat dalam pemecahan lemak

Salah satu fungsi vitamin B5 (pantothenic acid) adalah terlibat dalam pembentukan senyawa yang disebut koenzim A. Koenzim ini kemudian diperlukan tubuh untuk memproses lemak yang kita konsumsi.


Dilansir dari Harvard T.H. Chan School of Public Health, vitamin B5 juga diyakini bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Selain itu, vitamin ini juga berperan penting dalam produksi sel darah merah.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Asam pantotenat berperan dalam membentuk koenzim A yang digunakan dalam proses pemecahan asam lemak. Kondisi lemah, depresi, mual, gangguan tidur dapat terjadi ketika seseorang kekurangan asupan vitamin ini.

Vitamin B9 dan vitamin B12: Mencegah anemia serta diperlukan oleh ibu hamil

Vitamin B9 dan vitamin B12: Mencegah anemia serta diperlukan oleh ibu hamil

Vitamin B9 (folat) dan vitamin B12 (kobalamin) sama-sama esensial untuk produksi sel darah merah. Dengan fungsi tersebut, Anda memerlukan vitamin B9 dan vitamin B12 untuk terhindar dari anemia.


Dua vitamin ini juga diperlukan oleh ibu hamil. Vitamin B9 vital dipenuhi saat hamil untuk mencegah cacat tabung saraf pada bayi. Maka dari itu, vitamin B9 sering diresepkan dokter untuk ibu hamil dalam bentuk suplemen asam folat.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Asam folat berperan dalam proses pembentukan, pematangan, dan penyerapan sel darah merah. Tidak hanya itu, proses metabolisme protein serta pembentukan purina dan pirimidina juga dibantu oleh asam folat. Asam folat juga dibutuhkan pada masa kehamilan untuk mencegah cacat pada bayi seperti lempeng saraf atau neural tube defects.

Vitamin B7: Mendukung pertumbuhan rambut

Vitamin B7: Mendukung pertumbuhan rambut

Vitamin B7 atau biotin memiliki manfaat yang sama dengan vitamin B lain. Vitamin ini membantu menjaga kesehatan kuku, kulit, mata, saraf, hingga hati. Selain itu, vitamin ini juga populer sebagai nutrisi rambut karena dapat merangsang produksi keratin dan pertumbuhan folikel rambut.


Fungsi vitamin B7 lainnya yakni terlibat dalam metabolisme lemak, karbohidrat, dan protein. Ibu hamil juga membutuhkan asupan vitamin B7 yang cukup agar janin tetap sehat.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Biotin juga menjadi salah satu vitamin yang berperan dalam proses metabolisme zat gizi, seperti karbohidrat, protein, dan lemak. Bahkan, biotin berfungsi untuk mencegah rambut rontok, memperkuat akar rambut, dan memperkuat kuku. Kekurangan vitamin B7 akan menyebabkan kelelahan, rambut rontok, kebotakan, nyeri otot, dermatitis, depresi, dan timbulnya halusinasi.

2

Sesuaikan dosis suplemen dengan kebutuhan harian

Sesuaikan dosis suplemen dengan kebutuhan harian

Ketika memilih suplemen vitamin B kompleks, pastikan Ada memperhatikan kadar tiap vitamin B-nya. Hal ini penting diketahui agar manfaat tiap vitamin bisa didapatkan tubuh dengan optimal sesuai usia.


Mengikuti pedoman Kementerian Kesehatan RI (2019), berikut ini rekomendasi asupan harian vitamin B untuk pria dan wanita 19–49 tahun:

  • Vitamin B1: 1,2 miligram (pria) dan 1,1 miligram (wanita)
  • Vitamin B2: 1,3 miligram (pria) dan 1,1 miligram (wanita)
  • Vitamin B3: 16 miligram (pria) dan 14 miligram (wanita)
  • Vitamin B5: 5 miligram (pria dan wanita)
  • Vitamin B6: 1,3 miligram (pria dan wanita)
  • Vitamin B7: 30 mikrogram (pria dan wanita)
  • Vitamin B9: 400 mikrogram (pria dan wanita)
  • Vitamin B12: 4 mikrogram (pria dan wanita)

Ibu hamil dan lansia membutuhkan asupan vitamin B yang lebih tinggi. Sebaliknya, anak-anak membutuhkan dosis yang lebih rendah. Konsultasikan pada dokter atau ahli gizi untuk mendapatkan dosis yang sesuai untuk tiap-tiap anggota keluarga.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Konsumsi vitamin melalui suplemen bisa memberikan banyak manfaat kesehatan dan bisa mencukupi kebutuhan vitamin Anda. Namun, perhatikan juga anjuran jumlah vitamin yang dikonsumsi, baik dari suplemen maupun dari makanan alami.


Berdasarkan Angka Kecukupan Gizi (2019), nilai anjuran tiap vitamin untuk anak-anak, remaja, orang dewasa, dan lansia berbeda-beda. Jumlah vitamin yang berlebihan malah akan menimbulkan efek samping dari vitamin tersebut.

3

Periksa keamanan penggunaan suplemen

Periksa keamanan penggunaan suplemen
Sumber: pom.go.id


Seperti suplemen lain, suplemen vitamin B kompleks juga harus mengantongi sertifikasi keamanan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Produk yang terdaftar di BPOM dipastikan aman dikonsumsi sesuai dengan petunjuk penggunaan.


Beberapa suplemen juga sudah mengantongi sertifikasi Good Manufacturing Practice (GMP)GMP adalah standar proses manufaktur untuk memastikan bahwa produk dibuat dengan aman. Hal ini dimulai dari penerimaan bahan baku, produksi, hingga distribusi.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Produsen harus memastikan bahwa suplemen yang diproduksi sudah melalui proses yang berkualitas dan tidak mengandung kontaminan. Suplemen juga harus diberi label sesuai dengan peraturan GMP dan BPOM. Pastikan untuk memilih suplemen yang sudah memiliki sertifikasi dari GMP dan/atau BPOM. Selain itu, pilih suplemen berdasarkan panduan dari GMP dan/atau BPOM.

4

Pilih bentuk suplemen yang mudah Anda minum

Pilih bentuk suplemen yang mudah Anda minum

Ada beragam bentuk suplemen yang ada di pasaran, seperti sirop, tablet, dan kapsul. Namun, Anda mungkin lebih mudah menemukan suplemen berbentuk tablet dan kapsul.


Beberapa suplemen juga tersedia dalam bentuk tablet effervescent. Tablet ini bisa dilarutkan dalam air untuk kemudian Anda minum. Pilihlah produk yang nyaman dikonsumsi dan sesuai dengan kesibukan Anda.

Apakah cara memilihnya berguna sebagai referensi Anda?

10 Rekomendasi suplemen vitamin B kompleks terbaik

Selanjutnya, kami akan merekomendasikan sepuluh produk suplemen vitamin B kompleks terbaik yang kami tentukan berdasarkan cara memilih di atas. Produk-produk ini dipilih secara teliti dengan mempertimbangkan kualitas produk, review pembeli, dan tingkat kepercayaan terhadap seller. Produk kami urutkan berdasarkan popularitasnya di marketplace Shopee.Update 17 November 2022:Setelah melakukan riset ulang di marketplace Shopee, kami mendapati bahwa SOHO Global Health Curcuma Plus Grow Emulsion memiliki angka penjualan tertinggi. Sementara itu, Dexa Medica Folamil Genio yang sebelumnya menduduki urutan pertama, turun menjadi urutan 2 berdasarkan angka hasil penjualannya di Shopee.Disclaimer: Sepuluh produk di bawah ini murni rekomendasi mybest dan bukan dari Mochammad Rizal.
Produk
Gambar
Harga terendah
Harga
Poin

SOHO Global Health

Curcuma Plus Grow Emulsion

SOHO Global Health Curcuma Plus Grow Emulsion 1

Rp32.700

Menengah

Kandungan kalsiumnya bantu optimalkan pertumbuhan si kecil

Dexa Medica

Folamil Genio

Dexa Medica Folamil Genio 1

Rp124.578

Agak Mahal

Perpaduan nutrisi vital di masa krusial ibu hamil

Procter and Gamble

Neurobion Forte

Procter and Gamble Neurobion Forte  1

Rp38.041

Menengah

Formula vitamin neurotropic membantu saraf berfungsi dengan baik

Kimia Farma

Vitamin B Kompleks

Kimia Farma Vitamin B Kompleks 1

Rp19.400

Agak Murah

Suplemen vitamin B dari perusahaan legendaris yang kualitasnya sudah terjamin

Bayer

Berocca Performance

Bayer Berocca Performance 1

Rp54.729

Menengah

Berbentuk tablet effervescent, konsumsi vitamin B12 tak lagi membosankan!

Sanbe Farma

Becom-Zet

Sanbe Farma Becom-Zet 1

Rp24.000

Agak Murah

Imun lebih kuat berkat tambahan vitamin C dan zinc

Pyridam Farma

Damuvit Vitamin B Kompleks dengan Vitamin C

Pyridam Farma Damuvit Vitamin B Kompleks dengan Vitamin C 1

Rp259.700

Lebih Mahal

Membuat badan tetap fit meski cuaca tak menentu

Tempo Scan Pacific

IPI Vitamin B Complex

Tempo Scan Pacific IPI Vitamin B Complex 1

Rp5.500

Lebih Murah

Paling ekonomis dengan komposisi yang mumpuni

Kalbe

Blackmores Multi B Performance

Kalbe Blackmores Multi B Performance 1

Rp196.800

Agak Mahal

Rilekskan pikiran dengan ekstrak passion flower dan oat

Tempo Scan Pacific

Vidoran Smart Vitamins Syrup

Tempo Scan Pacific Vidoran Smart Vitamins Syrup 1

Rp36.000

Menengah

Dukung kecerdasan anak dengan kandungan DHA dan EPA

Jika tidak dapat menemukan produk yang Anda cari, Anda dapat mengajukan permintaan di sini.

SOHO Global HealthCurcuma Plus Grow Emulsion

Curcuma Plus Grow Emulsion 1
Curcuma Plus Grow Emulsion 2
Sumber: shopee.co.id
Harga referensi
Rp32.700
Menengah
Harga referensi
Rp32.700
Menengah

Kandungan kalsiumnya bantu optimalkan pertumbuhan si kecil

Sebagai nutrisi esensial, vitamin B juga diperlukan oleh anak-anak. Apabila Anda memerlukan tambahan asupan vitamin B untuk anak, produk ini dapat menjadi pertimbangan yang layak. Meski namanya adalah Curcuma Plus Grow Emulsion, produk ini mengandung hampir semua jenis vitamin B!


Selain vitamin B, Anda juga bisa menemukan kalsium dalam produk ini. Asupan kalsium yang cukup diperlukan untuk pertumbuhan tulang dan gigi si kecil. Penyerapan kalsium yang maksimal juga didukung oleh vitamin D dalam produk ini.

Apakah pemilihan produk ini berguna sebagai referensi?

Dexa MedicaFolamil Genio

Harga referensi
Rp124.578
Agak Mahal

Perpaduan nutrisi vital di masa krusial ibu hamil

Folamil Genio merupakan suplemen khusus untuk ibu hamil. Dilihat dari komposisinya, produk ini menawarkan nutrisi yang vital saat hamil. Misalnya saja, kadar asam folatnya yang mencapai 1.000 mikrogram. Asupan asam folat yang cukup memang amat vital selama kehamilan.


Selain mengandung semua anggota vitamin B kompleks, Folamil Genio juga menawarkan beberapa nutrisi lain. Produk ini diperkaya dengan DHA yang penting untuk perkembangan janin. Selain itu, suplemen ini juga menawarkan zat besi yang krusial untuk mencegah anemia. Namun, Anda tentu sebaiknya berdiskusi dengan dokter terkait konsumsi suplemen saat hamil.

Procter and GambleNeurobion Forte

Harga referensi
Rp38.041
Menengah

Formula vitamin neurotropic membantu saraf berfungsi dengan baik

Apakah Anda sering mengalami kesemutan atau kebas? Gejala ini bisa saja menandakan adanya gangguan pada saraf. Untuk mengatasinya, dokter mungkin akan menyarankan Anda meningkatkan asupan tiga vitamin neurotropic. Tiga vitamin neurotropic yaitu vitamin B1, vitamin B6, dan vitamin B12.


Produk ini dirancang untuk membantu mengatasi masalah pada saraf. Dengan formula tiga vitamin neurotropic, kebutuhan terhadap tiga nutrisi esensial ini bisa dipenuhi. Untuk mendapatkan dosis yang sesuai dengan masalah Anda, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu, ya.

Kimia FarmaVitamin B Kompleks

Harga referensi
Rp19.400
Agak Murah

Suplemen vitamin B dari perusahaan legendaris yang kualitasnya sudah terjamin

Suplemen vitamin B kompleks dari Kimia Farma cukup banyak dicari oleh masyarakat. Sebagai perusahaan farmasi pertama di Indonesia, mutu produk-produk Kimia Farma tentu sudah dijamin baik. Jika Anda bingung dalam memilih suplemen vitamin B kompleks yang bagus, produk ini dapat menjadi solusi cepat.


Harga produk ini juga relatif murah. Dengan harga kurang dari Rp20.000, Anda sudah mendapatkan total seratus tablet. Harga tersebut jauh lebih terjangkau daripada produk sejenis lainnya. Meski tidak mengandung vitamin B7, vitamin B9, dan vitamin B12, produk ini tetap layak menjadi pilihan.

BayerBerocca Performance

Harga referensi
Rp54.729
Menengah

Berbentuk tablet effervescent, konsumsi vitamin B12 tak lagi membosankan!

Bagi beberapa orang, mengonsumsi suplemen berbentuk tablet atau kapsul mungkin sedikit monoton. Jika Anda juga demikian, suplemen vitamin B12 yang bagus ini patut dibeli. Hadir dengan bentuk tablet effervescent, konsumsi vitamin menjadi lebih menyegarkan dan antibosan.

Selain mengandung delapan jenis vitamin B, produk ini juga menawarkan nutrisi lain. Anda bisa menemukan mineral, seperti kalsium dan zinc, dalam suplemen makanan ini. Ada pula magnesium yang berperan penting bagi kesehatan saraf dan otot.

Sanbe FarmaBecom-Zet

Harga referensi
Rp24.000
Agak Murah

Imun lebih kuat berkat tambahan vitamin C dan zinc

Anda memerlukan beragam nutrisi, seperti vitamin C dan zinc, untuk menguatkan daya tahan tubuh. Kabar baiknya, selain mengandung vitamin B, produk ini menawarkan vitamin C dan zinc. Bahkan, satu kaplet suplemen ini sudah mencukupi kebutuhan harian Anda terhadap dua nutrisi tersebut!


Selain vitamin B kompleks, vitamin C, dan zinc, produk ini juga menawarkan vitamin E. Vitamin E merupakan antioksidan yang penting untuk menangkal radikal bebas. Hanya saja, produk ini tak mengandung vitamin B7. Pastikan Anda mengonsumsi makanan bergizi seimbang agar kebutuhan vitamin B7 terpenuhi.

Pyridam FarmaDamuvit Vitamin B Kompleks dengan Vitamin C

Harga referensi
Rp259.700
Lebih Mahal

Membuat badan tetap fit meski cuaca tak menentu

Kondisi cuaca yang tak menentu gampang membuat badan menjadi drop. Ditambah lagi, kondisi stres dan aktivitas yang padat cenderung membuat kesehatan tubuh merosot. Untuk menghindari hal tersebut, silakan konsumsi suplemen ini dengan teratur.


Kandungan vitamin B kompleks dan vitamin C di dalamnya akan memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin B dan vitamin C. Dengan begitu, kesehatan tubuh Anda dan keluarga akan tetap terjaga. Namun, tetap imbangi dengan pola makan dan istirahat yang cukup, ya.

Tempo Scan PacificIPI Vitamin B Complex

Harga referensi
Rp5.500
Lebih Murah

Paling ekonomis dengan komposisi yang mumpuni

Tak heran suplemen vitamin B kompleks dari IPI sangat laris manis. Dengan harga di bawah sepuluh ribu rupiah, satu boks produk ini sudah mengandung 45 butir! Bahkan, dengan harga tersebut, Anda sudah dapat memenuhi kebutuhan harian tubuh terhadap beberapa vitamin B.


Meski begitu, produk ini tidak mengandung vitamin B7, vitamin B9, dan vitamin B12. Apabila Anda memutuskan untuk memilih produk IPI ini, pastikan Anda mencukupi asupan tiga vitamin tersebut dari makanan sehari-hari, ya.

KalbeBlackmores Multi B Performance

Harga referensi
Rp196.800
Agak Mahal

Rilekskan pikiran dengan ekstrak passion flower dan oat

Sebagai merek suplemen berkualitas, produk Blackmores tentu wajib dimasukkan dalam pertimbangan Anda. Seperti varian produk yang lain, Blackmores juga tak "pelit" dalam memadukan nutrisi dalam suplemennya. Tak hanya vitamin B, suplemen ini menawarkan beberapa mineral dan vitamin lain.


Tak hanya itu, Anda juga bisa menemukan ekstrak oat dan passion flower dalam produk ini. Dua ekstrak tumbuhan tersebut diyakini dapat merilekskan pikiran. Kualitas tidur pun akan meningkat dengan pikiran yang tenang. Jika Anda cenderung mudah stres dan susah tidur, produk ini bisa dipertimbangkan.

Tempo Scan PacificVidoran Smart Vitamins Syrup

Harga referensi
Rp36.000
Menengah

Dukung kecerdasan anak dengan kandungan DHA dan EPA

Produk ini diproduksi khusus untuk buah hati Anda. Selain vitamin B-nya hampir lengkap, suplemen ini memiliki kandungan asam lemak DHA dan EPA. Seperti yang mungkin Anda ketahui, DHA dan EPA merupakan omega-3 yang bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. Secara spesifik, DHA dan EPA membantu meningkatkan kemampuan kognitif si kecil.


Dua nutrisi ini juga disebut-sebut dapat menurunkan risiko asma pada anak-anak. Meski tak mengandung vitamin B7 dan vitamin B9, produk ini layak diberikan pada si kecil. Terlebih lagi, suplemen sirop ini tersedia dalam rasa jeruk dan stroberi yang disukai anak-anak. Sebagai informasi, produk ini dijual per dua botol, ya.

Tips mengonsumsi suplemen vitamin B kompleks

Suplemen makanan memiliki anjuran konsumsi yang perlu diperhatikan. Dengan penggunaan yang tepat dan bijak, penyerapannya pun akan berlangsung optimal. Yuk, simak tips dalam mengonsumsi suplemen vitamin B kompleks!

Konsumsilah suplemen vitamin B kompleks pada pagi hari

Konsumsilah suplemen vitamin B kompleks pada pagi hari

Semua jenis vitamin B merupakan vitamin yang larut dalam air. Untuk itu, penggunaannya cukup diminum dengan air putih agar bisa langsung digunakan oleh tubuh.


Beberapa sumber, seperti Healthline, menyebutkan bahwa suplemen vitamin B kompleks dianjurkan untuk dikonsumsi pada pagi hari. Rekomendasi ini didasarkan atas fungsi vitamin B dalam metabolisme nutrisi dan memberikan energi.


Jika tubuh kelebihan vitamin B, sisa yang tidak terpakai akan dikeluarkan melalui urine. Artinya, tubuh tidak dapat menyimpan kelebihan vitamin B sehingga Anda harus mengonsumsi suplemen dengan rutin.

Mochammad Rizal
Nutritionist
Mochammad Rizal

Mengonsumsi suplemen pada waktu tertentu bisa memberikan manfaat pada tubuh. Hal ini terutama untuk suplemen yang dikonsumsi bersamaan dengan makanan untuk mempercepat penyerapan.


Suplemen yang mengandung vitamin larut lemak, seperti A, D, E, dan K sangat disarankan untuk dikonsumsi setelah makan. Anda bisa mengonsumsinya dalam jangka waktu 30 menit sampai 2 jam setelah makan.


Berbeda dengan itu, suplemen yang mengandung vitamin larut air seperti vitamin B kompleks direkomendasikan untuk dikonsumsi pada pagi hari. Satu hal lagi yang perlu Anda ingat adalah konsumsilah suplemen tersebut secara rutin.

Hindari konsumsi berlebihan agar tidak overdosis

Hindari konsumsi berlebihan agar tidak overdosis

Meski kelebihan vitamin B dikeluarkan melalui urine, bukan berarti Anda bisa mengonsumsinya sembarangan. Mengonsumsi suplemen dosis tinggi berisiko menimbulkan bumerang pada tubuh. Untuk itu, pastikan Anda meminumnya sesuai dengan anjuran pakai pada kemasan atau rekomendasi dokter.

Baca juga rekomendasi suplemen vitamin lainnya di sini

Tidak hanya rekomendasi vitamin B kompleks, kami juga telah mengulas beberapa suplemen vitamin lain yang mungkin Anda butuhkan. Silakan langsung klik link-nya di bawah ini.

Kesimpulan

Vitamin B kompleks mengemban fungsi dan peran yang vital untuk tubuh. Secara umum, vitamin B membantu tubuh dalam mengubah nutrisi menjadi energi. Vitamin B juga menjaga fungsi berbagai organ dan sistem agar berjalan normal sebagaimana mestinya.


Makanan sehat tetap menjadi sumber vitamin B. Namun, bila memang sulit memenuhinya dari makanan, Anda bisa mempertimbangkan suplemen vitamin B kompleks. Semoga ulasan dan tips di atas bermanfaat bagi Anda, ya.

Deskripsi setiap produk diambil dari informasi yang tersedia dari produsen, brand, dan situs marketplace.
  1. TOP
  2. Kesehatan
  3. Vitamin & suplemen
  4. 10 Suplemen Vitamin B Kompleks Terbaik - Ditinjau oleh Nutritionist (Terbaru Tahun 2024)

mybest

Bekerja sama dengan kreator konten dan ahli di bidangnya,
mybest membantu Anda dalam memilih dan menemukan produk terbaik.

Copyright mybest All Rights Reserved.